Alasan Webmaster Memilih Dedicated Server untuk Website
Blog Hosting Guru Alasan Webmaster Memilih Dedicated Server untuk Website

Alasan Webmaster Memilih Dedicated Server untuk Website

Bagi Anda yang telah memiliki website tentu sudah mengenal apa itu dedicated server. Web hosting sendiri adalah penyedia layanan jasa hosting yang bertujuan untuk menyimpan berbagai macam file, dokumen atau data website sehingga data-data tersebut nantinya bisa diakses oleh berbagai orang di internet. Saat ini sudah banyak penyedia layanan hosting yang menyediakan layanan dedicated server salah satunya IDwebhost. Pada artikel ini kami akan berbagi informasi menarik tentang apa itu dedicated server hingga membahas mengapa pemilik website profesional lebih memilih server jenis ini. Untuk mulai pembahasannya mari simak pengertiannya terlebih dahulu.

Apa itu Dedicated Server?

Dedicated server adalah suatu jenis hosting yang biasanya digunakan untuk kebutuhan website berskala besar dan juga kompleks. Di sini si penyewa jasa hosting dapat memilih dan menentukan sendiri spesifikasi server yang akan digunakan atau butuhkan. Yang artinya ketika kita membeli layanan hosting tersebut yang akan kita dapatkan adalah sebuah server dengan akses penuh. Karena administrasi dari perangkat dikelola sendiri sebagai pengelola atau penggunanya akan lebih leluasa memanfaatkan resource yang tersedia.

Sebenarnya dedicated server secara kegunaan atau fungsi yang sama dengan shared hosting atau VPS hosting. Namun ketika keduanya tidak mampu lagi menampung trafik yang tinggi maka ada baiknya untuk migrasi dan upgrade ke dedicated server. Namun dari segi harganya yang lebih mahal dari share atau vps hosting.

Kelebihan Dedicated Server

Kelebihan Dedicated Server

Kelebihan yang paling utama adalah akses penuh. Karenanya dari kebebasan yang paling utama Anda bisa melakukan pengaturan, konfigurasi sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Kemudian Anda bisa memilih software dan spesifikasi hardware yang diinginkan yang tidak bisa diperoleh dari hosting tipe yang lainnya.

Jika masih belum familiar dengan dedicated server Anda jangan khawatir karena biasanya penyedia jasa layanan web hosting akan memberikan dukungan pada Anda dan membantu saat mengalami kesulitan dalam melakukan instalasi dan sebagainya.

Mengingat dari harga yang lebih mahal dari shared hosting dan VPS maka Anda akan mendapatkan perlakuan dan fasilitas khusus. Bisa dikatakan bahwa hoting jenis ini adalah premium untuk pemilik website profesional. Oleh karenanya Anda akan mendapatkan tempat server yang aman dari gempa, banjir dan sirkulasi suhu yang telah disesuaikan untuk performa yang terbaik.

Kekurangan Dedicated Server

Kekurangan Dedicated Server

Kekurangannya dari segi harga yang masih relatif mahal dibanding kan hoting jenis yang lain. Namun demikian dari harga itulah Anda mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan harga dan manfaat yang lebih. Dari penggunanya pelu pengetahuan yang cukup dan tidak gagap terkait pengaturan dan mengelola hosting. Karena semua Anda yang mengelola maka semua file data dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kebutuhan website sehingga Anda sendiri yang menanganinya.

Mungkin saja ada data yang penting dan rahasia untuk Anda dan tidak ingin melibatkan orang lain demi keamanan data Anda. Kemudian Anda diharuskan memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengelola website dan juga mengurusi semua hal mulai dari hardware, operating sistem, keamanan, jaringan, hingga database Anda sendirilah yang akan mengelolanya.

hosting yang Baik dan Benar

Tips Memilih Dedicated Server yang Baik dan Benar

Saat ingin menggunakan layanan web hosting tentu ada beberapa yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Begitupun juga dengan memilih hosting dedicated server ini. Berikut ada lima parameter hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Spesifikasi Server

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dari segi spesifikasi server pendukung dedicated hosting-nya periksalah terlebih dulu yang ditawarkan oleh penyedia jasa apakah sudah bisa untuk menangani semua kebutuhan website Anda. Semakin baik spesifikasi yang ditawarkan akan semakin baik pula performa website Anda nantinya.

