7 Manfaat Cloud Storage yang Perlu Anda Ketahui
Blog Tips Keren 7 Manfaat Cloud Storage yang Perlu Anda Ketahui

7 Manfaat Cloud Storage yang Perlu Anda Ketahui

cloud storage

Cloud storage adalah layanan penyimpanan file di internet, dimana file-file yang tersimpan bisa dikelola dari mana saja selama user masih terhubung dengan cloud storage tersebut melalui jaringan internet. Konsep pada cloud storage sama seperti pada konsep file server di suatu perusahaan. Bedanya infrastruktur pada media storage tersebut dikelola oleh provider cloud, dan selanjutnya dijadikan sebagai layanan penyimpanan file yang bisa diakses dari internet. Di era digital seperti sekarang ini, cloud storage sangat bermanfaat untuk membantu Anda dalam berbagai hal. Berikut adalah beberapa manfaat cloud storage yang telah kami rangkum.

1. Sebagai Alat Berbagi

Layanan cloud storage dapat Anda gunakan untuk membagi file yang Anda punya kepada orang lain. Fungsi yang sering ditemui pada layanan file sharing seperti Mediafire maupun 4shared ini juga dapat dijumpai di cloud storage. Kelebihannya lagi, cloud storage memiliki fungsi auto-synchronize yang tidak dimiliki oleh layanan file sharing sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengunggah file yang akan disebarkan.

2. Memudahkan dalam Pengarsipan Data

Seperti yang diketahui bahwa cloud storage memiliki kemampuan menyimpan atau mengarsipkan data dengan mudah. Dimana ini menjadi suatu cara untuk mencegah data rusak atau hilang ketika disimpan di media penyimpanan lokal seperti hard disk, flash disk dan lain sebagainya. Tentunya ketika data penting dalam suatu bisnis rusak atau hilang maka akan menjadi sebuah masalah yang besar mengingat data tersebut merupakan hal yang penting untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda.

3. Dapat Berkolaborasi

Berkolaborasi di sini diartikan sebagai bekerja secara bersama-sama. Di lingkungan perkantoran, cloud storage dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk berkolaborasi antar sesama karyawan dimana dapat digunakan untuk saling bertukar pikiran dan ide. Sehingga, pekerjaan yang dilakukan dapat lebih efektif dan cepat selesai.

4. Kontrol Data

Ketika berkolaborasi, seringkali Anda saling mengirim file (entah lewat email atau flashdisk). Makin lama Anda bisa dibuat bingung dengan yang mana file yang benar, judul yang semakin tidak jelas, dll. Dengan data di cloud, file tetap sama, dan Anda bisa menambah catatan untuk perubahan yang dilakukan (changelog).

Kontrol Data

5. Mudah, Ringan, dan Ringkas

Data cloud storage berada di internet, tentu saja Anda bisa dengan mudah mengaksesnya. Dengan catatan ada koneksi internet. Tidak perlu repot membawa perangkat (beserta kabel) terlalu banyak seperti saat dahulu.

6. Hemat Biaya

Pada dasarnya cloud storage membantu bisnis yang Anda jalankan untuk menghemat biaya dalam pemenuhan kebutuhan penyimpanan data. Dimana seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan menggunakannya tidak perlu lagi melakukan penyimpanan lokal sehingga hal ini juga tidak perlu menggunakan hardware seperti hard disk ataupun flash disk. Selain itu, bisnis yang Anda jalankan tidak perlu membutuhkan seseorang yang ahli untuk merawat seluruh data yang bisnis Anda miliki.

7. Ramah Lingkungan

Seperti yang dijelaskan pada poin keenam bahwa cloud storage tidak membutuhkan perangkat fisik seperti harddisk maupun flashdisk karena semua data tersimpan dengan sarana internet. Dengan demikian limbah juga akan berkurang dan lebih ramah terhadap lingkungan.

Demikianlah beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui dari penggunaan cloud storage. Jika Anda sedang mencari penyedia hosting dan domain terbaik, Anda bisa menemukannya di Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia yang terpercaya dan berkualitas di Indonesia. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.