Alasan Harus Memasang Google Analytics

Alasan Harus Memasang Google Analytics campaign-unlimited

Salah satu aspek penting dalam dunia digital adalah kemampuan analisa yang baik.. Entah itu di toko online, sosial media, maupun di website. Untuk website, analisa sangat berguna untuk mengetahui kompetitor, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan website sendiri, hingga updated dengan tren terkini.

Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk melakukan analisa. Salah satu yang paling populer tentu saja, Google Analytics. Tools besutan Google ini menjadi tools analitycs dengan pengguna terbanyak di dunia. Hampir semua website selalu memasangnya.

Bisa dibilang Google Analytic adalah tool yang sangat powerful. Lalu, apa alasan harus memasang Google Analytics di website?. Simak ulasannya berikut ini:

Alasan Harus Memasang Google Analytics

Ada banyak alasan kenapa sebuah website harus dilengkapi dengan Google Analytics. Berikut adalah alasan-alasan mengapa harus memasang Google Analytics di website: 

1. Mengetahui Bagaimana Pengunjung Menemukan Website 

Alasan Harus Memasang Google Analytics

Tahukah kamu, bahwa saat ini ada lebih dari satu miliar website di dunia. Mereka semua berlomba-lomba untuk bisa menjadi yang teratas di halaman pencarian di mesin pencari, yang pastinya sangat penuh sesak.

 Untuk itu kamu harus melakukan usaha agar orang-orang dapat menemukan websitemu.

Inilah gunanya Google Analytics. Dengan Analytics, kamu bisa mengetahui dari mana saja sumber lalu lintas pengunjung website. 

Baca Juga : Cara Memastikan Website Terindeks Google

Google akan melacak berapa orang yang memasuki website melalui klik tautan dalam pencarian (Organik), berapa banyak dari klik tautan yang dibagikan di media sosial, juga berapa banyak yang dari iklan berbayar, bila memang kamu melakukannya. 

Kamu juga bisa tahu berapa banyak pengunjung yang langsung mengetikkan nama website di mesin pencari.

Yang jelas, dengan mengetahui bagaimana pengunjung menemukan websitemu,  sangat berguna dalam menentukan strategi digital marketing.

2.Tracking Aktivitas Pengunjung

Membawa orang untuk mengunjungi website adalah sebuah tantangan pertama yang harus dihadapi. Namun membuat pengunjung bertahan dan dan suatu saat kembali lagi adalah masalah yang berbeda.

 Dan Google Analytics bisa membantumu mengetahui apa saja aktivitas yang dilakukan pengunjung di websitemu.

Untuk mengetahui informasi halaman yang pertama kali dikunjungi, juga berapa lama mereka menghabiskan waktu di website, kamu bisa melihatnya di menu perilaku atau behavior sections di Analytics. 

Informasi ini akan membantumu memahami bagian website manakan yang paling banyak menarik minat. Kamu juga  bisa memutuskan apakah ingin melakukan peningkatan berdasarkan analisa tadi.

3. Mengetahui Data Pengunjung Website 

Tak semua pengunjung bisa dijangkau sebuah website. Mungkin ada jenis pengunjung tertentu yang akan sangat berharga bagimu. Google Analytics akan memberikan informasi pada penggunanya, siapa saja pengunjung website, baik dari aspek demografi, dan apa yang mereka minati secara umum.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui browser apa yang digunakan oleh pengunjung. Dengan mengetahui data ini, kamu bisa membuat analisa di browser manakah  paling nyaman dikunjungi. Dari analisa tadi kamu bisa membuat keputusan langkah apa selanjutnya yang bisa dilakukan.

4. Menemukan Halaman Paling Populer di Website

Alasan Harus Memasang Google Analytics

Setiap halaman website pasti memiliki halaman atau postingan terpopuler. Begitupun websitemu. Kamu bisa melihat ada halaman website dengan lalu lintas lebih tinggi daripada halaman lainnya. Kamu juga akan tahu,  halaman dimana pengunjung betah berada disana dan bahkan bisa menghasilkan konversi.

