7 Langkah Sederhana Mengembangkan Bisnis di Era Digital

7 Langkah Sederhana Mengembangkan Bisnis di Era Digital campaign-unlimited

Untuk meningkatkan kredibilitas dan menjangkau pelanggan yang lebih luas, sebuah perusahaan membutuhkan website yang profesional. Website juga memungkinkan Anda menampilkan produk dan layanan pada platform yang sesuai dengan kebutuhan untuk proses mengembangkan bisnis. Selain itu situs yang bagus adalah situs yang dapat mengubah pengunjung menjadi pelanggan.

Website sangat penting untuk sebuah brand. Baik brand besar maupun brand kecil, tidak ada salahnya untuk mulai membangun website sejak awal. Kini, untuk membuat website juga semakin mudah.

Dalam post ini, kami akan membantu Anda memilih nama domain dan membangun keberadaan online Anda dalam waktu singkat. Berikut tujuh langkah sederhana untuk membawa mengembangkan bisnis kecil Anda online, dan dapatkan inspirasi dari anggota komunitas .xyz yang berhasil mengikuti setiap langkahnya.

Berikut 7 Langkah Mengembangkan Bisnis

1. Menetapkan Tujuan utama dari website Anda

Menentukan tujuan mengapa Anda membuat website, dapat membantu Anda mempertimbangkan fitur harus ada di website. Setelah jelas tujuannya, Anda bisa menentukan desain layout situs yang optimal dan pengalaman pengguna sejak awal, membantu Anda menghindari perubahan yang tidak perlu nantinya.

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Jika perusahaan Anda ingin menjual produk secara online ke audiens, berarti Anda harus menetapkan penjualan online sebagai tujuan website Anda. Contohnya, merek makanan anjing Belanda Wooof.xyz. Berdasarkan layout situs e-commerce mereka, tujuan utama Wooof.xyz sepertinya adalah penjualan online. Mereka memusatkan user experience di sekitar pilihan makanan anjing yang ditampilkan dengan rapi dengan informasi produk yang berguna. Cukup mirip dengan brosur produk dan formulir pemesanan. Perusahaan ini tampaknya merancang situs mereka untuk mendorong pengunjung menjelajahi website, baru kemudian melakukan pembelian.

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Atau, jika tujuan utama situs Anda adalah menjangkau banyak pelanggan untuk bisnis layanan Anda. Cara yang bagus untuk menjangkau calon pelanggan baru adalah promosi ke audiens yang lebih luas dan intens. Situs jasa profesional dapat di-set untuk menawarkan kenyamanan dan efisiensi yang diharapkan calon klien. Platform pemesanan layanan rumah tangga Bangladesh Sheba.xyz adalah contoh situs dengan tujuan utama layanan. Halaman homepage mereka terpusat di sekitar search box yang ditempatkan secara mencolok.

Pengunjung diharapkan menggunakannya untuk mencari dan memesan berbagai jasa pekerjaan rumah tangga. Misalnya seperti perbaikan alat, pengecatan, dan pembersihan. Kotak pencarian mudah digunakan karena menampilkan kategori populer sebagai petunjuk saat Anda klik, membantu pengunjung mempelajari apa yang ditawarkan situs. Layanan Sheba.xyz memberi pengunjung opsi untuk menyaring menurut lokasi sehingga mereka dapat menemukan pekerja di area mereka. Menyertakan opsi ini sebagai bagian dari bar pencarian membantu pelanggan agar lebih cepat menemukan apa yang mereka cari, yang membantu Sheba.xyz mendorong pemesanan online.

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Jika website Anda bertujuan untuk membagikan konten yang menghibur, situs milik sommelier profesional Sarah Tracey TheLushLife.xyz, bisa dijadikan contoh. Sarah Tracey membangun situs hiburan yang berpusat pada wine, dengan tujuan utama membangun komunikasi dengan audiens. Beranda Sarah tidak hanya berisi berbagai cara untuk melihat dan menjelajahi kontennya, tetapi juga secara jelas mengundang pengunjung untuk mengikuti kuis yang singkat, seru, dan informatif.

Sebagai imbalan atas kuis tersebut, dia mendapatkan subscriber buletin. Pengunjung berlangganan buletin dengan memasukkan email mereka untuk mendapatkan hasil kuis, yang akan menunjukkan jenis wine apa yang harus mereka “*benar* minum”, menurut keahlian Sarah. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan calon pelanggan potensial.

