Alamat Email Dengan Domain Sendiri, Ini Untungnya
Blog Tips Keren

Alamat Email Dengan Domain Sendiri, Ini Untungnya

Setelah kamu membaca banyak artikel tentang bagaimana cara memulai sebuah website sendiri, kamu akhirnya akan tahu betapa menguntungkannya memiliki domain sendiri. Banyak sekali keuntungan yang kamu dapatkan dengan memiliki domain sendiri. Memilih layanan domain yang murah juga sangat menguntungkan. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah IDwebhost yang menyediakan domain murah dan berkualitas. Tapi selain menggunakan domain, nampaknya kamu juga harus mulai melirik alamat email dengan domain sendiri. Apa itu alamat email dengan domain sendiri?

Sekarang ini mungkin kamu lebih sering memakai penyedia email gratisan seperti Yahoo, Gmail, Zoho, atau pun Outlook. Mereka memang memberikan kemudahan dan banyak fasilitas untukmu. Mulai dari ruang penyimpanan yang masing-masing penyedia email gratisan itu punya ukuran sendiri-sendiri, dan layanan lainnya. Tapi tahukah kamu, dari pada menggunakan alamat email yang biasanya akhirnya berbunyi @gmail.com atau @yahoo.com atau @outlook.co.id dan sejenisnya, kamu bisa menggunakan nama domainmu sendiri.

Cara mendaftar email gratisan itu pun sangat mudah. Mungkin sebagian besar dari kamu sudah tahu bagaimana caranya. Pertama cukup mengisi beberapa data asli, mulai dari alamat, nama, tanggal lahir, dan lain sebagainya. Kemudian voila! Kamu sudah mendapatkan alamat email yang bisa kamu pakai. Tapi bagaimana dengan alamat email menggunakan domain sendiri? Bagaimana penjelasannya, caranya, dimana harus beli, dan apa saja keuntungannya?

Alamat-Email-Dengan-Domain-Sendiri-04

Apa Itu Email Dengan Domain Sendiri?

Seperti yang sudah dijelaskan, email dengan domain sendiri adalah alamat email yang akhirnya bertuliskan nama perusahaan atau websitemu. Seperti misalnya, katakanlah nama website atau perusahaanmu adalah Akukeren. Maka ketika kamu memutuskan untuk memakai layanan email dengan domain sendiri, nama emailnya bisa menjadi namamu@akukeren.com. Dengan memakai domain sendiri sebagai alamat email tentunya akan menambah prestige tersendiri bukan? Tapi persoalan selanjutnya adalah, bagaimana caranya? Bagaimana cara mendaftarnya? Harus daftar dimana? Apakah berbayar? Jika berbayar, berapa? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Tenang, dibawah ini akan dijelaskan secara singkat tentang alamat email dengan domain sendiri.

Apa Saja Langkah-langkahnya?

Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentunya harus memiliki domain sendiri. Caranya gampang. Kamu bisa menghubungi penyedia jasa domain dan hosting yang bisa kamu beli dengan harga yang murah. IDWebhost salah satu yang terbaik. Setelah memiliki alamat domain sendiri, katakanlah dalam kasus ini nama domainmu adalah domain.com.

Setelah kamu memiliki nama domain sendiri, kamu bisa mendaftarkan alamat domainmu di Google Suite untuk mendapatkan email dengan domain sendiri. Caranya gampang. Kamu tinggal mengetik Google Suite di mesin pencarian, dan dia akan muncul di nomor satu search engine. Setelah itu kamu klik dan melakukan sesuai apa yang diinstruksikan oleh Google. Sekedar pengetahuan saja, untuk saat ini kamu bisa mencoba Google Suite secara gratis selama 2 minggu atau 14 hari. Setelah itu kamu harus membayar. Jika dilihat dari keterangan google sendiri, harga untuk 1 pengguna saat ini adalah 3 dolar perbulan. Harga itu turun 2 dolar, setelah sebelumnya harga 1 akun email dengan domain sendiri adalah 5 dolar. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhanmu. Misalnya untuk pemula, memang yang 3 dolar perpengguna itu cukup. Tapi jika perusahaanmu adalah perusahaan yang sudah besar, kamu bisa menggunakan paket lain yang tentunya lebih mahal.

Keuntungan Punya Alamat Email Dengan Domain Sendiri

Penggunaan alamat email dengan domain sendiri ini sangat disarankan untuk keperluan bisnis, baik yang baru memulai atau yang sudah lama berjalan. Tapi apakah menguntungkan? Apa saja keuntungan mempunyai alamat email dengan domain sendiri? Jangan-jangan ini cuma soal gengsi saja? Bukan soal kegunaan? Berikut ini keuntungan memiliki alamat email dengan nama domain sendiri;

1. Identitas Perusahaan

Seperti yang kamu tahu, domain juga secara tidak langsung menjadi identitas perusahaan. Ketika kamu juga menggunakan nama domainmu sebagai alamat email, maka kamu juga akan semakin menancapkan identitas perusahaanmu.

