idwebhost Bikin Website Sekarang

Gak Usah Panik! Ini Cara Mudah Membuat Microsite dengan Bikinlink.id

17 Sep 2024
Gak Usah Panik! Ini Cara Mudah Membuat Microsite dengan Bikinlink.id campaign-unlimited

Bikinlink.id adalah alat membuat microsite yang dikembangkan oleh penyedia web hosting murah IDwebhost dengan fitur unggulan “satu tautan, sebarkan profil dan brand Anda ke audiens di seluruh dunia dengan mudah”. 

Membuat microsite dengan bikinlink.id tentunya sangat mudah. Anda hanya tinggal membuat akun baru dan merancang website sesuai dengan kebutuhan Anda dalam sekejap. 

Untuk lebih lengkapnya, simak langkah-langkah membuat microsite mengunakan platform gratis bikinlink.id di bawah ini:

Langkah pertama, Anda perlu mendaftar akun baru di situs Bikinlink.id jika belum memiliki akun sebelumnya. Namun jika sudah punya, Anda tinggal klik tombol “Masuk” dan masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda. 

Untuk mendaftar akun baru, masukkan nama, alamat email, password dan konfirmasi password pada kolom di bawah ini:

Bikinlink.id adalah alat membuat microsite gratis

Setelah itu, klik “Daftar”. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman “Verifikasi email kamu”

Bikinlink.id adalah alat membuat microsite gratis

Untuk melakukan verifikasi, buka email Anda dan temukan email konfirmasi dari BikinLink yang meminta Anda menekan tombol “Verifikasi Email”. 

Bikinlink.id adalah alat membuat microsite gratis

Langkah 2: Membuat Proyek Baru

Setelah verifikasi email berhasil dilakukan, Anda akan langsung diarahkan ke halaman dasbor bikinlink Anda. 

Pada halaman ini, terdapat tiga langkah yang harus Anda lakukan. Langkah pertama “verifikasi email kamu” sudah Anda lakukan di atas tadi.

Kini saatnya Anda membuat proyek baru. Pertama, Anda perlu menentukan alamat microsite Anda dengan mengklik “Buat sekarang”. 

Selanjutnya, Anda diminta memasukkan alamat microsite Anda. Misalnya: https://bikinlink.id/namasayakurniawan.

Bikinlink.id adalah alat membuat microsite gratis

Langkah 5: Mengatur Tautan

Pada bagian tautan, Anda bisa menentukan ke platform manakah microsite Anda akan ditautkan. 

Misalnya: Instagram, YouTube, Shopee, Bukalapak, atau website Anda. Masukkan alamat link platform yang ingin Anda tautkan ke microsite Anda. 

Anda juga bisa menambah tautan ke platform lain, sehingga microsite Anda bisa terhubung ke banyak platform media sosial atau e-commerce Anda.

Langkah 3: Mendesain Microsite

Bikinlink.id adalah alat membuat microsite gratis

Setelah menentukan tautan microsite, kini saatnya mendesain microsite. Pertama-tama, tentukan tema untuk microsite Anda. 

Pada bikinlink.id, tersedia dua opsi template tema yaitu Modern dan Klasik. 

Pada bagian ini, Anda juga bisa memilih warna latar belakang sesuai dengan preferensi Anda. 

Bikinlink.id adalah alat membuat microsite gratis

Langkah 7: Mempublikasikan Microsite

Selanjutnya, aktifkan tombol “Publikasikan”. Kemudian simpan perubahan pada microsite Anda. 

Berikut ini tampilan microsite yang sudah dibuat dengan langkah-langkah di atas:

Bikinlink.id adalah alat membuat microsite gratis

Sebagai platform microsite yang sangat mudah dalam penggunaannya, Bikinlink.id memang didesain khusus untuk para pengguna Indonesia. Bikinlink.id memiliki sejumlah fitur yang mudah digunakan bahkan oleh pemula. Bikinlink.id memiliki pilihan tema yang sesuai dengan gaya profil dan brand Anda. 

