5 Peluang Usaha Bulan Puasa Menjanjikan
Blog Bisnis 5 Peluang Usaha Bulan Puasa Menjanjikan

5 Peluang Usaha Bulan Puasa Menjanjikan

Bulan Puasa atau Ramadan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia, bulan ini adalah bulan penuh berkah bagi pelaku usaha. Kita tahu berbagai jenis usaha akan bermunculan ketika memasuki bulan puasa ini. Nah, ada 5 peluang usaha bulan puasa menjanjikan yang bisa kamu lakukan di tahun 2021 ini.

Tidak terasa sudah memasuki Bulan Puasa Ramadan, ini adalah puasa ke dua yang umat muslim lalui di tengah pandemi. Jika kita merujuk pada bulan puasa tahun lalu, berbagai kegiatan yang biasa kita lakukan di bulan puasa, terpaksa tidak dapat kita lakukan demi menjaga jarak dan menjaga diri agar tidak terpapar covid-19.

Tahun lalu memang menjadi tahun sulit bagi pengusaha, khususnya karena batasan kegiatan yang masih minim persiapan. Sehingga kegiatan usaha masih belum siap atau belum bisa untuk dilakukan. Nah, pada tahun ini, harapan besar bagi pelaku usaha dalam menyambut bulan puasa dengan berbagai kesempatan dan peluang usaha yang ada.

Harapannya pelaku usaha pada tahun ini bisa mendapatkan peningkatan keuntungan di bulan Ramadan dengan peluang usaha yang ada. Peluang usaha yang biasa muncul di bulan puasa seperti kuliner, busana, bingkisan, hingga transportasi, menjadi yang diperkirakan akan ramai peminat pada tahun ini.

Tentu saja, berbagai kegiatan usaha tetap mematuhi protokol kesehatan dan kebiasaan baru. Ini menjadi penting bagi pelaku usaha untuk memahami bagaimana strategi yang tepat dalam menjalankan usaha di tengah pandemi pada bulan puasa kali ini.

Apa saja peluang usaha yang bisa kamu jalankan pada puasa di tengah pandemi seperti saat ini? Bagi kamu yang ingin memulai bisnis di bulan puasa, berikut ini lima peluang bisnis di bulan puasa menjanjikan yang bisa kamu jalankan.

1. Busana Muslim dan Perlengkapan Ibadah

peluang usaha Busana Muslim dan Perlengkapan Ibadah

Usaha sandang memang mengalami hantaman karena covid-19, jika kita merujuk pada tahun 2020 usaha ini mengalami banyak penurunan. Ini tidak lain karena daya beli masyarakat yang menurun, dan masih belum pastinya kondisi saat itu.

Jika pada tahun 2020 masyarakat terpaksa tidak membeli busana muslim dan perlengkapan ibadah baru dalam menyambut bulan puasa dan lebaran. Hal ini akan berbeda pada tahun 2021. Pada tahun ini, usaha sandang menjadi salah satu peluang usaha yang menarik untuk kamu coba.  Ini tidak lain dari data peningkatan daya beli ekonomi yang berangsur membaik di masyarakat.

Selain itu, masyarakat yang pada tahun 2020 tidak melakukan belanja untuk sandang, tentu menginginkan untuk memiliki busana muslim dan perlengkapan ibadah baru pada tahun ini. Hal ini juga dengan semakin banyaknya masyarakat yang mulai terbiasa dengan belanja secara online.

Sehingga bagi kamu yang akan menjalankan usaha busana muslim dan perlengkapan ibadah, maka kamu harus menyiapkan lini pemasaran secara online. Perubahan model belanja karena pandemi ini, memang menjadi cara baru bagi pengusaha dan konsumen dalam menemukan titik temu  bertransaksi.

Jika kita lihat bisnis busana muslim akan memberikan penghasilan yang sangat menjanjikan, apa lagi di bulan Ramadan. Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim, maka akan banyak orang yang berbelanja busana muslim dan ingin tampil dengan busana baru, modis dan terkini.

Apa lagi kita tahu, ada semacam kebiasaan untuk menggunakan baju baru di hari raya. Bisa  saja walau lebaran melalui zoom, atau memanfaatkan video call, namun tetap dengan mengenakan dan merayakan lebaran dengan baju baru.

