7 Strategi Pemasaran Online untuk Produk Makanan

16 Apr 2022
7 Strategi Pemasaran Online untuk Produk Makanan

Salah satu bidang bisnis yang cukup menjanjikan adalah bisnis kuliner. Hal ini karena makanan adalah produk yang sudah pasti dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang. Akan tetapi, bisnis ini bisa saja tidak menjanjikan jika Anda tidak menerapkan strategi pemasaran produk untuk makanan Anda.

Ada banyak sekali bisnis kuliner yang bertebaran di setiap daerah dan mungkin dengan produk yang sama. Tanpa strategi pemasaran produk yang tepat, Anda akan kesulitan untuk bertahan di tengah persaingan bisnis yang ketat. Alhasil, bisnis kuliner Anda mungkin hanya bertahan seumur jagung.

 

Membuat bisnis makanan Go Online

Pentingnya Strategi Pemasaran Produk

Strategi pemasaran adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk serta mengembangkan bisnis. Upaya ini sendiri bermacam-macam, mulai dari mempromosikan produk melalui media sosial, memberikan diskon dan sebagainya.

Kenapa, sih, strategi pemasaran produk itu penting diterapkan? Sebagaimana dijelaskan di atas, ada banyak sekali bisnis kuliner yang bertebaran di Indonesia.

Bisa saja tetangga sebelah rumah atau toko Anda juga menjalani bisnis kuliner dengan jenis produk yang sama. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenalkan bisnis serta produk Anda lebih luas.

Tanpa mengenalkan bisnis serta produk lebih luas, orang tidak akan tahu bahwa Anda sedang berjualan dan apa yang Anda jual. Ini bisa Anda lakukan dengan memahami dan menerapkan strategi pemasaran produk yang tepat.

Baca Juga: Tips Bisnis Kuliner di Masa Pandemi

Nah, strategi pemasaran ini juga sangat beragam dan tentunya berbeda-beda sesuai dengan jenis produk makanan yang Anda jual. Misalnya, Anda menjual produk frozen food, maka Anda bisa menjualnya secara online seperti melalui media sosial ataupun aplikasi pemesan makanan.

Ketika Anda sudah memahami dan berhasil menerapkan strategi pemasaran produk yang tepat, bukan hanya penjualan saja yang meningkat, tetapi bisnis Anda pun kian berkembang. Jika bisnis sudah semakin berkembang, penjualan dan keuntungan pun akan terus meningkat.

Membuat website kuliner

Langkah 4P dalam Strategi Pemasaran Produk

Sebelum menentukan dan menerapkan strategi pemasaran untuk produk makanan Anda, ada empat langkah yang harus dilakukan. Nah, empat langkah strategi pemasaran ini disebut sebagai marketing mix 4P atau bauran pemasaran. Apa saja empat langkah strategi pemasaran itu?

  • Product

Sebelum menentukan strategi pemasaran apa yang akan Anda lakukan, tentukan lebih dulu produk makanan yang ingin Anda jual. Cari tahu apa yang disukai pasar dan apa yang sedang tren di pasaran saat ini. Dengan mengetahui kebutuhan pasar, penjualan produk makanan Anda pun akan lebih meningkat.

  • Price

Mungkin Anda ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi, tetapi jangan sampai harga yang Anda tentukan tidak sesuai dengan produk serta daya beli target pasar bisnis Anda. Kalau produk kuliner yang Anda jual adalah makanan sederhana yang merakyat, harganya pun harus merakyat. Intinya, sesuaikan harga dengan produk serta daya beli target pasar Anda.

  • Place

Tempat adalah salah satu unsur yang juga penting dalam menjalankan bisnis. Jika dulu tempat hanya berupa bangunan fisik, sekarang Anda bisa berjualan melalui media digital. Mulai dari media sosial, website hingga media digital lainnya. Untuk menentukan tempat ini, Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan serta produk yang Anda jual.

  • Promotion

Langkah terakhir dalam marketing mix 4P ini adalah promotion atau promosi. Melakukan promosi untuk lebih mengenalkan produk dan brand sangat penting untuk dilakukan. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan leads, konversi dan sales yang lebih tinggi. Anda bisa melakukan promosi sesuai dengan produk dan tentunya target pasar Anda.

7 Strategi Pemasaran untuk Produk Makanan

Nah, kalau Anda sudah memahami mengenai marketing mix 4P, selanjutnya Anda bisa menentukan strategi apa yang ingin Anda gunakan dalam bisnis Anda. Ada banyak sekali strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan produk serta mengembangkan bisnis. Tetapi, kembali lagi pada produk serta target pasar dari bisnis Anda.

Supaya Anda bisa menemukan dan menentukan strategi pemasaran apa yang akan diterapkan terhadap produk makanan Anda, simak 7 contoh strategi marketing berikut ini.

  1. Strategi Pemasaran Produk Secara Online

Contoh strategi pemasaran untuk produk makanan supaya penjualan dapat meningkat adalah beralih ke online. Tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi yang sekarang ini membuat hampir semua orang kemudian memenuhi berbagai kebutuhannya secara online. Termasuk dalam hal memenuhi kebutuhan pangan.