Menentukan tujuan utama website dapat membantu Anda membuat website yang user friendly dan melebihi harapan pengunjung Anda.

2. Pilih nama domain yang mudah diingat

Setelah menentukan tujuan utama situs Anda, sekarang saatnya untuk memilih nama domain yang mudah diingat. Situs seperti “rumah” untuk mengembangkan bisnis Anda, dan nama domain sebagai alamat rumah. Sama halnya seperti properti fisik, semuanya tentang lokasi, lokasi, lokasi. Nama domain yang mudah diingat dan cocok dapat menjadi perbedaan antara membangun kehadiran online yang mudah ditemukan atau tenggelam di dunia maya.

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Untuk pilihan nama domain, lebih pendek umumnya lebih baik, karena nama domain yang pendek lebih mudah diingat. Nama domain pendek juga lebih mudah masuk pada banyak unsur pemasaran. Misalnya ke iklan, kartu nama, kemasan, dan lain sebagainya. Sehingga, pertimbangkan untuk memanfaatkan ketersediaan nama domain .xyz.

Black, coffee roaster Slovakia pemenang banyak penghargaan, mendaftarkan Black.xyz untuk situs kedai kopi mereka.  Domain satu kata ini sangat cocok dengan materi pemasaran, dan mudah diingat pelanggan. Pengunjung kedai kopi nantinya bisa mengetikkan Black.xyz di browser mereka sehingga mereka dapat dengan mudah menemukan situs dan membeli biji kopi Black untuk dikonsumsi atau dijual kembali.

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Memilih nama domain yang on-brand dapat membantu mengkomunikasikan tujuan mengembangkan bisnis Anda kepada calon pelanggan. Jasa pencari properti Property.xyz adalah contoh nama domain yang mengidentifikasi layanan yang mereka tawarkan. Co-founder Robert Jones menjelaskan, “Kami membuat platform properti yang berfungsi untuk semua orang. Semua jenis properti. Semua kategori properti mulai dari residensial hingga komersial. Semua langkah proses properti. Kami merasa (nama) Property.xyz sangat sempurna untuk ini.” Property.xyz mampu mengamankan domain satu kata yang pas dengan .xyz. Sekarang, perusahaan ini memiliki nama domain yang sesuai dengan industri mereka dan membantu mempromosikan layanan yang mereka tawarkan.

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

“Tes radio” adalah cara yang dapat dipertimbangkan saat memilih nama domain. Tes radio memeriksa apakah calon pengunjung dapat mengeja nama domain ketika mereka mendengarkannya. Cobalah pada teman, keluarga, dan rekan kerja Anda.

Saat Anda mengundang orang secara lisan untuk melihat situs Anda, sangat penting agar mereka dapat dengan mudah mengingat dan tahu cara mengeja domain Anda untuk menemukan situs Anda.

Starship.xyz, perusahaan pengiriman robot otonom yang dibuat oleh co-founder Skype, adalah contoh nama domain yang lolos tes radio. Starship Technologies menggunakan nama merek mereka yang digabungkan dengan .xyz untuk mendapatkan alamat yang singkat, mudah diingat, dan unik yang mudah diingat dan dieja. Starship.xyz sudah pasti akan mendapatkan banyak pemasaran mulut ke mulut, karena berkesempatan menjadi solusi pengiriman robot pertama di banyak kampus Amerika Serikat. Domain merek harus mudah dieja dan diingat, sehingga pelajar dapat dengan cepat membuka situs untuk menggunakan layanan.

Pastikan juga untuk memastikan bahwa nama domain yang Anda incar belum digunakan orang lain. Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan, terutama kalau Anda menginginkan domain merek mengembangkan bisnis, pastikan nama domain yang Anda pilih belum terdaftar sebagai merek dagang.

