idwebhost Bikin Website Sekarang

4 Aturan Membuat Halaman About Us untuk Website Bisnis

7 Okt 2024
4 Aturan Membuat Halaman About Us untuk Website Bisnis campaign-unlimited

Kamu punya website bisnis yang keren? Selamat! tapi, kamu lupa membuat halaman “About Us” yang tak kalah sukses. Kenapa? Mungkin kamu melupakan empat aturan berikut ini. 

Halaman“About Us” yang menarik bukan hanya soal menceritakan siapa kita dan apa bisnis kita, tetapi seharusnya jadi senjata rahasia buat digital marketing bisnis kamu. 

Dengan empat aturan ini, kamu bisa membuat halaman“About Us” yang bisa bikin pengunjung lebih percaya sama bisnis kamu, meningkatkan penjualan, dan bahkan bikin bisnis kamu lebih dikenal di mesin pencarian.

4 Aturan Membuat Halaman About Us

Aturan 1 – Buatlah dari POV Pelanggan

Sebagai pelanggan, pernahkah kamu merasa bosan membaca halaman “About Us” yang berisi daftar pencapaian perusahaan? Kamu tidak sendiri. 

Mengutip dari Getuplift, 73% orang seperti kita tidak hanya peduli dengan produk, tetapi juga dengan perusahaan yang menjualnya. Kita ingin membeli dari orang yang otentik, mirip dengan kita, dan menyenangkan. 

Ketika kita mengunjungi Halaman “About Us”, yang sebenarnya kita cari adalah:

  • Apakah mereka (bisnis kamu) memahami masalah kita (pelanggan)
  • Bisakah mereka memberikan solusi yang tepat?
  • Apakah mereka bisa dipercaya?

Mengacu pada tiga pertanyaan tersebut, saat kamu membuat halaman “About Us” untuk website bisnis kamu seharusnya mencakup:

  • Apakah bisnis kamu berbicara tentang masalah yang dihadapi pelanggan?
  • Apakah solusi yang kamu tawarkan masuk akal?
  • Apakah bahasa yang kamu gunakan terkesan natural dan tidak dibuat-buat?
  • Apakah pelanggan merasa “dimengerti” setelah membacanya?

Intinya, halaman “About Us” terbaik adalah yang membuat pelanggan merasa perusahaan kamu benar-benar memahami mereka. 

Aturan 2 – Bicara dengan Pelanggan Kamu, Bukan pada Mereka

Membuat Halaman About Us

Cara berbicara itu penting! Ketika kamu membaca halaman “About Us” sebuah website, apa yang membuatmu tetap scroll ke bawah? Biasanya bukan daftar prestasi atau struktur organisasi yang kaku, tapi cerita yang membuatnya terhanyut dan berpikir “Ah, mereka ngerti aku!”. 

Saat kamu membuat halaman “About Us”, ingatlah bahwa kamu seolah-olah sedang berkomunikasi langsung dengan pelanggan:

  • Bicara seperti ke teman. Tulislah halaman seperti sedang ngobrol dengan teman dekat, dengan ketulusan dan empati, santai tapi tetap profesional. 
  • Hindari jebakan umum. Hindari beberapa elemen yang membuat pelanggan bingung, seperti jargon ngawur, data yang membosankan, deskripsi tidak terlalu ‘corporate”, dan promosi terlalu agresif. 
  • Buatlah lebih personal. Kamu bisa menggunakan bahasa yang natural, terlalu berhati-hati. Tulislah halaman “About Us” seperti sedang menulis surat pribadi ke pembaca. 

Aturan 3 – Ceritakan Kisah Bisnis Kamu

Halaman “About Us”, tanpa cerita yang mengikat, terasa hampa dan kurang bermakna. Lalu, bagaimana cara kamu mulai bercerita di halaman ini?

  • Mulai dari masalah. Tuliskan tantangan yang kamu atau pelanggan hadapi, akui situasi yang ada dan buatkan pembaca penasaran dengan solusinya. 
  • Tunjukkan perjalanan. Ceritakan proses penemuan solusi, dan jika perlu bagikan kegagalan dan pembelajaran yang kamu dapat. Tunjukkan perkembangan bisnis kamu dari waktu ke waktu. 

Cerita adalah jembatan yang menghubungkan bisnismu dengan pelanggan. Bukan sekadar daftar prestasi atau timeline pencapaian, tapi perjalanan nyata yang membuat orang tergerak untuk menjadi bagian dari kisahmu.

Tetap Ingat! Setiap bisnis punya cerita unik. Bagikan ceritamu dengan jujur, tulus, dan menarik.

Aturan 4 – Jangan Omong Doang, Tunjukkan Fakta

Kata-kata memang penting, tapi kadang “seeing is believing”. Jadi, buatlah Halaman “About Us” yang tidak hanya omong kosong, tapi benar-benar menunjukkan siapa kita sebenarnya. 

