idwebhost Bikin Website Sekarang

Sitejet Builder AI vs WordPress: Mana CMS yang Lebih Baik untuk Website Kamu?

13 Agu 2024
Sitejet Builder AI vs WordPress: Mana CMS yang Lebih Baik untuk Website Kamu? campaign-unlimited

Sebagai orang baru di dunia Content Management System (CMS), kamu pastinya bingung antara ingin menggunakan SiteJet Builder atau WordPress untuk website kamu? Masing-masing tampaknya cukup menggoda untuk kamu pilih, tetapi mana yang lebih baik?

Pendahuluan

Dalam dunia pengembangan website, kamu pasti pernah dengar istilah Content Management System (CMS). CMS digunakan oleh para pembuat website untuk membangun website, mulai dari menyimpan, mengelola, an menerbitkan halaman website tersebut. 

Meskipun ada ratusan jenis platform CMS dengan fungsi uniknya masing-masing, hanya ada beberapa penyedia CMS terbaik dan terpopuler. Di antaranya, WordPress, Wix, Joomla, Drupal hingga yang berbasis AI terbaru yakni SiteJet Builder. 

Ya. Memasuki era pembuat website dengan teknologi AI, di mana pun dan siapa pun dapat membuat website secara profesional tanpa coding. AI website builder ini pun semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Di sisi lain, WordPress, sebagai salah satu CMS terpercaya yang mendukung jutaan website, sudah ada lebih dari 20 tahun dan terus menjadi pilihan populer para pemilik website. 

Di artikel ini, kita akan fokus membahas SiteJet Builder yang sedang dipromosikan oleh IDWebhost sebagai pesaing WordPress Builder. 

Sitejet Builder

Perbedaan SiteJet dan WordPress

Hadir sejak 2013, SiteJet telah menyediakan serangkaian alat untuk untuk para pengguna untuk membuat dan mengelola website secara online dengan lebih efektif. 

SiteJet dirancang untuk memudahkan penggunanya dalam membuat website. Platform ini dilengkapi dengan pembuat drag-and-drop, manajemen proyek terintegrasi, dan alat dukungan pelanggan. Alat ini meningkatkan efisiensi dan mengurangi waktu pengerjaan website. 

Fitur-fitur pada SiteJet Builder

  • Professional Website Builder: pengguna dapat mendesain website dengan mudah mengugnakan editor drag-and-drop atau memulai dari awal dengan kode. 
  • Built-in Project Manager: pengguna dapat memanfaatkan sistem tiket terpadu dan manajer tugas untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi waktu manajemen dan desain pada setiap proyek. 
  • Paint-free Collaboration: Sitejet menyediakan portal mereka sendiri bagi klien untuk survei pra desain, unggahan data, dan umpan balik
  • Truster by Designers: desainer web dapat menghemat banyak waktu dalam setiap proyek website dengan Sitejet. 
  • Cutting-edge Website Builder: Sitejet menawarkan CMS profesional dengan pengoptimalan dan integrasi untuk kecepatan desain yang tinggi. 
  • Full Design Flexibility: Siitejet memungkinkan pengguna untuk mendalami HTML, (S)CSS, dan JavaScript dengan editor intuitif dan menyesuaikan setiap aspek desain website.
  • Workflow Features: Sitejet menawarkan desain responsif untuk tampilan sempurna di semua perangkat, pintasan keyboard untuk desain yang efisien, dan manajemen data kontak untuk update yang mudah di semua site. 
  • Integrated Extensions: Sitejet memungkinkan pengguna untuk menambahkan toko khusus dengan halaman keranjang, pembayaran, dan produk.
  • Design Automation: Sitejet menyertakan deteksi identitas korporat untuk skema warna bermerek dan alat revisi berbasis AI untuk menangkap kesalahan dan kekeliruan.
  • Content Management: Sitejet menyediakan generator teks AI untuk salinan web yang ramah SEO, alat pengeditan gambar untuk mengubah ukuran dan menyesuaikan gambar, dan fitur desain piksel sempurna untuk tata letak yang tepat.

WordPress

Perbedaan SiteJet dan WordPress

WordPress muncul pertama kali pada tahun 2003 sebagai CMS Open Source, yang menawarkan antarmuka yang mudah digunakan. Alat ini awalnya hanya disediakan untuk para blogger, tetapi kemudian berkembang menjadi platform serbaguna yang dapat membuat berbagai jenis website, mulai dari situs bisnis, portofolio dan toko e-commerce. 

Fitur-fitur pada WordPress Builder:

  • User-Friendly Interface: Dashboard WordPress intuitif dan ramah pengguna, termasuk menyederhanakan pengelolaan website untuk pemula
  • Kemampuan Kostumisasi: memiliki berbagai macam tema dan plugin yang membantu pengguna menyesuaikan website sesuai keinginan mereka.
  • Desain Responsif: WordPress memastikan website dibangun pada platform secara responsif dan mobile friendlyå
  • SEO Optimization: WordPress memiliki fitur dan plugin SEO untuk membantu pengguna meningkatkan peringkat di mesin pencarian.
  • Integrasi E-Commerce: WordPress memfasilitasi pengembangan website e-commerce melalui plugin seperti WooCommerce.
  • Dukungan Multibahasa: WordPress menyediakan kemampuan multibahasa untuk melayani audiens global. 
  • Tindakan Keamanan: WordPress memiliki plugin dan tindakan keamanan yang membuat website aman.
  • Content Management: WordPress menyederhanakan pembuatan, pengelolaan dan penerbitan konten.
  • Media Management: fitur perpustakaan media yang membantu pengguna mengelola gambar, video, dan media lainnya secara efektif.
  • Komunitas dan Dukungan: WordPress memfasilitasi pengguna dengan komunitas yang kuat dan ketersediaan sumber dana serta dukungan online yang luas. 

