7 Software Akuntansi untuk Mempermudah Keuangan Bisnis
Blog Bisnis 7 Software Akuntansi untuk Mempermudah Keuangan Bisnis

7 Software Akuntansi untuk Mempermudah Keuangan Bisnis

Apakah Anda seorang pebisnis? Sudah berapa lama Anda mendirikan bisnis Anda? Atau Anda pebisnis yang baru merintis bisnis? Dalam bisnis, ada satu hal yang tidak bisa disepelekan. Sama seperti modal, sumberdaya manusia dan juga produksi, satu hal ini jika anda sebagai pengusaha gagal mengelolanya bisnis dapat terancam. Bahkan bisa berakhir dengan kebangkrutan.

Satu hal itu bernama keuangan bisnis. Banyak pengusaha masih menyepelekan keuangan bisnis ini. Membiarkan keuangannya berantakan sampai akhirnya tidak tahu berapa jumlah modal, berapa pengaluaran, berapa pendapatan dan akhirnya bisa berakhir dengan kerugian. Sebagai pengusaha pasti Anda tidak ingin hal itu terjadi pada bisnis yang sedang Anda kembangkan, apalagi sampai harus gulung tikar. Lalu apa sih sebenarnya yang harus dilakukan agar bisnis yang dikelola dapat terus berkembang dan terhindar dari kebangkrutan?

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Agar Sukses Berbisnis

Agar bisnis yang dikelola dapat berjalan dengan lancar dan terus berkembang, Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini:

Hemat Pengeluaran

Hal pertama yang harus dilakukan agar sukses berbisnis adalah menghemat pengeluaran. Dalam bisnis banyak biaya yang harus dikeluarkan dan agar biaya yang dikeluarkan tidak terbuang sia-sia, Anda harus membuat prioritas mana yang wajib dibeli dan mana yang tidak wajib dibeli. Jika memang tidak terlalu penting, Anda tidak perlu membeli barang tersebut, terlebih jika barang yang dibeli tidak bisa memberikan keuntungan. Hal ini tidak hanya berlaku bagi bisnis, tetapi juga dalam mengelola keuangan pribadi.

Sisihkan Keuntungan untuk Memperbesar Modal

Anda pasti sangat senang ketika mendapatkan keuntungan bisnis, namun jangan buru-buru menghabiskannya untuk bersenang-senang. Anda harus menyisihkan keuntungan untuk memperbesar modal. Dengan menggunakan hasil keuntungan untuk memperbesar modal Anda dapat membuat kondisi keuangan menjadi lebih baik dan Anda akan lebih mudah dalam mengelola keuangan bisnis. Jangan sampai Anda menghambur-hamburkan keuntungan bisnis untuk hal-hal yang tidak penting dan tidak dibutuhkan.

Dapatkan Investor

Untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar, Anda tidak cukup mengandalkan keuntungan bisnis. Anda harus mendapatkan dana yang cukup besar dari investor. Dari investor ini, Anda akan mendapatkan bantuan dana, SDM, ataupun bimbingan hingga bisnis Anda berkembang. Namun untuk bisa mendapatkan investor, Anda harus berjuang agar bisnis Anda layak dan menarik perhatian investor.

Buat Rencana Keuangan Jangka Waktu Tertentu

Membuat perencanaan keuangan dalam jangka wkatu tertentu juga merupakan hal yang harus Anda lakukan agar bisnis Anda mendapatkan kesuksesan. Anda juga harus membuat perencanaan bisnis dalam jangka waktu tertentu. Dari perencaan yang dibuat ini, Anda dapat membuat anggaran dana agar keuangan bisnis Anda bisa lebih teratur. Agar bisnis Anda semakin berkembang, buatlah anggaran dana dan jangan gunakan dana bisnis untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan.

Kelola Keuangan Bisnis dengan Baik

Terakhir, Anda harus mengelola keuangan bisnis dengan baik. Dengan pengelolaan keuangan bisnis yang baik, Anda akan lebih mudah untuk mengembangkan bisnis. Mengelola keuangan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti membuat catatan untuk setiap transaksi bisnis. Anda dapat melakukan dengan dua cara yaitu manual yaitu dengan mencatat secara langsung di buku atau di Microsoft Excel dan cara lebih mudah dengan menggunakan software akuntansi. Menggunakan cara manual itu artinya Anda hanya melakukan input data dan juga menghitungnya secara manual, termasuk untuk membuat laporan keuangan. Sedangkan dengan software akuntansi, Anda hanya perlu menginput data dan dengan fitur-fitur yang dimiliki software tersebut, Anda tidak perlu menghitungnya secara manual. Untuk lebih jelasnya mengenai software akuntansi ini, Anda bisa membacanya di bawah ini.

Seberapa Penting Laporan Keuangan dalam Bisnis?

