5 Trik Penerapan SEO Agar Dapat Peringkat Pertama Google Search
Blog SEO 5 Trik Penerapan SEO Agar Dapat Peringkat Pertama Google Search

5 Trik Penerapan SEO Agar Dapat Peringkat Pertama Google Search

Hallo sahabat IDwebhost apa kabar? Pasti dahsyat penuh semangat hari ini. Kali ini saya akan membahas tentang penerapan SEO untuk mendapatkan peringkat Pertama dari Pencarian Google Search. Sebelum masuk pembahasan, yuk kita simak definisi dan pengertian SEO itu sendiri. Pengertian SEO adalah memiliki kepanjangan (Search Engine Optimization), yang merupakan hal paling penting untuk mendapatkan peringkat pertama pada pencarian Google. Lebih jelasnya suatu teknik yang digunakan webmaster untuk mengoptimalkan website, blog, atau situs. Tujuannya agar bisa mendapatkan peringkat pertama pada mesin pencari seperti Google, Bing, maupun Yahoo.

Dan saat ini persaingan untuk menadapatkan peringkat pertama pencarian Google sangat ketat. Setiap hari ribuan konten artikel terposting dengan berbagai macam teknik SEO yang diterapkan oleh para webmaster. Kenapa persaingan merebutkan peringkat pencarian Google ini sangat ketat? Karena setiap judul artikel yang mendapatkan atau muncul pada halaman pertama pencarian tentu peluang untuk mendapatkan keuntungan sangat besar dari website traffic. Bayangkan saja tiap kita mencari kata kunci tertentu misal “jasa pembuatan website termurah” maka yang ada pada halaman pencarian Google akan muncul berbagai pilihan yang menarik untuk dikunjungi terutama pada urutan atas. Inilah yang menentukan keberhasilan website kita.

Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Adalah Kuncinya

Ketika website kita menempati peringkat atas dari pencarian peluang mendapakan pengunjung juga sangat besar bahkan setiap hari ada lebih dari ribuan pencarian. Nah dengan penerapan SEO yang maksimal kita jadi memiliki peluang dan kemungkinan untuk memperoleh kunjungan dari para pencari produk atau jasa. Lebih dari itu dari kunjungan yang ada semakin besar pula orang akan mengenal, menggunakan, bahkan membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Dengan demikian selangkah lagi dengan mendapatkan peringkat pertama pencarian tadi kita akan semakin dekat dengan kesuksesan yang ingin dicapai.

Dari pembahasan di awal tadi kita telah tahu bahwa ribuan konten segar terupdate setiap hari pada (SERP) Search Engine Results Page atau lebih mudahnya hasil pencarian. Selain itu persaingan yang ketat membuat kita akan kesulitan untuk bisa mendapatkan peringkat pertama pada Google Search. Untuk itu saya akan berbagi langkah-langkah, cara, tips, trik penerapan SEO yang pasti semua bisa melakukanya dengan mudah. Penasaran kan? yuk simak penjelasan berikut!

Langkah-langkah Dapat Peringkat Pertama Google Search

Agar tujuan kita sukses dalam penerapan SEO yang kita rencanakan maka terlebih dahulu kita akan mengenal beberapa aspek yang bisa mempengaruhi peringkat website kita di Google atau mesin pencari yang lainnya. Ada beberapa hal yang terlebih dulu kita ketahui yang pastinya mempengaruhi sebuah website dari algoritma, keywords, page rank, traffic, dan kesehatan website yang kita miliki.
Pastikan selalu ikuti update algoritma Google!

Untuk mendapatan kualitas pencarian Google terus mengembangkan algoritma mereka, tujuannya untuk bisa memberikan pencarian yang akurat dari penelusuran. Hal ini merupakan sistem yang memiliki prosedur, langkah dari Google search engine. Algoritma ini memiliki peran dalam menentukan seberapa penting dan layak website kita dapat rekomendasi dari hasil pencarian secara otomatis, cepat dan efisien.

Jadi, bagaimana kita bisa memastikan website kita di peringkat pertama? Jawabanya memang tidak ada yang dapat memastikannya. Banyak artikel yang memiliki kuantitas atau jumlah kata yang dimuat ada juga artikel yang hanya memiliki sedikit kata yang dimuat namun keduannya memiliki kualitas yang berbeda maka algoritma Google akan menentukan mana yang layak untuk bisa masuk ke jajaran atas pencarian. Namun kelebihan dari jumlah kata yang di muat akan memiliki umur yang panjang di pencarian dan tidak akan tergeser oleh artikel yang lain.