2. Lebih Efisien dan Aman

Memiliki alamat email dengan domain sendiri pastinya jadi lebih efisien dan aman. Ketika kamu hendak mendaftar di Google Suite, kamu akan diberikan beberapa penjelasan mengenai keuntungan ketika menggunakan Google Suite. Pertama, komunikasimu dengan para karyawan jadi lebih aman. Kenapa? Karena lingkaran yang dipakai hanyalah domainmu sendiri. Kedua, pastinya karena komunikasi yang dijalin hanyalah antar orang-orang yang memiliki domain tersebut, maka pastinya jadi lebih efisien.

 

Alamat-Email-Dengan-Domain-Sendiri-01

3. Lebih Profesional Di Mata Pelanggan

Ketika kamu menggunakan domain sendiri sebagai alamat email, maka kamu akan terlihat lebih profesional untuk pelanggan. Para pelangganmu sebagian besar mungkin lebih awam dengan @gmail.com atau sejenisnya. Tapi ketika kamu muncul dengan nama perusahaanmu, seperti @akukeren.com, maka kamu akan sangat dipandang profesional. Terlebih lagi kalau para pelangganmu adalah orang-orang yang memang paham dengan dunia Google Suite atau sejenisnya. Pamormu sebagai pebisnis akan naik secara otomatis.

4. Lebih Terpercaya Untuk Pelanggan

Selain lebih terlihat profesional untuk pelanggan, menggunakan domain sendiri untuk alamat email akan membuat pelanggan lebih percaya. Ingatkah kamu kalau sekarang banyak sekali penipuan-penipuan yang mengatasnamakan perusahaan besar tapi ia menggunakan domain @gmail.com atau sejenisnya? Bayangkan kalau kamu juga menggunaan domain tersebut. Kemudian kamu mengatakan bahwa kamu berasal dari perusahaan AkuKeren. Apa yang kira-kira akan dipikirkan oleh para pelangganmu? Satu hal yang mungkin terlintas adalah kamu penipu. Nah, dengan begitu memiliki alamat email dengan domain sendiri sangat menguntungkan untuk anda karena membuat pelanggan lebih percaya.

5. Nama Perusahaan Lebih Mudah Diingat

Alamat email yang menggunakan domain sendiri pastinya juga menjadi alat branding perusahaan. Dengan sering menggunakan alamat email tersebut, kamu secara tidak langsung akan membranding perusahaanmu dan membuat namanya mudah diingat. Lebih dipercaya, terlihat lebih profesional, dan lebih mudah diingat, pastinya akan membantu perkembangan perusahaanmu. Bahkan mungkin alamat email dengan nama domain sendiri ini akan membuat kredibilitas perusahaanmu meningkat drastis.

 

Alamat-Email-Dengan-Domain-Sendiri-03

6. Menghadapi Perkembangan Zaman

Saat ini perkembangan zaman semakin maju. Bayangkan jika 10 tahun yang lalu hampir bisa dipastikan orang-orang sangat tidak akrab dengan internet. Tapi lihat sekarang? Hampir dimana pun dan kapan pun orang-orang pasti berinteraksi dengan internet. Belum lagi perkembangan bisnis yang dulu tidak ada yang namanya bisnis berbasis online, tapi sekarang bisnis berbasis online sangat banyak. Itulah salah satu keuntungan menggunakan alamat email dengan domain sendiri. Kamu harus menghadapi perkembangan zaman. Menghadapi perkembangan zaman adalah sebuah keharusan jika ingin bertahan. Maka dari itu menggunakan alamat email dengan domain sendiri, diluar soal keuntungannya pada perusahaan adalah karena kamu harus menghadapi perubahan zaman.

Itu tadi 6 keuntungan memiliki alamat email dengan domain sendiri. Ketika kamu ingin memulai sebuah bisnis online, jangan nanggung. Lakukan hal-hal yang sekaligus efektif untuk kemajuan bisnismu. Memiliki alamat email dengan nama domain sendiri adalah salah satu cara efektif untuk memajukan perusahaan. Dengan memiliki alamat email dengan nama domain sendiri akan meyakinkan para pelangganmu. Meyakinkan mereka bahwa kamu adalah orang yang serius dalam bisnis tersebut.

Kamu ingin bukti? Banyak sekali sekarang perusahaan start up bahkan unicorn yang menggunakan alamat email mereka dengan nama domain mereka sendiri. Hal tersebut patut kalian contoh pastinya.