2. Kapasitas Memory

Cepat atau lambatnya server saat menangani pengunjung juga dipengaruhi oleh memory. Pastikan untuk mendukung website Anda memiliki performa yang terbaik. Dari segi kecepatan memang tidak boleh salah pilih karena kecepatan adalah salah satu aspek yang terpenting. Pastikan penyedia jasa layanan hosting menawarkan ram yang cukup tinggi yang sesuai kebutuhan website Anda.

3. Faktor Keamanan

Pastikan penyedia layanan hosting akan memberikan jaminan keamanan file atau data dari website Anda. Penyedia layanan harus memberikan jaminan keamanan yang terpercaya jangan sampai mudah dicuri atau dirusak orang tak bertanggung jawab. Apalagi jika website Anda merupakan website e-commerce yang memiliki data-data penting dari pelanggan hingga konsumen. Untuk itu demi menghindari kerugian yang mungkin terjadi ada baiknya memastikan hardware dan software memiliki kualitas dan lisensi yang terpercaya.

4. Dukungan Teknis

Karena pengguna dedicated server kebanyakan adalah pengguna premium yang memiliki website skala besar maka jadi hal yang wajar untuk mendapatkan prioritas pelayanan yang terbaik. Pastikan Anda memilih layanan hosting yang terbaik yang siap memberikan dukungan teknis terbaiknya. Anda bisa mengandalkan mereka saat ada kendala teknis baik melalui chat, telephone, sms dan lain sebagainya 24/7.

5. Harga Terbaik

Biasanya harga merupakan pertimbangan bagi pembeli. Kita tahu bahwa harga yang mahal belum tentu memberikan kualitas yang sesuai. Sebaliknya harga yang terjangkau belum tentu memberikan performa paling jelek. Namun disini Anda harus memilih perusahaan layanan hosting yang terbukti memberikan harga terbaik dengan pelayanan yang lengkap, maksimal dan terbukti.

Siapakah yang Memerlukan hositng

Siapakah yang Memerlukan Dedicated Server?

Anda pasti masih bingung kok hanya buat website saja semahal, sebagus dan sebesar itu. Ya benar memang dedicated server ini diperuntukan bagi perusahaan besar yang memang membutuhkan spesifikasi hosting dan server besar kompleks dengan daya tampung yang lebih besar juga.

Jika Anda masih sebagai blogger atau yang baru merintis bisnis online dengan layanan shared hosting dan VPS pun sudah cukup untuk kepentingan dan kebutuhan website Anda.

Baca juga: Layanan Penyedia Dedicated Server Kualitas Terbaik

Alasan Memilih Server di IDwebhost

Alasan Memilih Dedicated Server di IDwebhost

Layanan penyedia dedicated server berkualitas prima, performa handal, stabil, akses kontrol penuh, customer care 24/7. IDwebhost merupakan penyedia layanan web hosting terbaik, terpercaya dan berpengalaman sudah lama. Dedicated server dari IDwebhost juga salah satu Andalan, terbaik, pilihan pelanggan. Selain itu IDwebhost yang terkenal memberikan layanan hosting terbaik termurah di Indonesia.

IDwebhost memberikan kualitas performa terbaik dengan akses web 40 kali lebih cepat termasuk bandwidth yang ditawarkan. Dengan adanya Dedicated Cloud Backup sehingga data dapat di backup dengan aman. Garansi uang kembali, dalam 30 hari jika terjadi masalah pada hosting Anda maka IDwebhost siap mengembalikan uang Anda secara penuh. Dari lisensi IDwebhost telah memiliki sertifikat SSL untuk keamanan website Anda.

Mengapa Anda perlu memilih IDwebhost: Garansi uang kembali, customer care 24/7, server terbaik level dunia, harga paket hosting termurah.

Demikian pembahasan kali ini tentang dedicated server mudah-mudahan memberi informasi yang bermanfaat untuk pembaca setia di IDwebhost. Jika Anda ingin menggunakan layanan hosting dari IDwebhost kami dengan sepenuh hati melayani yang terbaik. Sekian salam sukses untuk kita semua.