Cara Mengoptimalkan Bisnis Profil di Instagram

Cara Mengoptimalkan Bisnis Profil di Instagram campaign-unlimited

Pada akhir tahun 2022, jumlah pengguna aktif Instagram di Indonesia tercatat telah mencapai 103 juta akun, yang dilansir dari Statista. Artinya nyaris seperempat penduduk Indonesia memiliki akun Instagram masing-masing. Pemakai Instagram yang paling banyak pada umur 18-24 tahun menjadi kelompok umur pengguna paling besar di Indonesia.

Banyak orang beralih ke Instagram karena kemudahan layanan untuk membuat, memposting dan mengakses foto dan video menarik yang dapat dibuat oleh siapa saja termasuk teman, influencer, dan para pelaku bisnis. Perusahaan atau pelaku bisnis mengandalkan platform ini karena pengguna 10 kali lebih mudah dan terhubung dengan campaign dan penawaran produk mereka melalui foto dan video yang mereka gunakan daripada di platform lain seperti Facebook atau Twitter.

Namun untuk mengoptimalkan bisnis pada platform ini, penting untuk membuat profil Instagram yang berhasil menarik perhatian calon customer atau target market. Dengan mengikuti cara yang disampaikan di bawah ini, harapannya semoga para pelaku bisnis dapat mengoptimalkan profil Instagram bisnis untuk mendorong hasil bisnis yang lebih optimal.

Cara Optimalkan Bisnis Profil pada Instagram

Buat Akun Bisnis

Tidak seperti akun pribadi, akun bisnis menyediakan analitik yang terkait dengan kinerja posting dan pertumbuhan pengikut. Pengguna bisnis memiliki lokasi kantor dan jam di bagian yang terpisah dari bio Instagram tradisional.

Mengingat bahwa platform ini hanya memungkinkan profile akun bisnis untuk membagikan satu URL saja, maka tautan link dalam profil akun sangat penting. Namun, banyak pelaku bisnis masih melakukan kesalahan dengan menggunakan tautan non-pelacakan di profil akun Instagram mereka.

Jika tautan tidak dapat dilacak, sulit untuk mengetahui berapa banyak pengunjung situs web atau pelanggan yang berkunjung ke profilemu. Menggunakan platform analisis atau platform pembuat URL khusus seperti Bit.ly, pelaku bisnis dapat melihat bagaimana perkembangan profil bisnis yang kamu miliki.

Optimalkan Feed Instagram

Pelaku bisnis harus merancang profile yang membuat konten menarik. Salah satunya dengan membuat kolase multi-grid yang membentuk gambar yang dapat dipahami. Banyak brand dan perusahaan yang mengandalkan teknik ini untuk berbagi gambar besar atau poster campaign mereka untuk memberikan gaya yang khas dan unik jika dilihat oleh calon customer mereka.

Selain itu pengoptimalan feed bisa juga untuk melakukan penawaran produk baru dari bisnis atau perusahaan yang kamu miliki. Serta dapat juga diberikan konten seperti diskon yang perusahaan kamu tawarkan agar menarik dan mudah untuk memikat calon pelangganmu.

Pelajari Basic Performance

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah ada perkembangan bisnismu pada platform ini adalah jika kamu mengetahui cara untuk melihat performance bisnismu dan perkembangan marketing pada platform Instagram. Meskipun akun bisnis pada platform ini sudah memiliki fitur dan layanan beberapa informasi dasar tentang kinerja dan perkembangan profile bisnismu.

Karena hal itu, banyak perusahaan yang rela untuk membayar jasa pihak ketiga untuk mengetahui report yang lebih lengkap perihal perkembangan bisnismu di platform ini. Selain itu, analisis pihak ketiga sangat penting untuk mengoptimalkan profil dan strategi Instagram yang kamu miliki.

