6 Peluang usaha Jualan Online Modal Kecil Pasti Untung

3 Agu 2021
6 Peluang usaha Jualan Online Modal Kecil Pasti Untung campaign-unlimited

Saat ini, ada banyak orang yang ingin menjalankan bisnis online, baik sebagai sumber penghasilan utama maupun tambahan. Tetapi, permasalahan yang seringkali terjadi adalah modal yang minim dan tidak tahu ingin berjualan apa. Sebetulnya, ada banyak sekali ide jualan online dengan modal kecil untuk pemula yang dapat Anda lakukan.

Bahkan, ada bisnis yang bisa dijalankan oleh pelajar atau mahasiswa tanpa modal uang sama sekali. Nah, ide jualan online ini dapat dimulai dari apa yang Anda dan orang lain paling butuhkan atau minati. Anda juga bisa melihat di pasar produk apa yang laku untuk jualan online Anda.

Ide Jualan Online Modal Kecil

Kebutuhan dan keinginan manusia akan berubah dari waktu ke waktu. Berbagai kebutuhan dan keinginan inilah yang dapat Anda manfaatkan sebagai ide jualan online. Anda bisa memulai bisnis online ini dengan modal kecil. Lalu, bisnis online apa saja yang cocok untuk pemula?

ide Jualan Online

  1. Ide Jualan Online Dropshipping

Bagi Anda yang masih pelajar atau mahasiswa, menjadi dropshipper adalah salah satu ide jualan online yang cocok untuk remaja.

Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli stok produk atau persediaan bisnis lainnya. Dalam dropshipping, Anda hanya perlu mencari supplier yang membuka peluang bagi dropshipper.

Nantinya, produk tersebut akan dikirimkan secara langsung oleh supplier tersebut kepada para customer yang membeli produk Anda.

Jadi, Anda cukup menyediakan smartphone dan koneksi internet yang lancar untuk menjalankan bisnis ini. Lakukan juga promosi di media sosial guna meningkatkan penjualan produk.

  1. Ide Jualan Barang Bekas Online

Jika sebagian orang menganggap barang bekas tidak bernilai, hal itu tidak berlaku dalam dunia bisnis. Nyatanya, banyak orang yang mencari barang bekas, baik karena nilai estetikanya atau untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Minat pasar inilah yang dapat Anda jadikan sebagai ide jualan online dengan modal kecil. Tetapi, tentu saja Anda harus memperhatikan apakah produk tersebut masih layak pakai atau tidak.

Ada beberapa jenis barang bekas yang memang sering dicari oleh banyak orang yaitu produk elektronik, furniture, properti, barang antik dan sebagainya.

Produk elektronik adalah yang paling umum dicari oleh banyak orang. Hal ini karena terkadang produk elektronik seperti Apple memiliki harga yang jauh lebih rendah ketika sudah menjadi bekas.

Jualan Online usaha jasa

  1. Produk Kosmetik dan Perawatan

Seperti yang kita lihat sekarang semakin banyak bisnis skincare lokal yang muncul di Indonesia. Mulai dari yang murah, standar hingga yang mahal bisa Anda dapatkan. Bahkan, kualitas produk kosmetik lokal ternyata tidak kalah dengan brand luar negeri, lho. Hal ini juga menunjukkan minat orang Indonesia yang tinggi akan skincare dan produk kosmetik.

Anda bisa menjadikan ini sebagai ide jualan online dengan modal yang kecil. Bagaimana caranya? Anda dapat menjual beberapa brand skincare atau kosmetik lokal dengan review yang bagus. Supaya pelanggan makin yakin untuk membeli produk ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memberikan review jujur terkait produk-produk tersebut.

Menjadi Influencer

  1. Jualan Online Makanan Kekinian

Publik Indonesia memiliki minat yang besar pada sesuatu yang kekinian. Termasuk makanan kekinian. Nah, makanan kekinian bisa jadi ide jualan online yang cocok dengan minat pasar saat ini. Tetapi, seperti apa, sih, makanan kekinian itu?

Makanan kekinian sebetulnya lebih mengarah pada jenis makanan yang modern, bukan makanan yang sedang viral. Ada banyak jenis makanan kekinian yang dapat Anda jadikan ide bisnis misalnya seperti dessert box, lunch cake dan sebagainya. Anda juga bisa memodifikasi makanan tradisional supaya jadi lebih modern.

MJualan Online kursus online

  1. Thrift Shop

Bisnis thrift shop adalah salah satu ide jualan online yang sebetulnya cukup menguntungkan. Hal ini karena banyak orang yang ternyata sangat berminat dengan thrift shop.

Nah, thrift shop sendiri adalah toko untuk menjual sesuatu yang bekas, biasanya lebih mengarah ke pakaian. Seperti yang kita ketahui, pelanggan sangat senang dengan harga murah dengan kualitas yang bagus.

