Anda Sering Ganti Template Website Stop Sekarang Juga!
Blog Website Development Anda Sering Ganti Template Website Stop Sekarang Juga!

Anda Sering Ganti Template Website Stop Sekarang Juga!

Bagi seorang blogger atau pemilik website tentu ingin website mereka terlihat menarik, dan profesional. Memiliki website dengan tampilan yang wah, keren, menarik pasti akan menambah percaya diri untuk terus mengembangan dan membangung websitenya. Dari tampilan website yang keren akan membuat pengunjung juga merasa nyaman betah untuk terus berselancar di website tersebut. Dari sini banyak pemilik web yang berlomba-lomba untuk mencari template website dan menerapkan tema-tema yang bisa dipakai kapan saja.

Tak jarang karena merasa tampilan websitenya terasa membosankan maka sering kali mengganti tema dengan asal-asalan yang justru akan berpengaruh jangka panjang. Apalagi seorang blogger atau pemilik website pemula seringkali sibuk mencari template website yang terbaik seperti yang diharapkan tak peduli artikel atau konten mereka masih terbatas yang penting di benak mereka adalah tampilan keren.

Nah dari tindakan yang tidak tepat inilah mereka mengotak-atik gonta ganti template tanpa mempertimbangkan hal yang akan terjadi pada websitenya. Sebenarnya mengganti tema template tidak ada salahnya karena memang hak mereka. Ada juga yang sudah mulai bosan mengisi konten dan melihat tampilan website yang itu-itu saja mereka mencoba mencari template yang lain.

Tahukah Anda bahwa sering mengganti template website sangat berdampak pada website Anda? Memang benar ada banyak dampak yang akan berpengaruh pada SEO, HTML, peringkat website, menurunkan visitor dan lain sebagainya. Dari Sini kami menyarankan untuk menghindari sering mengganti template website Anda.

Untuk lebih jelasnya kami akan membahas dampak buruk ketika Anda sering ganti template ini sebagai berikut:

Menurunkan Traffic Website

1. Menurunkan Traffic Website

Sebuah template website yang banyak beredar dan dapat Anda unduh dan pasang baik secara gratis maupun berbayar semua memiliki kualitas yang berbeda-beda baik itu dari segi kecepatan, SEO, Responsive, struktur dan lain sebagainya. Hal ini juga berpengaruh pada trafik semakin baik template yang digunakan semakin baik juga trafik yang didapatkan. Namun Sebaliknya jika salah memilih template maka akan menurunkan trafik website tersebut. Sudah dipastikan jika turunnya trafik akibat sering mengganti template. Salah memilih template maka yang akan terjadi adalah website acak-acakan loading lama dam masalah yang lain juga akan timbul.

Tidak Profesional dan Tidak Terpercaya

2. Tidak Profesional dan Tidak Terpercaya

Ketika pengunjung menemukan website yang bermanfaat dengan isi konten yang baik mereka akan mengingat website tersebut. Misalnya ada pengunjung yang mendapatkan manfaat dari website IDwebhost.com mereka pasti akan selalu ingat bahwa website tersebut memberikan pelayanan yang terbaik dan percaya baha website IDwebhost .com adalah situs profesional. Jika website sering ganti template website maka yang mereka lihat adalah situs itu tidak profesional dan membingungkan. Tampilan website adalah ciri unik yang menggambarkan seberapa bisa dipercayanya website tersebut sehingga pengujung harus memilih produk atau jasa yang ditawarkan.

Produktifitas yang Menurun

3. Menurunkan Produktivitas Anda

Saat Anda sedang mencari-cari template untuk mengganti tampilan website tentu membutuhkan waktu yang lama karena juga bingung mau memilih template yang mana karena saking banyaknya. Setelah Anda mendapatkan template yang diinginkan pastinya akan mensetting ulang berbagai macam keperluan seperti tata letak, navigasi dan lain sebagainya yang butuh waktu lama juga.

Untuk mengganti template hingga semua lengkap membutuhkan waktu yang tidak sebentar bahkan bisa berjam-jam. Hal ini coba jika untuk membuat konten berkualitas maka akan menambah kelengkapan website tersebut. Dengan demikian waktu produktif Anda tidak sia-sia.