Hal ini menjadikannya cukup unggul dibandingkan platform microsite lain yang berbahasa asing, seperti linktree. Sebagai perbandingan, berikut ini perbandingan antara Bikinlink.id vs Linktree yang wajib kamu ketahui:

Keunggulan Bikinlink.id:

  • Mudah digunakan: Antarmuka yang sederhana dan intuitif membuatnya mudah digunakan, bahkan bagi pengguna yang tidak memiliki pengalaman teknis.
  • Harga terjangkau: Opsi harga yang lebih terjangkau menjadikannya pilihan yang menarik bagi pengguna individu atau bisnis kecil.
  • Dukungan bahasa Indonesia: Dukungan bahasa Indonesia yang baik memudahkan pengguna untuk memahami dan menggunakan platform ini.
  • Fitur cukup lengkap: Meskipun tidak selengkap Linktree, Bikinlink.id sudah menyediakan fitur-fitur yang cukup lengkap untuk membuat microsite yang menarik.

Keunggulan Linktree:

  • Populer: Linktree adalah platform yang lebih dikenal dan memiliki basis pengguna yang lebih besar.
  • Kustomisasi yang mendalam: Pengguna yang ingin memiliki kontrol penuh atas tampilan microsite dapat melakukan kustomisasi yang lebih dalam.
  • Fitur lebih lengkap: Linktree menawarkan lebih banyak fitur, seperti opsi untuk menjadwalkan posting dan integrasi dengan platform pihak ketiga.

Tabel Perbandingan Bikinlink.id vs Linktree

FiturBikinlink.idLinktree
AntarmukaSederhana, mudah digunakan, dan berbahasa Indonesia. Cocok untuk pengguna pemula.Sederhana, namun memiliki lebih banyak opsi kustomisasi.
TemplateMenyediakan berbagai template yang menarik dan dapat disesuaikan.Menyediakan template yang lebih minimalis, namun dapat dikustomisasi secara mendalam.
Fitur TambahanStatistik pengunjung, integrasi dengan berbagai platform (seperti Google Analytics), dan opsi untuk menjual produk digital.Statistik pengunjung, integrasi dengan berbagai platform, dan opsi untuk menjadwalkan posting.
HargaUmumnya gratis, terutama untuk pengguna individu atau bisnis kecil.Beberapa fitur premium mungkin memerlukan biaya tambahan.
KustomisasiFleksibel dalam mengubah warna, font, dan tata letak.Fleksibel, namun memerlukan pengetahuan dasar HTML atau CSS untuk kustomisasi yang lebih dalam.
FokusLebih fokus pada pasar Indonesia, dengan dukungan bahasa Indonesia yang baik.Memiliki jangkauan pengguna yang lebih global.

Cara Menentukan Platform Microsite yang Tepat

Membuat microsite yang memungkinkan Anda membangun profi digital bisa sangat mudah Anda lakukan jika menggunakan microsite yang tepat. Jika Anda tidak yakin dengan opsi platform microsite yang ada, berikut tiga faktor yang harus Anda perhatikan:

1. Platform pengeditan yang intuitif

Membuat dan mengedit microsite seharusnya dilakukan dengan mudah. Platform microsite yang tepat seharusnya menghilangkan kerumitan coding dan pengunggahan alat yang sulit dinavigasi. 

Microsite builder yang efektif dilengkapi alat pengembangan sederhana yang memungkinkan siapapun di tim Anda membuat dan berbagi situs mikro.

2. Analisis Kinerja yang Jelas

Mengetahui kinerja microsite Anda memungkinkan Anda memanfaatkan fitur-fiturnya secara maksimal. Platform microsite Anda harus menampilkan data situs dan pengguna tingkat tinggi dan terperinci. Fitur analitik yang kuat memungkinkan bisnis mengidentifikasi kesenjangan dalam strategi aset. 

3. Fitur Keamanan yang Kuat

Microsite builder yang tepat harus memberikan opsi untuk melakukan lebih dari sekadar melindungi situs mikro Anda dengan kata sandi. Pembangun situs mikro harus menawarkan serangkaian langkah keamanan yang menjaga informasi perusahaan Anda tetap aman dan data pengunjung Anda juga tetap aman.

Penutup

Demikianlah cara membuat microsite dengan mudah menggunakan platform online Bikinlink.id milik IDwebhost. Anda hanya tinggal membuat akun secara gratis, dan mengikuti langkah-langkah yang tersedia di dasbor pembuat microsite hanya dalam beberapa kali klik.

Dibandingkan dengan Linktree, Bikinlink.id adalah platform microsite gratis yang memungkinkan Anda membuat profil digital. Jadi Anda tidak perlu ayanan web hosting yang biasanya berbayar. 

Namun jika Anda membutuhkan website profil dengan fitur-fitur yang lebih dari sekedar microsite, Anda bisa menjajal layanan hosting murah dari IDwebhost. 

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024