idwebhost Bikin Website Sekarang

Cara Buat Akun Lebih dari 2 di TikTok Tanpa Kena Banned

16 Okt 2024
Cara Buat Akun Lebih dari 2 di TikTok Tanpa Kena Banned campaign-unlimited

Penasaran cara membuat akun lebih dari dua di TikTok tapi bisa lolos banned? Meskipun akun TikTok sekarang dibatasi, tapi ternyata banyak sekali lho keuntungannya kalau kamu punya banyak akun, terutama jika punya bisnis. 

Dengan beberapa akun TikTok, kamu bisa menyasar audiens yang berbeda-beda, bikin konten yang lebih spesifik, dan tentunya, meningkatkan penjualan. Tapi, tunggu dulu! Membuat akun kedua di TikTok itu tidak bisa sembarangan. 

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, mulai dari cara bikin akun di TikTok yang benar, sampai bagaimana cara mengelola akun-akun tersebut agar tidak ketahuan sama TikTok. Yuk, kita bahas tuntas!

Cara Buat Akun TikTok

Cara Membuat Banyak Akun TikTok

Meskipun secara umum tidak disarankan, kamu tetap diperbolehkan membuat akun kedua di TikTok dengan beberapa kondisi tertentu. Misalnya, kamu memiliki beberapa bisnis di TikTok Shop yang berbeda-beda atau kamu adalah seorang publik figur yang ingin memisahkan kehidupan pribadi dan profesional dengan membuat akun berbeda. 

Lalu, bagaimana cara membuat banyak akun di TikTok agar tidak dikenai sanksi atau akun kamu diblokir oleh pihak TikTok? Kamu bisa mengikuti beberapa panduan berikut ini:

#1 Membuat Akun Kedua di TikTok

TikTok menyediakan fitur yang sangat memudahkan pengguna untuk memiliki beberapa akun dalam satu perangkat. Fitur ini disebut Switch Account. Dengan fitur ini kamu bisa dengan cepat berpindah-pindah antara akun pribadi, akun bisnis, dan bahkan akun untuk mencoba tren berbeda tanpa perlu repot login keluar masuk. 

Simak panduan cara membuat akun kedua di TikTok dengan fitur Switch Account berikut ini:

  • Buka Aplikasi TikTok: Pertama-tama, pastikan kamu sudah login ke akun TikTok utamamu.
  • Akses Profil: Langkah selanjutnya, klik ikon Profile yang biasanya berada di pojok kanan bawah layar.
  • Cari Menu Pengaturan: Di halaman profil, cari dan klik ikon tiga garis horizontal (atau ikon menu lainnya) yang biasanya terletak di pojok kanan atas.
  • Pilih Pengaturan dan Privasi: Dari menu yang muncul, pilih opsi “Settings and Privacy“.
Cara Buat Akun TikTok
  • Cari Opsi Beralih Akun: Gulir ke bawah dan cari opsi “Switch Account“.
Cara Buat Akun TikTok
  • Tambah Akun Baru: Klik tombol “Add Account” dan ikuti petunjuk untuk membuat akun baru. Kamu bisa menggunakan nomor telepon, email, atau akun Google atau Facebook yang sudah ada dan berbeda dengan data akun pertama TikTok kamu untuk mendaftar.
Cara Buat Akun TikTok

#2 Gunakan Perangkat Berbeda

Jika kamu merasa akun kedua kurang untuk aktivitas bisnis, maka perlu membuat beberapa akun atau multi akun di TikTok. Cara paling aman dan paling sesuai dengan kebijakan TikTok adalah dengan menggunakan perangkat berbeda untuk setiap akun. 

Dengan cara ini, kamu secara efektif membuat identitas digital yang terpisah, untuk meminimalkan akunmu terdeteksi sebagai duplikat dan melanggar kebijakan TikTok. 

Siapkan beberapa perangkat untuk membuat akun kedua dan ketiga dan seterusnya di TikTok. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis perangkat, seperti:

  • Ponsel: Baik Android maupun iOS.
  • Tablet: Baik Android maupun iOS.
  • Komputer: Dengan menginstal aplikasi TikTok di browser atau emulator.

#3 Gunakan Nomor Ponsel Berbeda

Pada setiap perangkat, unduh dan instal aplikasi TikTok lalu buat akun baru dengan data yang berbeda. Pastikan nomor telepon, email, dan informasi pribadi lainnya yang kamu gunakan untuk setiap akun benar-benar berbeda.

Setiap akun akan memiliki pengaturan, feed, dan data yang terpisah. Kamu bisa mengelola masing-masing akun secara mandiri tanpa mengganggu akun lainnya.

#4 Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga bisa kamu gunakan untuk bisa memiliki beberapa akun TikTok dalam satu perangkat. Misalnya, kamu bisa menggunakan aplikasi dual-open Matrix Clone atau GoLogin. Matrix Clone bisa kamu gunakan membuat akun TikTok hanya di perangkat mobile, sedangkan GoLogin bisa kamu gunakan di perangkat komputer. 

Misalnya, kamu ingin membuat akun kedua atau lebih dengan aplikasi Matrix Clone, ikuti cara-cara berikut:

  • Unduh dan Install Matrix Clone: Pertama, kunjungi website resmi Matrix Clone atau toko aplikasi di perangkat kamu untuk mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut. Pastikan kamu memberikan izin yang diperlukan selama proses instalasi. 
  • Kloning TikTok: Setelah lingkungan virtual siap, lakukan kloning TikTok di Matrix Clone yang akan kamu jadikan lingkungan kedua TikTok.
  • Verifikasi dan Kustomisasi: Setelah memasang TikTok di lingkungan kedua, lakukan verifikasi nomor telepon kedua dan sesuaikan pengaturan dengan preferensi kamu. Matrix Clone memungkinkan kamu mengelola notifikasi, pengaturan privasi, dan backup obrolan secara mandiri untuk setiap akun TikTok. 
  • Peralihan Akun Fleksibel: Kini kamu bisa menikmati peralihan akun utama TikTok dan kedua dalam lingkungan Matrix Clone. 

