5 Tips Memilih Layanan Hosting Terbaik Indonesia
Blog Tips Keren 5 Tips Memilih Layanan Hosting Terbaik Indonesia

5 Tips Memilih Layanan Hosting Terbaik Indonesia

Kamu sudah mencari nama domain terbaik kamu? Kemudian mendaftarkannya. Selanjutnya kamu membutuhkan yang namanya hosting. Tanpa hosting, domain kamu tidak akan memiliki tempat untuk membangun website kamu. Nah, seperti apa sih tips memilih layanan hosting terbaik Indonesia?

Memang, keberadaan domain dan hosting adalah dua hal yang bisa kita bilang saling terikat dan tak terpisahkan. Jika diibaratkan sebuah rumah, maka hosting adalah bangunan fisik tempat rumah itu sendiri, sedangkan domain adalah alamat dari rumah itu.

Tanpa adanya bangunan fisik, maka nama domain atau alamat domain tidak akan dapat orang akses. Orang tidak akan menemukan bentuk seperti apa dari domain tersebut. Sebaliknya, ketika tidak ada domain, hosting juga menjadi tanah kosong di belantara tanpa kepemilikan alamat yang jelas.

Oleh sebab itu, selain harus memperhatikan nama domain yang baik dan berkualitas. Kamu juga perlu banget untuk memilih layanan hosting terbaik. Apa lagi saat ini penyedia layanan hosting sangat banyak dan beragam. Bisa jadi kamu akan kesulitan menentukan yang terbaik.

Perkembangan dunia digital Indonesia memang menjadikan pilihan penyedia layanan hosting yang kini sangat beragam. Sebagai calon pembeli kita memiliki kesempatan untuk menentukan mana yang terbaik. Ini penting agar kita tidak salah dalam memutuskan membeli sebuah domain.

Setidaknya ada lima tips dalam memilih layanan hosting terbaik Indonesia; mulai dari paket dan kebutuhan, lokasi server, fitur, layanan bantuan, dan tentu saja penyedia layanan hosting itu sendiri. Mari kita bahas satu persatu berikut ini:

1. Sesuaikan Paket Hosting dengan Kebutuhan Kamu

Sesuaikan Paket Hosting dengan Kebutuhan Kamu

Tips memilih layanan hosting pertama-tama adalah dengan mengetahui kebutuhan kamu. Apa yang akan kamu buat, website seperti apa yang kamu butuhkan? Apakah kamu akan membuat website toko online, atau kamu akan membuat website untuk portofolio pribadi kamu.

Mengetahui kebutuhan ini sangat penting, karena umumnya penyedia layanan hosting akan menawarkan paket hosting yang beragam. Yang mana memiliki harga yang juga beragam dengan fitur tambahan yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu, kamu jangan terpaku pada satu layanan saja, namun ada baiknya untuk melakukan pembandingan paket yang ada dan sesuaikan dengan apa yang menjadi tujuan kamu dalam membangun sebuah website. Jangan sampai kamu memilih paket yang tidak sesuai. Karena akan merepotkan kamu nantinya.

Bisa dikatakan hosting dibagi atas tiga jenis, shared, VPS dan dedicated. Shared hosting menjadi yang paling banyak digunakan oleh usaha-usaha kecil menengah, ini tidak lain karena relatif lebih terjangkau dari sisi harga dan sudah dapat memenuhi kebutuhan website sekala kecil dan menengah.

Akan tetapi, karena share host, maka servernya pun digunakan secara beramai-ramai oleh pelanggan yang lain, maka di jam-jam ramai server kamu bisa terpengaruh akibat aktivitas situs pelanggan lain yang ditempatkan di server yang sama. Ini sering kali menjadikan website down atau terganggu.

Jika sudah demikian, maka saatnya kamu memperbaharui hosting kamu dengan layanan yang lebih tinggi. Sudah saatnya kamu menyesuaikan kembali kapasitas dengan kebutuhan kamu. Misalnya ketika kamu membuat toko online, paling tidak carilah paket disk space di atas 10GB, karena kamu akan sangat membutuhkan ruang simpan yang cukup untuk berbagai macam produk yang tentu banyak mengandung konten gambar ketimbang teks.

Jika memang biaya kamu mencukupi kamu juga bisa mulai menyiapkan untuk memikirkan layanan hosting unlimited untuk lebih leluasa dalam melakukan penyimpanan. Semua kembali lagi, pada kebutuhan kamu. Jadi jangan sampai kamu salah dalam memilih hosting ya.

2. Memilih Layanan Hosting Dengan Cek dan Bandingkan Fiturnya

Memilih Layanan Hosting Dengan Cek dan Bandingkan Fiturnya

Karena ada banyak penyedia layanan hosting terbaik Indonesia, dengan berbagai fitur dan penawaran yang beragam. Maka kamu sebaiknya membuat lis pembandingan dari setiap layanan hosting yang mereka tawarkan.

Dengan kamu melakukan cek dan pembandingan fitur, harapannya kamu akan mendapatkan yang memang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Perlu kamu ingat, tidak semua fitur yang mereka tawarkan kamu butuhkan. Kadang-kadang memang banyak fitur yang sifatnya gimik saja, dan tidak benar-benar diperlukan.

