Cara Akses VPS Menggunakan Android
Blog Tips Keren Cara Akses VPS Menggunakan Android

Cara Akses VPS Menggunakan Android

Tak banyak orang yang tahu, bahwa selama ini Anda bisa melakukan akses VPS menggunakan ponsel berbasis sistem operasi Android. Yang kita ketahui bersama, pada umumnya Anda bisa mengakses VPS menggunakan personal computer dan laptop. Dan semakin berkembangknya teknologi, kini Anda bisa mengakses VPS menggunakan Android. Tentunya teknologi ini sangat memudahkan Anda ketika tidak mempunyai akses untuk menggunakan laptop atau computer. Dan cara melakukan aksesnya pun terhitung sangat mudah. Anda tak perlu terlalu banyak membutuhkan setting yang ribet dan berbelit-belit. Lalu, bagaimana cara akses VPS menggunakan Android? Silakan baca artikel ini sampai habis, ya, sahabat IDwebhost.

cara akses VPS menggunakan Android

Persiapan

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan jika ingin bisa mengakses VPS menggunakan Android. Untuk bisa mengakses VPS dari ponsel android, Anda haru menggunakan aplikasi remote untuk ponsel yang bisa Anda download di Google Play Store. Berikut aplikasi SSH yang bisa Anda jadikan pilihan:

Mobile SSH (Secure Shell)

Aplikasi pertama yang bisa anda gunakan untuk mengakses VPS menggunakan Android adalah mobile SSH. Ini adalah aplikasi SSH gratis yang berbasis OpenSSH dan PuTTY sebagai backend library. Aplikasi ini dibuat karena terinspirasi untuk menghadirkan sebuah tools open source berbasis OpenSSH menggunakan gawai Android. Mobile SSH diharapkan menjadi sebuah tools remote yang efektif. Mobile SSH memiliki dua versi, yaitu versi free dan versi premium. Untuk bisa mendapatkan aplikasi ini dalam paket premium, Anda harus membayar sebesar Rp40.000,00. Tenang saja, Anda hanya perlu sekali beli saja.

JuiceSSH – SSH Client.

Aplikasi ini merupakan SSH Client lain yang juga memiliki banyak pengguna. SSH Client ini adalah terminal client all in one. Ia sudah suport SSH, Local Shell, Mosh, dan Telnet. Aplikasi ini terdiri dari 2 versi. Yaitu versi free dan versi pro. Fitur standard SSH bisa anda dapatkan di versi free. Namun jika Anda ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, beralih ke versi pro merupakan pilihan yang bagus. Anda bisa mendapatkan fitur pro ini melalui fitur in app purchase.

cara akses VPS menggunakan Android

Connectbot

Aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk mengakses VPS adalah Connectbot. Aplikasi gratis berbasis open source SSH ini mampu melakukan banyak hal antara lain memanage SSH secara simultan, membuat saluran kemanan, dan copy/paste diantara aplikasi lain. Dan kabar baiknya, Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.

Termius – SSH/SFTP and Telnet

Termius adalah salah satu aplikasi yang bisa membantu Anda untuk mengakses VPS dari perangkat Android. Fiturnya juga tergolong lengkap, yang membuatnya salah satu aplikasi SSH Android dengan pengguna terbanyak. Termius sendiri terdiridari versi free dan versi premium. Untuk mendapatkan fungsi sederhana, Anda bisa menggunakan versi gratisannya. Lain halnya jika Anda menginginkan fitur yang lebih lengkap, berpindah ke versi premium adalah pilihan tepat.

Untuk bisa menggunakan layanan premiumnya, Anda harus berlangganan selama setahun dengan biaya Rp140.000,00.

Akses VPS Menggunaan Android

Untuk melakukan akses VPS menggunakan ponsel Android ada dua bagian penting yang harus Anda lakukan agar nantinya akses VPS ini berjalan dengan lancer. Berikut ini dua tahap yang harus Anda lakukan untuk mengakses VPS menggunakan Android.

