8 Daftar Riset Keyword Tool SEO Gratis Terbaik
Blog SEO 8 Daftar Riset Keyword Tool SEO Gratis Terbaik

8 Daftar Riset Keyword Tool SEO Gratis Terbaik

Bagi pemilik website konten atau artikel berkualitas adalah suatu kebutuhan yang penting untuk menunjang keberhasilan dan kesuksesan website. Saat membuat konten yang berkualitas tentu harus memanfaatkan beberapa tool penunjang seperti plugin, riset keyword tool dan lain sebagainya. Untuk bisa mendapatkan pengunjung yang besar maka kita harus mengetahui seberapa besar potensi pengunjung dari kata kunci yang kita bidik tersebut. Sebelum kita masuk pada pembahasan maka ada baiknya untuk mengetahui pengertian SEO terlebih dahulu.

Pengertian SEO adalah upaya optimasi website untuk mendapatkan peringkat atas mesin pencari. Dengan mendapatkan peringkat atas hasil pencarian maka kemungkinan dikunjungi akan besar sehingga potensi trafik organik akan meningkat. Ada berbagai macam upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster untuk melakukan optimasi SEO ini salah satunya melakukan riset keyword tool sebelum membuat konten.

apa itu Keyword Tool

Apa itu Keyword Tool?

Pernahkah Anda mendengar atau membaca tentang keywords planner? Salah satu SEO tool gratis yang disediakan oleh Google untuk mencari kata kunci tertentu. Keyword tool ini bagi pemilik website akan lebih mudah dalam menemukan kata kunci potensial yang memiliki trafik tinggi. Dengan demikian saat membuat konten akan lebih maksimal jika sudah mengetahui kata kunci yang baik.

Pada dasarnya keywords tool ini berfungsi untuk melakukan riset pada kata kunci tertentu yang sering dicari atau diketikkan orang-orang pada mesin pencari. Nah saat Anda meriset sebuah kata kunci pada salah satu keyword tool, maka akan mendapatkan hasil query seperti jumlah pencarian, tingkat persaingan, dan lain sebagainya. Setelah mendapatkan daftar hasil kata kunci yang Anda bidik maka Anda sudah siap untuk mendapatkannya pada artikel atau konten website Anda.

Saat ini ada banyak tool yang bisa Anda gunakan baik yang gratis maupun yang berbayar setidaknya ada lebih dari 10 keyword tool yang bisa Anda gunakan. Berikut seo tools terbaik dan paling populer untuk riset keyword:

Google Keyword Planner

1. Google Keyword Planner

Jika Anda ingin mencari kata kunci baru dengan akurasi yang baik maka tool gratis dari Google ini menjadi pilihan tepat. Google Keyword Planner ini menjadi salah satu tool yang sering digunakan oleh pemilik website untuk mencari kata kunci yang mereka target. Saat Anda menggunakan Google planner maka akan mendapatkan data, informasi, statistik, besarnya pencarian, tingkat persaingan, hingga cost per click biaya rata-rata per klik dari kata kunci yang dibidik.

Google planner sebenarnya alat untuk mempermudah para pengiklan untuk mencari informasi terkait iklan yang ingin mereka pasang, namun karena didalamnya terdapat tool riset keywords maka banyak pemilik website memanfaatkannya untuk mencari kata kunci potensial baru.

Ubersuggest

2. Keyword Tool Ubersuggest

Selanjutnya adalah keyword tool serbaguna yang akan memberikan data dari mesin pencari seperti Google, Bing, dan lain sebagainya. Dengan Ubersuggest Anda bisa mendapatkan informasi terkait kata kunci yang Anda cari seperti seberapa besar pencarian dalam satu bulan terakhir, KD, CPC, bahkan menampilkan ide keyword dan website yang memiliki topik terkait kata kunci yang kamu cari.

Fitur utama Ubersuggest yaitu:

  • Keyword Analyzer
  • Competitive Analysis
  • SEO Explorer

Selain fitur utama di atas Ubersuggest juga sangat mudah untuk digunakan antarmuka yang ramah pada penggunanya. Tool yang satu ini dikembangkan oleh seorang yang berkecimpung di dunia entrepreneur di bidang digital marketing yang bernama Neil Patel.

