8 Premium Plugin WordPress yang Paling Populer 2021
Blog WordPress Expert 8 Premium Plugin WordPress yang Paling Populer 2021

8 Premium Plugin WordPress yang Paling Populer 2021

WordPress hingga saat ini menjadi platform CMM paling populer dan menjadi pilihan terbanyak di dunia. Salah satu alasan yang menjadikannya populer adalah dengan tersedianya plugin lengkap untuk mengoptimalkan website dari yang premium plugin WordPress yang berbayar hingga plugin gratis. Saking banyaknya plugin mungkin Anda akan merasa kesulitan saat mencari atau menentukan plugin mana yang tepat untuk kebutuhan website Anda nantinya.

Nah beruntung jika Anda menemukan artikel dari IDwebhost ini, karena pembahasan kali ini akan membahas tentang deretan plugin premium atau berbayar yang paling populer digunakan oleh webmaster saat ini. Sebenarnya plugin gratis WordPress ada banyak namun jika Anda adalah pemilik perusahaan atau bisnis yang ingin memiliki website profesional dan tangguh tentu akan berusaha membuat website dengan performa terbaik. Biasanya plugin premium adalah plugin yang dapat diandalkan dengan pembaruan dan dukungan dan memiliki fungsionalitas tingkat lanjut. Untuk memperjelas pembahasan kali ini ada baiknya kita bahas pengertian apa itu premium plugin WordPres itu?

Pengertian Premium Plugin WordPress

Jika plugin gratis bisa digunakan secara bebas tanpa biaya, hanya saja tidak semua fitur yang ditawarkan memiliki atau mendukung semua yang Anda butuhkan. Berbeda dengan premium plugin WordPress ini bersifat berbayar yang nantinya untuk menggunakan harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membelinya dengan berbagai fitur lengkap dan canggih yang ditawarkan.

Untuk website jangka panjang tentunya plugin premium lebih direkomendasikan apalagi website bisnis tentunya ingin bisnisnya berjalan dengan kinerja terbaik dengan jangka panjang juga. Untuk itu ada beberapa kelebihan atau keunggulan plugin premium daripada yang gratis, misalnya saja support atau dukungan pengembangan plugin premium tersebut untuk memberikan fitur, optimasi, performa dan lain sebagainya.

Premium Plugin WordPress Terbaik dan Paling Populer

Jika berbicara fitur yang canggih dan lengkap bagaimanapun juga yang berbayar akan memiliki kelebihan dibandingkan dengan plugin yang gratis. Nah berikut ini beberapa plugin berbayar yang mungkin Anda butuhkan untuk mengoptimalkan website Anda.

Premium Plugin Yoast SEO

1. Premium Plugin WordPress Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin yang paling populer hingga saat ini dengan pengguna yang besar. Dari kata SEO yang memiliki kependekan dari (Search Engine Optimizer) yang jika dilihat dari namanya saja pasti sudah tahu kegunaannya yaitu untuk optimasi website. Jika menggunakan plugin ini Anda akan dimudahkan dalam membuat dan menerbitkan konten berkualitas tinggi yang tentunya memiliki standar SEO untuk mesin pencari.

Yang unik adalah jika Anda membuat konten maka akan ada indikator layaknya traffic light yang berwarna merah, orange dan hijau. Jika merah maka SEO konten dinilai jelek, orange memiliki nilai cukup, dan hijau memiliki nilai SEO yang baik berkualitas. Plugin ini sebenarnya bisa digunakan secara gratis namun untuk mendapatkan berbagai fitur khusus maka harus menggunakan versi premium yang memiliki harga $69.

Plugin Versi Premium Yoast SEO meliputi:

  • XML sitemaps tingkat lanjut
  • Kontrol penuh site breadcrumbs
  • Mengatur canonical URLs untuk menghindari duplikat konten
  • Template meta deskripsi dan judul
  • Analisis konten dan SEO termasuk indikator readability
  • Text insights
  • Automatic internal linking suggestions

Premium Plugin WooCommerce Subscriptions

2. Premium Plugin WordPress WooCommerce Subscriptions

WooCommerce sendiri adalah platform yang digunakan untuk membuat toko online yang termasuk menjadi platform toko online terbaik di dunia. Platform WooCommerce juga bisa digunakan oleh bisnis skala besar maupun skala kecil UKM. Dari fungsinya sendiri telah mendukung fitur metode pembayaran, pengiriman, varian produk dan lain sebagainya. Karena sifatnya yang open source dan gratis memungkinkan orang untuk memodifikasinya.

Sama halnya dengan wordpres yang menyediakan berbagai plugin gratis dan berbayar, WooCommerce juga sama menawarkan nya juga. Plugin WooCommerce Subscriptions menjadi plugin berbayar yang memungkinkan untuk orang berlangganan pada toko online Anda. Misalnya saja pelanggan akan melakukan pembelian berbasis waktu misalnya mingguan, bulanan dan lain sebagainya. Plugin ini sangat cocok untuk website yang berbasis langganan.