Anda bisa berjualan online dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Tiktok. Selain itu, aplikasi pesan seperti Whatsapp pun juga bisa Anda gunakan untuk berjualan. Anda juga bisa memanfaatkan marketplace sebagai tempat bisnis Anda berjualan. Tetapi, jangan lupa untuk sesuaikan dengan produk makanan bisnis kuliner Anda.

Aktif memanfaatkan media sosial

  1. Strategi Pemasaran Produk Makanan Melalui Website

Saat ini, bisnis kuliner bukan hanya bisa kamu lakukan melalui media sosial, Whatsapp atau aplikasi pengantar makanan saja. Anda juga bisa berjualan secara online dengan cara membuat website. Dengan membuat website, jangkauan pasar Anda pun bisa jadi lebih luas.

Selain itu, informasi mengenai produk makanan dan bisnis Anda pun bisa tersampaikan dengan lebih jelas dan terperinci. Berbeda dengan media sosial yang memiliki batasan dalam jumlah karakter, sehingga informasi yang disampaikan pun tidak bisa begitu terperinci. Bisnis Anda pun juga akan terlihat lebih profesional dan terpercaya.

Mendaftar jadi Merchant mitra ojol GoFood dan GrabFood

  1. Optimasi Website Bisnis

Kalau Anda sudah memiliki website bisnis, jangan biarkan situs tersebut ‘menganggur’. Anda bisa memanfaatkan situs bisnis untuk meningkatkan penjualan dengan cara mengoptimasi website. Optimasi ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat website menempati peringkat pertama hasil pencarian untuk kata kunci bisnis Anda.

Bagaimana cara mengoptimasinya? Anda bisa mempelajari teknik SEO atau Search Engine Optimization sebagai salah satu strategi pemasaran untuk produk makanan bisnis Anda. Melalui SEO, website Anda akan lebih mudah dicari oleh audiens yang memang membutuhkan produk Anda.

membuat promo menarik

  1. Strategi Pemasaran Produk Melalui Google Ads dan Facebook Ads

Salah satu strategi marketing yang sering disarankan oleh para digital marketer adalah memasang iklan melalui Google Ads dan Facebook Ads atau yang dikenal dengan SEM. Nah, SEM sendiri adalah singkatan dari Search Engine Marketing. Ini adalah strategi marketing produk dan brand melalui mesin pencari secara berbayar.

Salah satunya adalah dengan cara memasang iklan melalui Google Ads atau Facebook Ads sesuai dengan kebutuhan bisnis. Dengan memasang iklan, jangkauan audiens dari bisnis Anda pun akan lebih luas dan akurat sesuai dengan target pasar.

Memasang iklan google ads atau facebook ads

  1. Aktif di Media Sosial

Bukan hanya tempat untuk bersosialisasi, media sosial adalah media berbisnis yang cukup ampuh untuk meningkatkan engagement. Tidak sedikit bisnis yang penjualannya meningkat dan berkembang karena viral di media sosial.

Hal ini bisa terjadi karena media sosial memiliki pengguna yang sangat banyak. Dengan aktif membagikan semua hal tentang brand serta produk bisnis Anda dapat menjadi strategi pemasaran yang ampuh.

  1. Memanfaatkan Layanan Pesan Antar Makanan

Saat ini, teknologi digital di Indonesia sedang sangat berkembang. Hampir semua kebutuhan dan aktivitas dipenuhi melalui teknologi digital. Salah satunya adalah kebutuhan akan pangan. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis kuliner Anda.

Anda bisa mendaftarkan restoran atau bisnis kuliner Anda di beberapa layanan pesan antar makanan seperti GoFood, GrabFood dan ShopeeFood. Melalui aplikasi ini, Anda bisa berjualan tanpa harus menyediakan tempat makan. Pelanggan pun juga akan lebih mudah untuk didapatkan melalui strategi pemasaran ini.

  1. Membuat Promo Menarik

Salah satu sifat pembeli di Indonesia adalah menyukai promo berupa diskon. Bahkan, beberapa pakar bisnis pun mengatakan diskon adalah strategi pemasaran produk yang paling ampuh. Saat Anda memberikan diskon kepada pembeli, mereka akan tergiur dan merasa ada urgency untuk memanfaatkan promo tersebut.

Selain diskon, Anda juga bisa memberikan promo menarik lainnya yang juga menggiurkan bagi para pembeli. Dengan begitu, penjualan produk makanan Anda pun akan meningkat dan bisnis akan semakin berkembang.

optimasi website Anda

Kesimpulan

Ada banyak strategi pemasaran yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan produk makanan serta mengembangkan bisnis. Anda dapat menerapkan marketing mix 4P untuk membantu menentukan strategi mana yang tepat untuk produk Anda. Yang pasti, sesuaikan dengan produk makanan dan target pasar Anda.

Supaya bisnis kuliner Anda dikenal oleh lebih banyak pembeli, Anda bisa membuat website bisnis di IDwebhost. Gunakan juga layanan hosting murah supaya website Anda tetap lancar meski ramai pengunjung. Supaya makin murah, jangan lupa gunakan promo menarik dari IDwebhost dengan klik disini!

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022