3. Buat desain yang bagus agar pesan dapat tersampaikan

Membuat sebuah situs dengan desain yang bagus, sebenarnya bukanlah pekerjaan yang sulit. Saat mendesain sebuah situ, hal pertama yang harus dipikirkan tujuan utama Anda. Untuk itu, harus didukung oleh warna, font, dan gambar yang Anda pilih.Agar pesan yang Anda sampaikan dapat diterima publik, buatlah desain situs yang estetik, termasuk harus fungsional. Untungnya, kini Anda banyak menemui kemudahan template dan pilihan untuk membangun situs untuk desain situs yang cepat. Mendesain situs yang terlihat bagus dan berfungsi dengan baik lebih mudah dari sebelumnya. Anda bisa dengan cepat membangun situs dengan memilih gaya yang sesuai dengan merek Anda.

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Jika Anda bekerja di industri kreatif visual, cobalah gunakan desain situs untuk menyorot gambar Anda. Seperti kata pepatah, satu gambar lebih dari seribu kata. Gambar berkualitas tinggi dapat menjadi cara yang baik untuk menunjukkan kepada calon pelanggan apa yang Anda tawarkan. Agensi arsitektur dan desain interior AtelierInteriors.xyz bisa menjadi contohnya. Bisnis ini bertujuan untuk menciptakan “ruang hidup yang mendalam dan penuh karakter” untuk klien residensial dan komersial. Agensi menggunakan template yang rapi untuk menunjukkan portofolio besar proyek besar mereka. Melalui desain template, gambar interior mereka menempati sebagian besar visual situs sehingga pengunjung dapat memahami apa yang dapat dicapai agensi ini.

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Atau, jika Anda memiliki bisnis kecil di industri yang lebih tenang, Anda bisa memilih situs berwibawa dan netral. Website kriminolog forensik Rauscher.xyz menggunakan warna dan media yang sesuai dengan pekerjaannya. Sebagai spesialis forensik foto dan video, penilaiannya digunakan dalam pengambilan keputusan yudisial. Situs ini dominan memiliki warna hitam dengan teks putih, dan fotografi hitam putih. Desain yang suram sepertinya akan beresonansi dengan penegak hukum yang ingin bekerja dengan cara yang efisien.

Jika Anda adalah bagian dari industri teknologi, memberi audiens perasaan takut dalam teknologi dapat membantu menyampaikan penawaran merek Anda pada pelanggan. Perusahaan solusi software OneSky.xyz spesialisasi pada teknologi Unmanned Traffic Management (UTM). Situs mereka menggabungkan fotografi, ilustrasi, dan video secara keseluruhan, mendorong pengalaman pengguna memvisualisasikan perspektif pesawat tak berawak (mis. drone). OneSky.xyz menggunakan media dan ikon yang menyampaikan estetika modern untuk merek mereka.

Gunakan visual situs yang selaras dengan identitas merek Anda untuk membantu mempromosikan layanan atau produk yang ditawarkan secara efektif.

4. Memasukkan Konten yang menjual bisnis Anda pada Audiens

Sebuah situs yang dirancang dengan baik juga memerlukan konten yang bagus untuk meyakinkan pengunjung  dan mengubah mereka menjadi pelanggan. Anda bisa memulainya dengan  memberitahu pengguna tentang layanan apa yang Anda tawarkan. Informasi penting ini harus cepat dibaca, dan ditampilkan di depan serta di tengah situs Anda. Anda bisa lihat situs pengembang aplikasi mobile AppMaker.xyz sebagai contoh. Situs tersebut dengan jelas menyebutkan “Mengaktifkan mobile commerce untuk Merek Anda” di berandanya, sehingga pengunjung dapat dengan cepat memahami apa yang dilakukan dan ditawarkan oleh perusahaan. Elevator pitch harus menarik perhatian orang yang tertarik dengan layanan Anda, dan menginspirasi mereka untuk melanjutkan browsing situs Anda untuk mengetahui lebih lanjut.

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Bagian yang juga penting dan mudah ditambahkan adalah call to action (CTA). CTA  yang jelas, penting ditambahkan untuk memberi tahu audiens apa yang harus dilakukan selanjutnya.. Pembuat situs sering kali menampilkan link yang terlihat jelas dengan teks CTA, yang membuatnya mudah terlihat dan di klik. AppMaker.xyz menggunakan tombol berwarna terang dan menonjol yang mendorong pengunjung untuk “Memulai Gratis.” Pengunjung tidak perlu mencari-cari jika mereka ingin memulai, dan desain serta posisi tombol mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan yang sepertinya adalah tujuan utama AppMaker.xyz.

