6 Strategi Pemasaran Produk Makanan Berbasis Online
Blog Digital Marketing 6 Strategi Pemasaran Produk Makanan Berbasis Online

6 Strategi Pemasaran Produk Makanan Berbasis Online

Ketika Anda mulai menjalankan usaha kuliner atau makanan strategi pemasaran adalah bagian penting dari kesuksesan bisnis ini. Bisnis kuliner sendiri adalah bisnis yang memiliki prospek dan peluang yang besar mengingat makanan adalah salah satu kebutuhan pokok yang tidak bisa lepas dari manusia. Dengan berbagai inovasi teknologi digital saat ini memungkinkan orang dengan mudah menemukan informasi atau layanan yang mereka inginkan. Dari segi konsumen sekarang ini yang sebagian besar sudah bisa memanfaatkan teknologi memberikan kesempatan besar untuk para pengusaha kuliner untuk ikut serta dalam memanfaatkan teknologi ini.

Internet memiliki peran penting dalam segala kepentingan dari bisnis, komunikasi, transaksi dan lain sebagainya memudahkan pengguna menemukan apa yang diinginkan salah satunya kuliner. Jika Anda sudah memutuskan membuka usaha makanan ada baiknya untuk terus mengikuti tren dan teknologi sebagai sarana strategi pemasaran yang menguntungkan. Kemudahan saat ini ada banyak peluang usaha yang bisa Anda kerjakan apalagi saat pandemi saat ini. Anda bisa membaca artikel berikut untuk mendapatkan ide-ide bisnis saat ini 5 Ide Bisnis Online Sukses Saat Pandemi Omset Puluhan Juta.

Mengingat terjun di usaha kuliner memang tidak selalu mudah karena telah banyak pemain dengan persaingan yang tinggi saat ini. Untuk itu Anda harus bisa bertahan dan bisa bersaing dengan memanfaatkan teknologi saat ini untuk strategi pemasaran Anda. Dengan inovasi dan mengikuti teknologi pemasaran yang tepat Anda akan dapat lebih mudah menjangkau pelanggan dan konsumen. Selain itu akan lebih mudah untuk membangun brand awareness perusahaan Anda hingga mendatangkan pelanggan dan meningkatkan transaksi penjualan.

Berikut Poin-Poin Strategi Pemasaran Produk Makanan

  • Go online
  • Website kuliner
  • Optimasi website
  • Iklan Ads
  • Media sosial
  • Go Food-Grab Food-Shopee Food
  • Promo

Dari poin diatas kita akan membahasnya secara lengkap yang akan kami uraikan dari poin ide yang bisa Anda gunakan untuk menyusun strategi yang tepat, baik dan juga sukses kedepanya. Sehingga bisa langsung Anda gunakan untuk mendapatkan kesuksesan bisnis Anda.

Membuat bisnis makanan Go Online

1. Membuat Bisnis Makanan Go Online

Saat ini semua serba dilakukan online dengan internet yang semakin maju dan cepat juga akan semakin mempermudah segala kebutuhan dari transaksi jual beli, interaksi dengan konsumen, dan juga memudahkan segala urusan termasuk bisnis. Jika Anda memiliki usaha makanan pastinya menjadikan usaha Anda memiliki jangkauan yang luas adalah pilihan yang tepat. Dengan media online Anda bisa menjangkau pelanggan dengan mudah.

Anda bisa menggunakan berbagai macam teknologi yang telah berkembang dari website, media sosial, toko online atau marketplace dan juga menggunakan strategi periklanan online. Dengan demikian usaha Anda akan lebih mudah melayani konsumen tanpa harus menunggu pelanggan datang seperti usaha kuliner konvensional. Sekarang sudah lebih mudah konsumen tinggal klik barang yang diinginkan sudah datang sampai rumah tujuan.

Membuat website kuliner

2. Membuat Website Kuliner

Jika Anda memiliki bisnis maka memiliki website adalah pilihan yang paling tepat. Website sendiri adalah salah satu media pemasaran yang paling efektif hingga saat ini baik itu bisnis kuliner, produk atau jasa dan lain sebagainya. Dengan media website ini Anda akan lebih mudah memberikan informasi terkait usaha Anda. Selain itu usaha Anda akan lebih mudah untuk dicari di mesin pencari seperti Google, Bing dan lainnya.

Dari website ini usaha Anda akan terlihat lebih profesional, terpercaya, dan juga meningkatkan kredibilitas usaha Anda . Oleh karena itu membuat sebuah website adalah langkah yang tepat untuk kesuksesan jangka panjang usaha Anda. Untuk membuat website sendiri tidaklah mahal cukup menyediakan sejumlah uang untuk membeli domain dan hosting saja.

Harga domain .COM kisaran Rp129.000,- per tahun. Sedangkan hosting murah dengan paket beragam sesuai kebutuhan Anda dengan harga Rp10.900,- per bulan hingga Rp86.900,- perbulan biasanya pembayaran dalam hitungan tahun. Dari harga itu sangat murah jika mengingat manfaat jangka panjangnya. IDwebhost adalah salah satu penyedia layanan web hosting murah berkualitas no. 1 di Indonesia yang akan memberikan layanan dan performa terbaik untuk website Anda. Segera pilih paket hosting sudah langsung gratis domain jika ada tulisan “gratis domain”.

