Analisis SWOT: Pengertian, Metode dan Contoh
Blog Tips Keren Analisis SWOT: Pengertian, Metode dan Contoh

Analisis SWOT: Pengertian, Metode dan Contoh

Menjalankan sebuah bisnis adalah satu pekerjaan yang paling banyak peminatnya dalam kalangan masyarakat. Tidak hanya itu, karena mempunyai sistem yang cenderung “tidak mengikat” pada sebuah bisnis yang sukses akan dianggap sebagai memberikan keuntungan yang sangat melimpah. Tetapi, dalam menjalankan sebuah bisnis menjadi sukses, tidak hanya diperlukan modal dan skill saja. Ada juga alat sederhana yang dapat membantu para pelaku usaha dalam membangun, menjalankan dan juga mengembangkan bisnis hingga bisa menjadi sebuah bisnis yang baik. Hal tersebut yang dikenal sebagai Analisis SWOT.

Pengertian Analisis SWOT

SWOT merupakan sebuah kependekan dari Strenghts (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunities (Kesempatan atau Peluang) dan Threats (Ancaman). Analisis ini memang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960-an oleh Albert Humprey pada saat memimpin sebuah project yang sangat besar. Sama dengan namanya, analisis ini memang akan mengatur keempat hal diatas. Kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman yang berasal dari bisnis yang akan Anda jalankan. Memang metode analisis ini sering kali dianggap sebagai alat yang sederhana tetapi cukup kuat jika digunakan untuk menemukan berbagai permasalahan yang berasal dari 4 sudut yang berbeda, yaitu:

  1. Bagaimana kekuatan dapat mengambil sebuah keuntungan dari peluang yang ada?
  2. Bagaimana cara mengatasi sebuah kelemahan yang bisa memicu kerugian?
  3. Bagaimana kekuatan dapat mengalahkan sebuah ancaman?
  4. Bagaimana cara mengatasi kelemahan yang bisa menciptakan anaman dan juga membuatnya menjadi sebuah kenyataan?

Keempat factor analisis SWOT memang saling berhubungan. Sehingga dengan adanya analisis tersebut maka nantinya perusahaan akan jauh lebih mudah dalam mewujudkan visi dan juga misi yang telah dibangun.

analisis swot

Metode Analisis SWOT

Ada begitu banyak metode analisis yang sudah dikembangkan banyak orang. Berikut ini cara membuat analisis SWOT yang benar.

Analisis SWOT, Membentuk sebuah tim

Tim adalah salah satu komponen yang penting. Tentunya, dengan adanya tim, Anda dapat menghemat waktu dan dapat juga mengumpulkan gagasan dari adanya banyak sisi. Anda bisa mengumpulkan tim yang berasal dari perwakilan banyak divisi di sebuah perusahaan. Perspektif berbeda nantinya akan muncul dari begitu banyaknya kepala yang bisa membuat Anda dan juga tim akhirnya berfikir bersama agar bisa menghasilkan analisis yang berhasil. Agar bisa meningkatkan efektifitas dan juga komunikasi yang terjadi antar anggota tim, nantinya Anda bisa memanfaatkan layanan Email Colaboraton yang sudah dipadukan dengan menggunakan jaringan DIEGO VPN agar bisa terkoneksi dengan aman dan nyaman.

Analisis SWOT, Mulai Melakukan Analisa

Sebenarnya, analisa ini cukup mudah diterapkan. Yang diperlukan hanya mengadakan sebuah pertemuan untuk kemudian mendengarkan beberapa pendapat dari kesemua anggota tim tentang pandangannya terhadap satu hal tertentu. Setiap orang yang melakukan atau mengutarakan pendapatnya harus dipastikan untuk di catat. Pada akhir pertemua nanti, seorang notulensi dari sepanjang pertemuan berlangsung harus membacakan dan juga megkonfirmasi kembali ke semua anggota yang telah hadir di pertemuan tersebut.

analisis swot

Analisis SWOT, Mengorganisasikan Ide

Ide yang sudah tercatat kemudian diorganisir, kemudian dikelompokkan berdasarkan pada ide yang hampir atau bahkan serupa.

Analisis SWOT, Mulai Menentukan Ide

Kemudian, Anda bisa menentukan ide yang nantinya bisa dipakai atau bisa diaplikasikan. Namun, alangkah baiknya untuk terus melakukan sistem demokrasi atau sistem pemungutan suara. Tetapi, masing-masing ide tetap harus dipilih berdasarkan empat factor, kekuatan, kelemahan, peluang dan juga ancaman.

