5 Tips Memilih VPS Murah dan Berkualitas
Blog Tips Keren 5 Tips Memilih VPS Murah dan Berkualitas

5 Tips Memilih VPS Murah dan Berkualitas

VPS murah

VPS (Virtual Private Server) adalah sebuah layanan yang menyewakan virtual sever. Kelebihan dari VPS server ini dibandingkan dengan web hosting biasa ada pada kebebasan dalam menentukan sistem operasi dan platform sehingga akan memberikan optimalisasi dalam pengelolaan website Anda. Saat ini banyak sekali pengelola website yang mencari VPS murah untuk menunjang websitenya.

Banyak sekali VPS yang ditawarkan diluar sana. Hal ini tentu cukup membingungkan. Di sisi lain, mereka menawarkan dengan harga murah, tetapi juga ada yang menawarkan dengan harga cukup terjangkau. Mana yang merupakan pilihan paling tepat? Bagaimana cara memilih VPS yang murah namun tetap berkualitas? Pertimbangkanlah beberapa tips di bawah ini sebelum memutuskan untuk membeli VPS.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Visitor

Dalam memilih VPS untuk website yang Anda bangun, sebaiknya pertimbangkan mengenai pengunjung atau visitor website Anda. Sebagai contoh sederhana, jika website yang Anda kelola adalah sebuah website bisnis travel, sudah jelas visitor website Anda yang merupakan calon client akan didominasi oleh orang indonesia. Untuk itu, VPS yang terbilang cocok untuk website dengan niche travel seperti ini adalah VPS IIX/ lokal.

2. Memperhitungkan Bandwidth dan Kecepatan Server

Untuk menghindari biaya tambahan pada VPS karena bandwidth yang melebihi batas, maka harus dilakukan perhitungan untuk memperkirakan bandwidth yang nantinya akan digunakan. Dalam menentukan bandwidth, terdapat ukuran agar Anda terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan. Secara sederhananya ukuran yang digunakan untuk kebutuhan bandwith website atau blog adalah sebagai berikut:
Jika dimisalkan terdapat 1000 pengunjung setiap harinya dengan kebutuhan bandwidth setiap pengunjung adalah 5MB, maka
–  1 Bulan = 30.000 pengunjung
–  Bandwith 5MB x 30.000 = 150.000 MB setara dengan 150 GB per bulannya.
Maka dengan perhitungan sederhana diatas, kebutuhan BW pada VPS setidaknya adalah 200-500 GB untuk setiap bulannya.

Bandwidth dan Kecepatan Server

3. Mempertimbangkan Resource dan Teknologi

Dalam memilih web hosting maupun VPS, terdapat satu kesamaan yang harus diperhatikan yaitu teknologi atau fitur. Pastikan bahwa layanan VPS yang Anda pilih menggunakan teknologi yang baru, hal ini akan lebih mempermudah Anda dalam mengelola website. VPS yang menggunakan teknologi terbaru pada umumnya dilengkapi dengan sejumlah fitur monitoring terhadap CPU, DISK SPACE, RAM, Inode. Pastikan pula VPS tersebut memiliki panel untuk melakukan remote seperti shutdown, reboot, reinstall, dsb. Tentunya hal ini sangat penting karena jika terdapat kendala pada website atau server maka Anda dapat melakukan pembenaran melalui console, maupun melakukan reboot. Ini akan bermanfaat dalam mengelola dan mengatur server.

4. Kualitas Hardware

Komponen server akan dilihat dari kinerja hardwarenya. Semakin bagus suatu hardware semakin cepat pula kinerja server VPS (Virtual Private Server). Untuk itu, sesuaikan dengan kebutuhan. Jika hanya menggunakan 1 platform Metatrader dan setelah itu tidak ada aktivitas lain seperti browsing, mencoba software-sofware lain, ataupun menggunakan game berat, maka server dengan hardware minimum sudah bisa digunakan. Cirinya bisa diketahui dengan melihat harga yang ditawarkan. Semakin murah, semakin kecil kualitas hardwarenya.

5. Keamanan Data

Untuk memastikan keamanan data, Anda sebaiknya menanyakan detail virtualisasi yang digunakan. Apakah openVZ, XEN, KVM atau yang lain-lain. Kebanyakan pengelola website lebih menyukai menggunakan VZCTL ENTER VID. Sebagai tambahan, meskipun VPS murah cenderung riskan dengan kualitas yang kurang, namun bukan berarti Anda harus memilih VPS dengan harga mahal. Anda sebaiknya melakukan perbandingan harga yang bijak antara satu provider VPS dengan provider VPS lainnya.

Itulah kelima tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih VPS yang murah dan berkualitas. Jika saat ini Anda sedang mencari penyedia hosting atau domain yang terpercaya, maka Anda bisa menggunakan Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting yang handal dan berkualitas di Indonesia. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.