Cara Menambah Followers dan Engagement Pada Instagram

21 Agu 2019
Cara Menambah Followers dan Engagement Pada Instagram campaign-unlimited

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara untuk menambah followers di instagram, Anda juga perlu untuk mengetahui terlebih dahulu cara untuk meningkatkan engangement di akun Instagram Anda. Siapa sih yang tidak mau mempunyai peluang bisnis dari medsos? Anda bisa saja mengimplementasikan trik berikut supaya bisa mendapat uang dari Instagram! Bagaimana caranya? Anda perlu mengetahui algoritma instagram yang terbaru supaya interaksi di akun instagram anda menjadi ramai. Degan adanya interkasi yang ramai tersebut, pihak instagram akan otomatis menampilkan akun berserta postingan anda semakin sering kepada banyak pengguna lain yang berpotensi untuk menjadi audiens setia anda.

Instagram bisa saja untuk menampilkan postingan Anda di halaman beranda atau explore Atau bahkan lebih baik dari itu. Mengapa? Karena sekarang Instagram menciptakan saran kumpulan hashtag di main feed user atau pengguna. Nantinya postingan Anda yang ramai tersebut bisa muncul di halaman utama Instagram dari para user. Apakah anda terpikirkan untuk memakai cara curang dengan layanan jasa followers instagram atau tool followers instagram gratis? Itu sih model lama. Lagipula, sekarang Instagram tidak lagi mentoleransi alat bot semacam itu yang secara otomatis dapat memberikan “like”, komentar ataupun “follow”. Walaupun iya, memang benar dampaknya tidak langsung terasa bagi Anda.

Jadi, mari kita memakai cara jitu yang sifatnya organik atau alami. Bagaimana Anda dapat meningkatkan engangement atau interaksi atau keterlibatan Instagram Anda secara organik? Yuk, Baca lebih lanjut pada artikel di bawah ini ya!

Cara Meningkatkan Followers dan Engangement Instagram

1. Posting Konten yang Berkualitas

Sebenarnya, seberapa banyak apapun referensi kiat-kiat Instagram yang Anda baca, jika Anda tidak memposting konten visual yang berkualitas maka semua referensi tersebut tidak ada yang akan menghasilkan. Di era digital saat ini, Anda cuma mempunyai beberapa detik untuk menarik perhatian orang ketika mereka bisa dengan mudahnya melakukan scrolling down home feed mereka di berbagai platform medsos (media sosial). Jadi, memposting konten yang berkualitas adalah langkah pertama Anda untuk dapat bertahan dari arus cepat itu.

trik instagram 2019
IDwebhost

Lalu seperti apa konten Instagram yang berkualitas?, berikut ini ciri-cirinya :

  • Foto yang berkualitas tinggi (Anda tidak memerlukan kamera mahal semacam DSLR, dengan kamera ponsel pun sudah cukup bagus tetapi coba anda edit dengan berbagai app yang bagus yang kini sudah banyak tersedia gratis di playstore smartphone Anda).
  • Foto yang dapat meninggalkan kesan menyenangkan karena unsur kreatif dan mampu menarik perhatian user.
  • Caption foto yang menyenangkan, inspiratif ataupun yang memotivasi pembacanya.
  • Video yang unik, bisa jadi yang lucu-lucu semacam video anak kucing atau anjing.
  • Keseluruhan foto yang tematik, yang mewakili gaya kehidupan Anda sendiri sehingga unik.

2. Gunakan Hashtag dengan Benar

Anda perlu memperhatikan bahwa ada sejumlah besar postingan orang lain yang sama-sama menggunakan hashtag Anda. Misalnya, orang kebanyakan memakai hashtag #sepatumurah dan Anda ingin memakai hashtag inisiatif sendiri yaitu #sepatukece, jangan menggunakan hastag yang #sepatukece. Gunakanlah yang lebih banyak dipakai orang.

Ini bisa menjadi saluran di mana user selain followers Anda bisa menemukan akun Anda. Selain itu dapat juga menjadi cara untuk membangun komunitas Anda di Instagram dan bisa menjadi cara agar algoritma Instagram dapat mengetahui kategori konten visual apa yang Anda unggah, sehingga Instagram bisa menampilkan postingan Anda ke pengguna dengan minat sama.

Selain itu, pastikan agar apa yang sudah Anda posting dengan hashtag tersebut tidak salah tulis dan sesuai dengan konten yang diunggah. Jangan sampai hashtag-nya mengenai sepatu tetapi Anda unggah konten yang tidak ada hubungannya dengan sepatu. Gunakanlah sebanyak mungkin hashtag (batasan jumlah dari Instagram yaitu maksimal 30 hashtags). Tentunya, semakin banyak hashtag yang digunakan, peluang Anda ditemukan oleh audiens akan semakin besar.

3. Posting Pada Saat Followers sedang Ramai

Anda juga harus mengetahui kapan waktu Instagram banyak dikunjungi oleh followers atau audiens Anda. Saat mereka sedang pada aktif, saat itulah Anda harus memposting konten Anda. Mengapa? Karena pada saat itulah, potensi supaya akun Anda untuk terlibat dengan banyak interaksi akan semakin besar.