Keywordtool.io

3. Keywordtool.io

Jika Anda ingin mencari tool riset keywords yang bisa memberikan informasi dan membantu mencari long tail keyword saat Anda melakukan optimasi SEO maka Keywordtool.io menjadi pilihan yang tepat. Dengan menggunakan tool ini Anda akan lebih mudah untuk membidik long tail keyword yang Anda inginkan. Selain bisa meriset kata kunci dari Google saja namun juga bisa untuk riset kata kunci dari YouTube, Blog, Play Store, eBay, Amazon, Twitter, dan sebagainya.

KWFinder

4. KWFinder

Tool yang bisa digunakan untuk riset kata kunci berikutnya adalah KWFinder yaitu sebuah software yang memiliki antarmuka yang luas dengan fitur yang cukup lengkap untuk melakukan riset kata kunci yang Anda butuhkan. Untuk penggunaanya juga hampir mirip dengan tool yang lainnya namun dilengkapi dengan beberapa fitur yaitu backlink analysis, rank tracking, SERP analysis, bahkan termasuk bisa melihat SEO metric & insight. Untuk bisa menggunakanya Anda diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu, sebenarnya juga sama dengan tool yang lain.

Untuk daftar di KWFInder cukup mudah sebagai berikut:

  • Siapkan email dan nomor HP yang Anda gunakan
  • Klik Sign Up
  • Masukkan alamat email dan password kemudian klik Create my Mangools account
  • Selesaikan selamat akun Anda sudah jadi, silahkan login

WordStream

5. Keyword Tool WordStream

WordStream hingga saat ini telah membantu banyak marketer dari seluruh dunia untuk mengembangkan bisnisnya terutama dalam menjalankan online marketing. Nah tool ini akan cocok jika Anda adalah seorang marketer. Untuk fitur yang tersedia yaituyaitu untuk advertisers dan fitur untuk marketing agencies. Dalam hal penggunaanya juga hampir sama dengan keyword tool yang lain yaitu untuk mencari kata kunci potensial tertentu.

Wordtracker

6. Keyword Tool Wordtracker

Dengan keyword tool Wordtracker akan mudah mencari kata kunci yang populer, tak hanya sebagai tool untuk SEO namun juga bisa digunakan untuk market research tool. Nah saat menggunakan tool ini nantinya Anda akan lebih mudah mendapatkan keyword SEO dan juga keyword yang berbasis PPC (Pay Per Click). Wordtracker ini tidak hanya digunakan untuk optimasi SEO Google namun juga bisa untuk optimasi keyword tool youtube, eBay, Amazon, dan lain sebagainya.

Baca juga: Apa Itu Organic Traffic? Pengertian, Manfaat, Cara Mendapatkannya

LSI Keywords

7. LSI Graph Keywords Tool

LSI Graph keywords adalah salah satu tool yang bisa digunakan untuk mencari dan riset kata kunci yang gratis bisa digunakan siapa saja. Saat mencari suatu kata kunci Anda akan mendapatkan daftar hasil kata kunci relevan yang Anda cari namun terkadang yang muncul tidak sama persis dengan yang Anda ketikkan. Selain itu juga akan ditampilkan website-website teratas yang menggunakan kata kunci serupa dengan yang Anda ketikkan. Untuk hasil yang ditampilkan hanya berjumlah delapan query per hari, karena untuk bisa melihat lebih lengkap harus membayar langganan terlebih dulu.

Berikut fitur LSI Graph keywords:

  • Unlimited LSI Keywords
  • Precise Search Volume Data
  • Latent Semantic Value (LSV)
  • Discover Top Performing Content
  • Endless White Label CSV & PDF Reports
  • Project Manager Library
  • Multi Locations And Languages
  • Unlimited Content Analysis New!
  • Popular Questions New!
  • Frequently Linked Websites New!

Google search

8. Google Search

Yang terakhir adalah Google search, pernahkah Anda saat mengetikkan kata kunci pada pencarian Google muncul beberapa kata kunci yang relevan dengan yang Anda cari?. Nah dengan pencarian ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan kata kunci baru. Kemudian saat Anda mencari dengan kata kunci tertentu akan muncul juga “Related search”, “People also ask”. Pada bagian ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan kata kunci dengan pencarian tinggi.