6 Cara Meningkatkan Traffic Website Terbukti Paling Ampuh
Blog SEO 6 Cara Meningkatkan Traffic Website Terbukti Paling Ampuh

6 Cara Meningkatkan Traffic Website Terbukti Paling Ampuh

Anda memiliki website dengan tampilan yang keren memukau terlihat profesional? Juga telah memikirkan nama domain yang unik, dan menulis konten yang begitu banyak? Namun apa jadinya jika semua yang dilakukan itu malah tidak mendatangkan banyak pengunjung? Pastinya sebagai pemilik website akan merasa sedih dan kecewa. Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan traffic website Anda, baik yang gratis maupun berbayar. Yang perlu Anda lakukan adalah mengenal lebih jauh tentang internet dan digital marketing terutama dari sisi mesin pencari seperti Google.

Ada berbagai macam cara yang dilakukan oleh webmaster untuk meningkatkan pengunjung atau traffic website mereka. Namun yang paling sering dilakukan adalah menggunakan teknik SEO dan SEM yang memiliki kegunaan dan fungsinya masing-masing. SEO (Search Engine Optimization) mengoptimasi dari website mulai konten hingga membangun link untuk mendapatkan hasil mesin pencari (SERP) yang baik. Sedangkan dengan cara SEM (Search Engine Marketing) yaitu meningkatkan visibilitas website di mesin pencari dengan biaya tertentu contohnya menggunakan iklan Google Ads dan lain sebagainya. Pada artikel kali ini kami akan memberikan cara meningkatkan traffic website Anda.

Perbedaan Tipe Traffic Website Organik dan Berbayar

Seperti yang telah kami sebutkan di atas trafik sendiri memiliki dua jenis yang berbeda yaitu organik dan berbayar. Istilah keduanya jika “trafik organik” adalah pengunjung yang dihasilkan dari hasil pencarian di mesin pencari seperti Google maupun Bing dan lain sebagainya.

Sedangkan jenis trafik berbayar adalah pengunjung yang dihasilkan dari iklan seperti Google Adwords atau Facebook Ads. Selain itu trafik berbayar juga bisa dihasilkan dari link-link yang berbayar.

Dari keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing namun yang terbaik tetaplah mendapatkan trafik organik.

Trafik organik memanglah gratis yang memiliki jangka panjang di mesin pencari, akan tetapi dalam penerapannya membutuhkan waktu dan beberapa proses yang harus dilalui. Sedangkan trafik berbayar hanya membutuhkan beberapa menit untuk bisa mendapatkan hasil pencarian teratas pada Google search. Bagi Anda yang memiliki bisnis yang baru go online maka dengan teknik SEO adalah pilihan yang terbaik dan tepat. Namun jika Anda sudah memiliki biaya untuk melakukan pemasangan iklan maka tidak ada salahnya menggunakan strategi SEM tadi. Atau bisa juga digunakan bersamaan antara keduanya.

Perlu diingat bahwa mendapatkan hasil instan memanglah menjadi keinginan semua orang namun jika tidak sebanding dengan keuntungan yang didapatkan pastinya akan membuat kantong Anda jebol.

Pilihan terbaik untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

Website Anda masih minim pengunjung padahal sudah melakukan berbagai cara untuk mendapatkan pengunjung. Untuk itu mari terus ikuti panduan berikut dan pelajari untuk meningkatkan traffic website Anda nantinya.

Melakukan Optimasi SEO

1. Melakukan Optimasi SEO

Optimasi SEO pada website adalah bagian penting yang tidak boleh ditinggalkan, karena memang SEO adalah strategi teknik yang selalu diterapkan untuk website oleh para webmaster. Tanpa optimasi SEO yang baik maka website Anda tidak akan pernah ditemukan pengunjung di mesin pencari. Optimasi yang baik akan memungkinkan website Anda mendapatkan peringkat teratas pada hasil pencarian. Dengan mendapatkan peringkat atas hasil pencarian maka kemungkinan besar untuk mendapatkan klik dari pengunjung juga semakin tinggi.

Nah dari sinilah ketika optimasi yang baik akan sangat berpengaruh pada website. Selain itu teknik seo yang baik akan memiliki jangka waktu yang panjang di mesin pencari tanpa mengeluarkan biaya.

Cara yang paling sederhana dalam optimasi SEO yaitu dengan memilih kata kunci yang tepat. Untuk dapat mengetahui kata kunci potensial Anda bisa menggunakan tool dari Google yaitu Google Keyword Planner dari situ Anda akan mendapatkan hasil kata kunci yang akan Anda target, pencarian rata-rata, seberapa besar kompetitornya dan lain-lain.