Bagi sebuah bisnis laporan keuangan adalah hal yang wajib. Pembukuan atau laporan keuangan digunakan untuk mengetahui arus kas bisnis. Dengan pembukuan dan laporan bisnis, anda sebagai pengusaha dapat mengetahui besaran pengeluaran, pendapatan dan laporan keuangan lainnya. Selain itu, dengan adanya pembukuan anda juga dapat mengetahui perbandingan rencana kegiatan dengan pelaksanaannya. Dengan begitu mempertanggung jawabkan arus kas akan jauh lebih mudah.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencatat laporan keuangan. Zaman dulu, seorang pengusaha mencatat laporan keuangannya di buku. Setelah ada komputer, pengusaha beralih dari buku ke microsoft excel. Namun di era teknologi seperti ini, anda tidak perlu menggunakan buku atau microsoft excel dan menghitungnya secara manual. Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk mempermudah laporan keuangan.

Software akuntansi dilengkapi berbagai fitur yang akan mempermudah penggunanya. Fitur-fitur yang ada di software akuntansi antara lain pencatatan transaksi keuangan, akun laba rugi, mengawasi pengeluaran dan pendapatan, dan lainnya yang pasti akan mempermudah laporan keuangan anda. Berikut 7 software akuntansi yang bisa anda gunakan untuk bisnis anda:

1. Software Akuntansi Gratis: Kledo

Software Akuntansi Kledo merupakan software akuntansi yang sangat cocok buat Anda yang memiliki usaha kecil dan menengah. Software akuntansi Kledo dilengkapi dengan fitur-fitur akuntansi yang dibutuhkan oleh bisnis anda, seperti pencatatan pengeluaran, pencatatan pendapatan dan juga untuk membuat laporan keuangan. Sebelum membahas fitur-fitur yang dimiliki oleh Kledo, ada beberapa kelebihan Kledo yang tidak akan membuat Anda menyesal telah memilih software akuntansi Kledo. Apa saja kelebihan tersebut?

Full Cycle Business Prosess, dimana di dalamnya berisi semua keperluan bisnis seperti pencatatan pengeluaran dan pemasukan perusahaan, utang-piutang, purchasing, sales quote, pembuatan invoice, penawaran penjualan, manajemen produk hingga faktur dan rekonsiliasi dengan data mutasi perbankan.

Access Everywhere, dengan fitur ini anda dapat mengakses Software Akuntansi Kledo dimanapun dan kapanpun. Selagi anda terhubung dengan internet, Software Akuntansi Kledo akan selalu dapat diakses. Termasuk ketika Anda sedang liburan keluar kota, Anda tetap bisa menggunakan software akuntansi Kledo.

Zero Setup, merupakan fitur yang tidak memerlukan anda untuk menginstal apapun. Cukup masuk ke website Kledo, anda langsung dapat menggunakannya. Tentu cara ini akan jauh lebih simpel karena Anda tidak perlu mendownload ataupun mengintal aplikasi untuk menggunakan software akuntansi Kledo.

Setelah mengetahui kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Kledo, kini saatnya Anda mengetahui fitur-fitur yang dimiliki Kledo yang akan memudahkan pengelolaan keuangan bisnis Anda. Agar tidak penasaran, langsung saja ini fitur-fitur yang dimiliki Kledo yang wajib banget dicoba:

Invoice Lebih Praktis

Bersama Kledo membuat invoice yang lebih praktis bukan lagi angan-angan. Anda hanya perlu memasukan data dan Kledo akan memproses invoice untuk pelanggan Anda. Selain itu Kledo juga memiliki kemampuan dimana Anda dapat membuat invoice hanya dengan satu klik.

Purchasing Order Lebih Cepat

Selain bisa membuat invoice dengan lebih praktis, Kledo juga memungkinkan Anda untuk membuat purchasing order lebih cepat. Purchasing order merupakan dokumen yang digunakan pembeli untuk menunjukan barang yang ingin dibeli kepada penjual. Dengan membuatnya lebih cepat tentu akan membuat transaksi pembelian jadi lebih efektif dan tidak memakan banyak waktu.

Pencatatan Biaya Lebih Rinci

Anda juga bisa melakukan pencatatan yang lebih rinci dengan menggunakan software akuntansi Kledo. Pencatatan yang dimaksud meliputu pengeluaran, melacak pos-pos pengeluaran, dan membuat laporan keuangan secara rinci.

Dapat Melacak Stok dan Inventori

Ingin mengecek barang tapi nggak mau ribet harus ke gudang secara langsung? Itu artinya Anda harus menggunakan Kledo, karena dengan Kledo, Anda tidak perlu repot melakukan pengecekan stok dan inventori di gudang. Kledo dilengkapi fitur melacak stok dan inventori, tidak hanya itu dengan Kledo Anda juga dapat melakukan pengecekan multi gudang dan multi cabang.

