Alexa Rank Webite Untuk Mengetahui Rangking Situs

20 Apr 2020
Alexa Rank Webite Untuk Mengetahui Rangking Situs campaign-unlimited

Alexa Rank Tools digunakan untuk mengukur sebuah kesuksesan website. Biasanya ditentukan oleh seberapa banyak pengunjung website yang datang untuk sekedar membaca isinya. Bisa jadi pengunjung tersebut merupakan pengunjung baru maupun pengunjung lama. Isi sebuah website pun beragam. Ada yang bertujuan untuk memperjual belikan sebuah produk, bisnis online atau dapat sekedar untuk melihat produk yang dijual. Semuanya akan bergantung pada seberapa tingginya traffic yang sudah masuk ke dalam website atau blog Anda. Tidak jarang masih ada orang yang kebingungan dalam mengukur dan juga meghitung hal tersebut. Jika Anda adalah pelaku bisnis online yang baru, Anda dapat mengelola website atupun blog Anda menggunakan Alexa Rank.

Pengertian Alexa Rank Tools

mengetahui tentang alexa rank tools

Alexa Rank adalah sebuah sistem peringkat berdasarkan pada skema peringkat dari traffic yang ada dalam sebuah website atau blog. Yang dapat digunakan untuk menerima dari keseluruhan jumlah orang yang sudah mengunjungi situs website atau blog Anda dengan menggunakan Alexa toolbar yang sudah terinstall. Untuk perangking Alexa sudah ditentukan dengan cara menggabungkan data jumlah orang yang mengunjungi website dan jumlah halaman atau page yang dikunjungi oleh pengujung website atau blog Anda.

Perlu diketahui bahwa Alexa merupakan perusahaan yang berasal dari California yang berdiri pada tahun 1996 dan langsung diambil alih oleh Amazon tahun 1999 lalu. Tools Alexa juga dibuat untuk difokuskan dalam bidang pengumpulan data traffic dari sebuah website atau blog. Sebenarnya, Alexa mempunyai beberapa produk, salah satunya adalah waybacj machine yang digunakan sebagai arsip intenert. Namun, dari keseluruhan produk yang paling dikenal dan tentu saja menjadi sebuah patokan adalah untuk menganalisa sebuah website atau blog.

Bisa disimpulkan alexa rank merupakan tool agar dapat melihat peringkat sebuath blog atau website yang Anda miliki berdasarkan degan traffic pengunjung blog yang dipunyai. Sehingga, semakin kecil nilai Anda yang ada di Alexa artinya semakin bagus peringkat website atau blog Anda. Daftar alexa rank juga memperlihatkan trends seluruh audience dan juga memperlihatkan beberapa kontak informasi yang ada di situs yang peringkatnya sedang dilihat. Untuk para blogger menggunakan alexa rank karena digunakan sebagai sarana yang dapat digunakan untuk melakukan uji banding antar situs atau blog, sehingga dapat langsung diketahui blog mana yang mendapatkan peringkat paling bagus dari segi isi dan juga informasi yang ada didalam situs tersebut.

Cara Cek Peringkat Situs dengan Alexa Rank Tools

mengetahui tentang alexa rank tools

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alexa rank digunakan untuk melihat peringkat website atau blog Anda. Untuk dapat menggunakan Alexa Rank, yang perlu Anda ketahui adalah tidak perlu melakukan instalasi extension. Karena jika Anda ingin melihat rangking dari sebuah website Anda hanya perlu mengunjungi website resmi Alexa Rank.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memasukan nama domain dari website yang akan Anda check. Kemudian klik pada Find. Selanjutnya, akan keluar data dari hasil nama domain seperti yang Anda cari. Tentu saja, Anda kan dilihatkan halaman dari hasil pencarian yang berisi tentang data detail dari website yang Anda cari. Setelah itu, Anda akan melihat keyword Opportunity, yang merupakan kalimat dengan jumlah pencarian yang banyak dicari yang ada di website Anda. Untuk keyword tersebut juga dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu Keywords Gaps; Buyer Keywords, Easy-to-Rank Keywords, Optimization opportunities.

