7 Tips Memilih Web Hosting yang Tepat

1 Feb 2018
7 Tips Memilih Web Hosting yang Tepat campaign-unlimited

Memilih web hosting memang terlihat mudah dan sepele untuk dilakukan. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih web hosting untuk menunjang perkembangan website. Jika sekali Anda memilih web hosting yang salah, maka Anda akan semakin mudah mengalami kerugian dan kesulitan dalam menjalankan website. Oleh karena itu, Anda harus jeli sebelum membeli web hosting.

Tips Memilih Web Hosting

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli web hosting yang tepat. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih web hosting yang perlu Anda ketahui.

  1. Jumlah Client

Anda tentu tidak ingin meresikokan website pada hosting yang tidak berpengalaman atau masih baru. Kesuksesan penyedia hosting bisa kita lihat dari jumlah clientnya. Apalagi jika penyedia hosting tersebut memiliki client dari web ternama dengan pengunjung yang tinggi. Bisa di pastikan bahwa hosting tersebut memiliki kualitas yang tinggi sehingga web berkelas juga mempercayakan website kepadanya.

  1. Harga

Teliti dengan seksama harga yang ditawarkan oleh penyedia web hosting. Biasanya mereka memiliki paket-paket harga tertentu. Bandingkan beberapa web hosting agar Anda bisa mengetahui dengan pasti pasaran harga hosting. Jika perlu tanyakan kepada pengguna hosting lain mengenai berapa harga yang pas untuk website Anda dan penyedia layanan hosting mana yang bagus.

  1. Customer Support yang Responsif

Customer support atau customer service adalah bagian yang tak boleh terlupakan dalam memilih dan memastikan hosting yang baik untik website Anda. Layanan konsumen yang disediakan perusahaan web hosting ini memang penting untuk Anda cermati karena permasalahan website terkait hosting bisa saja terjadi dan menimpa Anda kapan pun tanpa Anda ketahui waktunya. Pilih penyedia hosting yang memiliki layanan customer support yang baik dan dapat diandalkan. Jika perlu pilihlah penyedia web hosting yang menyediakan layanan 24 jam/7 hari dukungan telepon , akses email dan chat online.

Customer Support yang Responsif

  1. Kecepatan dan Spesifikasi Server

Sebelum memilih web hosting Anda perlu mencermati spesifikasi server yang digunakan hosting tersebut, karena kestabilan website dipertaruhkan dalam spesifikasi server yang di gunakan. Umumnya minimum Spesifikasi untuk server ialah Quad Core Processor dan RAM minimum 8GB (Tergantung jumlah client).  Jika penedia web hosting Anda tidak mencamtukannya, Anda bisa menanyakan langsung kepada CSnya.

  1. Bandwidth

Jangan sampai website Anda down pada pertengahan bulan karena bandwidth yang disediakan hosting sangat terbatas. Perhatikan jumlah bandwidth yang tersedia atau solusi lain Anda bisa memilih web hosting yang menyediakan bandwidth tidak terbatas dengan harga yang sangat murah. Sehingga Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan bandwidth yang cepat habis.

  1. Dukungan Script

Tips untuk memilih web hosting berikutnya adalah dengan melakukan cek pada dukungan script yang disediakan. Contoh kasus misalkan Anda ingin menggunakan WordPress sebagai CMS pada website, maka penyedia hosting yang harus Anda pilih adalah yang memiliki dukungan atau support pada script WordPress CMS.

  1. Add On Domain

Add on domain adalah domain yang ditambahkan dalam satu account hosting. Dengan demikian, Anda bisa memiliki beberapa blog dalam satu akun tanpa biaya tambahan. Selain menghemat, Anda juga tetap bisa mengembangkan website dengan baik.

Itulah beberapa tips dalam memilih web hosting yang tepat. Salah satu penyedia web hosting yang handal dan terpercaya di Indonesia adalah IDwebhost. IDwebhost memiliki beragam fitur menarik seperti aktivasi yang mudah, server super cepat dan stabil, bandwidth unlimited dan gratis SSL selamanya, hingga garansi uptime mencapai 99,99%. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan IDwebhost dan nikmati garansi uang kembali hingga 30 hari.

 

Penulis
Member since 2 Jul 2013