Algoritma Google yang Selalu Berubah

Setiap perubahan algoritma memang tidak ada yang bisa memastikan kriteria seperti apa yang bisa membuat artikel kita masuk ke peringkat atas. Begitu pun juga seorang SEO master pun belum tentu bisa memastikan kontennya bisa bertahan pada hasil pencarian teratas. Ini membuat persaingan semakin ketat namun jangan khawatir bahkan pemula pun bisa memaksimalkan kontennya agar bisa menempati peringkat pertama.

Kebanyakan artikel-artikel yang membahas tentang SEO sebagian besar hanyalah spekulasi, hanya sebagian kecil yang hampir bisa diterapkan untuk mendapatkan peringkat pertama Google search. Banyak yang mengatakan hambatan seorang SEO master adalah perubahan algoritma yang terus berubah.

Tapi jangan khawatir langkah selanjutnya adalah 100% aman untuk bisa mendapatkan peringkat pertama pencarian, karena ini sering di terapkan dan di perhatikan oleh pakar SEO untuk membuat konten mereka. Oke yuk simak langkah selanjutnya!

Penerapan SEO Ikuti Update Algoritma Google

1. Pastikan Selalu Ikuti Update Algoritma Google

 

Untuk mendapatan kualitas pencarian Google terus mengembangkan algoritma mereka, tujuannya untuk bisa memberikan pencarian yang akurat dari penelusuran. Hal ini merupakan sistem yang memiliki prosedur, langkah dari Google search engine. Algoritma ini memiliki peran dalam menentukan seberapa penting dan layak website kita . Sehingga dapat rekomendasi dari hasil pencarian secara otomatis, cepat dan efisien.

Jadi bagaimana kita bisa memastikan website kita di peringkat pertama? Jawabanya memang tidak ada yang dapat memastikannya. Banyak artikel yang memiliki kuantitas atau jumlah kata yang dimuat ada juga artikel yang hanya memiliki sedikit kata yang dimuat. Namun keduannya memiliki kualitas yang berbeda maka algoritma Google akan menentukan mana yang layak untuk bisa masuk ke jajaran atas pencarian. Namun kelebihan dari jumlah kata yang dimuat akan memiliki umur yang panjang di pencarian dan tidak akan tergeser oleh artikel yang lain.

Setiap perubahan Algoritma memang tidak ada yang bisa memastikan kriteria seperti apa yang bisa membuat artikel kita masuk ke peringkat atas. Begitu pun juga seorang SEO Master pun belum tentu bisa memastikan kontennya bisa bertahan di hasil pencarian teratas. Ini membuat persaingan semakin ketat namun jangan kawatir bahkan pemula pun bisa memaksimalkan kontennya agar bisa menempati peringkat pertama.

Kebanyakan artikel- artikel yang membahas tentang SEO sebagian besar hanyalah spekulasi, hanya sebagian kecil yang hampir bisa diterapkan untuk mendapatkan peringkat pertama Google search. Banyak yang mengatakan hambatan seorang SEO master adalah perubahan algoritma yang terus berubah.

Tapi jangan khawatir langkah seanjutnya adalah 100% aman untuk bisa mendapatkan peringkat pertama pencarian, karena ini sering di terapkan dan diperhatikan oleh pakar SEO untuk membuat konten mereka. Oke yuk simak langkah selanjutnya.

Penerapan SEO Melakukan Keyword Research

2. Melakukan Keyword Research Yang Akan di Target

Sebelum membuat konten pastinya kita harus tau terlebih dahulu niche dari website kita. Misal website kita memiliki niche market jasa pembuatan website, nah disini kita harus tau keywords apa yang akan kita bidik terlebih dahulu. Saat ini sudah ada banyak tool yang bisa kita gunakan untuk melakukan riset keywords seperti google keyword planner, ubersuggest, keyword tool, wordstream free keyword tool, keyword eye.

