5 Manfaat Membuat Email dengan Domain Sendiri
Blog Tips Keren 5 Manfaat Membuat Email dengan Domain Sendiri

5 Manfaat Membuat Email dengan Domain Sendiri

manfaat email dengan nama domain

Ilmu dan teknologi berkembang dengan sangat pesat dan mempengaruhi berbagai bidang kehidupan manusia termasuk dalam hal komunikasi. Di zaman dulu saat orang ingin mengirim surat kepada orang lain maka ia harus menulisnya di selembar kertas dan mengirimkannya melalui pos dan layanan sejenisnya.

Saat ini, metode mengirim surat seperti itu sudah tidak banyak digunakan karena kita sudah mengenal suatu bentuk komunikasi yang baru yakni dengan menggunakan email. Email atau electronic mail memungkinkan seseorang untuk mengirimkan pesan atau file dengan lebih efisien, murah serta lebih cepat.

Di Internet banyak sekali penyedia jasa layanan email yang gratis, seperti contohnya Gmail atau Yahoo! Mail. Mereka menawarkan layanan hosting email gratis untuk setiap penggunanya. Tetapi layanan email gratis seperti ini sangatlah kurang pantas jika digunakan untuk profesional atau untuk perusahaan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan email dengan domain Anda sendiri atau domain perusahaan. Pada artikel berikut, kami akan membahas mengenai beberapa manfaat jika Anda membuat email dengan domain sendiri.

1. Reputasi

Sudah jelas bagi sebuah perusahaan ataupun organisasi, memiliki email dengan nama domain sendiri akan memberikan penilaian dan reputasi yang baik. Ini akan membuat Anda lebih terlihat profesional, baik dimata sesama pebisnis ataupun dengan pelanggan. Sebab bagaimanapun alamat email yang disertai dengan nama domain akan memberikan efek percaya kepada si pengirim email. Ini akan terlihat lebih baik daripada Anda menggunakan email dengan nama domain gratis seperti Gmail ataupun Yahoo! Mail.

2. Branding

Jika Anda memiliki alamat email dengan domain sendiri, ini akan mempermudah Anda untuk mempromosikan perusahaan atau bisnis yang dijalani. Setiap penerima email pasti akan memperhatikan setiap alamat email yang masuk. Dari alamat email tersebut bisa diketahui siapa dan apa maksud tujuan dari email yang dikirimkan. Dengan begitu, si penerima email akan lebih mengenal bisnis Anda.

3. Keamanan Data

Manfaat berikutnya yaitu tentang keamanan data email yang Anda kirimkan dan yang Anda terima. Karena bagaimanapun, email perusahaan baik kepada sesama karyawan, antar perusahaan ataupun dengan pelanggan memiliki sifat yang sangat rahasia dan butuh penjagaan yang ekstra. Itu sebabnya, Anda dianjurkan memilih untuk menggunakan email dengan nama domain sendiri yang sudah jelas memiliki hosting sendiri. Ini akan lebih membantu Anda dalam menjaga keamanan data email Anda.

Keamanan Data

4. Mempermudah Pelanggan Menemukan Anda

Ketika pelanggan menerima email dari Anda, pastinya dia akan memperhatikan alamat email tersebut. Saat mereka ingin mencari informasi lebih lanjut tentang perusahaan atau bisnis Anda, otomatis mereka akan mengunjungi alamat domain setelah tanda @ pada alamat email. Sebagai contoh Anda mempunyai email dengan alamat Leksi@idwebhost.com, saat orang lain ingin mengetahui perusahaan tempat bekerja Leksi, pasti orang tersebut akan mengunjungi alamat www.idwebhost.com.

5. Kapasitas Email

Layanan email gratis seperti Yahoo!Mail dan Gmail memiliki batas bandwidth, kapasitas email ataupun user dalam sebuah grup. Sementara, jika Anda menggunakan email dengan nama domain sendiri, Anda akan lebih leluasa dalam mengatur kapasitas penyimpanan email. Ditambah dengan spesifikasi tinggi dari penyedia layanan hosting yang fleksibel dalam memenuhi kebutuhan email Anda. Salah satunya dengan menggunakan penyedia hosting Idwebhost.

Idwebhost adalah penyedia yang handal dan berkualitas di Indonesia. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.