8 Faktor Penting Dalam Optimasi SEO On-Page Website
Blog SEO 8 Faktor Penting Dalam Optimasi SEO On-Page Website

8 Faktor Penting Dalam Optimasi SEO On-Page Website

Memiliki website memang saat ini menjadi hal yang penting bagi pemilik bisnis bahkan personal pun memiliki sebuah website menjadi kebanggaan tersendiri. Bagi pemilik bisnis website bisa menjadi media untuk meningkatkan kesuksesan bisnis nya karena dengan website akan lebih mudah untuk menjangkau pelanggan atau konsumen mereka. Dengan begitu produk atau jasa yang yang ditawarkan akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas. Namun memiliki dan mengelola website itu hal yang tidak mudah perlu memperhatikan beberapa hal salah satunya SEO On-Page. Yaitu bagian dari optimasi SEO untuk meningkatkan hasil pencarian dan mendapatkan peringkat atas Google search.

Kemudian bagi seorang pemula yang ingin menjadi blogger juga merupakan hal yang menyenangkan. Menjadi seorang blogger selain menjadi hobi yang menyenangkan nantinya jika website atau blognya sudah memiliki pengunjung yang banyak bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Untuk menjadi blogger sukses juga harus bisa optimasi SEO On-page pada blog atau websitenya.

Mengelola website itu bukanlah hal asal-asalan namun kita perlu untuk mengetahui seluk-beluknya terlebih dahulu jika tidak website yang kita miliki tidak akan ada pengunjungnya sama sekali. Inilah yang seringkali menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pemilik website untuk bisa mendapatkan peringkat pertama Google search. Cara yang terbaik untuk dapat peringkat atas pencarian adalah dengan optimasi SEO terutama bagian SEO On-Page. Tentu saja akan banyak faktor yang perlu diperhatikan pada website seperti kualitas konten, gambar, judul artikel, meta dan lain sebagainya. Tujuan utama optimasi tidak lain untuk mendapatkan peringkat pertama Google.

Pentingkah Optimasi SEO On-Page pada Website?

Ya benar SEO On-Page adalah bagian penting untuk bisa mendapatkan peringkat satu Google search. Jangan sampai saat kita membuat konten yang banyak malah tidak dapat menjunjung sama sekali. Tahukah Anda jika SEO On-Page adalah faktor penting untuk menentukan kesuksesan konten website Anda?. Sebelum kita masuk pada inti pembahasan ada baiknya kita mengenal SEO terlebih dahulu.

SEO (Search Engine Optimization) yaitu upaya mengoptimasi suatu website untuk bisa mendapatkan peringkat atas atau peringkat satu dari hasil pencarian. SEO sendiri terbagi menjadi dua teknik yaitu teknik SEO On-Page dan SEO Of-Page. Penjelasan paling singkat antara keduanya adalah optimasi SEO On-Page di dalam website sedangkan SEO Off-Page dilakukan di luar website. Saking pentingnya optimasi SEO On-Page ini banyak yang tidak sadar setelah menulis banyak konten belum berhasil mendapatkan peringkat atas pencarian.

Title, Tagline (Judul Halaman dan Judul Artikel)

1. Membuat Title, Tagline Artikel

Saat Anda melakukan pencarian di mesin pencari dari hasil pencarian yang paling pertama Anda lihat pasti adalah tulisan dengan huruf tebal dengan warna biru, ya benar itulah judul dari artikel website. Pada hasil list yang ada banyak judul-judul yang banyak saat mau memilih Anda pasti akan memilih list teratas dari hasil pencarian. Ini membuktikan bahwa judul adalah bagian penting dari artikel. Dengan optimasi SEO On-Page yang baik judul artikel Anda akan memiliki kesempatan untuk bisa masuk hasil teratas.

Untuk membuat judul harus menyertakan kata kunci atau keyword target yang relevan dan bisa dipahami oleh pengunjung. Kemudian dari judul artikel harus sesuai dengan isi dari artikel tersebut jangan sampai tidak sesuai dengan pembahasan yang akan membuat pembaca merasa kecewa dan pindah ke website yang lainnya.

Meta Description, Meta Keywords

2. Menambahkan Meta Description, Meta Keywords

Meta description adalah tulisan singkat yang mewakili dari isi artikel tersebut. Meta deskripsi ini penting juga untuk mesin pencari karena pada saat mesin pencari menampilkan hasil pencarian meta deskripsi ini juga akan ditampilkan di bawah judul artikel. Selain itu orang akan lebih mudah mencari jawaban atas pencariannya misal Anda sedang menari tutorial SEO maka pada hasil pencarian bagian deskripsi akan sedikit memberi gambaran atau poin dari artikel website.

Baik itu Blogger/blogspot maupun WordPress menyediakan kolom tersendiri untuk mengisi meta deskripsi ini, jika Anda menulis artikel atau konten jangan lupa untuk mengisi pada bagian meta deskripsi jika tidak maka Google akan mengambil otomatis pada paragraf pertama artikel Anda.