Jelaskan apa yang bisnis Anda tawarkan kepada pelanggan dengan menuliskan nilai di situs Anda. Nilai ini adalah pernyataan yang memberi tahu pelanggan mengapa mereka harus memilih produk atau layanan Anda. Proposisi nilai berisi manfaat yang akan diterima pelanggan dengan membeli. Membagikan nilai yang dapat Anda berikan kepada pengunjung akan membantu mendorong mereka untuk melakukan pembelian. AppMaker.xyz mencantumkan enam proposisi nilai utama di beranda mereka, termasuk “dapatkan lebih banyak pengguna melalui App store”, dan “kurangi keranjang tertinggal”, yang membuat menggunakan layanan menjadi jelas bagi pengunjung situs mereka. Memahami manfaatnya dapat membedakan calon pelanggan dan pelanggan yang membayar.

Elevator pitch, CTA yang jelas, dan proposisi nilai adalah awal yang baik. Anda bisa menggunakan Konten tambahan untuk mempromosikan bisnis secara efektif kepada pelanggan bergantung pada jenis bisnis Anda.

5. Pastikan Konten di Email dan Sosial Media Seragam

Sebuah Situs bisnis harus berisi cara paling mudah bagi pengunjung untuk menghubungi dan mengikuti Anda. Sarana komunikasi yang paling populer adalah formulir kontak, alamat email, dan media sosial. Memastikan keseragaman pada berbagai metode komunikasi membantu pelanggan untuk selalu mengingat Anda.

Termasuk membuat media sosial Anda konsisten, jika bisa, dan memiliki alamat email khusus, yang dapat menambah kredibilitas merek. Konsistensi akan membuat calon pelanggan untuk lebih mudah mengingat Anda. Alamat email khusus yang menggunakan domain yang cocok dengan alamat situs Anda, akan mengkonfirmasi koneksi ke situs Anda. Keseragaman alamat email, media sosial, dan alamat situs juga dapat memverifikasi bahwa mereka berkomunikasi dengan pemilik situs dan membantu mereka kembali ke situs Anda untuk informasi lebih lanjut..

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Alamat email yang diakhiri dengan domain yang sama dengan situs, dapat membantu  website Anda terlihat lebih profesional, dengan memverifikasi bahwa pemilik situs dan pemilik email adalah orang atau perusahaan yang sama. Menggunakan nama domain untuk membuat alamat email khusus dan bermerek menghubungkan semua perwakilan di perusahaan dengan situs Anda. Anda bisa melihat platform kebugaran digital Moxie.xyz dan platform keuntungan pegawai terbesar Hong Kong, Amaz.xyz contohnya. Kedua bisnis ini menunjukkan konsistensi merek dan kepercayaan kepada pelanggan mereka dengan email dukungan yang mereka daftarkan di situs. Dengan menggunakan (support)@moxie.xyz dan (info)@amaz.xyz, pelanggan yakin bahwa mereka mengirim email kepada perwakilan dari bisnis tersebut.

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Menggunakan nama domain yang unik seperti .xyz dapat membantu Anda untuk lebih konsisten di seluruh media sosial. Sama seperti .xyz yang dapat mempermudah pengguna untuk mendapatkan domain bermerek, menggunakan domain di media sosial dapat membantu Anda mendapatkan eksposur yang sama di seluruh platform media sosial. Moxie.xyz menggunakan @moxie.xyz untuk Instagram dan Facebook, @moxie_xyz untuk Twitter, dan /moxie-xyz untuk LinkedIn, mengamankan frase umum “moxie” dengan memasukkan domain mereka yang diakhiri dengan handle media sosial mereka. Amaz.xyz mendapatkan konsistensi di Facebook dan Instagram dengan @amaz.xyz, dan Linkedin dengan /amazxyz.

Menggunakan nama domain di email bermerek dapat menciptakan konsistensi pada media sosial yang menghubungkan domain Anda, sehingga dapat meningkatkan ingatan merek dan meningkatkan profesionalisme bisnis Anda.

6. Promosikan Situs Mengembangkan Bisnis dan Meningkatkan Awareness

Anda bisa mendapatkan manfaat dengan mempromosikan situs Anda! Mempromosikan situs Anda adalah kunci untuk menghasilkan traffic dan meningkatkan brand awareness, keduanya dapat membantu memperluas kehadiran bisnis Anda secara online.

