6 Alasan Kenapa Website Penting Untuk Bisnismu

12 Mei 2019
6 Alasan Kenapa Website Penting Untuk Bisnismu campaign-unlimited

Bagi siapapun yang memiliki bisnis, memiliki website juga menjadi suatu hal yang wajib. Terlebih lagi sekarang ini hampir semua hal sudah beralih ke platform digital. Sekarang ini seperti yang kita tahu, sudah terkoneksi secara online di internet. Lalu bagi siapa pun yang memiliki bisnis tapi tak punya website atau paling tidak akun sosial media, maka ia akan semakin jauh tertinggal. Karena saat ini posisi bisnis konvensional dan juga toko fisik sudah mulai tergantikan dengan market place dan juga toko online. Karena itulah kurang lebih kenapa website penting untuk bisnismu.

Kenapa tidak segera membuat? Berpikir kalau ini sulit? Tenang saja, sekarang membuat website sudah bukan lagi suatu hal yang sulit. Bahkan jika kamu adalah seorang pemula dengan bisnis yang kecil. Sekarang ini sudah banyak bertebaran website builder yang menggunakan sistem easy drag and drop yang semakin memudahkan kamu untuk membuat website. Apalagi? Butuh domain dan hosting? Kamu bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga terbaik. Sementara untuk perusahaan besar kita tak perlu bertanya lagi, sudah seharusnya kalian yang memiliki perusahaan besar mulai melek teknologi dan segera membuat website dengan menyewa tim web developer atau semacamnya.

Tapi kenapa sih website penting untuk bisnismu? Jika di paragraf pertama tadi sudah disebutkan bahwa itu penting karena menjadi salah satu cara menghadapi perkembangan zaman, lalu apalagi alasan yang membuat website penting untuk bisnismu? Berikut ulasannya:

 

Website Penting Untuk Bisnismu

1. Terhubung Terus Dengan Pelanggan

Alasan pertama kenapa memiliki website itu penting untuk bisnismu adalah karena dengan adanya website, kamu bisa melakukan interaksi dengan para pelanggan tanpa adanya batas waktu dan juga tempat. Mungkin bagi sebagian kamu hal itu akan menyulitkan, dimana artinya kamu akan bekerja 24 jam. Memang, jika dipandang dari sudut pandang tersebut, akan begitu. Tapi kamu juga bisa melakukannya dimana pun. Itu artinya kamu tak perlu berangkat kerja, asal ada koneksi internet kamu bisa keep in touch dengan pelangganmu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan fitur live chat 24 jam. Apalagi ketika kamu sudah memiliki tim CS sendiri. Maka fitur ini akan membuat perusahaanmu semakin disukai pelanggan karena memiliki respon yang cepat. Selain itu, ketika kamu memiliki website, kamu bisa mengisinya dengan berbagai macam tips yang berkaitan dengan produk yang kamu punya. Hal itu pasti akan bisa menambah tingkat kepercayaan pelanggan terhadap barang yang kamu punya.

2. Informasi Baru Mudah Didapatkan Pelanggan

Coba kamu bayangkan, sebuah website memiliki posisi yang sama dengan katalog atau brosur bisnismu? Pasti akan lebih mudah dan cepat kan untuk memberikan informasi baru pada para pelanggan? Itulah salah satu alasan juga kenapa website penting untuk bisnismu. Dari pada kamu mencetak brosur, katalog, yang bisa jadi mengeluarkan banyak uang, belum lagi bila setiap minggu selalu ada informasi baru, maka website adalah jalan untuk melakukan hal tersebut. Kamu tak perlu terlalu sering mencetak katalog, atau bahkan tak perlu mencetaknya. Tinggal mengganti input data yang ada di website, publish, dan beres. Semua jadi lebih mudah dan cepat kan?

