Cara Mencegah Spam dan Virus Email

21 Des 2022
Cara Mencegah Spam dan Virus Email campaign-unlimited

Apakah pernah mengalami kotak masuk email dipenuhi dengan spam? Hal ini mungkin karena sebuah virus atau sesuatu yang merugikan. Ternyata statistik tentang spam adalah 14,5 miliar email spam masuk ke inbox setiap hari. Lebih dari itu, sumber spam terbesar bukanlah dari negara kita sendiri. Selama periode yang sama, 13,21 persen dari semua spam itu berasal dari Amerika Serikat.

Spam memang menjengkelkan dan juga membawa virus email yang membahayakan bisnis . Diyakini bahwa sekitar 3 persen dari semua spam memiliki muatan malware yang dapat merusak infrastruktur TI dan membuat akun sasarannya berisiko. Kita tidak akan pernah tahu email mana yang dapat merusak sistem perusahaanmu hanya karena membuka email spam yang berisi virus tersebut.

Apakah kamu tahu cara menghentikan email spam? Menghentikan spam lebih mudah dari yang diduga. Teruslah membaca supaya lebih tahu beberapa cara sederhana untuk membersihkan kotak masuk dan melindungi bisnismu.

Cara Menangani Spam: Panduan untuk Bisnis

block semua email spam
idwebhost

Spam mengganggu dan berisiko bagi privasi dan profitabilitas . Meskipun volume spam mungkin terasa luar biasa, meminimalkan masuknya spam di email adalah sesuatu yang dapat  dilakukan sendiri.

1. Pastikan untuk Bekerja dengan Penyedia Layanan Email 

Host emailmu menawarkan opsi untuk memfilter email. Jika kamu menggunakan layanan seperti Microsoft Office 365 atau Google, opsi pemfilteran dilakukan secara otomatis. Banyak mail service provider, seperti Be Structured, juga menawarkan opsi filter tambahan untuk membantu menangani spam bahkan lebih kuat juga dan memudahkan pengguna akhir untuk mengelola karantina, daftar putih, dan daftar hitam. Cari tahu apa yang spam filter tawaran host dan pastikan itu diaktifkan.

Juga, bekerjalah dengan penyedia layanan hosting untuk memastikan bahwa nama domain dilindungi dari spoofed (sebisa mungkin) dengan mengaktifkan SPF dan DKIM dengan semestinya. Mereka akan tahu apa artinya itu.

2. Jangan Buka, Klik, atau Balas ke Spam

Cara terbaik untuk melindungi diri dari bahaya spam adalah menghindari pembukaan, klik, atau membalas pesan semua yang ada dikotak spam.

Jika kamu tidak mengenali alamat email atau baris subjek mencurigakan, cukup jangan membukanya. Saat membuka email spam tidak cukup untuk menghasilkan virus atau malware dalam banyak kasus, itu menetapkan preseden untuk filter spammu dan mencegah klik atau unduhan yang tidak disengaja.

Selain itu, menggunakan fungsi pratinjau pada spam adalah ide yang buruk karena bisa membuka lampiran yang menyertakan malware. Menetapkan klien email Anda untuk tidak mengunduh gambar atau email pratinjau otomatis adalah perlindungan yang baik, cukup hapus kemungkinan spam.

Akhirnya, perhatikan alamat pengirim bahkan dari alamat email yang kamu kenali. Spammer suka meniru perusahaan yang sah dan alamat email sebagai bagian dari skema phishing. Layanan populer seperti PayPal adalah target umum. Misalnya, kamu  mungkin menerima email dari support@paypal.co atau paypalsupport@gmail.com. Tetapi alamat sebenarnya adalah support@paypal.com.

3. Aktifkan Penyaringan Dengan Menandai Spam Secara Manual

pengaman email
idwebhost

Apakah ada spam yang menyelinap masuk ke kotak masuk? Laporkanlah spam itu dengan menandai spam secara manual. Daripada mengirimnya langsung ke sampah, pilih fungsi ‘melaporkan spam’ di kotak masuk terlebih dahulu. Hal ini akan melatih algoritme untuk mengenali email yang terindikasi sebagai spam. 