Selanjutnya, Anda akan diperlihatkan Data Analysis dari Kompetitor Anda tetunya pada bidang yang sama yang sedang Anda geluti. Contohnya adalah Microsoft mempunyai kompetitor seperti github, stackoverflow dan office tentunya dengan detail data pencarian organilk, sosial media refeal dan juga direct. Anda akan menemukan Audience Analysis yang merupakan suatu perangking dalam sebuah pencarian website. Akan ada banyak informasi yang Anda dapatkan pada bagian tersebut yang bisa Anda jadikan dasar dalam mengetahui pesona dari berbagai user yang sudah megunjungi website Anda.

Menaikkan Situs dengan Alexa Rank Tools

mengetahui tentang alexa rank tools

Alexa Rank tools digunakan pada webmasterts dan advertising network untuk melakukan pengukuran nilai link iklan yang terdapat pada website Anda. Pada saat website Anda yang bergantung pada iklan atau sudah melakukan penjualan website dalam bentuk monetisasi, tentu Anda ingin meningkatkan peringkat Alexa ke urutan paling atas, tentu hal tersebut akan meningkatkan harga tawar Anda ketika Anda akan menawarkan harga iklan.

Selain itu, daftar Alexa juga dapat menjadi salah satu pembanding website Anda dengan kompetitor dari sudut pandang lain. Sehingga Anda akan dapat mengetahui kekuatan website Anda dan juga kompetitor sudah sejauh mana dan point apa saja yang bisa diperbaiki, dipertahankan dan juga ditingkatkan untuk menaikkan traffic website Anda untuk jangka panjang.

Ada begitu banyak alasan kenapa Anda harus mengetahui peringkat website dengan cara cek Alexa karena informasi yang sudah diberikan dapat memberikan manfaat untuk kebutuhan Anda. Rangking yang disedaikan masih dalam bentuk penilaian yang global dan juga disesuaikan menurut negara. Jika Anda memakai fasilitas yang berbayar dari Alexa, Anda akan dapat melihat letak geografis dari pengunjung atau visitor suatu website.

Cara Alexa Menyusun Rangking Website

Mengetahui Rangking Situs

Dari penjelasan Alexa Rank website, dalam menghitung ranking sebuah website dengan cara megkombinasikan jumlah pengunjung yang datang setiap hari. Dengan banyaknya page view yang didapat dari sebuah website yang terjadi selama 3 bulan terakhir. Data tersebut selanjutnya akan dikumpulkan dari beberapa pengguna internet yang memakai satu dari keseluruhan 25.000 extension browser yang ada di Google Chrome atau Firefox yang sudah menginstall script Alexa didalamnya. Kemudian, Alexa Rank akan menggunakan algoritma agar memperbaiki data yang bisa memberikan data yang jauh lebih akurat. Sebenarnya, ada beberapa website yang mempunyai coding Alexa di website atau blog yang mereka gunakan, sehingga Alexa dapat mengetahui jumlah orang yang sudah datang ke website dengan lebih akurat.

Jika dilihat dari penjelasan diatas, fungsi Alexa Rank website memang sangat membantu dalam berbagai aktivitas di dunia internet. Karena dapat memonitoring sebuah website atau blog yang akan di view rank nya. Dengan data yang sudah diberikan oleh alexa. Anda dapat memikirkan beberapa langkah strategis untuk website Anda contohnya dengan memindahkan lokasi server hosting ke tempat yang lebih dekat dengan lokasi yang berisi mayoritas visitor website atau blog Anda. Anda juga dapat mengubah template situs Anda tentunya dengan menyesuaikan target pembaca agar pengunjung juga betah berlama-lama di website Anda. Masalah kecepatan website juga menjadi hal yang harus Anda perhatikan. Apalagi menjadi isu yang cukup sensitive di mata para pembaca dan pengujung website atau blog Anda.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013