Alasan Spamhaus Block List Berbahaya
Blog Tips Keren Alasan Spamhaus Block List Berbahaya

Alasan Spamhaus Block List Berbahaya

Spamhaus Block List sangat penting untuk diketahui oleh siapapun yang mempunyai website. Karena SBL (Spamhaus Block List) dapat memberikan dampak yang buruk untuk website dan juga memberikan dampak yang buruk pada layanan hosting yang Anda gunakan.

Mengenal Spamhaus Block List (SBL)

Merupakan sebuah database yang isinya adalah berupa alamat IP yang sudah terindikasi karena melakukan spam. Keseluruhan alamat baik email ataupun IP yang ada dalam daftar akan di blokir dari akses ke email. SBL ini ternyata tidak hanya berisi mengenai daftar alamat IP atau domain yang sudah terindikasi spam saja, tetapi juga menjalankan program atau query secara realtime. Yang tujuannya dalah mengawasi pertukaran data email yang ada di internet. SBL bisa diibaratkan seperti polisi yang sedang melakukan sebuah razia, melakukan identifikasi, menandai dan juga melakukan pemblokiran pada email yang rusak, menganggu, dan juga menyalahi aturan (term of service). Sistem tersebut berjalan selama 24/7 agar dapat memastikan pertukaran data email yang terjadi pada internet, aman.

spamhaus block list

Sebab Alamat IP atau Domain Masuk Dalam Spamhaus Block List

Berikut ini beberapa penyebab alamat IP atau domain masuk dalam SBL:

Mass Email

Mass email biasanya dikenal dengan istilah bulk email yang merupakan sebuah email yang dikirimkan ke dalam grup besar pada satu waktu. Email yang dikirim biasanya berisi tentang pesan promosi atau sebuah iklan yang dikirim dalam jumlah besar pada waktu yang sama. Biasanya para pengguna iklan beranggapan bahwa jika pemasaran yang dilakukan secara pribadi dan otomatis adalah yang paling efektif. Sedangkan untuk mass email dianggap dapat menyampaikan pesan secara tepat kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat. Namun, mass email ini dapat memberikan dampak yang negative jika tidak berhati-hati. Mass email ini bisa menjadi email spamming jika yang dikirimkan tidak relevan. Sehingga sebelum mengirim email secara massal, harus dipastikan jika email yang akan dikirimkan tidak berukuran besar. Dan receiver adalah user aktif, sehingga email yang akan dikirimkan tidak akan terjadi bouncehback.

spamhaus block list

Malware

Malware bisa menjadi salah satu penyebab Anda masuk dalam daftar blokir SBL. Tentunya, banyak pengguna yang tidak sadar. Karena malware bekerja dengan cara otomatis tanpa diketahui oleh pengguna. Email yang berasal dari malware biasanya sering gagal dan bisa berakibat pada catatan pengiriman yang buruk. Hal tersebut yang menyebabkan SBL curiga. Sehingga semakin lama volume kegagalan yang terjadi pada pengiriman email mengalami peningkatan, maka SBL akan menambahkan domain Anda dalam daftar mereka. Dan domain Anda bisa dianggap sebagai salah satu sumber email spam.

Praktek Spam Email

Penyebab selanjutnya adalah bisa jadi karena sengaja mengirimkan email spam. Untuk email promosi ataupun yang berisi tentang iklan dalam jumlah yang besar akan dikenal sebagai email spam. Email spam merupakan email yang dikirim dengan tujuan untuk merusak dan mencoba melakukan pembobolan pada keamanan pengguna. Biasanya berjumlah dengan cukup besar dan berasal dari alamat domain yang tidak biasa. Dengan mengirimkan email jumlah besar mempunyai tujuan untuk memenuhi folder penyimpanan lawan. Dan hal ini memudahkan untuk mendeteksi sebagai spam. SBL nantinya akan mencurigai alamat domain email asal dan memasukkan ke daftar SBL jika memang terbukti merupakan salah satu email spam.