4. Jangan Publikasikan Email Penting

jangan buka email spam
idwebhost

Spammer mengumpulkan daftar ribuan alamat email menggunakan alat pengumpul. Jika salah satu bot ini merusak situs website, apa yang akan ditemukannya ? Tidak mempublikasikan email di situs website atau forum lain mencegah bot dan program lain menambahkan alamat email milikmu ke daftarnya. Tentu saja, itu juga membuat orang sulit menghubungi kamu dalam beberapa kasus.

Perlu menyimpan alamat di luar sana tetapi ingin menghindari spam? Pertimbangkan untuk mengetik dengan tulisan tangan atau format lain yang tidak mudah dikumpulkan. Coba ketikkan namamu- john.smith dan kosongkan alamat resmi dengan membiarkan pelanggan menganggapnya melekat pada URL situs website. Jika kamu memiliki layanan email yang berbeda, cobalah John dot Smith di Gmail dot com atau bahkan John dot Smith di Gmail.com.

Baca juga : Cara Membuat Email Untuk Perusahaan dan Personal

5. Berhenti Berlangganan Email Yang Masuk Kotak Spam

Ada dua jenis spam:

  • Email yang berpotensi berbahaya dari pangeran dan bankir Nigeria, penipu, dan peretas seperti link “jangan klik tombol berhenti berlangganan di email ini! “
  • Email tidak mengancam yang tidak kamu inginkan atau butuhkan

Ini adalah jenis spam kedua yang merupakan bagian terbesar dari sebagian besar keluhan. Email marketing membentuk 70 persen dari spam yang dikeluhkan orang kebanyakan.

Meskipun kotak Spam akan selalu mengumpulkan satu atau dua email palsu, kamu dapat mengaturnya untuk melindungi folder email dengan berhenti berlangganan dari email yang tidak kamu baca. Berhenti berlangganan membuat kotak masuk bersih dan juga membantu email yang sangat berbahaya agar lebih terlihat di kumpulan email untuk menghindari terbukanya secara tidak sengaja.

6. Update Anti Malware Secara Berkala

Perlindungan malware tidak terkait langsung dengan penghapusan spam. Tapi itu melindungimu jika kamu atau seseorang di kantor tertipu oleh email berbahaya. Kapan terakhir kali kamu memperbarui atau mengevaluasi software antivirus saat ini? Apakah sudah diperbarui untuk menghadapi semua potensi ancaman saat ini?

Semua program malware dan keamanan harus ditetapkan untuk memindai dan memperbarui minimal satu kali per hari. Pastikan untuk mengikuti instruksi penyedia hosting dan biarkan pembaruan sistem lengkap saat diperlukan. Penyedia MSP atau IT harus menyediakan solusi anti-virus dan anti-malware sebagai bagian dari paket mereka.

7. Solusinya Pilih Email Bisnis

Sebagian besar solusi yang disajikan membutuhkan akuntabilitas individu. Tetapi tanggung jawab pribadi tidak selalu cukup dalam skenario bisnis atau perusahaan.

Dengan begitu banyak spam dan begitu banyak mengandung virus dan malware, kamu harus dapat melindungi bisnis sejak awal. Menggunakan solusi email bisnis membantumu mengelola spam, memulihkan email yang dihapus, dan menyimpan data yang sebelumnya hilang sementara juga memblokir spam berbahaya.

Solusi bisnis cocok untuk kelas perusahaan yang berarti kamu tidak perlu khawatir lagi tentang spam dan bisa lebih fokus pada masalah bisnis.

Menghentikan Spam Melindungi Bisnismu

Jangan tertipu oleh spam atau ancaman yang menyertainya. Kecanggihan malware dan virus terus meningkat, dan kamu tidak pernah tahu email apa yang bisa menghancurkan. Apakah kamu mencoba membersihkan kotak masuk dan meningkatkan produktivitas? IDwebhostcom bisa membantu untuk mempelajari cara menghentikan spam dengan solusi layanan email kami dan perlindungan virus dan malware.