Merusak Kualitas SEO dan SERP Website

4. Kualitas SEO dan SERP Website akan Turun

Tahukah Anda semakin baik template website maka semakin baik juga SEO pada mesin pencari. Dengan template yang berkualitas akan memberikan optimasi SEO yang baik namun sebaliknya jika salah memilih template maka kualitas SEO pun akan turun dan yang terburuk adalah mengalami penurunan peringkat pada mesin pencari. Biasanya tiap template memiliki grade masing-masing dari grade A hingga F grade A memiliki kualitas kecepatan yang terbaik. Untuk cek silahkan gunakan GTmetrix dan sejenisnya. Pada saat Google melakukan perayapan di suatu website maka robot crawler akan merayapi seluruh komponen website jadi ketika mengganti template akan menyulitkan perayapan.

Website Jadi Berantakan, Kacau dan Sulit Diatur

5. Website Jadi Berantakan, Kacau dan Sulit Diatur

Setiap template memiliki kode html yang berbeda-beda maka ketika mengganti template website akan mengganti juga pengaturan yang sebelumnya. Jadi saat mengganti maka tampilan belum tertata dan masih acak hal ini akan lebih menyulitkan untuk mengatur semua apalagi jika Anda masih belum terlalu mahir dalam pemrograman html dan lain-lain.

Kemudian saat mengganti template maka widget, navigasi dan yang lain masih belum tersetting bahkan Anda perlu menambahkan link-link yang masih belum tersusun rapi hal ini justru merepotkan Anda nantinya.

Terjadi Error pada html

6. Terjadi Error pada Struktur HTML

Tak jarang pemilik website yang mengganti template website sembarangan menemui kendala pada error html. Jika sudah paham dengan pemrograman pasti akan mudah menemukan solusi namun jika masih awam malah justru akan kerepotan bahkan bisa mengeluarkan biaya tambahan. Pada sebuah template memiliki ribuan baris kode yang membentuk website jika Anda menaruh sembarangan kode html maka website bisa jadi tidak akan tampil atau tampilan berantakan. Untuk itu ada baiknya memilih template yang tepat dan aman. Jika perlu dengan membeli template berlisensi karena jika suatu saat terjadi masalah biasanya developer akan membantu Anda nantinya.

Baca juga: Kumpulan Template Blogger Responsive dan Gratis

Tips Memilih Template Website

Memang benar tampilan blog atau website memiliki daya tarik tersendiri yang akan membuat kesan tersendiri pada pengunjung. Saat memilih template Anda harus memastikan bahwa kualitasnya baik dari segi SEO, kecepatan, responsif, mobile friendly dan aman. Karena untuk jangka panjang jangan sampai melakukan ganti template yang akan malah merusak kinerja website Anda.

Dari mata Google search pun jika konsisten dengan satu template website akan memberikan nilai baik pada website Anda. Google akan rutin selalu merayapi website Anda jika terjadi perubahan-perubahan yang tidak wajar maka bisa berdampak Google akan memberikan nilai website Anda pada deretan website kelas bawah. Semakin lama Anda menggunakan template yang sama Google akan lebih mudah memberikan ranking pada website Anda.

Para webmaster memang paham betul akibat dari sering merombak ganti template ini. Untuk itu kami sarankan untuk segera memilih template website berkualitas dengan jangka panjang. Jika website Anda sudah berumur dan memiliki visitor yang tingga tidak mengapa namun hal negatif akan dirasakan juga.

Bagi Anda yang baru memiliki kurang dari satu tahun ada baiknya untuk fokus pada konten Anda. Karena konten adalah yang paling penting dari sebuah website semakin banyak dan lengkap website Anda akan semakin meningkat juga visitor yang akan datang.

Sampai disini dulu pembahasan kami tentang dampak buruk seringnya mengganti template website, Dari artikel ini semoga memberikan manfaat dan nilai tambah pada Anda. Salam sukses dari IDwebhost terimakasih.