5 Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Makanan Saat Pandemi
Blog Bisnis Online 5 Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Makanan Saat Pandemi

5 Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Makanan Saat Pandemi

Usaha kuliner atau bisnis makanan menjadi salah satu bisnis yang memiliki tantangan tersendiri saat ini mengingat persaingan yang cukup ketat hingga sekarang. Banyak juga yang baru mulai menjalankan usaha kuliner namun berhenti ditengah jalan karena banyaknya kendala yang dihadapi. Walaupun terdengar begitu ketat namun peluang sukses yang ada masih terbuka lebar untuk siapa saja yang memulai usaha ini. Tentu saja setiap bisnis perlu melakukan strategi yang matang untuk bisa meraih kesuksesannya mulai dari riset, perencanaan yang matang, modal usaha, dan juga tidak lupa ketekunan yang akan menunjang keberhasilan bisnis makanan ini.

Kita tahu bahwa makanan adalah kebutuhan pokok bagi manusia sehingga jika terjun di bisnis makanan akan menjadi bisnis yang tidak akan ada matinya. Bahkan saat pandemi seperti ini restoran dan warung makan masih bisa beroperasi meski dengan keterbatasan. Salah satu penyebab mereka masih bisa bertahan adalah dengan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang saat ini.

Jika Anda tidak bisa cermat dan tidak siap menyesuaikan dengan keadaan saat ini maka bisa jadi akan lebih sulit untuk mencapai kesuksesan. Tentu dengan persaingan yang serba ketat ini harus pintar untuk menerapkan berbagai strategi pemasaran yang baik. Kemudian Jika Anda ingin terjun di usaha kuliner ini berikut simak beberapa kunci sukses berbisnis makanan saat pandemi saat ini.

Berikut 5 Kunci Sukses Berbisnis Makanan

Kualitas Makanan yang Dijual

1. Menjamin Kualitas Makanan yang Dijual

Kualitas makanan menjadi faktor penentu kesuksesan bisnis makanan Anda. Mengingat disaat pandemi seperti ini usaha makan mengharuskan bisa menjaga kualitas, higienis, dan juga kebersihan dari makannya. Orang akan lebih pilih-pilih saat ingin membeli makanan yang diinginkan dengan selalu menjaga kualitas pelanggan akan selalu berlangganan dan percaya pada warung kuliner yang Anda miliki.

Untuk itu perlu untuk memastikan bahwa produk yang Anda jual memiliki kualitas baik dan terjamin baik itu dari segi bahan, rasanya, pengemasan (dikasih pengikat) dan lain sebagainya. Jika dari segi pengolahan memastikan dengan cara standar operasional atau pengolahan yang baik.

Inovasi dalam Menjalankan Usaha Makanan

2. Melakukan Inovasi saat Menjalankan Usaha Makanan

Seorang pebisnis yang sukses dan selalu memenangkan persaingan adalah selalu memiliki inovasi. Dari inovasi inilah pebisnis akan selalu memunculkan varian-varian rasa yang baru dari yang pernah dibuat, sehingga pelanggan tidak merasa bosan dan selalu tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Tentu saja Anda tidak perlu memikirkan produk yang belum pernah ada namun dengan melihat produk makanan yang sudah ada dan memberikan sentuhan kreatifitas dari Anda akan menjadi nilai tersendiri dari segi rasa maupun tampilannya.

Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen

3. Menjaga dan Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Memberikan pelayanan yang baik dan juga adalah langkah bijak bagi pemilik usaha karena dengan citra usaha yang baik. Selain itu pelanggan akan dengan senang hati selalu memilih bisnis makanan yang Anda miliki dibandingkan dengan usaha sejenis yang tidak peduli dengan konsumen mereka.

Dengan menjalin hubungan baik pada konsumen maka usaha Anda akan dinilai lebih profesional dan memberikan kesan bahwa bisnis makanan yang Anda miliki dapat dipercaya. Dan pada akhirnya mereka akan menjadi repeat buyer atau pelanggan setia Anda.

Membidik Target Pasar yang Tepat

4. Membidik Target Pasar yang Tepat

Dari awal membuka bisnis makanan ini tentu saja harus mengetahui siapa saja yang akan membeli produk makanan kita. Oleh karenanya sejak pertama merintis usaha perlu mengetahui target pasar terlebih dahulu. Target pasar adalah sekelompok orang atau pembeli yang menjadi sasaran dari perusahaan untuk menjadi pembeli dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Misalnya saja kita ingin bisnis makanan burjo atau warmindo maka target pasar yang paling cocok adalah dari kalangan menengah kebawah bahkan tidak menutup kemungkinan kalangan atas yang ingin mendapatkan makanan yang murah dan cukup enak.