Tetapi bagaimana cara untuk mengetahuinya? Gunakanlah berbagai software atau online tool yang bisa digunakan untuk menganalisa audiens instagram Anda. Software yang bagus akan memberitahu Anda beberapa hal berikut ini!

  • Kapan waktu terbaik Anda untuk membuat postingan (hari dan jam).
  • Kapan waktu terbaik Anda untuk berinteraksi dengan followers.
Cara Menambah Engagement instagram
idwebhost

Kemudian, anda gunakanlah info-info penting ini untuk mengembangkan engangement Anda! Bayangkan, Anda ingin membuat pengumuman yang penting agar semua orang tahu dan ikut berpartisipasi. Anggaplah konten Anda seperti pengumuman penting tersebut.

4. Ketahui Postingan Paling Top dari Anda

Ketahui postingan yang mana yang terpopuler selama ini dari akun Anda. Terpopuler dalam artian paling banyak interaksinya baik dari likes atau comment. Intinya yang terpopuler adalah yang paling menarik perhatian orang-orang, khususnya followers Anda. Sekali lagi, gunakanlah aplikasi pratinjau yang ada.

Jika Anda mau melakukan analisa sendiri, berikut ini adalah beberapa pertanyaan terkait yang harus bisa Anda jawab mengenai postingan populer Anda!

  • Jenis konten seperti apa?
  • Bagaimana tone color pada konten tersebut?
  • Gaya caption-nya seperti apa?
  • Hashtag apa saja yang akan dipakai

5. Posting Lebih Banyak Konten seperti Kiriman Terpopuler Anda

Kiriman terpopuler Anda sudah jelas merupakan konten yang paling disukai orang. Jadi, postinglah lebih banyak foto, video, ataupun insta story seperti kiriman populer Anda. Hal ini perlu dilakukan supaya Anda bisa terus mengembangkan akun Anda.

6. Posting dengan Pola yang Efektif

Pola tidak harus terus menerus sama. Anda bisa mengujinya dengan A/B Testing. Anda juga bisa mencoba berbagai macam pola dalam mengunggah postingan anda. Misalnya, Anda unggah sejenis kiriman populer Anda secara rutin selama dua kali dalam seminggu atau jika Anda menemukan pola lain, silakan mencobanya!

7. Posting Secara Konsisten

Trik ini sudah banyak diketahui oleh para selebgram. Memposting konten secara konsisten bisa membawa dampak yang baik bagi peluang bisnis Anda di Instagram. Mengapa harus melakukan cara ini? Orang-orang kebanyakan mempunyai pola waktu yang teratur dalam mengakses akun Instagram mereka. Misalnya, pada jam makan siang dan lainnya. Dengan para pengguna atau audiens Anda mengakses Instagram secara konsisten, maka Anda juga perlu untuk mengunggah postingan secara konsisten.

Lalu, bagaimana caranya supaya Anda bisa mengunggah secara konsisten? Coba anda rencanakan dengan seksama (dengan data survey dan lain-lain). Jangan mengunggah secara acak, baik waktu atau jenis kontennya. Cobalah anda untuk konsisten setiap saat! Pisahkanlah akun pribadi dan akun bisnis Anda jika ingin memposting hal-hal pribadi yang tidak beraturan.

8. Ajukan Pertanyaan di Caption untuk Followers Anda

Ajak mereka untuk berinteraksi di akun Anda dengan cara mengajukan pertanyaan menarik yang simpel. Misalnya, Anda bisa saja dengan hanya menanyakan dari mana mereka berasal atau apa bidang profesional atau bakat mereka.

Cara Menambah Followers instagram
IDwebhost

9. Selalu Balas Komentar di Postingan Anda

Usahakan untuk selalu membalas komentar audiens anda. Ini merupakan bentuk apresiasi untuk audiens Anda dan akan membuat mereka untuk terus berinteraksi dengan Anda karena sikap ramah anda.

10. Fokuslah untuk Menambah Teman, Bukan Followers

Saat anda memulai instagram, jangan terburu-buru (bahkan jika itu benar-benar menggoda). Gunakanlah waktu Anda dengan sabar, risetlah sebanyak mungkin. Temukan sekelompok orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Usahakanlah anda untuk saling mendukung setiap kali seseorang memposting, komentari dan like postingan mereka.

Baca Juga : 5 Tren Marketing Instagram Tahun 2019

Kesimpulan

Dengan membaca artikel ini, Anda telah memperoleh cara terkini untuk meningkatkan followers dan engangement di Instagram. Tidak hanya bagi branding activation Anda, cara-cara diatas juga bisa meningkatkan peluang bisnis Anda.

IDwebhost sebagai provider hosting murah dan vps murah, yang telah dipercaya lebih dari 100 ribu pelanggan, kami berkomitmen untuk membantu bisnis online anda supaya sukses. Baca juga berbagai konten menarik yang lainnya dari kami di blog dan subscribe kami untuk mendapatkan berbagai ebook informatif bagi pengembangan bisnis Anda.