Bahaya Spamhaus Block List

Akses Keluar Masuk Email Terblokir

Pada umumnya, SBL akan melakukan pemblokiran koneksi yang berhubungan langsung dengan email Anda. Sehingga seluruh aktivitas email tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Tentu hal tersebut akan mempunyai pengaruh terhadap proses bisnis yang Anda lakukan. Dimulai dari SBL hanya akan meakukan pemblokiran pada domain Anda. Jika tidak ditangani dengan segera, maka SBL akan langsung melakukan pemblokiran pada akun yang ada dalam range IP dan juga domain Anda. Oleh karena itu, bisa membawa kerugian pada layanan hosting dan juga seluruh client yang ada dalam range IP tersebut.

spamhaus block list

Dapat Menurunkan Tingkat Keabsahan Domain

Dampak yang terjadi jika terdeteksi SBL adalah segala aktivitas termasuk pengiriman email yang berasal dari domain akan terblokir. Tidak hanya melakukan penolakan pada segala alamat email yang dikirimkan, tetapi juga pada domain ataupun alamat IP yang bisa menjadi alamat yang tidak dapat dipercaya oleh jaringan. Hal tersebut berakibat terganggungnya aktivitas yang terjad. Contohnya seperti prioritas pengiriman dan juga sejenisnya. Walaupun tidak terbukti secara valid, tetapi domain maupun IP yang masuk ke dalam daftar SBL dapat menurunkan peringkat dalam mesin pencari.

Bisa Menurunkan Pendapatan Secara Tidak Langsung

Untuk Anda yang menggunakan email yang digunakan sebagai alamat komunikasi utama. Dengan adanya permasalahan SBL ini akan bisa membawa kerugian yang cukup besar. Karena nantinya email yang berasal dari client tidak dapat Anda terima. Dan Anda juga tidak bisa menerima email dari berbagai sumber yang terpercaya. Selain itu, SBL juga mempunyai potensi untuk bisa melakukan pemblokiran atau bisa juga menolak email yang berasal dari link atau sumber yang terpercaya. Contohnya ketika ada pengiriman email yang berasal dari IP di bawah control spammer atau bisa menggunakan IP yang terindikasi memakai Spam Service. Maka tingkat kesempatan email terpercaya agar bisa lolos dari SBL menjadi sangat kecil.

Pada kasus tersebut, Spamhaus akan langsung menghubungi penyedia layanan ISP dan langsung memberikan informasi yang berkaitan dengan aktivitas spam yang terjadi. Tindakan tersebut agar bisa menghapus alamat IP ataupun domain Anda dari daftar blokir. Hal ini dapat dilakukan agar bisa mengantisipasi terjadinya pemblokiran pengguna yang tidak bermasalah. Tetapi, jika penyedia layanan ISP malah mendukung adanya kegiatan spammer, maka Spamhaus akan langsung menandai penyedia tersebut dengan layanan “Spam Supoort Service”. Dan akan langsung mendaftar seluruh layanan yang ada dibawahnya ke daftar blokir.

spamhaus block list

Kesimpulan

Domain atau alamat IP yang masuk ke dalam daftar SBL dapat dimasukan dalam kategori yang serius. Nantinya, Anda tidak dapat melakukan pengiriman email jika alamat IP atau domain Anda masih masuk dalam daftar SBL. Selain itu, prioritas ataupun tingkat validtas domain juga akan menurun, dikarenakan sebagai hal yang masuk ke dalam SBL dapat diidentifikasikan sebagai spammer. Anda juga bisa menjadkan informasi mengenai SBL ini sebagai permasalahan yang tidak hanya melibatkan satu divisi saja, tetapi mencakup seluruh bagian.

Nyatanya, SBL tidak hanya memberikan dampak yang merugikan untuk Anda saja tetapi juga untuk peneydia layanan hosting ataupun pengguna yang lain. Sehingga akan sangat penting untuk terus melakukan sebuah komunikasi tentunya dengan pihak agar dapat menentukan langkah yang pas untuk diambil. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.