7 Tipe Website yang Harus Kamu Tahu

7 Tipe Website yang Harus Kamu Tahu campaign-unlimited

Kalau kamu sedang ingin merambah dunia online, sangat penting untuk mengetahui tipe-tipe website. Lengkap dengan karakter masing-masing. Ya, karena setiap kategori website memiliki peruntukannya sendiri-sendiri. 

Nah menyambut ulang tahun domain .XYZ, kamu harus tahu nih, apa aja tipe-tipewebsite. Biar nggak salah bikin. 

Domain .XYZ sering digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari situs web pribadi, blog, hingga situs perusahaan. Banyak perusahaan teknologi dan startup yang memilih domain .XYZ untuk menciptakan identitas yang modern dan inovatif.

Berikut adalah tujuh tipe website yang harus kamu tahu: 

Apa Saja Tipe-Tipe Website

Website Portofolio

Buat kamu yang ingin menunjukkan hasil kerja selama ini, website portofolio bisa menjadi pilihan. Tak hanya pengalaman kerja, kamu juga bisa pamer skill, tapi juga klien yang pernah menggunakan jasamu. 

Siapa saja bisa menggunakan website portofolio. Mulai dari artis, desainer grafis, fotografer, model, dan lain sebagainya bisa menggunakan website ini untuk mendapatkan klien potensial.

Website portofolio bisa didesain seperti layaknya resume. Tunjukkan kemampuanmu seperti dalam resume tradisional. Artinya, website ini menjadi salah satu cara orang untuk menjangkaumu. 

Kamu bisa membuat web pribadi untuk membagikan resume atau portofolio yang menunjukkan siapa dirimu. Tampilkan proyek yang pernah kamu kerjakan, atau skill yang menunjukkan kamu jago di sebuah bidang. 

Blog

Tipe website yang kedua adalah blog. Blog adalah tipe website yang sering digunakan oleh personal atau kebutuhan konten bisnis. Pada dasarnya, blog adalah tipe website yang interaktif, karena seringkali terjadi aksi saling berbalas komentar di kolom komentar. 

Blog dapat ditulis menggunakan gaya komunikasi yang merefleksikan blogger atau yang produk yang mengoperasikan blog tersebut. 

Posting blog biasanya disajikan dalam bentuk kronologis terbalik, sehingga konten terbaru muncul pertama. 

Beberapa perusahaan memiliki blog sebagai bagian dari website yang lebih besar. Di mana mereka menerbitkan artikel sebagai informasi yang berkaitan dengan bisnis mereka. Blog juga bisa berfungsi sebagai jurnal online, bisa dibaca oleh siapa saja. 

Dengan membuat postingan blog secara rutin, semakin besar peluang untuk mendapatkan pengunjung setia. Konten yang ditulis dengan baik dan akurat bisa membantu websitemu muncul di mesin pencari untuk istilah pencarian kata kunci tertentu, sehingga menghasilkan lebih banyak pengunjung.

Website Bisnis

Web bisnis adalah situs web yang bertujuan untuk mewakili bisnis atau perusahaan tertentu. Banyak perusahaan, baik besar maupun kecil, yang sudah mapan atau baru berdiri, memiliki website bisnis.

Banyak calon pelanggan mengharapkan jika mereka mencari informasi tentang bisnismu, mereka akan menemukan website bisnismu. Memiliki website bisa membantu membuat bisnismu terlihat lebih profesional.

Web bisnis biasanya memiliki identitas brand  yang sama dengan perusahaan. Mulai dengan logo dan pesan untuk pelanggan, serta mempromosikan layanan yang ditawarkan oleh bisnis tersebut. 

Di website bisnis, banyak perusahaan bisa  menampilkan penghargaan dan pengakuan yang diperoleh oleh brand tersebut. Juga, menunjukkan contoh pekerjaan yang pernah dilakukan, dan bahkan berbagi testimoni positif dari pelanggan.

Website ecommerce

Website eCommerce adalah tempat di mana pengguna dapat berbelanja dan melakukan pembelian secara online, tanpa harus susah-susah meninggalkan rumah mereka. 

Sebuah website eCommerce yang dirancang dengan baik dapat mengarahkan pelanggan melalui proses pembelian, dan membantu mereka merasa seolah-olah mereka melihat produk secara langsung di tokomu. 

Kamu dapat menyertakan foto produk, spesifikasi terperinci, dan detail menarik untuk membantu pelanggan merasa seinformatif mungkin tanpa dapat melihat produk secara langsung.

Website eCommerce dapat membantu meningkatkan pendapatan sebuah bisnis dengan membimbing pelanggan agar melakukan proses pembelian. 

Hal ini termasuk menyediakan informasi terperinci dan visual berkualitas tinggi untuk membantu calon pelanggan merasa percaya diri dalam melakukan pembelian seperti yang mereka rasakan secara langsung.

Apps & Tools Website

situs web Apps & Tools memiliki berbagai bentuk. Mereka dapat mencakup aplikasi web, alat pelacakan proyek, alat pencarian, dan lain-lain. Situs web ini biasanya dirancang untuk membantu individu menyelesaikan tugas, menyediakan solusi untuk tantangan, atau meningkatkan produktivitas. Situs web Apps & Tools dapat menjadi sumber daya utama atau sekadar sarana untuk terhubung dengan orang lain.

TIP: Beberapa elemen penting dari situs web Apps & Tools yang sukses meliputi fungsi yang berguna, antarmuka pengguna yang sederhana dan ramah, dan desain yang menarik secara visual. Fitur-fitur ini dapat membantu menarik dan mempertahankan pengguna baru pada situs web Anda serta membantu mengembangkan platform yang sukses dan populer.

Baca Juga: Fakta Tentang Web Hosting yang Harus Kamu Tahu

Website Membership

situs web keanggotaan adalah situs web yang dibatasi aksesnya hanya untuk anggota. Situs web ini dapat digunakan oleh organisasi, klub, dan bisnis untuk memberikan nilai tambahan kepada anggota. Keanggotaan bisa memiliki harga tetap bulanan atau tahunan, atau dapat beroperasi dengan sistem berjenjang yang menawarkan tingkatan keanggotaan yang berbeda dengan nilai yang berbeda pula. Beberapa situs web keanggotaan gratis dan hanya memerlukan anggota untuk membuat akun.

Landing Page

Halaman arahan (landing page) adalah situs web satu halaman yang memberikan kesan pertama yang kuat dan meyakinkan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu. 

Konten yang ringkas dan desain yang langsung dapat mengarahkan pengguna ke satu tindakan spesifik yang diinginkan (call-to-action/CTA). Halaman arahan dapat digunakan untuk menjangkau calon pelanggan dan memupuk minat mereka terhadap produk atau layananmu. 

Beberapa halaman arahan menawarkan sumber daya berharga kepada pelanggan, seperti ebook atau checklist, sebagai imbalan atas alamat email untuk tetap berhubungan. 

Landing pagemu bisa digunakan untuk mengedukasi calon pelanggan tentang aplikasimudan mengarahkan pengguna ke tempat mengunduhnya dan cara menggunakannya.

Landing page bisa menerapkan Call To Action yang ringkas dan mudah dipahami untuk membantu mempercepat misi situs webmuu. 

CTA dapat memberikan nilai tambahan kepada pengunjungmu dan membantu mendorong mereka untuk menyelesaikan tindakan tertentu guna mendapatkan nilai tersebut.

Kesimpulan

Mempelajari berbagai kategori situs web dapat membantumu menentukan kategori mana yang kamu tuju saat mengembangkan website terbaru. Menentukan kategori website bisa membantumu mengidentifikasi tujuan website. Itulah tadi tipe website yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat ya.

Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan performa websitemu! Dapatkan domain dan hosting performa tinggi eksklusif dari IDwebhost sekarang juga, dan lihat perbedaan signifikan dalam kecepatan dan stabilitas situs Anda.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019