Perbandingan Sitejet Builder vs WordPress

Meskipun WordPress dan Sitejet dianggap sebagai salah dua platform CMS yang mumpuni, keduanya ternyata memiliki perbedaan signifikan dalam aspek ini:

Kemudahan Penggunaan

Sitejet unggul karena builder-nya pembuatnya disenjatai oleh AI yang mudah digunakan, memiliki manajemen proyek terpadu, dan alat hubungan pelanggan. Fitur-fitur ini memungkinkan proses pembuatan dan penerbitan website lebih lancar, sehingga tidak perlu lagi alat tambahan.

Sebaliknya, WordPress, yang terkenal karena aplikasi manajemen kontennya yang mudah digunakan, sangat bergantung pada plugin dan tema untuk penyesuaian.

Fleksibilitas Desain

Dengan gudang tema dan plugin yang lengkap, WordPress menawarkan berbagai pilihan desain, yang membantu pengguna menyesuaikan website sesuai keinginan. Namun, tantangannya, pengguna perlu menguasai kode khusus, seperti:

  • Pengkodean PHP khusus
  • Mengelola kompatibilitas antar plugin
  • Masalah kinerja situs
  • Meningkatnya kompleksitas

Sebaliknya, Sitejet mengadopsi cara yang lebih praktis menggunakan template yang sudah dibuat sebelumnya, mudah disesuaikan, menghemat waktu desain dan serta desain ulang website hanya dalam beberapa klik.

Fungsionalitas dan Skalabilitas

Dalam hal fungsionalitas dan skalabilitas, WordPress menonjol dengan repositori plugin dan tema yang besar, meningkatkan kemampuan dan kesesuaiannya untuk skalabilitas.

Di sisi lain, Sitejet berfokus pada fungsionalitas terpadu dan manajemen proyek yang efisien. 

Keamanan

Keamanan merupakan aspek yang tak terpisahkan dari setiap website. WordPress memerlukan pengelolaan plugin dan pembaruan keamanan secara terus-menerus, sedangkan platform terkelola Sitejet sudah dibekali fitur keamanan seperti sertifikasi SSL dan perlindungan DDoS. 

WordPress, di sisi lain, menawarkan fitur keamanan seperti deteksi malware, firewall, dan mitigasi DDoS melalui layanan hostingnya.

Kapan harus memilih Sitejet Builder dan Kapan Harus Memilih WordPress

Perbedaan SiteJet dan WordPress

Bicara soal kapan kamu harus memilih SiteJet Builder atau memilih Website, kamu harus mempertimbangan beberapa hal ini:

Tujuan Penggunaan 

Pastikan dulu tujuan kamu membuat website. Pilihan platform yang tepat bergantung pada keahlian desain web pengguna dan tujuan khusus situs web mereka. 

  • Desainer Web Pemula: Pemula bisa memilih WordPress jika belajar membangun website dari awal, atau jika pemula suka cara yang lebih terstruktur dalam desain website bisa memilih SiteJet.
  • Desain Web Profesional: Bagi desainer web profesional, gudang tema dan plugin yang ditawarkan WordPress memberikan fleksibilitas desain. Namun, saat mengelola banyak proyek klien, fitur kolaborasi tim dan otomatisasi alur kerja,  Sitejet bisa jadi pilihan menarik.
  • Pemilik UMKM: Karena sifatnya yang dapat diskalakan dan hemat biaya, pemilik usaha kecil mungkin lebih memilih WordPress untuk kebutuhan situs web mereka. Namun bukan tidak mungkin SiteJet bakal jadi senjata karena fasilitas manajemen website yang membantu mengembangkan bisnis secara canggih. 
  • Blogger dan Pembuat Konten: Berkat kemampuan manajemen konten dan alat SEO-nya yang tangguh, para blogger dan kreator konten mungkin lebih menyukai WordPress. Namun, Sitejet dapat menarik para kreator konten yang memprioritaskan alur kerja dan desain.

Biaya

Pertimbangan biaya, termasuk rencana harga awal dan potensi biaya untuk plugin, tema, hosting tambahan, dan pemeliharaan, merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih antara WordPress dan Sitejet. Meskipun WordPress menawarkan fleksibilitas dalam hal biaya dan kustomisasi melalui tema dan plugin gratis, pengguna mungkin menghadapi biaya tambahan untuk fitur-fitur ini. Sitejet, di sisi lain, menyertakan hosting dalam struktur harganya, yang melayani berbagai ukuran website.

WordPress dan SiteJet Builder di cPanel IDWebhost

Baik WordPress dan SiteJet Builder saat ini sudah tersedia di cPanel IDwebhost, jika kamu tertarik membeli hosting dan domainnya. Kamu juga bisa memanfaatkan promo selama bulan Agustus untuk membeli hosting dan domain di IDWebhost, agar bisa mengukur kebutuhan kamu antara WordPress atau SiteJet Builder. 

Intinya, pilihan antara WordPress dan Sitejet harus didasarkan pada keahlian teknis pengguna, tujuan website, dan pertimbangan seperti kemudahan penggunaan, skalabilitas, keamanan, dan biaya.

Ade Gusti

Member since 7 Aug 2024