Alasan Harus Memasang Google Analytics di Website

Alasan Harus Memasang Google Analytics di Website campaign-unlimited

Salah satu aspek penting dalam dunia digital adalah kemampuan analisa. Entah itu di di digital marketplace, sosial media, maupun di platform website. Khususnya website, analisa sangat berguna untuk memgetahui kompetitor, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan website sendiri, hingga mengetahui tren terkini. Untuk memudahkan analisa, terdapat banyak tool yang yang bisa membantu melakukan pekerjaan tersebut. Salah satu yang paling populer adalah Google Analytics. Tool besutan Google ini menjadi tool dengan pengguna terbanyak di dunia. Hampir semua website selalu memasangnya. Bisa dibilang Google Analytic adalah tool yang sangat powerful. Lalu, apa alasan harus memasang Google Analytics di website? Simak ulasannya berikut ini:

Fungsi Google Analytics

Google Analytics adalah salah satu tool analitis web yang paling populer dan banyak digunakan. Fungsinya adalah untuk membantu pemilik situs web mengukur dan menganalisis perilaku pengunjung mereka. Ini menyediakan informasi yang berguna untuk memahami bagaimana pengunjung menggunakan situs web. 

Informasi ini berguna bagi pemilik situs untuk membuat keputusan tentang bagaimana meningkatkan situs web dan memenuhi kebutuhan pengunjung. Google Analytics juga memungkinkan pemilik situs untuk mengukur hasil dari kampanye pemasaran online mereka, seperti iklan pay-per-click atau email marketing.

Alasan Harus Memasang Google Analytics

1. Mengetahui Bagaimana Pengunjung Menemukan Website

Tahukah kamu, bahwa saat ini ada lebih dari satu miliar situs online saat ini. Semua berlomba-lomba untuk bisa menjadi yang teratas di halaman pencarian di internet yang pastinya sangat penuh sesak. Untuk itu kamu harus melakukan usaha agar orang-orang dapat menemukan websitemu.

Alasan Harus Memasang Google Analytics

Dengan menggunakan Analytics, kamu bisa tahu dari mana saja pengunjung menemukan websitemu. Google akan melacak berapa orang yang memasuki websitemu melalui klik tautan dalam pencarian (Organik). Berapa banyak dari klik tautan yang dibagikan di media sosial, juga berapa banyak yang dari iklan berbayar, bila memang kamu melakukannya. Kamu juga bisa tahu berapa banyak pengunjung yang langsung mengetikkan nama website milikmu di mesin pencari.

Yang jelas, dengan mengetahui bagaimana pengunjung menemukan websitemu sangat berguna dalam menentukan strategi digital marketing.

2. Bisa melacak Apa yang dilakukan pengunjung di website

Membawa orang untuk mengunjungi websitemu adalah sebuah tantangan pertama yang harus ditaklukkan. Namun membuat pengunjung bertahan dan dan suat saat kembali lagi adalah masalah yang sama. Dan Google Analytics bisa membantumu mengetahui apa saja aktivitas yang dilakukan pengunjung websitemu.

Untuk mengetahui informasi halaman yang pertama kali dikunjungi, juga berapa lama mereka menghabiskan waktu di website, kamu bisa melihatnya di bagian perilaku atau behaviuor sections di Analytics.

Informasi ini akan membantumu memahami bagian website manakan yang paling banyak menarik minat. Juga membantumu membuat keputusan apakah ingin melakukan peningkatan berdasarkan analisa tadi.

3. Mengetahui Data Pengunjung Website 

Tak semua pengunjung bisa dijangkau sebuah website. Mungkin ada jenis pengunjung tertentu yang akan sangat berharga bagimu. Google Analytics akan memberikan informasi padamu siapa saja pengunjung website, baik dari aspek demografi, dan apa yang mereka minati secara umum.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui browser apa yang digunakan oleh pengunjung. Dengan mengetahui data ini, kamu bisa membuat analisa di browser manakah situs websitemu paling nyaman dikunjungi. Dari analisa tadi kamu bisa membuat keputusan langkah apa selanjutnya yang bisa dilakukan.