Contoh Pertanyaan dalam Analisis SWOT

Berikut ini merupakan pertanyaan yang dapat memicu kreatifitas anggota dalam menjalankan sebuah analisis SWOT. Langkah ini bisa dilakukan untuk menganalisis perusahaan atau dapat juga digunakan untuk menganalisis SWOT pada diri sendiri, apalagi tim Anda.

Analisis SWOT, Pertanyaan Strenghs:

  1. Aset apa saja yang sudah dimiliki? Contohnya bisa berupa pengetahuan, relasi, skill, reputasi atau berupa pendidikan.
  2. Hard asset apa yang sudah dimiliki? Contohnya bisa berupa peralatan, teknologi, pelanggan atau bisa jadi hak paten.

Analisis SWOT, Pertanyaan Weakness:

  1. Pada proses bisnis dibagian mana yang masih memerlukan perbaikan?
  2. Apakah ada asset fisik yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis?
  3. Apa saja yang menjadi kelemahan dari tim Anda?

Analisis SWOT, Pertanyaan Opportunities:

  1. Apakah ada tren yang nantinya akan membuat orang untuk menggunakan atau mencari lebih banyak dari yang Anda jual saat ini?
  2. Apakah ada sebuah event yang bisa Anda manfaatkan untuk melebarkan sayap bisnis?

Analisis SWOT, Pertanyaan Threats:

  1. Apakah ada kompetitor potensial yang berasal dari pasar Anda?
  2. Apakah ada sebuah kemungkinan dari perilaku konsumen yang berubah sehingga nantinya bisa memberikan dampak yang negative terhadap bisnis Anda?
analisis swot

Contoh Penggunaan Analisis SWOT

Agar bisa memudahkan Anda untuk lebih mengerti dan memudahkan dalam menjalankan sebuah analisis SWOT. Berikut ini merupakan contoh analisis SWOT perusahaan.

Perusahaan yang berasal dari sector makanan khas Indonesia yang ada di sebuah Kota Yogyakarta (pusat kota). Adanya berbagai makanan khas yang berasal dari Yogyakarta untuk dijual dsana, dibarengi dengan oleh-oleh Khas Yogyakarta dan juga beberapa macam souvenir. Ketika perusahaan tersebut akan membuka cabang yang ada di kecamatan agar bisa melebarkan sayapnya dan meningkatkan keuntungan penjualan. Berikut hasil analisanya:

Strengths:

  1. Dikatakan unik, karena terdapat makanan, oleh-oleh dan souvenir tradisional yang khas. Makanan yang sehat juga sangat cocok untuk dijadikan sebuah oleh-oleh untuk wisatawan lokal ataupun asing.
  2. Pengelolaan managemen perusahaan sudah sangat baik.
  3. Letak kecamatan yang dipilih sangat strategis, berbatasan langsung dengan berbagai tempat wisata. Sehingga sangat memungkinkan untuk dikunjungi wisatawan.

Weakness

  1. Keterbatasan pada modal, tidak mendapat persetujuan dari pinjaman.
  2. Bisnis yang dijalankan belum stabil.
  3. Alat penunjang yang dipakai dalam bisnis masih kurang memadai karena menggunakan proses yang manual sehingga memberi kesan lambat.

Opportunities

  1. Pertumbuhan ekonomi pada daerah akan semakin meningkat dari tahun ke tahun.
  2. Target pertumbuhan market yang ada berasal dari wisatawan, warga lokal dan juga para pelajar.

Threats

  1. Ada beberapa  jenis bisnis yang sama sudah mempunyai pelanggan tetap
  2. Pelanggan ramai ketika grand opening
  3. Manajemen dan juga pembuatan berbagai jenis laporan keuangan belum menggunakan software yang canggih.
analisis swot

Kesimpulan

Analisis SWOT bisa dikatakan sebagai alat dan juga strategi yang nyata yang sangat bisa membantu Anda agar memulai, merencanakan, sampaikan dengan mengembangkan sebuah bisnis. Tentu saja sangat bisa diterapkan untuk menilai kelayakan dari sebuah bisnis yang sedang berjalan. Analisis SWOT ini juga merupakan sebuah metode analisis yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana nantinya perusahaan terdasar. Sehingga perusahaan bisa merencanakan strategi agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Jika perusahaan tersebut melakukan analisis dengan baik dan benar, maka perusahaan tersebut akan bisa mengetahui berbagai banyak hal tentang perusahaan untuk perbaikan yang dilakukan kedepannya. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.