Tahap 1: Terkoneksi ke SSH

Untuk bisa mengakses VPS menggunakan Android, yang perlu Anda lakukan adalah menginstal aplikasi SSH untuk Android yang bisa Anda unduh di Google Play Store. Pada contoh kali ini, kami menggunakan aplikasi ernama Mobile SSH. SIlakan masuk kea kun Google Play Anda, lalu ketik “Mobile SSH” pada bar pencarian. Nantinya akan ada beberapa nama aplikasi lain yang muncul, mirip seperti daftar di bagian awal tulisan ini.

Setelah menemukan Mobile SSH, Anda bisa langsung menginstalnya. Tunggu beberapa saat hingga Mobile SSH terinstal. Setelah Mobile SSH telah terinstal, silakan masuk ke menu SSH Setings. Pada bagian pengaturan tersebut, Anda akan diminta untuk mengisi pada dua kolom yang tersedia. Yaitu kolom Remote Host Name or IP dan kolom SSH Port.

cara akses VPS menggunakan Android

Untuk pengaturannya sendiri, Anda bisa mengisinya sebagai berikut:

  • Pada Kolom Remote Host Name or IP: Diisi dengan IP Addres VPS yang Anda miliki.
  • Pada kolom SSH Port: Pada kolom ini, Anda bsia mengisinya dengan port SSH yang Anda miliki, yang mana secara default, Port SSH ini berisi angka 22.

Jika menu SSH Setting telah terisi semua, sekarang Anda bisa bergeser ke menu Connect. Nantinya Anda akan diminta memasukkan username VPS yang Anda miliki,atau login as. Silakan ketikkan root, lalu klik Send.

Langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan password root VPS yang Anda miliki. Masukkan password root Anda, kemudian klik Send.

Tahap 2: Menjalankan Perintah Shell

Jika password yang Anda masukkan tadi valid, maka artinya Anda berhasil tersambung ke server VPS. Untuk bisa menjalankan perintah, caranya ialah dengan mengetik perintah yang diinginkan, lalu klik “Send”.

Namun Anda harus memahami bahwa karena keterbatasan antar muka, aplikasi Mobile SSH ini secara idelanya hanya bisa untuk melakukan pemantauan dan menjalankan perintah-perintah yang sederhaana saja. Perintah-perintah sederhana tersebut antara lain, seperti mengetahui status device yang sedang running, mengethui penggunaan resorce seperti storage dan memory, melakukan restart service, dan juga reboot.

Anda pun juga bisa melakukan clear halaman. Caranya ialah dengan masuk ke menu, kemudian pilih Send CTRL+C.

Memutus Koneksi SSH

Menggunakan gawai Android untuk melakukan akses VPS memang sangat mengasyikkan. Anda bisa memantau VPS hanya melalui genggaman tangan. Namun ada kalanya, Anda tidak ingin melanjutkan aktitvitas ini. Untuk itu, Anda bisa mematikan koneksi SSH pada perangkat Android yang Anda gunakan. Bagaimana caranya? Berikut caranya:

  • Untuk memutuska sambungan koneksi SSH Server ke VPS, Anda cukup pergi ke menu, kemudian pilih Disconnect.
  • Setelah mengklik Disconnect, nantinya akan muncul popup konfirmasi bahwa Anda akan melakukan disconnect. Jika memang menginginkan disconnect, silakan klik OK.

Kesimpulan

Teknologi dunia telekomunikasi yang canggih saat ini memmbaut nyaris semua kebutuhan manusia bisa terakomodasi. Tak terkecuali kebutuhan bagi mereka yang menginginkan kemudahan dalam mengakses VPS menggunakan Android. Artikel cara akses VPS menggunakan Android ini ditujukan untuk Anda yang tidak ingin repot harus mengakses VPS via computer. Dengan teknologi, Anda bisa melakukannya via gawai.

Jika Anda masih memilikipertanyaan seputar cara akses VPS menggunakan Android, atau yang lainnya mengenai website dan hosting silakan tinggalkan pertanyaan Anda di kolom komenter di bawah. Atau silakan menghubungi tim support hosting terbaik IDwebhost yang selalu standby untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis