7 Strategi Pemasaran Online untuk Produk Makanan

27 Mar 2023
7 Strategi Pemasaran Online untuk Produk Makanan campaign-unlimited

Salah satu bidang bisnis yang cukup menjanjikan adalah bisnis kuliner. Hal ini karena makanan adalah produk yang sudah pasti dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang. Akan tetapi, bisnis ini bisa saja tidak menjanjikan jika tidak menerapkan strategi pemasaran produk untuk makananmu.

Ada banyak sekali bisnis kuliner yang bertebaran di setiap daerah dan mungkin dengan produk yang sama. Tanpa strategi pemasaran produk yang tepat, kamu akan kesulitan untuk bertahan di tengah persaingan bisnis yang ketat. Alhasil, bisnis kuliner yang kamu rintis mungkin hanya bertahan seumur jagung.

Membuat bisnis makanan Go Online

Pentingnya Strategi Pemasaran Produk

Strategi pemasaran adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk serta mengembangkan bisnis. Upaya ini sendiri bermacam-macam, mulai dari mempromosikan produk melalui media sosial, memberikan diskon dan sebagainya.

Kenapa, sih, strategi pemasaran produk itu penting diterapkan? Sebagaimana dijelaskan di atas, ada banyak sekali bisnis kuliner yang bertebaran di Indonesia.

Bisa saja tetangga sebelah rumah atau tokomu juga menjalani bisnis kuliner dengan jenis produk yang sama. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenalkan bisnis serta produk yang lebih luas.

Tanpa mengenalkan bisnis serta produk lebih luas, orang tidak akan tahu bahwa kamu sedang berjualan. Ini bisa kamu lakukan dengan memahami dan menerapkan strategi pemasaran produk yang tepat.

Baca Juga: Tips Bisnis Kuliner di Masa Pandemi

Nah, strategi pemasaran ini juga sangat beragam dan tentunya berbeda-beda sesuai dengan jenis produk makanan yang dijual. Misalnya, jika menjual produk frozen food, maka kamu bisa menjualnya secara online seperti melalui media sosial ataupun aplikasi pemesan makanan.

Ketika sudah memahami dan berhasil menerapkan strategi pemasaran produk yang tepat, bukan hanya penjualan saja yang meningkat, tetapi bisnis pun kian berkembang. Jika bisnis sudah semakin berkembang, penjualan dan keuntungan pun akan terus meningkat.

Membuat website kuliner

Langkah 4P dalam Strategi Pemasaran Produk

Sebelum menentukan dan menerapkan strategi pemasaran untuk produk makanan, ada empat langkah yang harus dilakukan. Nah, empat langkah strategi pemasaran ini disebut sebagai marketing mix 4P atau bauran pemasaran. Apa saja empat langkah strategi pemasaran itu?

  • Product

Sebelum menentukan strategi pemasaran apa yang akan dilakukan, tentukan lebih dulu produk makanan yang ingin di jual. Cari tahu apa yang disukai pasar dan apa yang sedang tren di pasaran saat ini. Dengan mengetahui kebutuhan pasar, penjualan produk makanan pun akan lebih meningkat.

  • Price

Mungkin kamu ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi, tetapi jangan sampai harga yang ditentukan tidak sesuai dengan produk serta daya beli target pasar bisnis. Kalau produk kuliner yang dijual adalah makanan sederhana yang merakyat, harganya pun harus merakyat. Intinya, sesuaikan harga dengan produk serta daya beli target pasar.

  • Place

Tempat adalah salah satu unsur yang juga penting dalam menjalankan bisnis. Jika dulu tempat hanya berupa bangunan fisik, sekarang bisa berjualan melalui media digital. Mulai dari media sosial, website hingga media digital lainnya. Untuk menentukan tempat ini, kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan serta produk yang dijual.

  • Promotion

Langkah terakhir dalam marketing mix 4P ini adalah promotion atau promosi. Melakukan promosi untuk lebih mengenalkan produk dan brand sangat penting untuk dilakukan. Hal ini akan membantumu untuk mendapatkan leads, konversi dan sales yang lebih tinggi. Kamu bisa melakukan promosi sesuai dengan produk dan tentunya target pasar.

7 Strategi Pemasaran untuk Produk Makanan

Nah, kalau sudah memahami mengenai marketing mix 4P, selanjutnya kamu bisa menentukan strategi apa yang ingin  digunakan dalam bisnis. Ada banyak sekali strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan produk serta mengembangkan bisnis. Tetapi, kembali lagi pada produk serta target pasar dari bisnis.

Supaya bisa menemukan dan menentukan strategi pemasaran apa yang akan diterapkan terhadap produk makanan kamu, simak 7 contoh strategi marketing berikut ini.

1. Strategi Pemasaran Produk Secara Online

Contoh strategi pemasaran untuk produk makanan supaya penjualan dapat meningkat adalah beralih ke online. Tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi yang sekarang ini membuat hampir semua orang kemudian memenuhi berbagai kebutuhannya secara online. Termasuk dalam hal memenuhi kebutuhan pangan.

Kamu bisa berjualan online dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram dan TikTok. Selain itu, aplikasi pesan seperti Whatsapp pun juga bisa digunakan untuk berjualan. Kamu juga bisa memanfaatkan marketplace sebagai tempat berjualan. Tetapi, jangan lupa untuk sesuaikan dengan produk makanan bisnis kuliner.

Aktif memanfaatkan media sosial2. Strategi Pemasaran Produk Makanan Melalui Website

Saat ini, bisnis kuliner bukan hanya bisa kamu lakukan melalui media sosial, Whatsapp atau aplikasi pengantar makanan saja. Kamu juga bisa berjualan secara online dengan cara membuat website. Dengan membuat website, jangkauan pasar pun bisa jadi lebih luas.

Selain itu, informasi mengenai produk makanan dan bisnis pun bisa tersampaikan dengan lebih jelas dan terperinci. Berbeda dengan media sosial yang memiliki batasan dalam jumlah karakter, sehingga informasi yang disampaikan pun tidak bisa begitu terperinci. Bisnismu pun juga akan terlihat lebih profesional dan terpercaya.

7 Strategi Pemasaran Online Produk Makanan

3. Optimasi Website Bisnis

Kalau sudah memiliki website bisnis, jangan biarkan situs tersebut ‘menganggur’. Kamu bisa memanfaatkan situs bisnis untuk meningkatkan penjualan dengan cara mengoptimasi website. Optimasi ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat website menempati peringkat pertama hasil pencarian untuk kata kunci bisnis.

Bagaimana cara mengoptimasinya? Kamu bisa mempelajari teknik SEO atau Search Engine Optimization sebagai salah satu strategi untuk produk makanan bisnis. Melalui SEO, websitemu akan lebih mudah dicari oleh audiens yang memang membutuhkan produk.

7 Strategi Pemasaran Online Produk Makanan

4. Strategi Pemasaran Produk Melalui Google Ads dan Facebook Ads

Salah satu strategi marketing yang sering disarankan oleh para digital marketer adalah memasang iklan melalui Google Ads dan Facebook Ads atau yang dikenal dengan SEM. Nah, SEM sendiri adalah singkatan dari Search Engine Marketing. Ini adalah strategi marketing produk dan brand melalui mesin pencari secara berbayar.

Salah satunya adalah dengan cara memasang iklan melalui Google Ads atau Facebook Ads sesuai dengan kebutuhan bisnis. Dengan memasang iklan, jangkauan audiens dari bisnis akan lebih luas dan akurat sesuai dengan target pasar.

7 Strategi Pemasaran Online Produk Makanan

5. Aktif di Media Sosial

Bukan hanya tempat untuk bersosialisasi, media sosial adalah media berbisnis yang cukup ampuh untuk meningkatkan engagement. Tidak sedikit bisnis yang penjualannya meningkat dan berkembang karena viral di media sosial.

Hal ini bisa terjadi karena media sosial memiliki pengguna yang sangat banyak. Dengan aktif membagikan semua hal tentang brand serta produk bisnismu dapat menjadi strategi pemasaran yang ampuh.

6. Memanfaatkan Layanan Pesan Antar Makanan

Saat ini, teknologi digital di Indonesia sedang sangat berkembang. Hampir semua kebutuhan dan aktivitas dipenuhi melalui teknologi digital. Salah satunya adalah kebutuhan akan pangan. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis kuliner.

Kamu bisa mendaftarkan restoran atau bisnis kuliner di beberapa layanan pesan antar makanan seperti GoFood, GrabFood dan ShopeeFood. Melalui aplikasi ini, kamu bisa berjualan tanpa harus menyediakan tempat makan. Pelanggan pun juga akan lebih mudah untuk didapatkan melalui strategi pemasaran ini.

7. Membuat Promo Menarik

Salah satu sifat pembeli di Indonesia adalah menyukai promo berupa diskon. Bahkan, beberapa pakar bisnis pun mengatakan diskon adalah strategi pemasaran produk yang paling ampuh. Saat memberikan diskon kepada pembeli, mereka akan tergiur dan merasa ada urgency untuk memanfaatkan promo tersebut.

Selain diskon, kamu juga bisa memberikan promo menarik lainnya yang juga menggiurkan bagi para pembeli. Dengan begitu, penjualan produk makananmu pun akan meningkat dan bisnis akan semakin berkembang.

7 Strategi Pemasaran Online Produk Makanan

Kesimpulan

Ada banyak strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk makanan serta mengembangkan bisnis. Kamu dapat menerapkan marketing mix 4P untuk membantu menentukan strategi mana yang tepat untuk produkmu. Yang pasti, sesuaikan dengan produk makanan dan target pasar.

Supaya bisnis kulinermu dikenal oleh lebih banyak orang, Kamu bisa membuat website bisnis di IDwebhost. Gunakan juga layanan hosting murah supaya website tetap lancar meski ramai pengunjung. Supaya makin murah, jangan lupa gunakan promo menarik dari IDwebhost dengan klik link di bawah!

Penulis
Member since 2 Jul 2013