Berpikir Positif

5. Selalu Berpikir Positif

Bisnis makanan saat pandemi seperti ini harus selalu berfikir positif karena dari pikiran yang positif menghasilkan makanan yang positif pula dengan rasa yang enak. Namun jika saat mengolah makanan memiliki pola pikir yang negatif maka makanan pun juga akan terpengaruh. Terlebih saat pandemi seperti ini mengharuskan orang menjaga daya tahan tubuhnya. Pemilik bisnis makanan ini tentu harus menjamin kesehatan makanan nya juga karena yang akan membeli tidak hanya satu orang namun akan banyak pembeli. Memastikan kesehatan tubuh dan juga makanan yang terjamin higienis adalah hal penting bagi pebisnis makanan saat in.

Kemudian selalu berpikiran bahwa akan ada banyak pembeli alam bawah sadar pun akan merespon dan menjadi energi positif untuk Anda. Mengapa bisa terjadi seperti itu? Karena jika dari memikirkan sesuatu secara terus menerus maka bisa jadi akan menjadi kenyataan dikemudian hari. Oleh sebab itu berpikir bahwa akan mendapatkan banyak pembeli maka secara tidak Anda akan mendapatkan ide-ide untuk mencapainya.

Rekomendasi Untuk Anda: 5 Ide Bisnis Online Sukses Saat Pandemi Omset Puluhan Juta

Strategi Bisnis Makanan Go Online saat Pandemi

Kita perlu ingat bahwa saat pandemi seperti ini mengharuskan orang mengerjakan pekerjaanya serba terbatas. Oleh karena itu perlu melakukan strategi bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital dan internet sebagai media terbaik untuk meningkatkan penjualan. Berikut strategi bisnis makanan online yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan:

  • Membuat Website Kuliner

Website adalah media yang baik untuk mengenalkan produk atau jasa perusahaan yang bisa menjangkau audience secara luas. Dengan memiliki website bisnis kuliner Anda akan lebih mudah untuk ditemukan oleh calon konsumen terutama pada mesin pencari seperti Google, Bing dan lain sebagainya. Untuk membuat website sendiri sangat mudah untuk sekarang ini karena Anda tidak perlu belajar pemrograman dan cukup membeli paket dari layanan web hosting murah bisa memiliki website sendiri. Dari segi harganya juga murah untuk sekarang harga domain dan hosting murah dan banyak pilihan paket yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

  • Memanfaatkan SEO dan SEM

Setelah memiliki website Anda perlu melakukan optimasi website yang Anda miliki dengan metode atau teknik yang disebut SEO (Search Engine Optimization) dan juga SEM (Search Engine Marketing)

  • Gunakan dan Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah tempat yang paling baik untuk mengenalkan atau mempromosikan bisnis makanan Anda. Mengingat pengguna media sosial yang begitu besar akan menjadi media yang paling baik untuk bisnis Anda.

  • Mendaftar ke Layanan Pesan Antar GoFood,GrabFood, ShopeeFood

Sekarang ini telah ada berbagai macam jenis layanan pesan antar yang akan memudahkan penjual makanan untuk menjual makanannya. Tidak hanya itu semua transaksi bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat dengan menggunakan platform tersebut. Anda bisa mendaftarkan bisnis kuliner Anda secara gratis dan mudah.

Baca juga: 12 Tips Sukses Jualan Online Mudah Menguntungkan Terbaru

 

Ide Usaha Makanan Kekinian yang Paling Laris

Ide Bisnis Makanan Kekinian yang Paling Laris

  • Bisnis makanan Khas daerah
  • Usaha Makanan Mie Goreng dan Nasi Goreng
  • Kuliner Seafood
  • Usaha Makanan Lesehan atau Lamongan
  • Usaha Makanan Nasi Uduk
  • Roti Bakar
  • Dimsum
  • Kebab Turki
  • Usaha Makanan Martabak
  • Usaha Makanan Seblak
  • Dll

Sebagai pengusaha tentu ingin usahanya laris dan untung meski saat-saat pandemi seperti ini. Apapun keadaannya jika memiliki strategi dan memanfaatkan perkembangan teknologi yang pasti bisnisnya tidak akan terlalu terkena dampak yang signifikan. Kemudian kunci suksesnya bisnis yaitu dengan memiliki ide, selalu melihat peluang, kreatif, inovatif, ketekunan, keberanian untuk memulainya juga tidak lupa adalah bersyukur dan doa.