Nah, bagi kamu yang akan memulai usaha busana muslim ini,  jangan khawatir jika memiliki sedikit modal karena kamu bisa berjualan sebagai reseller atau dropshipper. Kamu bisa mencari berbagai penyedia busana muslim dan perlengkapan ibadah dari pedagang besar. Informasi mengenai reseller atau dropshipper bisa kamu cari melalui website toko online mereka.

2. Jajanan Hidangan untuk Berbuka Puasa

peluang usaha Jajanan Hidangan untuk Berbuka Puasa

Ragam kuliner hidangan untuk berbuka puasa menjadi salah satu usaha yang muncul setiap bulan puasa. Pada kondisi normal, kita tahu akan ada banyak pasar  dadakan atau Pasar Ramadan yang akan menjadi tempat menjajakan berbagai ragam kuliner khas bulan puasa.

Pasar Ramadan ini sering juga menjadi titik bertemu untuk berbuka puasa bersama, menghabiskan waktu sembari menunggu berbuka puasa, dan  berbelanja untuk mencari menu berbuka untuk keluarga. Namun dalam situasi pandemi, tentu saja pelaksanaan Pasar Ramadan ini dibatasi dan jika pun di daerah kamu buka, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Jajanan hidangan untuk berbuka puasa menjadi peluang usaha yang laris manis. Kita tahu setelah menjalani ibadah puasa sehari penuh, tentu saja keinginan untuk membeli hidangan berbuka akan sangat  besar. Apa lagi berbagai menu kuliner sering kali hanya akan ada ketika bulan puasa saja.

Memang karena pandemi mungkin sebagian besar orang memilih untuk memasak sendiri menu untuk berbuka puasa. Namun jangan lupa, masih banyak orang yang tak jarang yang tidak memiliki waktu untuk memasak sendiri. Tinggal bagaimana kamu menyediakan layanan yang bisa memberi kemudahan mereka dalam mendapatkan hidangan berbuka puasa.

Menyiasati kondisi pandemi, maka kamu bisa menjalankan usaha ini dengan memanfaatkan pesan antar. Bisa kamu secara langsung yang mengantar atau memanfaatkan Ojek Online sebagai mitra kamu. Menjadi penting, tinggal bagaimana kamu melakukan promosi dari usaha kamu ini. Promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan sosial media marketing.

3. Usaha Kue Kering Spesial Bulan Puasa

Usaha Kue Kering Spesial Bulan Puasa

Apa yang pasti ada di ruang tamu ketika lebaran? Benar, kue kering.  Setiap rumah pasti memiliki kue khas lebaran ini. Kue kering memang memiliki peluang bisnis yang sangat bagus di bulan puasa. Karena permintaan akan kue kering terus meningkat ketika bulan puasa dan perayaan hari raya lebaran.

Jika kita lihat data penjualan makanan berupa kue kering ini mengalami peningkatan yang pesat saat bulan puasa, terutama saat menjelang Lebaran. Tidak sedikit pengusaha yang kemudian menangkap peluang ini dengan menjadi pengusaha kue kering dadakan.

Jika dulu kue kering dan kudapan lebaran di maksudkan untuk menyambut tamu yang datang ke rumah mereka saat Idulfitri. Mungkin dalam kondisi pandemi seperti saat ini, suasana saling berkunjung akan dibatasi. Namun kebutuhan akan kue kering tetap ada untuk merayakan lebaran.

Jika kamu memiliki keahlian dalam membuat kue kering, maka kamu bisa membuat sendiri atau kamu bisa menjual produk orang lain. Agar kamu berhasil dalam peluang usaha puasa ini, cobalah pilih kue-kue dan kudapan yang populer, paling laris, dan memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Dan tentu saja, kamu bisa memasarkan kue kering kamu melalui digital marketing. Karena mungkin saja calon pembeli kamu dari berbagai daerah, dan kamu perlu melakukan pengiriman  jarak jauh, maka kamu perlu memperhatikan juga kemasan dan wadah pengiriman yang akan aman bagi kue kering kamu.