Untuk membuatnya Anda tidak perlu cemas jika awam dengan pemrograman karena membuat website sekarang tidak harus paham dengan pemrograman web. Karena sudah ada CMS WordPress yang bisa langsung diinstal dan sudah langsung memiliki website dan tinggal mengisi konten sesuai dengan produk atau jasa yang Anda miliki.

optimasi website Anda

3. Lakukan Optimasi Website Anda

Setelah memiliki website seiring berjalanya bisnis Anda nantinya diharuskan untuk menerapkan otomasi pada website Anda. Optimasi website ini bertujuan untuk bisa mendapatkan peringkat atas hasil pencarian di Google sehingga pengunjung website Anda akan semakin banyak dan meningkat. Optimasi ini biasanya yang paling umum menggunakan SEO. Apa itu SEO? Yaitu singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan proses atau kegiatan yang dilakukan pemilik website untuk berupaya mengoptimalkan visibelitas website di hasil pencarian mesin pencari.

Misalnya jika Anda mencari informasi di Google dengan mengetikkan kata kunci tertentu seperti “strategi pemasaran makanan online” maka Anda akan mendapatkan beberapa hasil pencarian dan kemungkinan Anda mengklik judul paling atas semakin besar. Itulah peran penting dari optimasi website dengan SEO. Jika optimasi dilakukan dengan baik dan memperoleh peringkat atas maka peluang mendapatkan konsumen akan semakin besar juga.

Memasang iklan google ads atau facebook ads

4. Memasang Iklan Google Ads atau Facebook Ads

Anda telah menerapkan optimasi SEO pada poin 3 diatas kemudian pada strategi pemasaran online saat ini yang paling ampuh untuk meningkatkan pengunjung dengan strategi SEM. Apa itu strategi SEM? Yaitu kepanjangan dari Search Engine Marketing diman Anda akan membayar sejumlah uang untuk mendapatkan pengunjung secara cepat dan instan. Biasanya para marketer menggunakan media advertiser seperti Google Ads dan Juga Facebook Ads keduanya adalah perusahaan raksasa. Google adalah raksasa mesin pencari sedangkan Facebook adalah raksasa media sosial.

Jika Anda menggunakan jenis iklan ini produk atau jasa Anda akan lebih cepat mendapatkan konsumen, biaya yang Anda keluarkan adalah ketika orang mengklik iklan Anda. Kemudian akan lebih mudah mendapatkan target pelanggan yang bisa Anda tentukan dari kata kunci relevan, demografi, jenis kelamin, minat, lokasi dan lain sebagainya. Anda akan mendapatkan jangkauan pelanggan yang sangat luas.

Aktif memanfaatkan media sosial

5. Aktif Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah tempat yang efektif untuk mengenalkan, mempromosikan, menawarkan produk makanan Anda. Mengingat pengguna media sosial saat ini tidak bisa di anggap sebelah mata. Dengan memanfaatkan media sosial Anda bisa mendapatkan target konsumen secara spesifik. Menggunakan Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya adalah pilihan yang tepat untuk mempromosikan produk makanan Anda. Kuncinya adalah selalu aktif rutin update dan mengisi konten media sosial Anda.

Mendaftar jadi Merchant mitra ojol GoFood dan GrabFood

6. Mendaftar Jadi Merchant Ojol Go Food dan GrabFood

Bisnis kuliner saat ini jika tidak ikut mendaftar dan bergabung dan menjadi merchant gofood, grabfood dan lain-lain akan sangat sulit untuk mendapatkan konsumen. Anda juga tau saat pandemi saat ini mengharuskan semua dilakukan dirumah dan usaha pemerintah untuk menekan laju covid-19 seringkali melakukan penutupan warung kuliner untuk menghindari kerumunan. Maka dengan mengikuti menjadi mitra gofood, grabfood, shopee food dan sebagainya adalah strategi pemasaran digital yang terbaik saat ini.

Pelanggan akan lebih mudah menemukan restoran atau warung makan Anda di aplikasi dan memasaknya dengan mudah tanpa harus datang ke lokasi Anda. Tidak hanya itu saja biasanya aplikasi akan memberikan promo-promo menarik bagi konsumen yang akan bisa meningkatkan penjualan makanan bagi mitranya. Selain dari aplikasi Anda pun bisa memberikan promo tersendiri untuk menarik konsumen memilih makanan yang Anda tawarkan. Dari segi transaksi juga memiliki kemudahan tanpa ada kendala berarti.

membuat promo menarik

7. Membuat Promo-Promo menarik

Salah satu starategi pemasaran untuk bisa mendapatkan pelanggan adalah dengan melakukan berbagai promomenarik. Dari promo inilah pelnaggan atau konsumen akan mendapatkan manfaat atau keuntungan yang menarik kemudian mereka akan dengan senang hati akan membeli produk Anda.

Nah, apakah Anda sudah mendapatkan ide strategi pemasaran produk makanan atau kuliner terbaik untuk Anda. Jika belum mulailah sekarang dan jangkau pelanggan dan konsumen Anda dengan jangkauan luas melalui strategi pemasaran kuliner atau makan yang berbasis digital saat ini juga. Tingkatkan penjualan memaksimalkan transaksi dan raih kesuksesan bersama IDwebhost.