Analisis SWOT: Pengertian, Aspek, Cara dan Contohnya

11 Apr 2022
Analisis SWOT: Pengertian, Aspek, Cara dan Contohnya

Sebelum mengambil sebuah keputusan bisnis, biasanya para pebisnis akan melakukan sebuah analisis SWOT. Analisis ini dilakukan untuk mencegah kerugian dalam setiap keputusan bisnis yang diambil. Sehingga, hal ini menjadi kewajiban bagi setiap lini bisnis sebelum mengambil sebuah keputusan. Lantas, apa sebetulnya pengertian analisis SWOT itu?

SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats yang mana keempat komponen ini adalah aspek yang sangat mempengaruhi sebuah keputusan bisnis. Nah, keputusan bisnis ini sendiri bermacam-macam seperti membuka bisnis baru, mengeluarkan produk baru, strategi penjualan, dan lain-lain.

Bukan hanya bisnis, bahkan analisis ini juga dapat diterapkan kepada diri sendiri, lho. Ingin tahu lebih banyak mengenai analisis SWOT? Simak hingga tuntas penjelasan mengenai pengertian analisis SWOT serta cara penerapannya dalam bisnis berikut ini.

Pengertian Analisis SWOT 

pengertian analisis swot

Sebelum melaksanakan tujuan atau rencana bisnis, setiap perusahaan akan melakukan analisis SWOT. SWOT sendiri adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats. Lalu, apa itu analisis SWOT? Pengertian analisis SWOT adalah metode dalam merencanakan strategi dengan menganalisis kondisi serta potensi sebuah perusahaan.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Digital Paling Menguntungkan

Selain pengertian di atas, pengertian ini juga diartikan menurut para ahli. Salah satunya adalah Freddy Rangkuti, seorang penulis yang ahli di bidang manajemen dan bisnis. Freddy mengartikan SWOT sebagai sebuah analisa logika untuk memaksimalkan strength dan opportunity serta meminimalkan weakness dan threats di saat yang bersamaan.

Lalu, apa sebetulnya tujuan dari analisis SWOT ini? Sesuai dengan pengertian dari analisis SWOT, analisis ini bertujuan untuk merencanakan strategi dengan melihat situasi yang dialami oleh perusahaan. Tanpa menerapkan SWOT dalam aktivitas bisnis Anda, maka akan sulit untuk memaksimalkan segala pekerjaan untuk memperkecil peluang kerugian yang minimal.

Aspek dalam Analisis SWOT 

pengertian analisis swot

 

Nah, dalam analisis SWOT terdapat empat aspek yang mempengaruhi sebuah strategi bisnis. Keempat aspek dalam SWOT tersebut adalah Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan), dan Threats (ancaman). Selanjutnya, keempat aspek tersebut terbagi ke dalam dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

  • Faktor Internal Analisis SWOT

Dari pengertian analisis SWOT, dijelaskan bahwa perencanaan strategi ini dilakukan berdasarkan hasil analisis kondisi serta potensi sebuah perusahaan. Nah, faktor internal ini merupakan kondisi serta potensi yang dimiliki oleh perusahaan. Faktor internal ini terdiri dari kekuatan (Strength) dan kelemahan (Weakness).

1. Kekuatan (Strength)

Aspek pertama dalam analisis SWOT adalah kekuatan atau strength. Kekuatan atau strength adalah segala kelebihan atau kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini bisa terdiri dari keunggulan bisnis Anda dibandingkan kompetitor. Misalnya seperti kualitas produk yang bagus, pelayanan yang bagus, dan lain-lain.

2. Kelemahan (Weakness)

Selanjutnya, selain melihat kekuatan atau kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan, Anda juga harus melihat kelemahan apa yang dimiliki. Misalnya, dalam memproduksi, perusahaan Anda masih menggunakan cara konvensional, jumlah tenaga kerja yang terbatas, tempat produksi yang kurang memadai, dan lain-lain.

  • Faktor Eksternal Analisis SWOT

Selain melihat apa yang dimiliki oleh perusahaan, Anda juga harus melihat faktor eksternal apa yang dapat mempengaruhi bisnis dan perusahaan Anda. Faktor ini untuk melihat kondisi dan potensi pasar apa yang dapat menguntungkan ataupun merugikan bagi perusahaan. Faktor eksternal ini terdiri dari peluang (Opportunity) dan ancaman (Threats).

3. Peluang (Opportunity)

Dalam menjalankan bisnis, Anda tidak dapat hanya melihat apa yang perusahaan Anda miliki saja. Anda juga harus melihat peluang dari luar apa yang dapat diambil untuk menjalankan bisnis. Peluang ini biasanya terdiri dari budaya masyarakat, kemampuan ekonomi masyarakat, lingkungan, pasar, dan lain-lain.

4. Ancaman (Threats)

Terakhir yang harus Anda pertimbangkan dalam SWOT adalah ancaman yang dapat menghambat jalannya rencana bisnis. Ancaman ini datangnya dari luar perusahaan yang secara tidak langsung akan mempengaruhi jalannya rencana bisnis. Nah, ancaman tersebut dapat berupa kompetitor yang banyak, aturan pemerintah, dan lain-lain.

