9 Rekomendasi Website Jualan Online Agar Usaha Makin Laris

10 Nov 2022
9 Rekomendasi Website Jualan Online Agar Usaha Makin Laris

Bukan hanya dapat meningkatkan penjualan saja, toko online juga memiliki jangkauan audiens yang luas dari seluruh kalangan. Jika kamu sedang ingin membuka toko online, kamu wajib mengetahui rekomendasi website jualan online terbaik untuk bisnismu agar semakin ramai pembeli.

Hampir semua kalangan kini menggunakan ponsel pintar untuk membantu berbagai kegiatan sehari-harinya, termasuk berbelanja. Dilihat dari kacamata pengusaha, tentu fenomena ini merupakan peluang bisnis yang menarik. Membawa toko untuk dihadirkan dalam ponsel calon pembeli akan memberikan pengalaman belanja yang praktis dan menyenangkan.

Website jualan adalah situs untuk menawarkan produk dan menyediakan proses transaksi secara online. Ada berbagai fitur untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin berbelanja di dalamnya. Website jualan idealnya menyediakan gambar produk lengkap dengan keterangannya, CTA yang jelas, pilihan metode pembayaran, dan rating dari pembeli.

Jika kamu masih belum ada gambaran tentang website jualan, kamu dapat menyimak ulasan di bawah ini. Selamat membaca!

Contoh Website Jualan

Berbagai merk, terutama merk-merk perusahaan besar juga menjual produknya melalui website jualan online. Sebelum mengetahui rekomendasi website jualan online yang tepat untuk kamu, ketahui beberapa contoh website jualan online berikut terlebih dahulu!

1. Bukukita

Seperti yang terlihat dari namanya, website jualan ini adalah sebuah toko buku online. Dalam websitenya, Bukukita menyediakan katalog buku yang berisi gambar buku lengkap dengan keterangan detail buku dan harganya. Buku-buku yang dijual juga bukan hanya dari satu penerbit saja. Ada banyak pilihan buku dari berbagai penerbit.

Selain fitur katalognya, Bukukita juga menyediakan metode pembayaran yang praktis. Dari segi tampilan, tata letak dan petunjuk di website mudah dimengerti sehingga pengunjung dapat mencari buku dengan mudah dan langsung membelinya.

2. Babyzania

Contoh berikutnya adalah website jualan Babyzania. Ini merupakan toko yang menyediakan berbagai keperluan ibu dan anak. Sebab toko ini menjual jenis produk yang berbeda-beda, Babyzania menyediakan pilihan katalog produk berdasarkan kategorinya. Mulai dari kategori makanan & susu, popok, perlengkapan mandi, dan sebagainya.

Setiap kategori juga dilengkapi dengan filter yang dapat memudahkan pencarian produk untuk calon pembeli. Pada websitenya, Babyzania menyediakan dua CTA untuk membeli via web langsung atau menghubungi customer service melalui WhatsApp. Keunggulan lain dari Babyzania adalah adanya dukungan aplikasi mobile untuk memudahkan pelanggan dengan smartphone.

3. IKEA

Selain mendirikan toko offline, IKEA juga memasarkan produknya melalui website jualan online. IKEA menyediakan katalog dengan foto produk detail, keterangan ukuran, ketersediaan pilihan warna, dan harga. Untuk melihat langsung tampilan website tokonya, kamu dapat mengunjungi ikea.co.id.

Rekomendasi Website Jualan

Sudah coba mengunjungi contoh-contoh website jualan di atas? Jika kamu tertarik untuk mulai memasarkan produkmu di toko online, pastikan kamu mengetahui rekomendasi situs jualan berikut ini, ya!

1. Web.com

Rekomendasi yang pertama adalah web.com. Platform ini menyediakan website untuk toko online dengan berbagai pilihan paket dan penawaran harga terjangkau. Kamu dapat memanfaatkan layanan web.com untuk meng-hosting toko, membuat domain toko, dan mendapatkan proteksi web dengan sertifikat SSL.

Web.com memungkinkan merchant toko untuk menampilkan 500 produk pada etalase tokonya. Selain itu, web.com juga masih mempunyai banyak fitur lain. Misalnya seperti sistem pembayaran dengan kartu kredit, pengelolaan dan pelacakan pesanan, serta fitur live chat untuk terhubung langsung dengan pembeli.

2. WooCommerce

Selain web.com, WooCommerce juga termasuk dalam rekomendasi website jualan online yang bisa kamu coba. WooCommerce merupakan platform e-commerce yang cukup populer di dunia, lho. Akan tetapi, cara membuat website jualan di WooCommerce memerlukan tambahan layanan hosting.

Hal ini dikarenakan tidak tersedianya layanan hosting di WooCommerce. Akan tetapi, di luar kekurangannya ini WooCommerce mempunyai banyak fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk membuat tokomu tampil stunning.