4. Menemukan Halaman Paling Populer di Website

Setiap halaman website pasti memiliki halaman atau postigan terpopuler. Begitupun websitemu. Kamu akan mendapati ada halaman website dengan lalu lintas lebih tinggi daripada halaman lainnya. Kamu juga akan memiliki halaman dimana pengunjung betah berada disana dan bahkan bisa menghasilkan konversi.

Alasan Harus Memasang Google Analytics

Selain itu, dimungkinkan salah satu halaman atau postingan di websitemu mendapatkan jumlah klik yang di luar kewajaran, Google Analyitcs akan membantumu melakukan identifikasi. Alih-alih berdapampak positif, jumlah klik berlebihan justru akan membuat website milikmu dicurigai oleh Google.

Dengan mengetahui halaman terpopuler di website, kamu bisa menentukan strategi berdasarkan insight atau wawasan yang diberikan oleh Analytics.

5. Melacak Konversi

Sebelum membahas bagaimana Google Analytics membantumu melacak konversi, mari kita cari tahu dulu apa makna dari konversi, terutama di dalam konteks digital marketing. Konversi dalam digital marketing bisa diartikan sebagai daftar tindakan yang diinginkan atau ditargetkan.

Tindakan ini mencakup mulai dari mengklik tautan tertentu, melakukan pendaftaran email berlangganan, memberi informasi pribadi, hingga pembelian suatu produk atau layanan.

Dengan Google Analytics, kamu bisa melacak konversi dari yang ditargetkan. Sekaligus juga melakukan analisa konversi apa yang paling sering dipilih oleh pengunjung website. Masing-masing website tentu memiliki tingkat konversi yang berbeda-beda.

Dari data yang dihimpun oleh Analytics, kamu bisa menentukan starategi apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk meningkatkan conversion rate dari website.

6. Alasan Harus Memasang Google Analytics: Gratis

Gratis. Ya, satu kata ini sudah cukup mewakili mengapa Google Analytics digunakan banyak orang, bahkan bisa dibilang menjadi sesuatu yang wajib ada di sebuah website. Mengapa demikian? Karena menggukan Google Analytics itu gratis, tidak dipungut biaya sama sekali.

7. Mudah Digunakan

Sebagai sebuah tool yang digunakan untuk menjawab kebutuhan pasar akan analitik, Google Analytics adalah tools dengan cara penggunaan yang mudah. Jika kamu bukan seorang tech geek, tak perlu khawatir, Google Analytics bisa dipelajari dengan mudah, terutama dalam hal pemasangan.

Alasan Harus Memasang Google Analytics

Kamu tak perlu memiliki kemampuan koding tingkat lanjut untuk bisa memasamg tracking code Google Analytics. Di internet banyak sekali tutorial tentang bagaiamana cara memasang tracking code.

Namun apabila masih merasa kesulitan memasangnya sendiri, kamu bisa minta bantuan pada penyedia hosting di mana kamu berlangganan. Jasa pembuatan website ataupun penyedia hosting memiliki tim yang akan membantu mengatasi permasalahan yang kamu dapatkan.

Memulai Google Analytics

Untuk memulai Google Analytics, kamu harus mendaftarkan diri menggunakan akun Google. Lalu menambahkan website milikmu sebagai properti, dan menambahkan kode pelacakan di halaman website.

Kamu tinggal copy dan paste saja. Cukup mudah. Website berbasis WordPress biasanya menyediakan beberapa opsi pemasangan yang berpotensi memudahkanmu dalam memasangnya dari pada harus melakukan copy paste sebagaimana cara biasa.

Setelah melakukan setup, langkah selanjutnya sendiri cukup muda. Kamu bisa belajar dengan melihat tutorial yang ada di internet.

Kesimpulan

Ada banyak alasan bagus kenapa harus memasang Google Analytics. Dan tidak ada alasan yang tidak bagus untuk tidak memasangnya.

Dengan memasang Google Analytics, kamu akan tahu sejauh mana perkembangan website. Untuk bisa menggunakan Google Analytics tentunya kamu harus memiliki website terlebih dahulu. Pastikan kamu membuat website dan mendaftarkan domain hanya di IDwebhost.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019