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Fleksibilitas dan pengaruh konten media sosial membuatnya menjadi cara yang populer untuk menjangkau audiens. Post topik dan link yang relevan ke situs Anda di platform media sosial membantu menyebarkan pesan dan apa yang Anda tawarkan. Berinteraksi dengan orang lain berguna untuk meningkatkan visibilitas post. Penulis dan jurnalis MelissaHung.xyz memanfaatkan Twitter untuk membagikan kisahnya. Dia secara teratur menunjukkan karyanya lewat tweet yang cerdas dan jenaka. Dia mengumpulkan pengikut yang penasaran dengan kabar terbaru tentang pekerjaannya, yang dapat membantunya menjangkau calon klien baru secara online. Bio Twitter-nya terhubung ke situs portofolionya, sehingga pengunjung dapat mengetahui segala hal tentang pengalamannya dan dapat merekrutnya untuk pekerjaan menulis berikutnya.

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Anda juga bisa mempublikasikan konten blog di situs Anda. Jika Anda punya waktu dan dana untuk berinvestasi pada pembuatan konten, blog dapat menjaring pembaca setia yang akan kembali ke website Anda untuk artikel berikutnya. Diskusi di kolom komentar dapat menghasilkan engagement, karena satu komentar terkadang dapat berujung pada percakapan lainnya.

Selain itu, meninggalkan komentar dan interaksi asli di blog lainnya di niche Anda dapat membuat website dilihat oleh blogger lainnya. Jika Anda menyertakan link ke informasi terkait dan berguna yang Anda terbitkan di blog Anda,audiens dapat menemukan jalan ke situs Anda. Anda dapat melihat blog lain di niche pasar Anda untuk mendapatkan inspirasi topik dan penulis yang menarik dan bermanfaat bagi pengguna dan anggota komunitas. Meminta kiriman pengunjung di blog Anda atau menjadi tamu di blog lain adalah metode promosi silang yang dapat meningkatkan jumlah pembaca di kedua blog, selama interaksinya original dan Anda menyertakan link ke situs di post Anda.

Perusahaan pendidikan LearningOnline.xyz menciptakan solusi pembelajaran online yang memiliki misi sosial untuk membantu menyebarkan pendidikan ke komunitas yang kurang mampu. Mereka memiliki blog yang berisi artikel yang relevan seperti “How to Use Grammar and Spell Checker Apps More Effectively” dan “Making The World a Better Place Through Education.” Seorang pembaca dapat menambahkan komentar untuk memulai percakapan, atau bahkan memilih untuk mengajukan kiriman artikel yang menarik bagi komunitas LearningOnline.xyz. Artikel blog ini dapat membantu mendidik tentang topik khusus, meningkatkan minat, dan membangun motivasi untuk kembali ke situs tersebut.

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Cara lain untuk mempromosikan situs Anda adalah dengan mencetak nama domain Anda pada produk fisik. Promosi gratis seperti kaos, topi, atau pena, dan barang apa pun yang dijual di toko online dapat membantu menyebarkan kesadaran dan menghasilkan traffic situs jika dicetak dengan nama domain Anda. Jika domain Anda mudah diingat dan dieja, orang yang mendapatkan item promosi atau merchandise yang jelas mengiklankan nama domain Anda dapat membawa pengunjung baru ke situs Anda.

Menemukan cara kreatif untuk mencetak nama domain Anda pada produk yang Anda jual sangat mudah. Arsitektur dan desain blog MightyType.xyz menambahkan toko desain online, The Mighty Shop, ke situs mereka. Nama domain MightyType.xyz secara kreatif dimasukkan ke dalam poster grafis dan stiker warna-warni yang dapat dibeli. Setiap pembeli yang memajang poster di dinding mereka, atau stiker di laptop dan tempat lainnya, secara tidak langsung membantu menyebarkan kesadaran akan nama domain MightyType.xyz kepada orang di sekitarnya.

Inisiatif kesadaran dapat meningkatkan peluang untuk bertemu dengan audiens Anda, dan audiens yang terus bertambah sangat penting untuk pertumbuhan dan kesuksesan mengembangkan bisnis kecil Anda.