Kamu dapat memilih desain tema toko yang menarik. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan plugin baru untuk menggunakan fitur-fitur lain yang belum ada di versi basic. WooCommerce tidak mengenakan biaya transaksi. Jadi, kamu dapat mengalihkan biaya ini untuk berlangganan layanan pembayaran online saja.

3. Shopify

Tertarik untuk ikut uji coba dulu alih-alih langsung membayar biaya berlangganan? Jika iya, kamu dapat menggunakan platform Shopify. Uji coba gratis dari Shopify memungkinkan kamu untuk mencoba berbagai fitur website jualannya selama 14 hari. Menariknya, uji coba ini tidak memerlukan kartu kredit, lho!

Shopify adalah platform e-commerce yang sudah sepenuhnya dihosting. Dalam platform-nya, kamu dapat menambahkan fitur-fitur baru dengan berbagai pilihan add-on yang tersedia. Jika berjualan dengan Shopify, kamu dapat mendapatkan layanan dukungan melalui chat, telepon, email, hingga Twitter selama 24 jam setiap hari.

4. BigCommerce

Pilihan lain untuk melakukan uji coba membuat toko online juga dapat dilakukan dengan platform BigCommerce. Uji coba gratis ini tersedia selama 15 hari. Di luar uji coba gratis, BigCommerce tidak menyediakan layanan gratis lainnya. Meskipun begitu, BigCommerce mempunyai fitur dan layanan yang super lengkap.

BigCommerce menyediakan layanan yang lengkap dengan hosting dan kustomisasi domain. Artinya, untuk membuka toko online di BigCommerce, kamu tidak perlu berlangganan dengan layanan hosting lainnya. Cara mendaftarnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu melengkapi informasi lengkap tentang toko dan apa saja produk yang akan dijual.

5. Opencart

Ingin mendirikan website jualan sendiri mulai dari proses front-end hingga back-end? Kamu dapat menggunakan platform Opencart untuk melakukan hal ini. Opencart adalah CMS seperti WordPress yang bersifat open source sehingga dapat digunakan untuk membangun dan mengembangkan website toko online secara mandiri. Tertarik untuk mencoba?

6. Weebly.com

Meskipun tidak sama terkenalnya dengan platform website jualan lain, Weebly.com boleh jadi pilihan platform yang tepat untuk membuka toko online. Weebly.com menawarkan pilihan paket gratis untuk pemakaian awal. Walaupun gratis, kamu tetap bisa menggunakan berbagai fiturnya, seperti fitur chat, email, serta telepon.

Sistem antarmuka Weebly.com sangat memudahkan untuk menambahkan produk ke katalog toko. Kamu dapat menggunakan add-on fitur tambahan juga untuk mengembangkan website serta mengelola produk. Di samping itu, Weebly.com juga menyediakan hingga 100 pilihan desain tema yang dapat digunakan sesuai keinginanmu, lho!

7. Wix.com

Rekomendasi website jualan online berikutnya adalah wix.com. Wix adalah platform penyedia layanan pembuatan situs jualan yang dapat dikelola secara online oleh pengguna. Kamu dapat menggunakan browser saja untuk mengakses Wix. Pembuatan website dengan bantuan Wix lebih sederhana dan praktis, bahkan tidak memerlukan keahlian coding.

8. Google Sites

Perusahaan raksasa Google juga menyediakan platform  pembuatan website. Nama platform ini adalah Google Sites. Pembuatan situs jualan dengan Google Sites cukup mudah sebab sistemnya sudah terintegrasi dengan Google My Business dan Maps. Jadi, kamu hanya perlu untuk menambahkan lokasi bisnis ke Maps Google saja.

9. Jejualan

Terakhir, jika kamu tertarik membuat toko online yang profesional dengan proses singkat, Jejualan adalah solusinya. Hanya 20 detik saja, kamu dapat menyelesaikan proses pembuatan website jualan tokomu lengkap dengan berbagai fiturnya. Paket layanannya sudah termasuk dengan dukungan domain gratis, lho!

Kesimpulan

Itulah rekomendasi website jualan yang dapat kamu coba untuk membuat toko online bisnismu. Dengan adanya toko online, kamu dapat lebih mudah menjangkau banyak pelanggan dan memasarkan produk jualanmu agar lebih laris.

Berbagai fitur dari platform-platform di atas juga dapat kamu manfaatkan untuk memaksimalkan pelayanan dari tokomu maupun menambah pengalaman belanja yang menyenangkan untuk pembeli. Hal terpenting, pastikan kamu sudah memeriksa keamanan demi transaksi yang nyaman bagi pengunjung, ya.

Jika kamu masih bingung dan ingin berlangganan layanan hosting, kamu dapat membeli layanan hosting murah di IDwebhost yang lengkap dengan add-on menarik. IDwebhost juga menyediakan berbagai pilihan paket dengan penawaran harga terbaik, lho. Yuk, cek sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022