Alasan Kenapa WordPress Harus Selalu Update, Gratis Salah Satunya

31 Des 2018
Alasan Kenapa WordPress Harus Selalu Update, Gratis Salah Satunya campaign-unlimited

Apakah anda merasa lelah ketika muncul notifikasi update di WordPress? Atau anda pusing dan malas tiap kali notifikasi tersebut muncul? Atau juga Anda malas karena harus meluangkan waktu lebih untuk melakukan update tersebut? Jika iya, mungkin anda kurang mengerti alasan kenapa WordPress harus selalu update.

WordPress merupakan salah satu CMS yang amat sangat sering melakukan update untuk versi terbaru daripada CMS lainnya. Hal ini cukup wajar mengingat status WordPress sebagai salah satu CMS terbaik dan paling populer di dunia saat ini.

Tapi apakah Anda pernah bertanya – tanya apakah Anda diharuskan untuk memperbarui WordPress Anda ke versi terbaru? Apakah tidak ada efek tertentu jika anda tidak melakukan upgrade tersebut? Oleh karena itu Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan alasan kenapa WordPress harus selalu update.

 

Alasan kenapa WordPress harus selalu update
Idwebhost

Update WordPress itu Gratis!

WordPress adalah gratis, dan WordPress dikembangkan oleh komunitas pengembang. Pada setiap rilis baru WordPress, mereka memperbaiki bug, menambahkan fitur baru, meningkatkan kinerja, dan meningkatkan fitur yang ada untuk tetap up to date dengan standar industri baru, dan tentunya semakin memudahkan penggunanya.

Jadi dengan kata lain, ketika Anda tidak memperbarui situs WordPress Anda, Anda mempertaruhkan keamanan website Anda dan kehilangan fitur baru / perbaikan yang sudah dibawa di versi terbaru. Selain itu tidak ada ruginya update wordpress, karena bersifat gratis!

Berikut beberapa manfaat yang Anda menggunakan WordPress terbaru.

Alasan kenapa WordPress harus selalu update

1. Menjaga WordPress anda selalu aman

Alasan kenapa wordpress harus selalu update yang pertama adalah Faktor keamanan inilah yang bisa dibilang paling penting sebagai alasan mengapa Anda harus menjaga website WordPress Anda up to date.

WordPress saat ini telah digunakan sebanyak 23% dari semua situs web di dunia. Karena popularitas yang begitu besar, WordPress adalah target populer untuk hacker, distributor kode berbahaya, dan pencurian data.

Alasannya adalah karena WordPress open source, siapapun dapat mempelajari kode sumber untuk belajar dan meningkatkan kemampuan wordpress sesuai keinginan pengguna. Namun itu juga berarti bahwa hacker dapat mempelajarinya juga dan menemukan cara untuk masuk ke situs yang menggunakan WordPress.

Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua hacker adalah buruk. Ada lebih banyak hacker yang baik daripada yang buruk yang berarti bahwa para ahli keamanan di seluruh dunia dapat mempelajari kode dan melaporkan bug keamanan / perbaikan. Setiap kali kerentanan keamanan dilaporkan, tim inti WordPress bekerja dengan tekun untuk merilis update dan melakukan perbaikan masalah.

Ini berarti bahwa jika Anda tidak menggunakan versi terbaru dari WordPress, maka Anda menggunakan perangkat lunak dengan kerentanan keamanan yang diketahui. Hacker dapat mencari situs-situs yang menjalankan versi lama, dan Anda mungkin menjadi korban dari serangan hacker.

Bukan hanya WordPress itu sendiri, plugin juga bisa dimanfaatkan oleh hacker. Anda perlu memastikan bahwa semua plugin , tema, dan core inti itu sendiri selalu up to date.

2. Performa WordPress akan semakin meningkat

Selanjutnya adalah akan meningkatkan performa WordPress menjadi lebih baik. Ya, update tidak hanya untuk alasan keamanan. Seringkali pengembang WordPress akan meningkatkan kinerja WordPress itu sendiri, begitu pula yang dilakukan pengembang template dan plugin. Misalnya, WordPress 4.1 melakukan perbaikan query yang kompleks untuk meningkatkan kinerja wordpress, dan WordPress 3.9 melakukan perbaikan kinerja TinyMCE. Plugin juga melakukan update untuk meningkatkan kinerja, mungkin untuk mempercepat script atau query agar lebih efisien.