Dapat Melacak Aset Tetap secara Realtime

Kledo merupakan software akuntansi yang sangat memudahkan penggunanya. Kledo akan membantu penggunanya melakukan pelacakan aset tetap, mendepresiasi aset secara otomatis, dan juga mendapatkan laporan aset secara realtime.

Memiliki 30+ Laporan Keuangan

Kledo dilengkapi lebih dari 30 laporan keuangan. Tentu dengan adanya fitur ini, Anda akan lebih mudah dalam membuat laporan setiap dibutuhkan. Jadi, membuat laporan keuangan yang biasanya ribet akan lebih simpel dan mudah dengan Kledo.

Software Akuntasi Kledo dapat diakses di https://kledo.com/ dan daftar Kledo sekarang juga!

2. Software Akuntansi GNU Cash

GNU Cash merupakan software akuntansi yang didesain untuk usaha kecil dan menengah. Hal ini dapat dilihat dari fitur-fitur yang dimiliki seperti receivable, account invoicing, akun investasi, account payables, depresisasi nilai, tax table, dan akun kredit dan pinjeman. Dengan semua fitur ini, anda dapat mengawasi pengeluaran, pendapatan, saham, dan juga rekening bank. Selain fitur-fitur di atas, anda juga dapat menambahkan fitu secara manual, seperti fitur untuk pajak.

GNU Cash dapat diakses di https://www.gnucash.org/.

3. Software Akuntansi Quickbooks Online

Software Akuntansi Quickbook Online dirilis pada tahun 1996 dan telah digunakan oleh jutaan orang di dunia, khususnya di Amerika Serikat. Salah satu keunggunlan dari Quickbook Online adalah adanya integrasi dengan pihak bank. Hal ini menjadi bukti Quickbook telah bekerja sama dengan bank tertentu sehingga penggunanya dapat melakukan penarikan dan pelaporan keuangan secara berkala. Dengan software ini, anda dapat membuat laporan keuangan dan juga dapat mengelompokan transaksi pendapatan berdasarkan projek dan lokasi.

Akses Software Akuntansi Quickbooks Online di https://quickbooks.intuit.com.

4. Wave

wave akuntansi

Software akuntansi selanjutnya yang bisa digunakan adalah software akuntansi Wave. Dengan software akuntansi Wave, Anda akan dimudahkan dalam mengirimkan invoice, mencatat laporan keuangan, dan juga membuat kwitansi secara online. Selain itu, Wave memungkinkan penggunanya melakukan scaning kwitansi dengan aplikasi yang bisa diunduh di Playstore atau iOS.

5. Zipbooks

zipbook

Zipbooks merupakan software akuntansi yang banyak digunakan oleh freelance. Anda dapat menggunakan Zipbooks secara gratis namun agar bisa menggunakan semua fitur-fiturnya secara lengkap, Anda harus menggunakan Zipbook secara berbayar. Jika ingin bertanya-tanya, Anda dapat melakukan live chat di hari kerja. Namun sayangnya, software akuntansi Zipbooks belum tersedia di Indonesia dan untuk menggunakannya Anda harus menyesuaikan waktu dengan di luar negeri.

6. Slickpie

slackpie

Slackpie menjadi software akuntansi selanjutnya yang bisa Anda gunakan. Software akuntansi Slackpie sangat cocok bagi Anda yang belum memiliki pengalaman di bidang akuntansi. Hal ini dikarenakan software akuntansi Slackpie memiliki tampilan yang mudah dimengerti oleh pengguna yang masih awam. Slackpie ini tersedia secara gratis dan tidak menawarkan fitur berbayar. Kekurangan dari software akuntansi ini adalah tidak tersedia dalam bahasa Indonesia.

7. TurboCash

turbocash

Buat Anda yang memiliki bisnis kecil, menengah, ataupun sudah besar bisa menjadikan software akuntansi TurboCash. TurboCash akan membantu Anda dalam melakukan pengelolaan keuangan bisnis, mulai dari laporan laba rugi, membuat neraca, membuat laporan rekonsiliasi bank, invoice, akuntansi PPN, pengelolaan stok barang, dan buku besar.

Kesimpulan

Di zaman yang sudah serba teknologi seperti sekarang ini, untuk melakukan pembukan bisnis tidak hanya bisa dilakukan secara manual. Di internet sudah ada berbagai software akuntansi yang bisa jadi pilihan untuk mencatat laporan keuangan bisnis. Software akuntansi ini dijadikan pilihan karena simple dan memiliki harga lebih murah daripada menggunakan jada akuntan. Sangat cocok untuk para anda yang memiliki usaha kecil menengah. Jadi, software mana yang akan anda pilih untuk bisnis anda?