5 Cara Meningkatkan Traffic Website dengan Cepat
Blog Tips Keren

5 Cara Meningkatkan Traffic Website dengan Cepat

traffic website

Traffic website bisa didefinisikan sebagai jumlah orang yang mengunjungi sebuah website, halaman yang mereka lihat, dan durasi saat pengunjung melihat atau membaca halaman-halaman tersebut. Ketika seseorang mengunjungi website Anda, kunjungan tersebut serta semua link yang mereka klik dan follow direkam oleh domain Anda. Nantinya angka-angka ini bisa memberi Anda ide tentang seberapa populernya website Anda.

Saat website Anda tidak dikunjungi oleh banyak orang, website Anda terancam akan tenggelam di antara website-website lain di internet. Setiap website butuh traffic. Seberapa pun bagusnya website Anda, jika pengunjungnya sedikit maka website dan bisnis Anda mungkin tidak bisa bertahan. Pada dasarnya, website Anda hanya akan bertahan jika ada traffic flow yang stabil. Untuk itu, kami merangkum beberapa cara berikut untuk membantu Anda meningkatkan traffic website dengan cepat.

1. Konten yang Berkualitas

Konten yang tepat dan berkualitas adalah hal yang penting dalam meningkatkan traffic website. Perlu diperhatikan bahwa konten yang baik adalah konten yang bersifat informatif sehingga perlu dilakukan riset yang mendalam. Hal ini untuk memastikan bahwa isi konten terperinci, menarik, dan unik. Anda juga bisa menggunakan multimedia seperti gambar, video, dan infografik untuk membuat konten yang menarik. Artikel yang lebih panjang biasanya dinilai lebih informatif. Ada beberapa hal yang perlu diingat dalam membuat konten:

• Hindari ‘salin-tempel’ dari artikel milik orang lain
• Gunakan sinonim sehingga Anda tidak menggunakan kata yang sama berulang kali
• Hindari pembahasan mengenai hal-hal yang tidak berhubungan dengan inti artikel
• Buat artikel yang profesional
• Konten yang berkualitas juga dapat membantu linking root domain sehingga dapat meningkatkan traffic Anda.

2. Melakukan Blog Walking

Blog walking adalah kegiatan mengunjungi blog/ website orang lain yang masih berhubungan dengan blog kita, lalu meninggalkan komentar di blog/ website tersebut. Ada banyak blog yang menyediakan kolom untuk meninggalkan URL website bagi orang yang memberikan komentar di situs mereka, inilah yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
Jangan pernah meninggalkan komentar SPAM pada blog orang lain karena hal itu hanya akan memberikan citra yang buruk pada Anda sebagai seorang blogger atau internet marketer. Biasakan untuk membaca artikel yang ditulis terlebih dahulu sebelum meninggalkan komentar agar Anda mengerti dalam memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel.

Blog Walking

3. Menerapkan Skema Mikrodata

Menerapkan skema (atau format microdata lain) belum tentu akan meningkatkan traffic ke situs web Anda sendiri, tapi itu akan memudahkan search engine untuk menemukan dan mengindeks page Anda. Manfaat lain dari menggunakan skema untuk SEO adalah dapat membuat potongan website yang lebih baik, dimana Anda bisa meningkatkan klik melalui rates.

4. Menggunakan Media Sosial

Potensi traffic yang bisa dihasilkan dari media sosial cukup besar bagi pemilik website atau blog. Bahkan jika dibandingkan dengan SEO, media sosial bisa lebih cepat mendapatkan perhatian pengunjung. Meskipun sisi negatifnya, jumlah traffic yang datang tidak akan konsisten seperti SEO. Itulah sebabnya mengapa banyak bisnis mengalami peningkatan profit lebih cepat setelah mereka mengoptimalkan media sosial untuk bisnisnya.

5. Meningkatkan Kecepatan Akses

Kecepatan adalah aspek yang dapat secara signifikan mempengaruhi posisi website Anda di search engine. Bayangkan jika website Anda tampil dengan loading cukup lama. Kemungkinan besar, pengunjung akan segera meninggalkan website Anda tanpa basa-basi. Hal ini tentu berimbas buruk pada konversi dan reputasi website Anda. Jangankan meningkatkan jumlah pelanggan, pengunjung yang sekedar melihat-lihat pun bisa kabur dan malah menuju website lain. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, misalnya memperbarui versi WordPress, menghapus plugin yang tidak berguna, optimasi database, hingga memilih tema yang tepat.

Selain itu, kecepatan akses juga dapat dipengaruhi oleh hosting yang Anda gunakan. Jika Anda sedang mencari penyedia hosting dan domain terbaik, Anda bisa menemukannya di Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia yang terpercaya dan berkualitas di Indonesia. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.