8 Teknologi Keamanan Website dari IDwebhost Untuk Anda
Blog Tips Keren 8 Teknologi Keamanan Website dari IDwebhost Untuk Anda

8 Teknologi Keamanan Website dari IDwebhost Untuk Anda

Dengan kemajuan teknologi semua orang bebas menggunakan dan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini untuk berbagai keperluan. Dengan melalui teknologi ini juga orang bisa menggunakannya untuk hal yang positif atau negatif sesuai tujuan mereka. Kemudian kita mengetahui internet menjadi salah satu teknologi yang berkembang begitu pesat dengan pengguna yang besar. Jika berbicara tentang internet maka website menjadi media yang paling digunakan oleh orang untuk berbagai macam kepentingan dari bisnis hingga berbagi dan atau menemukan segala informasi yang dibutuhkan. Oleh karena itu bagi pemilik website keamanan website menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan mengingat yang mengakses ada ribuan bahkan jutaan setiap harinya.

Pastinya Anda pernah mendengar istilah hacker dan cracker. Keduanya adalah orang yang ahli dalam menyusup, meretas, melihat, mengubah, mencuri, merusak dan lain sebagainya untuk memanipulasi data orang lain. Jika cracker akan lebih berbahaya dari pada hacker karena mereka bertujuan untuk kejahatan namun jika hacker mereka ada yang baik juga yaitu untuk menembus keamanan dan memberikan informasi terkait pembobolan untuk bisa diperbaiki pemiliknya. Bedanya adalah jika cracker murni merusak data atau informasi orang lain sedangkan hacker meskipun bisa merusak dan memanipulasi data orang lain namun mereka akan memberikan manfaat untuk pemilik website misalnya.

Tentunya perlu untuk mengamankan situs Anda dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut dengan meningkatkan keamanan website dengan teknologi yang tersedia. Nah pada artikel ini kami akan mengulas berbagai teknologi keamanan website yang disediakan IDwebhost untuk website Anda.

Teknologi Keamanan Website

Saat ini ada banyak teknologi keamanan website (Website security) yang bisa digunakan untuk memberikan keamanan dari pihak atau orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengganggu website Anda. Websitemu akan lebih terjamin keamanannya dengan berbagai teknologi keamanan dari IDwebhost sebagai berikut:

Hotlink Protection

1. Hotlink Protection

Apa itu Hotlink Protection? Yaitu tool yang tersedia pada cPanel untuk memblokir website orang dan mencegah file bisa saling terhubung. Mengingat pada hosting terdapat berbagai macam website yang tergabung dalam satu hosting maka semua file baik itu gambar dan lain-lain juga menjadi satu dalam satu wadah. Dengan menggunakan Hotlink Protection maka website Anda tidak akan terhubung secara langsung dengan website orang lain sehingga tidak mempengaruhi bandwidth secara masif.

IP Blocker

2. IP Blocker

Dengan menggunakan tool IP Blocker ini memungkinkan Anda untuk bisa memblokir IP orang lain yang telah Anda tentukan. Dengan melakukan pemblokiran pada IP tertentu tersebut maka tidak akan bisa mengakses situs atau website Anda. Biasanya digunakan ketika ada orang yang menggunakan sumberdaya yang ada pada website Anda secara berlebihan sehingga membuat website menjadi down. Oleh karena itu bisa dilakukan pemblokiran IP tertentu untuk menjaga performa website.

Keamanan Website dengan Free SSL

3. Keamanan Website dengan Free SSL

Saat ini sudah banyak dan bahkan sebagian besar website telah menggunakan SSL, bukanya tidak ada alasan karena memang SSL ini sangat berguna untuk memberikan manfaat dari beberapa aspek seperti keamanan, kepercayaan, SEO, peringkat Google dan lain sebagainya. SSL singkatan dari Secure Socket Layer yaitu teknologi untuk memberikan keamanan website menjadi lebih aman terutama pada transaksi data yang terenkripsi. Ketika website Anda telah menggunakan SSL maka URL awal dari HTTP akan menjadi HTTPS.

Keamanan Website dengan Anti Malware Systems

4. Keamanan Website dengan Anti Malware Systems

Malware sendiri adalah sebuah software yang dibuat dengan tujuan untuk merusak, mencuri dan mengganggu jalannya suatu sistem atau bisa disebut software dengan tujuan jahat. Contoh dari malware seperti Trojan, Virus, dan juga Spyware. IDwebhost juga telah dilengkapi dengan Anti Malware Systems yaitu ketika ada serangan dan ancaman akan langsung ada notifikasi dan secara langsung akan menangkal malware tersebut.