Modal yang dikeluarkan untuk ide bisnis ini juga nyatanya tidak terlalu besar karena Anda membeli semua pakaian bekas tersebut dengan harga murah. Biasanya, supplier akan menjual dalam jumlah besar secara sekaligus. Untuk permulaan, Anda juga bisa menjual beberapa pakaian bekas Anda yang masih dalam keadaan bagus.

Baca juga: 12 Tips Sukses Jualan Online Mudah Menguntungkan Terbaru

Menjadi youtuber

  1. Membuka Jasa Penulis Artikel

Saat ini, artikel adalah salah satu media promosi melalui website yang banyak digunakan oleh banyak perusahaan. Jika Anda senang menulis, mungkin ide yang satu ini bisa Anda gunakan untuk jualan online. Bisnis penulisan artikel ini sebetulnya cukup menjanjikan jika kita melihat kebutuhan perusahaan akan digital marketing.

Anda bisa membuka jasa penulis artikel dengan mencantumkan tarif untuk satu artikel atau per jumlah kata. Jika Anda memiliki kemampuan terhadap SEO, Anda juga bisa mencantumkannya sebagai salah satu nilai yang bisa dihitung. Tidak perlu modal yang besar untuk menjalankan ide jualan online yang satu ini.

  1. Bisnis Fotografi

Mungkin saat Anda membaca ide jualan yang satu ini, Anda akan bingung bagaimana caranya menjalankan bisnis fotografi secara online.

Sekarang, terdapat banyak platform penyedia foto gratis dan berbayar di internet. Anda bisa menjual semua karya fotografi Anda dalam platform tersebut dengan harga dollar.

Memangnya ada orang yang mau membeli? Sebetulnya, bisnis ini sedikit berkaitan dengan ide jasa penulis artikel.

Setiap artikel pasti membutuhkan gambar atau foto untuk menunjangnya lebih menarik menurut pembaca dan mesin pencari. Nah, Anda dapat memanfaatkan hal ini sebagai ide jualan online. Bahkan, Anda bisa menjalankannya sambil berlibur.

ide Jualan Online

  1. Bisnis Fashion

Fashion adalah salah satu jenis bisnis yang akan selalu ada dan dibutuhkan oleh semua orang. Apalagi perkembangan fashion sangat cepat mengikuti perubahan minat pasar terhadap cara berpakaian.

Anda bisa menjadikannya ide jualan online yang cukup menjanjikan dan tentunya menguntungkan.

Produknya sendiri bisa berupa apapun, mulai dari pakaian, sepatu hingga aksesoris pria dan wanita. Anda bisa membuatnya sendiri ataupun mendapatkannya melalui supplier yang terpercaya.

Untuk tokonya sendiri, Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Instagram untuk berjualan.

Tips Jualan Online Agar Menguntungkan

Bagi para pemula, mungkin Anda bingung bagaimana cara menjalankan bisnis supaya penjualan semakin meningkat dan menguntungkan. Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui dasar-dasar dalam berbisnis.

Hal ini diperlukan supaya ide jualan online yang Anda lakukan ini bertahan dan jadi menguntungkan. Untuk itu, berikut ini beberapa tips agar ide jualan online Anda menguntungkan.

  • Sebelum mengeluarkan produk, sebaiknya Anda selalu melakukan riset pasar untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan atau diminati oleh banyak orang. Dengan begitu, produk Anda pasti laku terjual karena ada yang berminat dan membutuhkannya.
  • Selalu manfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook dan Tiktok. Media sosial adalah salah satu cara untuk menggerakkan para audiens untuk berubah menjadi pembeli. Anda dapat membangun brand awareness melalui media sosial dengan membuat berbagai macam konten yang menarik mengenai produk Anda.
  • Manfaatkan marketplace seperti di Shopee, Tokopedia dan sebagainya sebagai toko Anda berjualan. Melalui marketplace, Anda bukan hanya menawarkan berbagai macam produk, tetapi juga berbagai fasilitas lain seperti pengiriman dan pilihan metode pembayaran yang banyak.

Kesimpulan

Jualan online adalah salah satu sumber penghasilan yang dapat Anda lakukan, baik sebagai pekerjaan utama maupun sampingan. Ada banyak sekali ide jualan untuk pemula dan remaja yang dapat Anda lakukan dengan modal yang kecil. Mulai dari dropshipping, makanan kekinian hingga bisnis fashion.

Supaya bisnis Anda tetap bertahan dan semakin menguntungkan, ikuti juga beberapa tips di atas. Anda juga bisa mempelajari mengenai strategi bisnis yang tepat melalui berbagai sumber terpercaya seperti IDwebhost.

Bagi Anda yang ingin membuka toko online atau e-commerce sendiri, IDwebhost bisa membantu Anda untuk membuatnya. Dengan tambahan layanan hosting murah, toko online Anda dijamin akan berjalan lancar meski sedang ramai pengunjung. Supaya modal semakin hemat, lihat juga berbagai promo menarik dengan klik disini!

Penulis
Member since 2 Jul 2013