4. Usaha Parsel Online

Usaha Parsel Online

Apakah kamu adalah pribadi yang kreatif dan inovatif? Kamu suka berkreasi atau membuat kerajinan tangan? Maka, saatnya kemampuan kamu dalam membuat berbagai kerajinan yang menarik menjadi peluang bisnis besar, yaitu usaha parsel online.

Usaha parsel bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu  dalam mencari berkah di bulan puasa ini, kamu tidak perlu langsung membeli dalam jumlah banyak. Kamu hanya butuh membuat berbagai contoh parsel kamu, dan mempromosikan secara online. Ketika kamu yang memesan baru kamu membuat kreasi parsel kamu.

Di bulan puasa dan menjelang lebaran, akan banyak orang yang berburu parsel yang kreatif dan unik untuk dihadiahkan kepada keluarga, kerabat, dan teman. Parsel dalam budaya juga sebagai tanda kasih sayang dan kepedulian terhadap orang-orang terdekat. Dan sudah sangat umum menjadi bingkisan atau hadiah di saat lebaran.

Cobalah untuk membuat parsel dengan tema yang unik. Cobalah untuk bisa memilih isi parsel yang beraneka ragam, mulai dari makanan ringan, minuman, alat tulis, hingga peralatan makan. Kamu bisa mengisi parsel dengan kue kering, makanan ringan, dan minuman menyegarkan. Sebagai pembeda, misalnya parsel kamu bisa juga berisi peralatan makan seperti piring dan cangkir, alat sholat atau berbagai produk khas lebaran lainnya.

5. Rental Mobil

peluang usaha Rental Mobil

Jika kita melihat libur lebaran tahun lalu dan kemudian perkembangan akan kebutuhan liburan atau pariwisata tahun ini yang sudah mulai bisa beroperasi, maka usaha rental mobil menjadi hal yang menarik untuk kamu coba.

Memang ketika lebaran, persewaan mobil banyak dicari oleh masyarakat. Kita tahu mudik sudah dibatasi, ada larangan pada tanggal tertentu. Namun hal ini bisa menjadi peluang, bagi kebutuhan bepergian atau mudik lebih awal. Tentu dengan memanfaatkan mobil pribadi dengan rental.

Namun untuk rental mobil ini membutuhkan modal yang cukup besar. Sehingga kamu perlu untuk melakukan perhitungan dan perencanaan usaha rental mobil yang lebih matang. Tentu saja tidak berhenti pada bulan puasa saja, namun perlu berlanjut menjadi agen travel wisata.

Kesimpulan Peluang Usaha Bulan Puasa

Sebagai pelaku usaha, perubahan adalah hal yang harus terus diikuti, termasuk perubahan yang disebabkan oleh pandemi. Kondisi pandemi ini menjadi tantangan dan juga peluang jika kita bisa melihat sisi lain. Khususnya di bulan puasa, berbagai peluang usaha yang dulu ada, masih akan sangat mungkin untuk tetap laris manis dengan berbagai peluang usaha yang ada.

Usaha online menjadi pilihan tepat, tidak lain saat ini konsumen juga sudah sangat umum belanja secara online. Maka, sebagai pelaku usaha kamu harus benar-benar  menguasai bagaimana strategi pemasaran online. Termasuk dengan memanfaatkan website toko online untuk bisnis kamu.

Mendukung pelaku usaha agar bisa menjalankan usaha secara online. IDWebhost memiliki jasa pembuatan website toko online profesional yang bisa kamu manfaatkan. Selain itu IDWebhost juga menyediakan hosting terbaik dan domain bisnis yang akan mendukung kelancaran website bisnis kamu.

Dukungan IDWebhost bagi pelaku usaha agar bisa GO Digital yaitu dengan memberikan paket hosting murah berkualitas yang telah digunakan oleh ratusan ribu pengusaha Indonesia. IDWebhost juga menyediakan beragam kebutuhan ekstensi domain murah untuk bisnis kamu. Demikian pembahasan kali ini mengenai 5 peluang usaha bulan puasa menjanjikan. Semoga bermanfaat, salam Ari IDWebhost.