 

Website Penting Untuk Bisnismu

 

3. Kredibilitas Perusahaan Meningkat

Alasan ketiga kenapa website penting untuk bisnismu adalah dengan adanya website, maka kredibilitas perusahaanmu akan meningkat drastis. Ingat, kalau beberapa pembeli atau calon pembeli akan melihat siapa orang dibalik bisnis atau produk yang sedang mereka lihat. Maka tak jarang mereka akan mengambil keputusan membeli setelah mempelajari track record. Ingat, sekarang pembeli cerdas-cerdas. Mereka sudah tidak asal beli dengan harga murah. Mereka sekarang akan melihat kredibilitas perusahaan tersebut. Maka, ketika kamu memiliki website yang terpercaya, memiliki desain website yang menarik dan meyakinkan, kredibilitas perusahaanmu akan meningkat di mata para pelanggan tersebut. Kamu bisa memberikan informasi di lama About Us, Contact, History, atau yang lainnya. Bahkan ketika kamu berhadapan dengan orang yang lebih suka datang ke toko fisik, website tetap perlu. Karena kebanyakan dari mereka sekarang akan mengecek dulu kredibilitas tokonya baru datang.

BACA JUGA: Cara Mengirimkan Email WordPress Menggunakan SMPT Server

4. Hemat Adalah Alasan Website Penting Untuk Bisnismu

Ini adalah alsan kenapa website penting untuk bisnismu yang paling utama. HEMAT! Website itu kebalikan dari toko fisik dimana kamu harus menyewa tempat atau ruko setiap bulannya dengan harga yang lumayan mahal. Tapi dengan website, kamu tetap akan menyewa tapi dengan harga yang jauh lebih murah. Setahun bisa jadi Cuma 100 ribu atau kurang jika sedang ada diskon. Selain hemat pada hal-hal semacam itu, kamu juga hemat soal waktu. Pelangganmu tak perlu repot-repot datang untuk membeli 1 barangmu. Mereka hanya perlu melakukannya lewat gadget mereka secara daring atau online. Mereka juga bisa melakukan pembelian kapanpun, tak perlu khawatir toko tutup. Hemat, efisien, dan efektif kan?

 

Website Penting Untuk Bisnismu

 

5. Target Pasar Lebih Luas

Kita semua tahu kalau internet itu membuat seluruh dunia jadi tak terbatas. Kalau dulu kita mau kontak ke luar pulau aja sulit, sekarang dengan adanya internet, kontak keluar negeri sudah sangat mudah. Begitu juga dengan bisnis. Kalau dulu harus urus ini itu yang ribet untuk bisa berdagang dan berjualan sampai keluar negeri, sekarang cukup duduk dirumah dan kamu bisa mendapatkan pembeli dari luar negeri dengan untuk yang luar biasa. Itulah alasan kenapa website penting untuk bisnismu. Tidak ada pagar yang membatasi bisnismu untuk berkembang lebih besar lagi.

6. Portofolio Online Perusahaan

Memang sebenarnya poin ini kurang lebih sama dengan poin sebelumnya. Tapi tetap harus disebutkan bahwa keuntungan memiliki website adalah kamu akan punya portofolio online perusahaanmu yang bisa dilihat siapapun dari kalangan manapun, kapanpun mereka inginkan. Semakin bagus portofolio onlinemu, bukan hanya mereka akan tertarik dan membeli, bisa jadi mereka juga ikut membagikan websitemu itu. Kalau sudah begitu, maka akan ada banyak orang yang kenal dengan websitemu dan perusahaanmu semakin dikenal banyak orang. Untungkan?

 

Website Penting Untuk Bisnismu

 

7. Biar Makin Rame, Opimalkan Dengan SEO

Point terakhir ini lebih kepada saran sih, dari pada alasan kenapa website penting untuk bisnismu. Saran yang paling utama adalah memanfaatkan SEO untuk membuat websitemu muncul di urutan pertama dalam pencarian Google atau mesin pencari lainnya. Kenapa urutan itu jadi sangat penting? Pasalnya dengan websitemu berada di urutan pertama, maka kamu akan jadi website pertama yang di klik. Kalau calon pelangganmu itu jatuh cinta pada pandangan pertama, maka bingo! Kamu sudah mendapatkan pelanggan 1. Bayangkan kalau itu terjadi pada setiap orang yang membuka websitemu untuk pertama kalinya dan sehari ada lebih dari 1000 orang yang membuka websitemu? Keriting kan jarimu menerima orderan? Tapi seneng juga pasti kan?

Itu tadi 6 alasan kenapa website penting untuk bisnismu. Poin yang terakhir lebih kepada saran untuk perkembangan websitemu. Semoga bermanfaat!

Penulis
Member since 2 Jul 2013