7.Evaluasi situs Anda Untuk Mengembangkan Bisnis

Bersama dengan usaha Anda untuk menjangkau audiens seluas mungkin, Anda bisa menemukan cara untuk melakukan perbaikan dengan menganalisis traffic ke situs Anda. Alat analisis situs dari mesin pencari populer, platform hosting, dan pembangun web dapat memberi Anda laporan yang berguna. Laporan ini dapat menunjukkan detail informatif, seperti bagaimana pengunjung tiba di situs Anda, konten paling populer di situs Anda, dan masih banyak lagi.

Menggunakan informasi ini dapat membantu Anda melakukan evaluasi pada situs Anda. Misalnya, Anda mengetahui post mana yang diterima dengan baik, lanjutkan membuat konten serupa. Jika konten Anda tidak berhasil, coba pendekatan yang berbeda. Tools yang tersedia juga dapat menentukan apakah situs Anda muncul di mesin pencari yang Anda inginkan. Gunakan analitik untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

MuhammadAli.xyz adalah seorang profesional di bidang pemasaran digital dan analisis yang tertarik untuk membuat “proyek menarik yang menggabungkan data di bidang SEO dan pemasaran digital”. Profesinya berpusat pada peningkatan performa situs. Dalam sebuah artikel di blognya, Muhammad menuliskan “Google Tag Manager (GTM) adalah alat yang bagus untuk merampingkan tag analytics Anda… Saat digabungkan dengan Google Analytics, juga memungkinkan Anda [dengan mudah mengatur] event yang dapat Anda gunakan untuk memantau sasaran atau konversi, tanpa harus mengutak-atik kode [situs Anda]. ” Dia juga memberikan tips untuk mencari link rusak di situs Anda untuk memperbaiki UX (pengalaman pengguna), yang bisa membantu situs Anda memberikan kesan yang baik.

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

Andreea.xyz (Andreea Năstase), seorang pengembang software dari Amsterdam dengan pengalaman lebih dari satu dekade di bidang teknologi. Dalam artikelnya Analytics Alternatives for Small Projects, Andreea menjelaskan “sekarang ada lebih dari 60 pesaing Google Analytics yang dapat Anda pilih”, dan entri blognya membahas alat yang “sederhana, mudah diinstall, dan dengan tingkat kontrol yang memadai”. Pilih alat yang tepat untuk Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan informasi yang Anda butuhkan untuk memastikan situs Anda mencapai tujuan utamanya.

 Mengembangkan Bisnis di Era Digital

MehulShah.xyz (Mehul Shah) adalah Desainer UX di Microsoft Surface. Dia sangat tertarik untuk “memanfaatkan latar belakang teknis untuk memecahkan masalah yang menantang dan menciptakan pengalaman pengguna yang menyenangkan dan dapat diskalakan”. Pada tahun 2018 Mehul mengembangkan solusi analitik untuk produk perusahaan “untuk lebih memahami perjalanan pengguna dan pengalaman pengguna di web”. Jika Anda memerlukan bantuan dengan pengaturan, dan Anda memiliki rencana untuk menggunakan data tersebut untuk memperbaiki situs Anda, salah satu opsi adalah merekrut seseorang dengan keahlian untuk membantu Anda.

Anda tidak perlu menjadi ahli untuk menggunakan banyak alat analitik yang tersedia saat ini melalui perusahaan hosting, pembangun web, atau registrar. Menggunakan informasi ini dapat membantu Anda melakukan evaluasi dan penyesuaian pada situs Anda, yang dapat membantunya memenuhi kebutuhan perusahaan dan pelanggan Anda.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Online Sukses Saat Pandemi Omset Puluhan Juta

Kesimpulan

Apakah bisnis Anda sudah berjalan atau masih dalam tahap perencanaan? Gunakan salah satu langkah sederhana di atas untuk memulai atau melakukan perbaikan! Tak ada waktu menunda, ayo go online unutk mengembangkan bisnis mu sekarang juga!

Anda dapat memulai dengan harga hanya Rp11.000 sekarang dengan memanfaatkan Perayaan Ulang Tahun ke-7 .xyz. Bergabunglah dengan para pengusaha yang sudah menggunakan .xyz untuk mengembangkan bisnis mereka. Domain .xyz adalah pilihan yang umum untuk semua jenis mengembangkan bisnis kecil online. Domain yang singkat, efektif, dan mudah diingat dapat langsung menjadi milik Anda.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019