Selain itu, dimungkinkan salah satu halaman atau postingan di websitemu mendapatkan jumlah klik yang diluar kewajaran, Google Analytics akan membantu melakukan identifikasi. Alih-alih berdampak positif, jumlah klik berlebihan justru akan membuat websitemu dicurigai oleh Google.

Dengan mengetahui halaman terpopuler di website, kamu bisa menentukan strategi berdasarkan insight atau wawasan yang diberikan oleh Analytics.

5. Melacak Konversi

Sebelum membahas bagaimana Google Analytics membantumu melacak konversi, mari kita cari tahu dulu apa makna dari konversi, terutama di dalam konteks digital marketing. 

Konversi dalam digital marketing bisa diartikan sebagai daftar tindakan yang diinginkan atau ditargetkan. Tindakan ini mencakup mulai dari mengklik tautan tertentu, melakukan pendaftaran email berlangganan, memberi informasi pribadi, hingga pembelian suatu produk atau layanan.

Dengan Google Analytics, kamu bisa melacak konversi dari yang ditargetkan. Sekaligus juga melakukan analisa konversi apa yang paling sering dipilih oleh pengunjung website. Masing-masing website tentu memiliki tingkat konversi yang berbeda-beda. 

Dari data yang dihimpun oleh Analytics, kamu bisa menentukan strategi apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk meningkatkan conversion rate dari websitemu.

6. Alasan Harus Memasang Google Analytics: Gratis

Gratis. Ya, satu kata ini sudah cukup mewakili mengapa Google Analytics digunakan banyak orang, bahkan bisa dibilang menjadi sesuatu yang wajib ada di sebuah website. Mengapa demikian? Karena menggunakan Google Analytics itu gratis, tidak dipungut biaya sama sekali.

7. Mudah Digunakan

Sebagai sebuah tools yang digunakan untuk menjawab kebutuhan pasar akan analitik, Google Analytics adalah tool yang mudah digunakan. Jika kamu bukan seorang tech geek, tak perlu khawatir, Google Analytics bisa dipelajari dengan mudah, terutama dalam hal pemasangan.

Kamu tak perlu memiliki kemampuan coding tingkat lanjut untuk bisa memasang tracking code Google Analytics. Di internet banyak sekali tutorial tentang bagaimana cara memasang tracking code. 

Namun apabila kamu masih kesulitan memasangnya sendiri, meminta bantuan pada penyedia hosting terbaik  dimana kamu berlangganan adalah pilihan terbaik. Jasa pembuatan website ataupun penyedia hosting memiliki tim yang akan membantu mengatasi permasalahan yang kamu hadapi.

Baca Juga : Cara Membuat Reminder dari Google Sheets

Memulai Google Analytics

Alasan Harus Memasang Google Analytics

Untuk memulai Google Analytics, kamu harus mendaftarkan diri menggunakan akun Google, lalu menambahkan websitemu sebagai properti, dan menambahkan kode pelacakan di halaman websitemu. 

Kamu hanya tinggal copy dan paste saja. Cukup mudah. Website berbasis WordPress biasanya menyediakan beberapa opsi pemasangan yang berpotensi memudahkanmu dalam memasangnya dari pada harus melakukan copy paste sebagaimana cara biasa.

Setelah melakukan setup, langkah selanjutnya sendiri cukup muda. Kamu bisa belajar dengan melihat tutorial yang ada di internet.

Penutup

Ada banyak alasan bagus kenapa harus memasang Google Analytics. Dan tidak ada alasan yang tidak bagus untuk tidak memasangnya. Dengan memasang Google Analytics, kamu bisa tahu sejauh mana perkembangan website. Untuk bisa menggunakan Google Analytics tentunya kamu harus memiliki website terlebih dahulu. Pastikan kamu membuat website dan mendaftarkan domain hanya di IDwebhost.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019