Biar Cepat Jago Programming, Ketahui 6 Perangkat Lunak Open Source Terbaik Ini!

5 Jul 2024
Biar Cepat Jago Programming, Ketahui 6 Perangkat Lunak Open Source Terbaik Ini! campaign-unlimited

Selain kemudahan akses ke berbagai informasi, perkembangan teknologi saat ini juga memberikan banyak privilege lainnya seperti kesempatan kolaborasi yang luas. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan perangkat lunak open source. Pernah dengar sebelumnya?

Bagi kamu yang familiar dengan bidang IT, istilah open source sepertinya sudah tidak asing lagi. Ini merupakan jenis perangkat lunak yang gratis dan bisa dimodifikasi oleh siapa saja. Selain bisa kamu manfaatkan fungsionalitasnya, kamu juga dapat turut mengembangkannya untuk dilihat dan digunakan oleh pengguna lain.

Hmm kedengarannya menarik, ya? Oleh sebab itu, mari kita pelajari lebih lengkap dan ketahui apa saja perangkat lunak open source terbaik saat ini!

Apa Itu Perangkat Lunak Open Source?

perangkat lunak open source

Open source merujuk pada kode sumber yang bisa dimodifikasi dan dibagikan antar pengguna. Istilah ini mulai digunakan sebagai kode pengembangan perangkat lunak, yang juga disebut sebagai OSS atau Open Source Software.

Perangkat lunak open source berbeda dengan software komersial. Software ini sifatnya terdistribusi dan kolaboratif. Artinya, siapa saja dapat melihat, mengakses, dan turut mengembangkan perangkat lunak ini. 

Selain itu, OSS juga dilengkapi dengan lisensi open source. Lisensi ini memberikan izin pada pengguna secara umum untuk mengakses, mengubah, dan membagikan kembali kode sumber program tanpa adanya biaya apapun. 

Jenis Perangkat Lunak Open Source

Ada berbagai jenis perangkat lunak open source yang digunakan dalam berbagai bidang. Beberapa di antaranya termasuk:

1. Open Source Office Software

Seperti namanya, ini adalah perangkat lunak open source yang dapat digunakan untuk mendukung berbagai produktivitas bekerja dan belajar. Contoh aplikasi ini antara lain seperti aplikasi pengolah kata seperti Libre Office dan Open Office.

2. Open Source Website Software

OSS jenis ini merupakan software yang banyak digunakan untuk mengelola website. Software ini dapat digunakan untuk membuat website dengan penawaran gratis dan berbayar. Contohnya seperti Joomla, WordPress, dan NginX.

3. Open Source Browser dan Communication Apps

Perangkat lunak yang menyediakan alat komunikasi dan peramban juga tersedia dalam aplikasi open source. Sebagai contoh antara lain seperti Mozilla Firefox dan Mozilla Thunderbird.

Manfaat Menggunakan Perangkat Lunak Open Source

perangkat lunak open source

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan perangkat lunak open source. Walaupun mungkin tidak selengkap dan sesempurna aplikasi komersial pada umumnya, dengan OSS kamu bisa mendapatkan manfaat, seperti:

Kesempatan Berkolaborasi

OSS dapat memberikan kamu kesempatan untuk berkolaborasi secara global dengan para pengembang lainnya. Dengan kode sumber yang terbuka, pengembang dari seluruh dunia dapat bekerja sama untuk memperbaiki bug dan menambahkan fitur baru pada perangkat lunak. 

Menyediakan Opsi Kustomisasi

Tidak seperti aplikasi komersial, kamu bisa menyesuaikan penggunaan OSS dengan kebutuhan spesifikmu. Hal ini memungkinkan karena adanya akses terbuka pada kode sumber, sehingga kamu bisa menambahkan fitur baru, memodifikasi fungsi tertentu, atau mengupgrade performa aplikasi. 

Memberikan Transparansi 

OSS mempunyai tingkat transparansi yang tinggi karena siapa saja dapat melihat dan memeriksa kode sumber perangkat lunak. Ini artinya, perangkat lunak semestinya tidak akan melakukan tindakan yang tidak diinginkan, seperti melanggar privasi pengguna dengan mengumpulkan data pribadi tanpa izin.