3. Fitur baru

Menjaga wordpress Anda tetap up to date juga memberikan Anda akses ke fitur baru. Sebagai contoh, rilis terbaru dari WordPress telah menyertakan perbaikan besar untuk UX layar admin serta perbaikan aksesibilitas. Plugin dapat melakukan hal ini juga, yang berarti bahwa menjaga versi engine tetap up to date memberikan Anda akses ke fitur terbaru.

 

Alasan kenapa WordPress harus selalu update
Idwebhost

Setiap kali update WordPress pasti akan memiliki berbagai fitur baru dan perubahan perangkat lunak. Contohnya, WordPress 4.0 datang dengan peningkatan install plugin yang mudah, versi 4.1 diperkenalkan editing gambar inline, dan 4,2 datang dengan update  plugin lebih cepat, versi 4.3 dengan editor wordpress yang lebih banyak fitur.

Sekarang jika Anda menggunakan versi lama dari WordPress, maka pengalaman WordPress Anda akan banyak berbeda dari seseorang yang menggunakan versi terbaru.

Anda akan memiliki kesulitan menemukan bantuan WordPress di berbagai forum karena Anda menggunakan versi lama. Pengguna di forum dukungan WordPress selalu akan menganggap bahwa Anda menggunakan versi terbaru dari WordPress.

4. Menghilangkan Bug

Selanjutnya update akan menghilangkan bug. Sama halnya dengan plugin dan template. Pastikan Anda mengupdatenya karena akan mempengaruhi wordpress Anda. Pengunjung WordPress Anda pun juga lebih nyaman karena tak ada bug yang mereka temui.

Meskipun pengujian ketat dari rilis WordPress utama, kadang-kadang bug masih saja terdapat di rilisan besar WordPress. Itulah mengapa ada rilis kecil tepat waktu WordPress (yang dengan versi XXX) untuk memperbaiki celah-celah tersebut. Sebagai contoh, baru-baru ini WordPress 4.2.3 muncul untuk memperbaiki 20 bug dari rilis versi 4.2.

Sekarang jika Anda pergi ke forum dukungan WordPress meminta bantuan, saran pertama yang akan Anda dapatkan adalah untuk memperbarui WordPress karena mungkin itu akan memperbaiki masalah Anda. Jika Anda bersikeras tidak memperbarui WordPress, maka Anda tidak akan dapat menerima bantuan dan harus cari cara lain.

5. Meningkatkan kecepatan

Pengembang WordPress selalu berusaha untuk membuat hal-hal lebih cepat untuk mengikuti perkembangan jaman di WordPress. Setiap rilis baru hadir dengan beberapa peningkatan kinerja yang membuat WordPress berjalan lebih cepat dan lebih efisien.

Misalnya, WordPress 4.2 meningkatkan kinerja JS untuk menu navigasi, dan WordPress 4.1 ditingkatkan pertanyaan kompleks yang membantu dengan kinerja situs menggunakan pertanyaan tersebut.

Karena kecepatan adalah faktor besar dalam SEO, Anda harus menjaga WordPress Anda selalu diperbarui untuk memastikan manfaat kinerja yang maksimal.

6. Kompatibilitas

Alasan kenapa wordpress harus selalu update yang terakhir adalah kompatibilitas. Ya, Sering Plugin dan pengembang tema berkoordinasi update dengan rilis WordPress utama untuk memastikan mereka mengambil keuntungan dari fitur baru tersedia dan perangkat tambahan.

Alasan kenapa WordPress harus selalu update
Idwebhost

Namun di beberapa kasus, update dapat membuat plugin WordPress tidak bekerja jika mereka tidak mengikuti praktik terbaik dan standar melakukan kode. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi Anda untuk selalu melakukan backup WordPress sebelum update.

Itulah mengapa melakukan update itu sangat perlu. Dan akan lebih baik jika Anda mendapatkan plugin dan template dari sumber yang sama, sehingga ketika ada pembaruan di wordpress, kedua hal tersebut kompatibel dengan versi wordpress yang baru.

Berikut tadi diatas merupakan 6 alasan kenapa wordpress harus selalu update. Oleh karena itu jangan malas update ketika notifikasi update muncul. IDwebhost sebagi pengguna CMS wordpress juga sangat sering melakukan update karena banyak manfaatnya.