5 Ide Bisnis UKM Paling Menguntungkan Modal Kecil
Blog Bisnis 5 Ide Bisnis UKM Paling Menguntungkan Modal Kecil

5 Ide Bisnis UKM Paling Menguntungkan Modal Kecil

Salah satu bisnis yang paling banyak diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia adalah yang bergerak pada bidang bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah Menguntungkan). Terlebih saat adanya pandemi saat ini banyak perusahaan yang melakukan pemberhentian karyawannya. Hal ini membuat beberapa orang mengalami kehilangan pekerjaan utama mereka. Dari sinilah banyak orang yang mulai mencari alternatif untuk mendapatkan pendapatan dari memulai usaha nya sendiri. Namun demikian untuk memulai usaha tentunya ada berbagai tantangan yang harus tetap diperhatikan dan juga memiliki tekad yang kuat.

Apa Saja Ide Bisnis UKM yang Bisa Anda Lakukan

Mungkin Anda juga tertarik untuk membuka bisnis UKM ini, namun mengingat modal yang dimiliki belum besar. Tenang saja saat ini ada berbagai jenis bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Walaupun dengan modal yang kecil jika digeluti dengan sungguh-sungguh usaha UKM ini akan menghasilkan pendapatan yang cukup besar juga. Nah pada artikel kali ini IDwebhost akan membagikan beberapa ide bisnis UKM yang menguntungkan.

Apa Saja Ide Bisnis UKM yang Paling Menguntungkan?

Bisnis ukm Fashion

1. Bisnis UKM Fashion

Produk fashion hingga saat ini masih tetap menjadi yang paling populer, usaha bidang tersebut tidak ada matinya dengan konsumen yang besar juga terutama usaha yang sudah go online. Produk-produk fashion lini sangat banyak seperti baju, celana, aksesoris, hingga sepatu, dan lain sebagainya.

ika Anda memiliki passion dalam bidang fashion ini maka jangan ragu karena memang bisnis ini memiliki ceruk pasar yang sangat besar dan tidak ada matinya. Dengan memanfaatkan toko online maka produk Anda akan lebih mudah terjual dengan jangkauan seluruh Indonesia bahkan bisa sampai luar negeri.

Skin Care dan Kosmetik

2. Skin Care dan Kosmetik

Produk berikutnya adalah skin care dan kosmetik menjadi salah satu produk paling laris saat ini. Pasalnya jika berbicara tentang skin care dan kosmetik di Indonesia memiliki masa depan cerah. Tidak hanya perempuan sekarang laki-laki juga sudah mulai memperhatikan penampilan mereka dengan berbagai perawatan.

Perlengkapan Bayi

3. Perlengkapan Bayi

Jika dilihat sekilas bisnis perlengkapan bayi memang bisa-biasa saja, namun menurut salah satu lembaga riset ternyata kebutuhan akan peralatan bayi ini tidak mengalami penurunan yang signifikan bahkan cenderung meningkat. Melihat peluang ini Anda bisa memulai bisnis UKM yang menjual atau reseller perlengkapan bayi misalnya botol susu, pakaian bayi, mainan bayi, perlengkapan mandi bayi, dan lain sebagainya.

Kuliner

4. Bisnis UKM Kuliner

Bisnis kuliner dari dahulu memang tidak akan ada matinya mengingat bahwa makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Terlebih lagi saat ii telah banyak layanan pesan antar yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah dalam transaksi bisnis online ini. Dengan adanya Gofood, Grabfood, Shopee Food.dan lain sebagainya membuat bisnis kuline semakin berjaya dengan pengguna yang besar juga. Jika Anda memulai usaha kuliner maka bergabung dan bekerja sama dengan layanan pesan antar makanan ini adalah suatu keharusan. Dengan demikian pelanggan akan mudah untuk menemukan bisnis UKM kuliner Anda.

Digital Marketing Agency

5. Digital Marketing Agency

Kita pastinya sudah mengetahui bahwa saat ini semua transaksi jual beli dilakukan secara online. Bahkan kebanyakan orang mencari kebutuhan mereka melalui mesin pencari Google atau media sosial untuk berbelanja. Disisi lain tidak banyak para pemilik usaha kecil menengah yang belum paham bagaimana caranya menjalankan digital marketing dengan baik untuk menunjang bisnisnya.