Cara menggunakan Google Keyword Planner

Dari hasil yang ditampilkan saat Anda menargetkan kata kunci tertentu maka dari situ munculah hasil yang memiliki kompetisi yang sedang ada baiknya untuk menghindari kompetisi yang tinggi karena kata kunci dengan kompetisi tinggi akan sangat sulit untuk di target. Kemudian dari rata-rata pencarian perbulan juga perlu diperhatikan. Setelah mendapatkan hasil riset keyword maka bisa menerapkannya pada pada website Anda. dalam optimasi SEO sendiri memiliki dua jenis yaitu SEO On-Page dan SEO-Off Page.

  • SEO On-Page saat penerapan dari lakukan di dalam website itu sendiri termasuk salah satunya pada konten.
  • SEO-Off Page optimasi yang dilakukan diluar website seperti link building, media sosial dan lain sebagainya. Intinya optimasi diluar website itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca artikel teng optimasi SEO dari IDwebhost berikut 5 Trik Penerapan SEO Agar Dapat Peringkat Pertama Google Search.

Tulis Konten Berkualitas dan Bermutu

2. Tulis Konten Berkualitas dan Bermutu

Apakah Anda pernah mengunjungi atau menjumpai website yang memiliki konten asal-asalan dan tidak bermutu pasti Anda langsung mengabaikan. Untuk itu pastikan Anda memiliki konten yang berkualitas, lengkap, enak dibaca, dan mudah dipahami. Kemudian dari panjang karakter yang Anda tuliskan harus lebih banyak minimal 500-1000 kata atau lebih. Dari artikel atau konten yang panjang Google cenderung memilih artikel yang memiliki jumlah kata yang lengkap dalam memberikan ranking. Jadi semakin panjang artikel berkualitas maka semakin baik untuk SEO-nya.

Dari konten yang bermutu dan berkualitas pengunjung juga akan merasa nyaman dan betah merasa mendapatkan manfaat dari artikel tersebut. Dengan demikian peluang mereka akan kembali lagi akan semakin besar juga bahkan membagikan kepada teman-temannya.

Jadikan Situs Anda Mobile Friendly

3. Jadikan Situs Anda Mobile Friendly

Saat ini semua orang menelusuri internet saat mencari informasi kebanyakan menggunakan mobile atau smartphone. Jika website Anda tidak responsif dan malah cenderung lambat maka banyak yang akan mengabaikan hingga trafik menjadi anjlok. Google sendiri merekomendasikan website yang responsif dan mendukung perangkat mobile. Bahkan Google mengeluarkan teknologi Google AMP (Accelerated Mobile Pages) yaitu agar halaman website lebih cepat terbuka. Website yang telah mendukung perangkat mobile lebih mudah mendapatkan peringkat atas pencarian Google.

Media sosial untuk tingkatkan Traffic Website

4. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial merupakan media yang sangat ampuh untuk meningkatkan traffic website, mengingat pengguna media sosial juga sangat besar. Jika Anda dapat memanfaatkan media sosial dengan baik dan bijak untuk keperluan website Anda maka kemungkinan besar pengunjung akan meningkat secara drastis.

Mengaudit atau update Konten Lama

5. Mengaudit atau Update Konten Lama

Tentu saja Anda perlu mengisi atau menulis konten pada website secara berkala, namun mengupdate konten lama juga penting. Karena tidak semua artikel memiliki kualitas yang sama dan juga visitor yang datang pada artikel tertentu sangat rendah maka hal yang perlu dilakukan adalah melakukan perbaikan atau update konten lama yang tidak mendapatkan traffic pengunjung.

Gunakan Facebook Ads untuk Traffic Website

6. Gunakan Facebook Ads

Menggunakan media Facebook adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan traffic website. Anda bisa melakukan share link artikel pada orang lain atau menggunakan Facebook ads untuk meningkatkan pengunjung dengan media iklan. Sama halnya dengan Google ads, Facebook ads juga memiliki tool untuk iklan dengan biaya yang terjangkau dan mudah untuk menjangkau target pengunjung tertentu.

Pada dasarnya pemilik website ingin traffic yang tinggi yang mengunjungi websitenya. Namun ada beberapa cara yang mengharuskan untuk mengeluarkan biaya. Namun pilihan yang terbaik tetap kembali dengan menggunakan optimasi SEO yang baik. Karena SEO akan berdampak jangka panjang untuk website Anda.

Demikian artikel tentang cara meningkatkan traffic website dari IDwebhost semoga bermanfaat untuk Anda salam sukses dari kami terimakasih.