Kenapa Akun TikTok Dibatasi?

Cara Buat Akun TikTok

Sebelum kamu membuat akun kedua, ketiga dan seterusnya di TikTok, kamu harus memahami dulu peraturan pembuatan akun di aplikasi media sosial populer satu ini. 

Aturan Tiktok memperbolehkan satu orang mendaftarkan beberapa akun. Namun, TikTok mengurangi jangkauan video yang dibuat oleh orang yang sama. Artinya, video TikTok kamu akan mendapat lebih sedikit penayangan jika platform tersebut menyadari bahwa kamu menjalankan beberapa akun. 

Lalu kenapa jumlah akun TikTok per orang dibatasi? TikTok ternyata memiliki beberapa alasan mengapa mereka membatasi pembuatan banyak akun, di antaranya:

  • Mencegah Spam: Terlalu banyak akun yang dimiliki satu orang dapat digunakan untuk menyebarkan spam, informasi yang salah, atau konten yang tidak sesuai dengan pedoman komunitas.
  • Menjaga Kualitas Interaksi: Dengan membatasi jumlah akun per orang, TikTok berharap dapat meningkatkan kualitas interaksi antar pengguna.
  • Mencegah Penipuan: Multi akun juga dapat digunakan untuk melakukan penipuan atau aktivitas ilegal lainnya.

Mengelola Banyak Akun TikTok

Setelah kamu membuat akun kedua dan lebih di TikTok, kini saatnya kamu mengelolanya agar tidak terkena sanksi oleh TikTok. Jika kamu seorang social media manager pemula, kamu pasti kebingungan bagaimana cara mengelolanya?

Cara termudah memang kamu harus menggunakan perangkat yang berbeda untuk setiap akun TikTok. Namun, tenang saja, ada beberapa cara lain yang bisa kamu coba kok!

VPN

VPN memang bisa menyembunyikan IP Address kamu, tapi TikTok punya cara untuk mendeteksi VPN. Jadi, jangan terlalu yakin bahwa VPN bisa menyelamatkan kamu dari sanksi TIkTok jika kamu memiliki dua akun lebih akun media sosial ini. 

Browser Antideteksi & Proxy

Sebaliknya, kamu bisa mengelola akun kedua TikTok dan lebih tanpa mengungkapkan identitas digital kamu dengan mengkombinasikan browser antideteksi dan proxy. 

  • Browser Antideteksi: Alat ini bisa membantu kamu membuat profil penelusuran yang berbeda-beda dengan sidik jari yang unik. Jadi TikTok tidak akan bisa membedakan kalau kamu pakai akun yang berbeda. Beberapa browser antideteksi yang populer adalah:
    • Multilogin: Khusus untuk social media
    • Indigo: Fleksibel dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan
    • Brave: Browser cepat dengan fitur privasi yang kuat
  • Proxy: Proxy adalah perantara antara kamu dan internet. Dengan proxy, kamu bisa menyembunyikan IP Address asli kamu dan membuat seolah-olah kamu sedang mengakses internet dari lokasi yang berbeda. Pilihlah lokasi yang khusus untuk media sosial dan TikTok. 

Jadi, berikut ini tips terbaik untuk mengelola akun kedua dan selanjutnya di TikTok agar tetap aman dan tidak kena banned

  • IP Address berbeda untuk setiap akun TikTok: Usahakan setiap akun punya IP Address yang berbeda. Kenapa? Biar TikTok tidak curiga kalau kamu punya banyak akun.
  • Gunakan akun kamu dengan bijak: Jangan coba-coba buat spam, bully, atau menyebarkan hoax. Kalau ketahuan, akun kamu bisa kena banned lho! Jadi, gunakan akun TikTok dengan bijak ya.
  • Siap-siap menghadapi tantangan: Meskipun sudah pakai cara yang canggih, kadang-kadang kamu tetap bisa mengalami masalah. Misalnya, akun kamu tiba-tiba tidak bisa diakses. Kalau gitu, coba tunggu beberapa saat atau ganti IP Address kamu.
  • Pemanasan akun baru: Akun TikTok yang baru itu perlu dirawat. Awal-awal, kamu harus sering-sering main ke akunnya, like video orang lain, komen, dan bikin konten sendiri. Tujuannya biar TikTok tahu kalau akun kamu itu aktif dan bukan akun palsu.

Kesimpulan

Membuat akun lebih dari dua di TikTok ternyata tidak bisa sembarangan. Kamu harus memahami kebijakan pembuatan akun di media sosial tersebut, dan tahu cara yang tepat membuat akun agar tidak dianggap spam dan terkena banned. 

Memiliki banyak akun di TikTok sangat berguna jika kamu memiliki banyak lini bisnis. Ini bisa membantu kamu memisahkan akun pribadi dan bisnis, citra profesional merekmu tetap terjaga. 

Meski begitu, mengelola banyak akun TikTok memang membutuhkan sedikit usaha ekstra. Ingat, kunci utamanya adalah membuat setiap akun terlihat unik dan berbeda.

Selain membuat akun di platform media sosial, kamu juga perlu memiliki website agar profil dan bisnis kamu lebih kredibel. Nah, agar website kamu optimal, manfaatkan layanan Hosting termurah se-Indonesia dari IDwebhost dengan fitur-fitur unlimited. 

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024