Nah disinilah banyak pemilik usaha yang membutuhkan seorang Digital Marketing Agency yang akan mengoptimalkan bisnis melalui berbagai platform seperti Search Engine Optimization (SEO), content writing, copywriting, hingga website. Jika Anda memiliki kemampuan Digital Marketing maka membuka bisnis UKM jenis ini akan sangat cocok dan juga menguntungkan.

Baca juga: TOP 7 Produk Terlaris Untuk Jualan Online 2021

Tips-tips untuk Memulai Bisnis UKM

Tips-tips untuk Memulai Bisnis UKM

1. Analisa Pasar yang Ingin Kamu Masuki

Untuk memulai bisnis tentunya harus mengetahui keadaan pasar seperti dari segi target pasar, harga, persaingan, dan lain sebagainya. Bisnis yang sukses perlu untuk menentukan strategi yang baik sebelum benar-benar terjun ke pasar untuk mulai berjualan. Karena memang berbisnis itu pasti ada resiko yang akan dihadapi maka dari itu perlu adanya strategi yang baik salah satunya menganalisis pasar terlebih dahulu.

2. Memilih Bisnis yang Anda Sukai

Ketika Anda menyukai sesuatu yang berkaitan dengan bisnis maka pasti akan dilakukan dengan sebaik mungkin sesuai bidang Anda. Sebagai contoh jika Anda memiliki kesukaan memasak atau kuliner maka bisnis yang cocok adalah bisnis UKM yang berkaitan dengan kuliner. Jika Anda menyukai fashion maka berjualan produk fashion adalah pilihan yang tepat juga. Tentunya masih ada banyak lagi usaha UKM yang bisa Anda kerjakan namun dengan memilih sesuai dengan kesukaan di bidang Anda maka bisnis akan lebih menyenangkan untuk dijalankan.

3. Jangan Takut Rugi

Semua usaha atau bisnis memiliki resiko rugi yang bermacam-macam, oleh karena itu jangan takut untuk memulai usaha yang Anda inginkan karena memang berbisnis itu memiliki resiko rugi namun juga memiliki potensi keuntungan yang besar juga. Untuk bisa terus berada pada jalur yang tepat maka perlu adanya perencanaan yang tepat juga. Keuangan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan jika salah perhitungan maka akan mendapatkan kerugian yang besar bahkan bangkrut. Untuk itu manajemen keuangan yang baik adalah hal yang perlu dilakukan.

4. Selalu Membuat Inovasi

Perkembangan tren saat ini selalu berubah sesuai dengan minat pasar. Hal ini perlu adanya inovasi yang siap menyesuaikan keadaan pasar. Dengan adanya berbagai Inovasi yang Anda lakukan maka bisa menjadikan bisnis Anda terus maju. Inovasi ini tidak hanya diperuntukan pada suatu produk yang Anda jual namun bis dari sistem transaksi yang lebih mudah, pemasaran, dan lain sebagainya.

5. Membuat Website Toko Online Sendiri

Website menjadi media yang paling baik untuk mendapatkan banyak pengunjung atau konsumen. Kita ketahui pengguna internet saat ini sangat besar tentunya dengan website toko online akan memberikan keuntungan yang besar juga untuk bisnis Anda. Untuk membuat website toko online sendiri saat ini sangat mudah dan murah. Anda tidak perlu repot memikirkan coding website tersebut, dengan menggunakan WordPress instalasi sangat mudah tinggal klik dan instal saja. Sebelum memulai membuat website toko online yang dibutuhkan adalah hosting murah dan juga domain murah terlebih dahulu.

6. Promosi ke Media Sosial

Selain melalui website Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk promosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Media sosial memiliki pengguna yang besar juga sehingga akan efektif untuk meningkatkan bisnis UKM Anda. Ada banyak platform media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi bisnis UKM dengan mudah dan cepat dan juga jangkauan yang yang sangat luas. Untuk lebih maksimal ada Ads yang bisa Anda gunakan untuk beriklan dengan biaya yang murah.