6 Panel Hosting Paling Populer di Dunia 2020
Blog Tips Keren 6 Panel Hosting Paling Populer di Dunia 2020

6 Panel Hosting Paling Populer di Dunia 2020

Artikel kali ini akan membahas tentang 6 panel hosting populer pada tahun 2020. Sebagai pemilik situs web, berurusan dengan sejumlah layanan web rumit dan membutuhkan pengetahuan mendalam tentang tingkat administrator sistem. Banyak yang secara teknis lebih tepat untuk mengontrol server melalui CLI tetapi untuk yang lain, panel kontrol hosting web dengan GUI adalah cara terbaik untuk mengelola beberapa layanan hosting web yang berbeda.

Oleh karena itu, memiliki panel kontrol hosting yang baik adalah salah satu faktor yang paling penting, jika bukan yang paling penting saat memilih paket hosting web. Oleh karena itu, blog ini adalah untuk membantu mereka yang ingin membeli paket web hosting untuk kehadiran online mereka dan perlu memahami panel kontrol web hosting secara detail.

6 Panel Hosting populer6 Panel Hosting populer

Apa itu Panel Kontrol web ?

Panel kontrol hosting web membantu dalam pemantauan dan pengelolaan infrastruktur hosting Anda secara efektif melalui satu antarmuka. Dengannya, anda dapat mengelola server dan layanan hosting web yang ditawarkan oleh penyedia hosting dari mana saja. Ini hanya menangani aspek administrasi akun hosting Anda.

Fitur umum panel kontrol
Panel kontrol memiliki kemampuan untuk mengelola setiap layanan yang disediakan oleh penyedia hosting anda mulai dari email hingga keamanan hingga manajemen file dan cadangan. Berikut adalah daftar beberapa fitur umum dari semua panel kontrol hosting:

  • Manajemen DNS (Domain Name System) lengkap termasuk domain web, domain email, dll.
  • Kontrol atas sistem manajemen basis data seperti MySQL dan PostgreSQL.
  • Mengelola sistem email – alamat email, kuota, pencegahan spam, dll.
  • Manajemen akun server lengkap.
    SSH dan manajemen kunci pengguna.
  • Manajemen cadangan.
  • Manajemen dan pelaporan file log.
  • Plugin dan kemampuan untuk menginstal layanan dan aplikasi lain.

Sementara fitur-fitur ini umum di sebagian besar panel kontrol hosting, ada banyak hal lain yang membuat panel kontrol hosting web sempurna. Beberapa panel hosting adalah open source dan karenanya tersedia tanpa biaya sementara beberapa dibayar seperti cPanel, Plesk, dan DirectAdmin.

Di sini, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang fitur-fiturnya. Ini akan diikuti oleh perbandingan cepat panel kontrol hosting web. Mari kita mulai:

6 Panel Hosting populer

Panel Hosting web populer teratas pada tahun 2020

1. Panel Hosting Ajenti

Ajenti adalah tools administrasi server sempurna yang dapat mengelola banyak server dengan mudah. Ini dapat digunakan untuk mengelola berbagai tugas terkait server seperti menginstal paket dan menjalankan perintah.

Pengguna dapat melihat informasi server dasar seperti penggunaan RAM, ruang disk yang tersedia, dll. Tambahannya pada paket – Ajenti V memungkinkan pengguna untuk mengelola beberapa server dari antarmuka / panel yang sama. Ia dikenal untuk memberikan kinerja tinggi dan akses jarak jauh yang lebih cepat. Aksesibilitas kapan saja dan di mana saja adalah salah satu fitur utamanya.

Sumber: Sumber Terbuka

Dukungan OS: Debian, RHEL, Ubuntu, Gentoo dengan portabilitas yang mudah ke Linux dan BSD.

Backend: Bahasa – Python 2.7 / 3.4, Kerangka Kerja – GEvent, Extensibility – Pluggable, arsitektur modular.

Frontend: Bahasa – JS, ES6 atau CoffeeScript, Framework – AngularJS.