Plugin Optimole

3. Premium Plugin WordPress Plugin Optimole

Plugin WordPress ini berfungsi untuk mengoptimalkan gambar secara real-time yang berbasis cloud yang akan membuat website Anda lebih cepat. Untuk pengaturan nya juga sangat mudah bahkan pemula bisa melakukanya. Namun jika yang gratis hanya bisa digunakan untuk lima ribu pengunjung per bulan. Versi premium memiliki beberapa paket yang paling murah dengan harga $20 perbulan dengan kapasitas pengunjung hingga 25.000.

Plugin WP Smush Pro

4. Plugin WP Smush Pro

Plugin ini juga digunakan untuk mempercepat website dengan mengoptimalkan gambar hanya dengan sekali klik puluhan gambar sudah teroptimasi. Anda pun bisa menggunakanya secara gratis namun jika ingin menggunakan versi yang pro maka akan bisa mengubah gambar menjadi format WebP. Apa itu WebP adalah format gambar yang memiliki yang memiliki ukuran kecil namun kualitasnya baik. Jenis format ini sangat cocok untuk website yang menampilkan banyak gambar pada websitenya. Untuk harga plugin WP Smush Pro di bandrol $49 perbulan.

Plugin WP Rocket

5. Plugin WP Rocket

WP Rocket adalah plugin caching premium yang paling populer untuk WordPress. WP Rocket juga memiliki fitur dan juga antarmuka yang mudah digunakan, dengan performa yang tinggi untuk meningkatkan kecepatan loading website Anda. Dari segi pengguna yang telah digunakan mencapai 1 juta lebih website hingga saat ini. Kemudian juga ada dukungan tim yang bisa membantu Anda. Untuk versi premium dibanderol dengan harga $49 per tahunnya.

Plugin Versi Premium WP Rocket meliputi:

  • Kompres GZIP untuk HTML, CSS, dan JavaScript
  • Database cleaning
  • Lazy loading
  • Cache preloading
  • DNS prefetching
  • File deferring
  • Google Fonts optimization

Plugin Defender

6. Plugin Defender

Keamanan website menjadi salah satu terpenting yang harus diperhatikan, terlebih jika website tersebut akan menangani transaksi yang besar pastinya keamanan adalah prioritas pertama. Sebenarnya WordPress sendiri sudah memberikan keamanan pada platform mereka namun ada kalanya plugin keamanan perlu untuk di instal juga. Nah Defender adalah plugin yang akan memberikan keamanan fitur Malware Scanner, Login Security dan Firewall. Untuk bisa mengakses fitur yang lengkap maka versi premiumnya dibandrol dengan harga $49 per bulannya.

Plugin Versi Premium Defender meliputi:

  • Security scans
  • Vulnerability reports
  • Audit logs
  • Two-factor authentication
  • Safety recommendations
  • Blacklist monitoring
  • Brute force lockout
  • IP lockout device
  • Dan lain-lain

Plugin Sucuri

7. Plugin Sucuri

Sudah tidak diragukan lagi soal keamanan perusahaan Sucuri Inc adalah perusahaan software keamanan yang terpercaya. Sucuri memiliki fitur canggih dari Auditing, Blacklist Monitoring, Malware Scanner, Security, Hardening dan notifikasi keamanan. Untuk yang versi premium Anda akan mendapatkan fitur mulai dari keamanan serangan DDoS,keamanan eksploitasi, adanya firewall khusus dan serangan brute force. Harga veri premium dibanderol dengan harga $199.99 per tahunnya.

Baca juga: 8 Alasan Perusahaan Besar Lebih Memilih WordPress

Plugin Smart Slider 3

8. Plugin Smart Slider 3

Jika website Anda ingin memiliki tampilan yang yang terlihat profesional maka plugin ini cocok untuk menampilkan beberapa informasi visual dalam satu halaman. Dengan menginstal plugin ini Anda bisa menampilkan slide informasi visual tanpa harus membongkar kode-kode website. Anda hanya perlu klik dan instal website Anda sudah memiliki tampilan slide yang elegan. Untuk versi gratis Anda hanya mendapatkan fitur 2 slider tipe, 6 layer dan 14 slider template. Namun untuk versi premium Anda akan mendapatkan fitur yang lengkap. Untuk harga plugin Smart Slider 3 versi premium harganya mulai dari $49.

Plugin Versi Premium Smart Slider 3r meliputi:

  • All Pro features
  • One-time payment
  • Lifetime update & support
  • 4 slider types and 26 layers
  • 120+ slider templates
  • Animations and effects
  • Personal support
  • Premium priority support

Ada banyak plugin yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar namun begitu jika berbayar pastinya akan menawarkan fitur yang lebih lengkap. Di WordPress sendiri telah tersedia ribuan plugin yang siap digunakan namun demikian tidak semerta-merta gratis lalu menginstal sembarangan yang malah justru membebani website itu sendiri. Untuk plugin perlu mempertimbangkan fungsi kegunaanya. Sayang sekali jika terinstal banyak plugin yang tidak memiliki pengaruh apapun. Selain itu dampak kebanyakan plugin akan bisa memperlambat website jadi memilih plugin yang bermanfaat dan berguna yang harus diperhatikan sebelum menginstalnya.