Mendukung Pembelajaran

Akses yang terbuka dan prinsip kolaboratif yang dimiliki OSS membuat software ini layak digunakan sebagai sumber belajar. Siapa saja yang ingin mempelajari pemrograman dan pengembangan perangkat lunak bisa menggunakan OSS. 

Menghemat Biaya

Keuntungan lain yang ditawarkan OSS adalah penghematan biaya. Ada begitu banyak perangkat lunak open source yang disediakan secara gratis. Di beberapa aplikasi yang memang membutuhkan dukungan biaya tambahan bahkan harganya cenderung lebih murah tidak semahal software komersial.

Perangkat Lunak Open Source Terbaik

perangkat lunak open source

Sebenarnya ada begitu banyak contoh perangkat lunak open source populer. Akan tetapi mana yang terbaik yang bisa kita gunakan? Di bagian ini kami menjelaskan 6 perangkat lunak open source terbaik yang sebaiknya kamu ketahui. Yuk, periksa daftarnya berikut!

1. Linux

Linux adalah sistem operasi open source yang sangat populer dan dapat digunakan di berbagai perangkat, mulai dari server hingga perangkat mobile.

Keunggulan:

  • Stabilitas dan Keamanan Tinggi: Linux dikenal karena keandalan dan keamanannya yang membuatnya menjadi pilihan utama untuk server.
  • Beragam Distribusi: Tersedia banyak distribusi Linux yang dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan, seperti Ubuntu, Fedora, dan Debian.

2. Apache HTTP Server

Apache HTTP Server adalah salah satu server web paling banyak digunakan di dunia.

Keunggulan:

  • Kinerja yang Stabil: Apache menawarkan kinerja yang andal dan stabil, membuatnya ideal untuk berbagai aplikasi web.
  • Modular dan Kustomisasi: Mendukung berbagai fitur dan modul yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna.

3. GIMP (GNU Image Manipulation Program)

GIMP adalah program pengeditan gambar yang cukup umum dianggap sebagai alternatif open source untuk Adobe Photoshop.

Keunggulan:

  • Fitur Pengeditan Lengkap: Ada berbagai alat dan fitur lengkap untuk pengeditan gambar profesional.
  • Dukungan Format File: Mendukung berbagai format file, memudahkan pengguna dalam mengelola beragam jenis gambar.
  • Ekstensi dan Plugin: Dapat diperluas dengan plugin dan script untuk meningkatkan fungsionalitas.

4. LibreOffice

LibreOffice adalah software produktivitas yang mencakup fungsionalitas pengolah kata, spreadsheet, presentasi, dan lainnya. Software ini banyak dijadikan sebagai alternatif untuk Microsoft Office.

Keunggulan:

  • Mendukung Banyak Format File: Termasuk format Microsoft Office, sehingga kompatibel dengan banyak dokumen.
  • Fitur Lengkap: Menawarkan fitur lengkap untuk kebutuhan kantor dan produktivitas sehari-hari.

5. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah browser web open source yang dikenal karena kecepatan, keamanan, dan privasinya. Sampai saat ini jumlah pengguna Mozilla Firefox masih terus bertambah di seluruh dunia.

Keunggulan:

  • Ekstensi dan Kustomisasi: Mozilla mendukung banyak ekstensi yang memungkinkan kustomisasi sesuai preferensi pengguna.
  • Performa Cepat: Menawarkan performa yang cepat dan efisien dalam menjelajah web.

6. Django

Django adalah kerangka kerja web Python yang dirancang untuk membantu pengembangan yang cepat dan aman.

Keunggulan:

  • Pengembangan Cepat: Membantu pengembang menyelesaikan aplikasi dengan cepat tanpa banyak kerumitan.
  • Keamanan: Membantu pengembang menghindari banyak kesalahan keamanan umum seperti injeksi SQL, skrip lintas situs, dan clickjacking.
  • Digunakan Banyak Situs Terkenal: Banyak situs terkenal seperti Mozilla, Pinterest, dan Instagram menggunakan Django.

Nah, itulah sedikit informasi tentang perangkat lunak open source terbaik yang perlu kamu ketahui. Di antara contoh-contoh yang kami sebutkan tadi, kira-kira mana nih yang pernah kamu gunakan?

Yuk, baca lebih banyak artikel dan terus ikuti update IT terkini bersama blog IDwebhost! Jangan lupa subscribe juga ya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022