Cara Melakukan Analisis SWOT 

pengertian analisis swot

Dari pengertian mengenai analisis SWOT dan setiap aspek yang ada, dapat kita ketahui bahwa analisis ini dilakukan dengan cara memenuhi setiap aspek yang ada. Anda harus mencari tahu apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan yang perusahaan Anda miliki. Selain itu, Anda juga harus mengetahui peluang dan ancaman bagi perusahaan Anda.

Lalu, bagaimana cara melakukan analisis SWOT yang tepat?

1. Melibatkan Berbagai Pihak

Untuk melakukan analisis ini, Anda tidak dapat melakukannya seorang diri. Libatkanlah berbagai pihak untuk melakukan diskusi bersama. Mulai dari internal perusahaan Anda hingga dengan pihak eksternal. Anda dapat melibatkan pihak internal seperti tim marketing, business development, dan lainnya untuk menyumbangkan pikiran mereka.

Selain pihak internal, Anda juga dapat melibatkan pihak eksternal seperti mitra bisnis, kolega, atau bahkan pelanggan untuk memberikan pendapat mereka mengenai perusahaan Anda. Dari diskusi ini, nantinya Anda dapat mengetahui apa yang perusahaan Anda miliki dan tidak miliki. Sehingga, nantinya analisis ini dapat berhasil.

2. Kumpulkan Semua Data dan Jawab Pertanyaan

Setelah melakukan diskusi dengan berbagai pihak yang terlibat, selanjutnya kumpulkan data yang telah Anda dapatkan tersebut. Setelah data tersebut terkumpul, kemudian buatlah beberapa pertanyaan berdasarkan keempat aspek dalam analisis ini. Buatlah pertanyaan secara mengerucut ke bawah atau semakin ke bawah semakin detail.

Nah, setelah itu jawablah semua pertanyaan tersebut berdasarkan semua data yang telah terkumpul. Sesuaikan juga dengan apa yang dimiliki oleh perusahaan seperti kemampuan sumber daya manusia dan lain-lain. Lakukanlah hal ini bersama dengan tim Anda untuk menjawab dan melihat semua aspek tersebut secara luas.

3. Lakukan Analisis SWOT

Terakhir, bila semua pertanyaan tersebut telah terjawab maka Anda dapat mulai melakukan analisis bersama tim Anda. Bagaimana cara melakukannya? Setelah menjawab semua pertanyaan dan melihat semua aspek tersebut secara luas, selanjutnya Anda dapat menarik kesimpulan dari setiap aspek tersebut.

Baca Juga: Cari Hosting Terbaik? Baca Ini Dulu! 

Dari kesimpulan tersebut akhirnya Anda dapat melihat strategi apa atau langkah apa yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan suatu rencana bisnis. Dari analisis tersebut, Anda juga dapat mengetahui cara yang tepat untuk menekan semua kelemahan dan juga ancaman yang ada. Sehingga, nantinya rencana bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Contoh Analisis SWOT

Agar Anda dapat lebih memahami mengenai pengertian dan cara melakukan analisis SWOT, berikut ini adalah contoh sederhana dari analisis SWOT untuk perusahaan clothing line.

Kekuatan (Strength)

  • Pilihan material kain yang perusahaan gunakan adalah kain katun jepang kualitas premium dengan kandungan katun 100%.
  • Perusahaan memberikan pelayanan 24 jam online kepada customer.
  • Memiliki harga yang terjangkau dengan kualitas premium.
  • Proses pemesanan yang cepat melalui website resmi perusahaan.
  • Pengiriman setiap paket yang cepat dan tepat waktu.

Kelemahan (Weakness)

  • Jumlah tenaga kerja, terutama customer service, yang masih sedikit.
  • Jumlah mesin jahit yang masih terbatas.

Peluang (Opportunity)

  • Indonesia merupakan negara tropis sehingga kain katun jepang sangat cocok karena memberikan efek dingin dan menyerap keringat.
  • Masyarakat Indonesia lebih sering berbelanja online dibanding secara offline.

Ancaman (Threats)

  • Sudah banyak kompetitor yang menjual produk yang sama.
  • Perkembangan tren fashion yang cepat membuat harus ikut bergerak cepat juga.
  • Masyarakat sekitar yang belum mengenal brand

Kesimpulan

Pengertian analisis SWOT adalah metode untuk merencanakan sebuah strategi atau langkah bisnis dengan menganalisis kondisi dan potensi perusahaan. Dalam analisis ini, ada empat aspek yang mempengaruhi yaitu strength, weakness, opportunity, dan threats. Nah, untuk melakukan analisis ini, Anda harus mengajak berbagai pihak untuk berdiskusi.

Penerapan SWOT dalam setiap keputusan bisnis menjadi penting bagi setiap perusahaan. Tanpa melakukan analisis ini, Anda akan sulit untuk melaksanakan rencana bisnis dengan kerugian yang minimal. Melalui analisis ini, Anda jadi mengetahui bagaimana caranya untuk menekan kerugian yang mungkin terjadi itu.

Nah, selain menerapkan analisis SWOT, Anda dapat memaksimalkan kegiatan bisnis Anda dengan beralih ke digital. Untuk itu, IDwebhost dapat membantu Anda untuk membuat website bisnis dengan berbagai layanan web hosting terbaik. Bahkan, Anda juga dapat membeli layanan hosting murah dan berbagai promo menarik lainnya dari IDwebhost!

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022