2. Panel Hosting VestaCP

Panel kontrol hosting web VestaCP dikenal dengan antarmuka yang sederhana namun efektif. Ini menjadikannya platform yang ideal untuk pengecer yang menginginkan antarmuka yang mudah dan tidak berantakan. Antarmuka yang aman dan cepat dengan pintasan keyboard membantu mengelola server dengan sangat cepat.

Platform ini memiliki firewall bawaan yang membuatnya lebih aman. Filter pintar lebih lanjut membantu untuk melarang alamat IP apa pun yang tampaknya membuat terlalu banyak upaya masuk. Antarmuka web mendukung 26 bahasa dan wilayah di seluruh dunia. Ini sepenuhnya memonitor server termasuk statistik server, log, dan analytics, dll.

Sumber: Open Source dan panel kontrol hosting gratis

Antarmuka web: PHP / JavaScript

Vesta Core / API: Bash

Database: MySQL + phpMyAdmin dan PostgreSQL + phpPgAdmin

FTP: VsFTPD, ProFTPD

Itu datang dengan installer otomatis Softaculous yang membantu dalam instalasi satu klik dari 439 aplikasi di server.

3. Sentora

Panel kontrol hosting web open-source Sentora didasarkan pada fondasi kuat ZPanel yang bertindak sebagai panel kontrol yang efektif untuk ISP kecil hingga menengah. Telah dibangun untuk bekerja pada berbagai distribusi Linux. Fitur utama termasuk dukungan, skalabilitas, ketahanan, dan perluasan.

Dirilis di bawah GPLv3, panel kontrol hosting web sumber terbuka ini membuat mengelola server Anda lebih mudah, aman, dan lebih cepat. Toko tambahan memungkinkan klien untuk menginstal, menilai, menerbitkan, dan menjual tema, modul, dan pelokalan dengan cepat.

4. Panel Web CentOS

Web CentOS adalah panel kontrol hosting sumber terbuka dan tersedia. Dengan banyak fitur canggih dan panel modern dengan kontrol penuh, ini menyederhanakan manajemen hosting web. Ini mendukung Distribusi Linux CentOS / RHEL 6. Ini memiliki kemampuan untuk menginstal LAMP (Linux, Apache, MySQL, dan PHP) secara otomatis di server klien.

Di sisi keamanan, panel memiliki Linux Firewall (CSF firewall) terbaik bersama dengan fitur-fitur seperti pemantauan langsung, kontrol akses IP, cadangan otomatis, dan manajemen basis data lengkap. Untuk meningkatkan keamanannya, ia juga memiliki Fitur Kunci Sistem File yang membuat situs anda lebih aman dari peretas. Fitur lain termasuk MySQL dengan Panel phpMyAdmin, postfix, kotak surat dovecot dan antarmuka web Roundcube untuk email.

Dalam hal dedicated server dan VPS, ini menyediakan kemampuan untuk secara langsung mengakses server tanpa melalui SSH setiap waktu, membuat operasi lebih cepat.

5. Kloxo-MR

Kloxo-MR adalah fork dari panel kontrol Kloxo dengan fitur dan kemampuan yang jauh lebih maju. Ini adalah pilihan ideal bagi mereka yang tidak ingin menginstal server web, PHP atau MySQL secara manual. Itu ditulis dalam PHP dan mendukung CentOS, Red Hat dan variannya. Menggunakan MariaDB atau MySQL sebagai databasenya.

Panel kontrol Kloxo-MR juga dilengkapi dengan dukungan untuk beberapa perangkat lunak penagihan seperti WHMCS, AWBS, AccountLab Plus, TheHostingTool, BoxBilling, dan Blesta.

6. Webmin

Panel kontrol Webmin sangat ideal untuk administrasi sistem Linux. Ini terutama digunakan untuk pengelolaan akun pengguna, konfigurasi FTP dan DNS, administrasi Apache dan banyak lagi. Ini memungkinkan seseorang mengelola sistem dari jarak jauh atau dari konsol. Perpanjangannya menjadikannya sebagai panel kontrol hosting web yang ideal.

Webmin terdiri dari server web sederhana dan sejumlah program CGI yang ditulis dalam versi Perl 5 dan menggunakan semua modul perl standar.

6 Panel Hosting populer

Penutup

Selamat membaca dan mengembangkan website anda! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan host dengan harga murah di IDwebhost.