ModSecurity

5. ModSecurity

ModSecurity adalah firewall berbasis web open source yang bekerja pada modul Apache yang telah tersedia pada server web hosting. Tujuannya adalah untuk mencegah dan juga mendeteksi jika ada serangan pada sebuah website seperti serangan Brute-force attacks, SQL injection, cross-site scripting dan lain sebagainya. Kemudahan ModSecurity juga akan bisa menghentikan atau blocking pada traffic atau request yang memang dianggap berbahaya.

Leech Protection

6. Leech Protection

Leech Protection adalah sebuah filter yang akan memberikan keamanan dan melindungi direktori atau folder anda yang ada di cPanel sehingga menjaga dari akses yang tidak memiliki izin. Untuk mengaktifkan tool ini Anda bisa langsung masuk pada cPanel dan pada bagian keamanan (security) pilihlah tool Leech Protection tersebut.

CageFS Security

7. CageFS Security

CageFS Security yaitu sebuah fitur keamanan yang dikembangan oleh cloudlinux dan diperuntukan bagi pengguna cloudlinux OS. Fungsinya adalah untuk memberikan perlindungan secara struktur pada cPanel pengguna dalam satu server. Sehingga akun hosting Anda tidak bisa di intip dengan shell script yang bisa digunakan untuk teknik jumping oleh para hacker.

Keamanan Website Anti Virus

8. Keamanan Website Anti Virus

Saat mengunggah file yang diperlukan untuk website terkadang bisa jadi memiliki ancaman juga seperti virus dan lain sebagainya. Oleh karena itu perlu adanya antivirus yang bisa memfilter dan mendeteksi saat Anda melakukan upload file pada directory hosting Anda. Anti virus ani akan mengecek secara otomatis jika sebuah file yang diupload aman atau tidak sebelum nantinya diunggah pada website.

Baca juga: 5 Cara Mudah Meningkatkan Keamanan Website Anda

Tips Dasar Untuk Memberikan Keamanan Website Anda

Nah dari poin-poin diatas kita sudah mengenal teknologi keamanan yang lengkap dan tersedia di IDwebhost untuk memberikan keamanan yang maksimal pada website Anda nantinya. Kemudian kami akan memberikan tips-tips dasar untuk memberikan keamanan untuk website Anda sebagai berikut:

1. Memilih Penyedia Hosting Terpercaya dan Aman

Tips pertama yang paling penting adalah menentukan penyedia layanan web hosting murah terbaik dan yang bisa menjamin keamanan website Anda. Karena semua fitur dan tool yang tersedia adalah bagian dari hosting maka dari itu menentukan penyedia hosting yang tepat adalah langkah terpenting. Dengan tersedianya berbagai macam fitur keamanan akan memberikan keamanan yang optimal untuk website Anda nantinya. Nah untungnya IDwebhost telah menyediakan banyak fitur dan teknologi terdepan yang selalu update untuk keamanan website pelanggannya.

2. Manfaatkan dan Install Plugin Keamanan Website Anda

Pada setiap platform website biasanya telah menyediakan plugin yang siap untuk Anda gunakan salah satunya adalah WordPress yang menyediakan plugin yang bisa digunakan secara gratis.

3. Gunakan dan Pasang SSL

Memasang SSL menjadi suatu keharusan untuk saat ini, website tanpa SSL akan cenderung diabaikan oleh pengunjung bahkan mesin pencari seperti Google. Bahkan Google sendiri lebih memprioritaskan website yang telah menggunakan SSL.

4. Selalu cek dan Update Website Anda

Jika Anda diminta untuk melakukan pembaharuan pada website misalnya WordPress maka ada baiknya untuk melakukan update terlebih dahulu karena disitu ada perbaikan bug dan lain sebagainya.

5. Gunakanlah Username dan Password yang kuat

Kebanyakan hacker seringkali memanfaatkan celah yang berada pada login website. Dengan membuat username dan password yang kuat maka akan sulit untuk ditembus oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu menggunakan karakter dan kombinasi adalah pilihan yang tepat.

6. Lakukan Backup Data

Backup data juga termasuk yang penting karena jika sewaktu-waktu ada masalah pada website akan ada cadangan yang bisa untuk mengembalikan data yang rusak. Penyedia hosting terbaik biasanya menyertakan fitur backup ini selain itu anda bisa menginstal plugin backup seperti BackupBuddy, BoldGrid Backup dan lain sebagainya.

Memastikan keamanan website adalah hal yang terpenting bagi pemilik website terlebih website toko online atau e-commerce yang memiliki pengguna besar dan juga ada transaksi yang besar juga. Oleh karena itu Keamanan website menjadi hal yang tidak boleh ditinggalkan.