Menurut penelitian KoMarketing, pelanggan sangat peduli dengan:

  • Siapa di balik sebuah bisnis
  • Bagaimana tim bekerja
  • Seperti apa budaya perusahaan

Oleh karena itu, kamu perlu membuat halaman “About Us” yang menunjukkan siapakah kamu dan apa bisnis kamu, dengan cara-cara berikut:

  • Foto Tim yang Otentik: lupakan foto formal yang kaku. Kita hanya butuh foto natural yang menunjukkan kepribadian anggota tim, ekspresi asli dan setting yang mencerminkan budaya perusahaan. 
  • Di Balik Layar: Tunjukkan juga kehidupan nyata tim kamu, seperti ketika momen santai di kantor, kegiatan team building, acara bersama di luar jam kerja, dan interaksi dengan pelanggan. 
  • Video dan Multimedia: Kamu juga bisa menambahkan beberapa ide konten video, seperti day in the life di kantor, behind the scenes project, wawancara santai dengan tim, dan testimoni klien yang natural. 

Elemen Penting dalam Halaman About Us

Nah, selain empat aturan tersebut, dalam membuat halaman “About Us” untuk website bisnis yang sukses, kamu perlu memperhatikan keberadaan elemen-elemen penting berikut ini:

  • Nilai-nilai perusahaan: Apa yang kamu percaya dan perjuangkan? Ceritakan di sini.
  • Sejarah bisnis: Dari mana kamu mulai? Apa saja yang sudah kamu capai?
  • Budaya kerja: Bagaimana suasana kerja di perusahaan kamu? Apa yang bikin karyawan betah?
  • Tim kerja: Siapa saja orang-orang hebat di balik bisnis kamu? Kenalin mereka!
  • Karir: Kalau kamu lagi butuh karyawan baru, kasih info di sini. Jangan lupa sebutin juga fasilitas dan tunjangan apa saja yang kamu tawarkan.
  • NAP: Name, Address, and Phone Number (NAP) harus akurat dan konsisten di setiap platform. Meskipun kamu memiliki halaman “Contact Us”, menambahkan  informasi ini pada halaman “About Us” akan meningkatkan performa local SEO dan pengalaman pengguna. 
  • Kontribusi sosial: Apa yang kamu lakukan buat masyarakat? Ceritakan kegiatan sosial atau donasi yang kamu lakukan.
  • Foto dan video: Kasih gambar atau video biar pengunjung bisa lebih kenal sama kamu dan tim kamu.
  • Internal Link dan Call to Action (CTA): Internal links dan CTA bisa membantu pelanggan langsung menuju ke halaman produk setelah mereka tersentuh dengan kisah dan nilai-nilai yang ditawarkan bisnis kamu. 

Optimasi Halaman About Us

Membuat Halaman About Us

Mengoptimalkan halaman “About Us” ini perlu dilakukan agar bisa membangun kepercayaan, koneksi dan kredibilitas pengunjung. 

Dengan mengetahui bahwa halaman“About Us” bisa jadi alat digital marketing yang sangat efektif untuk membangun bisnis kamu, maka kamu sebaiknya mengoptimalkannya sesuai dengan standar SEO. Apa saja yang perlu dioptimalkan?

  • Kata Kunci: Sertakan lokasi kamu, layanan yang kamu tawarkan, dan kata kunci yang membahas hasil dan tujuan yang kamu berikan kepada pelanggan
  • Konten: Sertiakan kata kunci dan ceritakan kisah tentang bisnis kamu, nilai-nilai perusahaan, dan apa yang kamu lakukan untuk pelanggan. Konten harus terdiri dari minimal 300 kata agar mendapat peringkat yang baik. 
  • Tag Judul dan Meta Description yang Dioptimalkan: Selipkan kata kunci yang relevan agar gampang ditemukan di pencarian. Selain itu, buat deskripsi yang memancing penasaran pelanggan untuk tahu lebih lanjut. 
  • Pakai Skema agar Bisa Dipahami Google:  Dengan skema, Google bakal lebih gampang ngerti bisnis kamu itu apa, di mana, dan apa saja yang kamu tawarkan. Selain informasi dasar, kamu juga bisa kasih tahu Google tentang akun sosial media, lokasi, dan bahkan video yang ada di halaman “About Us”.
  • Jangan Lupa Caption di Foto: Caption itu fungsinya buat menjelaskan cerita di balik foto tersebut. Selain njelasin foto, kamu juga bisa selipkan kata kunci yang relevan biar foto kamu lebih gampang ketemu di pencarian gambar.

Kesimpulan

Membuat halaman “About Us” yang baik untuk website bisnis itu bukan hanya sekadar halaman berisi informasi, tapi juga alat digital marketing yang sangat efektif untuk membangun bisnis kamu.

Dengan menerapkan empat aturan di atas, memasukkan elemen-elemen penting dan mengoptimalkan agar SEO-friendly, halaman “About Us” kamu akan jadi lebih menarik, mudah dipahami oleh mesin pencari, dan pastinya bikin pengunjung betah berlama-lama.

Untuk website bisnis yang cepat dan andal, kamu bisa mencoba paket hosting murah unlimited dari IDwebhost. Hosting murah kamu selain gratis domain juga free SSL sertifikat agar website-mu lebih aman dan gampang ditemukan di mesin pencari. 

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024