Google keyword planner tools adalah yang paling sering digunakan bahkan sampai saat ini saya masih menggunakan tool ini karena keakuratan hasil yang ditampilkan. Dengan tool ini kita bisa mendapatkan data dan informasi mengenai target pasar kita, dan seberapa besar persaingan yang dari niche market kita. Penting untuk kita perhatikan sebelum kita menentukan keywords yang kita bidik sesuai dengan produk atau jasa yang akan kita tawarkan agar bisa mendapatkn pengunjung ke website kita. Jangan sampai sudah capek menulis atau membuat konten yang banyak ternyata belum ada pengunjung yang mampir mengunjungi website yang kita miliki.

Mendapatkan Organic Traffic

3. Utamakan Mendapatkan Organic Traffic

Setiap kali ada pengunjung atau visitor ke website kita disitu ada yang namanya oganic traffic. Istilahnya murni dari hasil pencarian dan mereka tertarik dengan konten kita. Visitor yang murni dari hasil pencarian ini sangat disukai oleh google search engine yang akan memberikan nilai baik pada website kita. Berbeda dengan visitor yang dihasilkan dari share link, iklan dan lain sebagainya.

Cara yang paling baik dan benar untuk bisa mendapatkan organic traffic ini adalah selalu memperhatikan kualitas konten yang selalu kita terbitkan secara berkelanjutan, terjadwal, dan konsisten. Nah bagaimana bisa kita memiliki atau membuat konten yang berkualitas? Sebenarnya jika selalu memperhatikan penulisan dengan baik dan benar maka konten kita bisa mendapatkan peluang untuk bisa bersaing.

Penerapan SEO memperhatikan Kesehatan website Terjaga

4. Memastikan Kesehatan Website Terjaga

Langkah berikutnya adalah selalu menjaga kesehatan website kita, banyak hal yang bisa mempengaruhi performa dari website kita. Memang benar memiliki website saat ini sangat mudah namun perlu diperhatikan juga dari segi kesehatanya. Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan seperti adanya penurunan yang akan merugikan website kita. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan website seperti broken link, spam dan lain sebagainya. Untuk menjaga performa tetap baik maka dibutuhkan pengecekan setiap minnggu, bulan, dan setiap kuartal.

Penerapan SEO Selalu Cek dan Evaluasi Page Rank

5. Selalu Cek dan Evaluasi Page Rank

Dari langkah yang telah kita bahas seperti poin-poin di atas maka hal selanjutnya adalah cek page rank dari website kita. Setelah menerbitkan konten maka per bulan pada pencarian sudah mulai nampak hasil yang konsisten. Sebenarnya 1×24 jam setelah kita posting sudah bisa kita cari di pencarian. Namun saat itu juga ada konten yang sejenis yang juga terposting.

Nah setiap bulan perlu memastikan apakah konten atau website kita masih berada di deretan peringkat pertama pencarian ataukah sudah tergeser dengan konten-konten yang lain. Hal ini perlu kita perhatikan untuk selalu melakukan pengecekan dan mengevaluasi. Untuk mencegah penurunan peringkat yang perlu diperhatikan adalah kualitas artikel dan kecepatan akses dari page wabsite yang diakses oleh visitor.

Baca juaga: Jasa pembuatan Website Terbaik

Kesimpulannya Pentingnya Penerapan SEO pada website

Setelah kita mengetahui pentingnya penerapan SEO pada website kita maka peluang untuk bisa menarik pengunjung untuk memilih website kita tentu snagat besar. Penerapan SEO memnag tidak hanya memperhatikan poin di atas namun ada banyak faktor yang perlu di perhatikan juga. Untuk bisa menjadi SEO profesional tidak bisa kita dapatkan atau pelajari dengan waktu semalam namun proses yang panjang untuk memahaminya.

Terlabih dari update algoritma Google yang terus berubah. Yang terpenting adalah kita sudah berusaha menyajikan konten yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengunjung. Jika pengunjung mendapatkan manfaat dari website kita maka mereka pun dengan senang hati akan selalu menggunakan jasa atau produk yang kita tawarkan. Selamat mencoba dan sukses untuk para pemula yang masih belajar SEO untuk bisa bersaing dengan yang lain.

Ingin memiliki website yang sukses? Yuk kunjungi idwebhost layanan nya yang lengkap dan profesional dari mulai domain, hosting, pembuatan website dan lain-lain.