Sekarang coba kamu kumpulkan layanan hosting yang menurut kamu paling baik, kemudian perhatikan kembali fitur-fitur yang mereka tawarkan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, dalam membuat cek dan pembandingan fitur hosting antara lain:

  • Berapa addon domain yang bisa ditambahkan?
  • Berapa bandwidth yang ditawarkan?
  • Berapa database yang bisa dibuat?
  • Ketersediaan Cpanel, atau Plesk
  • Dukungan fantastico atau softaculous installer atau paling tidak terdapat berbagai script CMS untuk instalasi otomatis, misalnya Magneto, CMS WordPress, Joomla, dan lain-lain.
  • Dukungan SSL
  • Adakah fitur Website Builder?
  • Apakah sudah ada fitur backup otomatis.

3.  PilihPenyedia Hosting Terpercaya

Pilih Penyedia Hosting Terpercaya

Menjadi sangat penting juga memperhatikan penyedia layanan hosting. Saking banyaknya penyedia layanan hosting bisa membuat kamu bingung, mana yang benar-benar profesional dan mana yang kemungkinan besar bisa merugikan kamu.

Pertama, coba cek apakah penyedia layanan hosting terdaftar resmi, apakah sudah berbadan hukum misalnya sebagai PT. Kemudian cek sudah sejak kapan? Apakah sudah 10 tahun? 5 tahun? Atau jangan-jangan baru satu bulan. Kamu perlu melihat yang sudah lebih lama untuk jadi prioritas.

Mengapa masa operasi perusahaan menjadi penting, karena semakin lama tentu sudah terpercaya dan menjamin dalam pelayanan yang diberikan. Misalnya, seperti berbagai paket layanan hosting murah IDWebhost yang sudah menjadi teman bagi pelaku bisnis selama bertahun-tahun untuk mengelola bisnis mereka dalam ranah online.

Kamu bisa lihat bagaimana review tentang penyedia layanan hosting yang akan kamu gunakan. Kamu bisa menanyakan kepada orang yang sudah menggunakan. Atau paling mudah dengan mengunjungi situs tanya jawab untuk mendapatkan review pengalaman pengguna dari layanan hosting kamu.

4. Pilih Lokasi Server yang Tepat

Pilih Lokasi Server yang Tepat

Memang ada beberapa orang beranggapan bahwa lokasi server tidak perlu diperhatikan saat memilih hosting. Namun beberapa yang lain, akan menentukan dengan teliti lokasi server mereka. Hal ini karena pada dasarnya masih berlakunya konsep konvensional, yaitu semakin dekat lokasi server maka makin cepat pula akses kunjungan ke situs bersangkutan.

Ingat, kecepatan sebuah website sangat berpengaruh bagi pengunjung kamu. Saat ini bahkan kecepatan menjadi salah satu poin penilaian rangking Google dalam menentukan website mana yang layak mereka munculkan dalam halaman utama Google.

Maka, jika sebagian besar pasar atau calon pengunjung website kamu adalah pengguna di Indonesia, maka pilih server yang berlokasi di Indonesia. Namun jika ternyata target kamu ada di luar negeri, ya kamu bisa pilih server yang ada di luar negeri. Semua kembali pada pilihan dan tujuan kamu dalam membangun website.

5. Memilih Layanan Hosting Dengan Uji Kualitas Layanan Pelanggannya

Memilih Layanan Hosting Dengan Uji Kualitas Layanan Pelanggannya

Terakhir dalam tips memilih layanan hosting terbaik Indonesia adalah uji kualitas layanan pelanggan. Mungkin kamu menganggap remeh hal ini, namun yang namanya layanan pelanggan ini sangat penting. Berbagai kenyamanan saat memakai layanan akan kamu dapatan jika pelayanan yang diberikan memang bagus.

Jika layanan pelanggannya cepat, responsif dan ramah, tentu kamu akan merasa senang. Nah, sebaliknya, jika layanan pelanggannya buruk, lemot dan berbelit-belit, tentu kamu merasa kecewa. Ingat, sering kali kita lebih memilih layanan yang nyaman dan ramah, dari pada produk itu sendiri.

Apa lagi berhubungan dengan hosting. Jika terjadi kendala kamu tentu akan menghubungi tim layanan pelanggan. Nah, jangan sampai kamu mendapatkan pelayanan yang tidak baik, apa lagi berbelit dan tidak profesional. Pastikan ini menjadi poin penilaian kamu dalam menentukan layanan hosting.

Cobalah untuk melakukan uji layanan pelanggannya dengan cara mencobanya sendiri secara langsung. Dan beri penilaian. Kamu bisa melakukan tes ini untuk berbagai penyedia layanan hosting yang kamu akan pilih. Selain itu kamu juga bisa tanyakan ke pengguna lain dalam forum media sosial.

Nah demikian pembahasan kita kali ini mengenai 5 tips memilih layanan hosting terbaik Indonesia. Semoga pembahasan ini bermanfaat. Dan untuk artikel menarik lainnya silakan kunjungi Blog IDwebhost. Terima kasih sudah membaca. Salam Ari IDWebhost.