Original Content(Optimasi Konten)

3. Membuat Original Content

Menurut Anda apa yang paling penting dari sebuah website? Jawabannya adalah konten. Ya benar konten adalah nyawa dari website jika tidak ada konten maka suatu website akan mati tidak ada pengunjung satu pun. Kesuksesan dari sebuah website terletak pada seberapa baik kualitas dari kartunya. Biasanya konten yang tidak berkualitas dan tidak dilirik Google adalah konten yang belum sepenuhnya di optimasi dan juga membuatnya tidak memperhatikan aturan Google search seperti menumpuk kata kunci tertentu atau keyword stuffing/spam keyword. Hal ini akan membuat konten tersebut terkena pinalti dari Google.

Kemudian konten yang berkualitas adalah konten yang original dan tidak mengcopy-paste penuh dari artikel orang lain. Untuk memastikan keoriginalan konten, Anda bisa menggunakan berbagai tool yang tersedia gratis untuk mengecek plagiarisme konten.

Keyword Density

4. Memperhatikan Keyword Density

Google search saat ingin memberikan hasil pencarian juga akan memperhatikan kepadatan kata kunci yang Anda tempatkan. Kepadatan kata kunci menjadi salah satu faktor peringkat di mesin pencari, mesin pencari saat pengindeksan akan menilai seberapa banyak kata kunci yang ada pada artikel dengan mempertimbangkan jumlah kata atau frasa dibandingkan kata kunci apakah masih wajar atau tidak. Untuk menempatkan kata kunci tidak boleh melakukan penumpukan kata kunci karena akan dianggap spam kata kunci. Solusinya adalah menggunakan kata kunci sinonim atau menambah kuantitas artikel Anda.

Keyword Spelling ejakan

5. Cek Keyword Spelling/Ejakan

Konten yang berkualitas adalah konten yang memiliki ejaan yang baik. Kesalahan ejaan selain mempersulit pembaca, mengganggu kenyamanan pembaca mesin pencari pun akan sulit untuk menentukan isi dari artikel Anda karena robot crawler akan merayapi seluruh konten website. Dalam penulisan seringkali ada kata yang belum benar namun hal itu wajar jika masih bisa dipahami namun sebaiknya jika Anda menemukan kesalahan untuk segera memperbaiki tulisan tersebut.

Sebelum menulis di blog atau website saran saya adalah dengan menggunakan Google Docs atau microsoft word terlebih dahulu biasanya ada tool untuk mengecek kata yang salah.

Internal Link

6. Menambahkan Internal Link

Untuk mengoptimalkan konten yang SEO friendly maka internal link ini juga bagian dai SEO On-Page yang penting. Internal link ini adalah tautan atau url yang akan mengarah ke link konten yang lain. Misalnya menambahkan (Baca Juga: 5 Trik Penerapan SEO Agar Dapat Peringkat Pertama Google Search) atau bisa juga dengan menambahkan link yang mengarah ke website Anda sendiri. Namun dalam menambah internal link juga tidak boleh asal-asalan misal terlalu berlebih yang mengganggu dari isi konten, atau menumpuk link-link yang tidak relevan dengan konten.

Optimasi Image SEO untuk SEO On-Page

7. Optimasi Image SEO (Gambar dan Media Lainnya)

Artikel yang berkualitas adalah artikel yang memiliki gambar, diagram, video atau yang lainnya untuk memberikan kelengkapan konten. Banyak yang berdebat gambar pada artikel penting atau tidak bagi kami gambar adalah bagian penting bahkan pada pencarian pun gambar akan juga ikut di tampilkan. Untuk penerapan SEO On-Page pada gambar bisa menambahkan Title, ALT, Caption, Description dan lain sebagainya.

Page Load Speed (Waktu Loading Website) untuk SEO On-Page

8. Page Load Speed (Waktu Loading Website)

Google merekomendasikan website dengan kecepatan loading lang singkat. Page speed sendiri adalah bagian dari optimasi SEO website. Kecepatan website harus Anda maksimalkan jangan sampai saat pengunjung membuka website Anda malah terlalu lama loading dan akhirnya menutup website Anda dan beralih ke website yang lain. Kecepatan website bisa Anda cek dengan tool Gtmetrix, PageSpeed Insights dan lain sebagainya semakin cepat load website akan semakin SEO friendly.

Ada dua faktor yang berpengaruh pada kecepatan website dari internal seperti desain, script, gambar dan media yang lain. Dari eksternal biasanya dari layanan hosting yang Anda gunakan pastikan layanan hosting yang digunakan adalah yang terbaik. IDwebhost sendiri memiliki fitur Web Accelerator setiap server sudah dilengkapi dengan Litespeed web accelerator, dan akan menggaransi websitemu lebih cepat diakses berkali-kali lipat. Semua paket hosting dapat fitur hebat ini, gratis!. Tentu masih banyak fitur canggih yang lain untuk yang ingin menggunakan hosting terbaik cek langsung ke IDwebhost.com.