Fokus pada kualitas bukan kuantitas followes

Banyak perusahaan berpikir bahwa memiliki banyak followers penting untuk membuat profile yang optimal. Karena semakin banyak followers semakin sering feed bisnismu akan muncul pada hasil pencarian. Tetapi sekilas melihat profile yang dimiliki oleh beberapa perusahaan besar di dunia menunjukkan bahwa kualitas followers lebih penting daripada kuantitas.

Ada banyak sekali profile Instagram yang hanya dengan “clickbait” mencapai ratusan ribu bahkan jutaan followers. Perusahaan lebih baik fokus pada pelayanan yang melibatkan semua followers daripada meningkatkan jumlah followers baru hanya untuk hanya untuk menambah kredibilitas.

Buat timeline pada konten Instagram

Tidak seperti platform media sosial lainnya, feed konten Instagram yang lama mudah dicari pada profile akun. Maka, relatif mudah untuk melihat setiap postingan berbulan-bulan dan bertahun-tahun yang lalu.  Perusahaan juga harus memperhatikan hal ini dan harus memiliki konsep yang terlihat rapi agar enak dan menarik untuk calon pelanggan berkunjung ke profile bisnismu.

Aktifkan selalu notifikasi Instagram

Pastikan devices yang terhubung dengan akun bisnis perusahaan milikmu menyalakan notifikasi Instagram 24 jam. Hal itu, menunjukkan kepada followersmu bahwa perusahaan selalu melakukan pelayanan 24 jam. Harapannya adalah untuk membangun sentimen positif dan selalu terhubung dengan followersmu.

Buat komunikasi baik dengan followers

Sebaiknya jangan hanya menggunakan platform ini untuk media marketing saja. Buatlah juga interaksi yang aktif dengan followersmu untuk memberikan kesan yang positif dari profile. Gunakan dengan baik layanan yang diberikan platform ini seperti comment, like, highlight, instastories dan IG TV untuk selalu berinteraksi dengan followers.

Instagram

Dapatkan centang biru untuk menambah kredibilitas

Sama dengan platform media sosial lainnya, platform ini menawarkan kemampuan profile bisnismu menerima status akun terverifikasi yang ditandai dengan tanda centang biru. Tanda centang ini akan memberikan kredibilitas lebih kepada followers, karena perusahaan dianggap sudah terpercaya.

Cara Mendapatkan Centang Biru Instagram

Mulai tahun 2019 platform ini telah mempermudah penggunanya untuk mendapatkan verified akun. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Jangan merubah nama profile
  2. Akun harus selalu aktif
  3. Jika telah memenuhi syarat maka disetting akan ada opsi untuk meminta verifikasi
  4. Tunggu verifikasi dari pihak Instagram

Pastikan Instagram Milikmu terhubung dengan Website

Optimalkan fungsi platform ini sebagai media sosial dan pemasaran ke halaman web perusahaan. Pastikan bahwa situs web perusahaan saling terhubung dengan media sosial perusahaan milikmu. Sehingga pada akhirnya pelanggan akan kamu bawa ke pembelian produk ke website perusahaanmu.

Jangan lupa bahwa platform ini adalah platform mobile, sehingga perusahaanmu harus memikirkan membuat website perusahaan agar bisa dan mudah jika diakses melalui handphone. Karena jika tidak itu akan memberikan kesan buruk yang dapat sangat merusak peluangmu mendapatkan pelanggan baru.

Cara Optimalkan Bisnis Profilemu di Instagram

Jadi bagaimana nih, apakah kamu sudah siap mencoba mengoptimalkan bisnis dengan Instagram? Selain artikel ini, kami juga memiliki konten lain yang istimewa untukmu tentang bisnis, marketing dan pengembangan bisnis digital. Selamat membaca dan mengembangkan bisnis atau website!

Bagi kamu yang belum mempunyai website juga bisa segera membuat website kalian sendiri untuk memperbesar dan meningkatkan bisnis yang sedang kamu jalani saat ini. Ada banyak jasa pembuatan website yang bisa kamu manfaatkan jasanya yang menawarkan website dengan harga terjangkau, jawabannya adalah IDwebhost.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019