5 Kekurangan Menggunakan Hosting dan Domain Gratis
Blog Tips Keren

5 Kekurangan Menggunakan Hosting dan Domain Gratis

hosting gratis

Saat Anda mulai menggunakan sebuah blog, maka Anda perlu mengenal lebih jauh apa itu domain dan hosting. Hosting disebut juga web hosting atau penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database. Sedangkan domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet.
Banyak sekali penyedia hosting dan domain yang kini bermunculan, namun tak jarang orang-orang menggunakan hosting dan domain gratis untuk mengawali blog. Pada artikel berikut, kami akan menjelaskan beberapa kekurangan jika Anda menggunakan hosting dan domain gratis.

1. Server Cenderung ‘Labil’

Ini yang menjadi masalah utama, yang dimaksud labil adalah sering down atau tidak dapat diakses. Bahkan hosting premium pun terkadang juga mengalami server down apalagi hosting yang hanya gratisan. Apabila blog tersebut blog bisnis tentu saja akan sangat merugikan karena halaman web sulit diakses, akibatnya pelanggan akan berkurang.

Tidak hanya untuk blog bisnis, blog biasa yang menyediakan informasi juga dapat mengalami kerugian karena visitor bisa turun drastis bahkan sampai nol, dan akan sulit untuk mengembalikan visitor yang banyak seperti semula. Kerugian yang lainnya yaitu jika blog hilang karena server down ketika sedang di review Google Adsense, yaitu kemungkinan besar akan menerima penolakan karena Googlebot tidak bisa merayapi blog Anda.

2. Nama Domain Berbeda Kualitas dengan yang Berbayar

Karena berbeda hosting maka sudah pasti berbeda nama domainnya. Anda tidak akan bisa mendapatkan ekstensi domain .com dan .co.id karena ekstensi domain tersebut adalah berbayar. Jadi sangat mudah diidentifikasi oleh visitor bahwa situs Anda adalah gratisan. Tentu hal ini kurang bagus untuk kegiatan berdagang/berbisnis online, mengingat hosting berbayar akan meningkatkan citra perusahaan Anda menjadi lebih bonafit. Tidak jarang pula calon konsumen akan ragu dengan Anda karena websitenya kurang meyakinkan.

beda kualitas

3. Kapasitas Terbatas

Kapasitas space yang terbatas menjadi masalah karena Anda tidak dapat membuat konten yang lebih banyak alias terbatas. Misalnya Anda hanya mendapat jatah Disk Space 1 GB (bahkan banyak yang dibawah itu).

Sehingga dengan kapasitas yang terbatas membuat kurang mendukung bagi Anda yang ingin meng-input data banyak, terutama data-data multimedia seperti format gambar, video dan lainnya.

Apalagi bila blog sudah mempunyai trafik tinggi dengan rata-rata komentar yang banyak, dibutuhkan kapasitas disk space yang besar agar loading blog tidak menjadi lambat, sehingga akan berdampak kurang baik pada blog tersebut karena berkurangnya impression.

4. Keamanan Data Tidak Terjamin

Inilah saah satu hal yang paling dikhawatirkan, yakni soal keamanan data yang kurang terjamin. Mungkin Anda sudah merancang web sedemikian rupa, install script, memposting gambar, dll. Tiba-tiba semua data hilang atau website dihapus dari server.
Padahal pengunjung sudah banyak, dan Anda sudah menghabiskan banyak waktu untuk mengembangkannya. Sudah banyak orang yang bercerita tentang pengalamannya menggunakan hosting gratisan. Dan salah satu hal yang paling banyak dibicarakan adalah masalah tersebut.

5. Minim Bantuan

Adanya customer service oleh penyedia layanan hosting sangat penting bagi member atau orang yang menggunakan jasa servernya. Karena bila terjadi gangguan pada blog, yang paling bisa membantu adalah pihak internal provider. Service untuk member gratisan biasanya akan sangat sulit. Kalaupun ada biasanya respon dari provider tersebut cukup lama, padahal jika ada gangguan dan tidak segera diperbaiki maka akan sangat merugikan untuk blog Anda.

Itulah beberapa kekurangan yang dapat ditimbulkan jika Anda menggunakan hosting dan domain gratis. Jika Anda ingin mengembangkan blog bisnis dan ingin mencari hosting murah dan domain terpercaya, maka Anda bisa menggunakan Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting dan domain murah yang terpercaya dan berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.