5 Fungsi Sitemap yang Perlu Anda Ketahui
Blog Tips Keren

5 Fungsi Sitemap yang Perlu Anda Ketahui

5 fungsi sitemap

Sitemap adalah Informasi yang berisi mengenai URL-URL pada situs, seperti sebuah peta untuk search engine. Bukan hanya URL saja yang ada pada sitemap, tetapi juga berisi metadata. Metadata ini merupakan informasi mengenai kapan terakhir kali situs atau blog tersebut diupdate, seberapa sering situs diupdate, dan kapan situs itu diupdate. Sitemap merupakan cara dari para pemilik website untuk memberitahu mesin pencari termasuk google tentang halaman-halaman yang ada di website mereka. Sitemap sangatlah penting dari sisi SEO (Search Engine Optimization). Pada artikel berikut ini, kami akan membahas beberapa fungsi sitemap yang perlu Anda ketahui.

1. Mempermudah Pengunjung Menemukan Website

Adanya sitemap akan mempermudah para pengunjung yang datang dari berbagai sumber untuk mengetahui apa saja yang berada di dalam blog atau website Anda, sehingga bisa dikatakan user friendly dan tidak membuat bingung.

2. Visibilitas Website

Sitemap membawa pengaruh yang besar terhadap visibilitas website di mesin telusur karena dijadikan rujukan oleh robot txt untuk merayapi website. Jadi apabila ingin memiliki sebuah website yang diakui oleh mesin pencari maka membutuhkan sitemap.

3. Website Cepat Terindeks

Apabila Anda tidak menggunakan sitemap, robot search engine akan tetap bisa mengindeks situs Anda tetapi membutuhkan waktu, karena robot search engine akan menjelajahi situs Anda per halaman. Bayangkan apabila Anda memiliki puluhan artikel bahkan sampai ratusan artikel, ini akan sangat sulit untuk robot search engine menjelajahi dan mengindeks situs Anda. Untuk itu Anda perlu menggunakan sitemap. Tentunya kecepatan terindeks sangat penting terutama bagi blog yang berisi konten berita terkini atau konten mengenai permasalahan terkini.

sitemap agar terindex google

4. Berinteraksi Lebih Baik dengan Mesin Pencari

Untuk sebuah website yang populer, sitemap juga dapat membantu website tersebut berinteraksi dengan mesin pencari menjadi lebih baik. Mesin pencari dapat mengetahui seberapa sering website Anda diperbarui kontennya dan pada bagian mana konten yang sering diperbarui dan kemudian menentukan rata-rata crawl pada website Anda dan lain – lain. Hal ini akan sangat membantu website Anda yang akan ditampilkan di mesin pencari lebih baik lagi.

5. Meningkatkan Penjualan

Sitemap akan meningkatkan optimasi mesin pencari situs atau blog. Fitur ini dapat dianggap sebagai alat yang berharga untuk meningkatkan penjualan secara online, yang bertujuan untuk merangsang lalu lintas langsung pada blog Anda.

Itulah beberapa fungsi dari sitemap yang perlu Anda ketahui. Jika Anda sedang mencari penyedia hosting dan domain terbaik, Anda bisa menemukannya di Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia yang terpercaya dan berkualitas di Indonesia. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya