5 Cara Agar Website Tampil Di Halaman Pertama Google
Blog Tutorial 5 Cara Agar Website Tampil Di Halaman Pertama Google

5 Cara Agar Website Tampil Di Halaman Pertama Google

Tentu Anda sebagai pengelola atau pemilik sebuah website memiliki target pengunjung untuk setiap konten yang Anda produksi. Salah satu upaya agar website Anda ramai pengunjung dan menjadi populer adalah ketika Anda hadir dalam halaman pertama Google.

Siapa sih yang tidak ingin artikel websitenya muncul di halaman pertama Google? Tentu saja, muncul dalam hasil pencarian di halaman pertama adalah salah satu tujuan dari membangun sebuah website atau blog. Nah, buat Anda yang ingin artikelnya masuk halaman satu, mari kita bedah 5 cara agar website tampil di  halaman pertama Google berikut ini.

 

1. Pahami Konten Website

Memahami Konten Website

Paling pertama agar website kita menjadi populer, memiliki banyak pengunjung loyal adalah dengan kita sendiri memahami apa sih konten website yang kita buat. Hal ini berkaitan dengan kemampuan dan ketertarikan kita, juga bagaimana kita melihat potensi pasar atau dalam hal ini calon pengunjung.

Sebagai contoh, ketika saya menjalankan sebuah bisnis di bidang jual beli sepatu. Maka keberadaan website saya tentu bertujuan untuk mendukung penjualan sepatu saya. Sehingga konten yang saya buat terfokus pada persoalan sepatu.

Tidak melulu soal jualan Online dengan website toko Online. Namun lebih pada bagaimana konten yang akan saya buat bisa menjadi rujukan berbagai pertanyaan seputar sepatu. Pengujung tidak melulu sebagai pembeli.

Contoh lain, misalnya Anda perhatikan website ini. Website IDwebhost memiliki berbagai produk dan layanan yang akan membantu Anda dalam membangun sebuah website. Apa yang menjadi fokus Blog IDwebhost? Berbagai konten artikel yang bisa menjadi referensi Anda dalam membangun bisnis, tutorial digital marketing, tutorial seputar website.

Maka Anda harus paham apa sih konten website Anda. Tujuan dari pembuatan konten tersebut untuk apa? Apakah sekedar menarik pengunjung, atau ada tujuan lain? Ini harus jelas sejak awal, agar Anda menjadi populer dan menjadi sumber referensi. Jika sudah demikian, berada di halaman pertama Google bukan lagi jalan yang sulit untuk Anda tuju.

 

2. Lakukan Riset Keyword Agar Muncul di Halaman Pertama Google

Optimasi Keyword Halaman Google

Ketika Anda sudah memahami apa sih yang menjadi tujuan dari pembuatan konten website Anda. maka Anda perlu melakukan yang namanya riset keyword. Mengapa ini penting? Karena dengan Anda melakukan riset keyword untuk konten Anda, maka akan lebih memudahkan Anda dalam memahami kebutuhan sebuah artikel atau konten dari pengguna internet.

Tujuan dari melakukan riset keyword adalah untuk memberi kemudahan Anda dalam menulis atau membuat konten. Sehingga Anda paham, apa yang akan dicari oleh calon pengunjung website Anda.

 

Sebagai contoh, ketika saya jualan sepatu secara Online. Maka saya akan menemukan berbagai keyword pencarian yang berhubungan dengan sepatu. Nah dari berbagai keyword yang muncul kita bisa memahami seperti apa kemungkinan konten kita dengan keyword-keyword yang ada.

Selanjutnya kita kumpulkan berbagai keyword  Google, kita lihat bagaimana peta persaingan konten terhadap keyword yang ada. Kemudian kita menyusun sebuah artikel atau konten yang mengandung informasi atau kata dalam keyword yang telah kita pilih.

Riset keyword ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan berbagai situs penyedia layanan riset keyword. Anda bisa mencoba salah satunya di sini; Situs Untuk Riset Keyword.

 

3. Lakukan Optimasi SEO

Lakukan Optimasi SEO

 

Ketika kita bicara mesin pencari, dengan tujuan agar bisa tampil di halaman pertama Google. Maka salah cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengikuti panduan Search Engine salah satunya Google. Apa yang Google lakukan dalam menyajikan hasil pencarian user inilah yang kemudian kita pelajari dan amati menjadi sebuah cara optimasi SEO.

Ketika kita melakukan optimasi SEO, apakah menjalin 100% untuk muncul dalam halaman pertama Google? Tentu tidak ada jaminan yang pasti, namun dengan menerapkan optimasi SEO yang disesuaikan dari Algoritma Google maka pencarian dari artikel yang kita tulis akan lebih mudah ditemukan.

Perlu Anda ketahui, bahwa setiap tahun Google memperbaharui Algoritma Google, pembaharuan ini sering kali menjadikan Optimasi SEO yang telah kita lakukan sebelumnya pun harus dilakukan update. Sehingga sebagai pengelola atau pemilik sebuah website kita harus bisa mengikuti perkembangan dari optimasi mesin pencari ini.

Untuk Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut bagaimana cara optimasi SEO terbaru, tim IDwebhost telah merangkum dalam berbagai panduan di Blog IDwebhost. Silakan Anda mengikuti Panduan Lengkap Optimasi SEO Update 2020.

 

4. Buat Konten Berkualitas

Buat Konten Berkualitas

 

Salah satu tujuan jangka panjang dari membangun sebuah website adalah terciptanya pengujung yang loyal. Keberadaan pengujung yang loyal ini bisa Anda ciptakan jika Anda mampu membuat konten berkualitas. Tanpa konten berkualitas, pengujung website Anda akan tidak memiliki data yang jelas, karena pengujung rata-rata user baru dan tidak pernah kembali.

Membuat konten atau artikel website muncul di halaman pertama Google bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yang paling umum seperti telah saya jelaskan sebelumnya yaitu dengan memahami bagaimana teknik optimasi SEO dan melakukan riset kata kunci atau keyword. Namun  lebih dari itu adalah ketika Anda mampu membuat konten yang berkualitas.

Mungkin Anda bertanya, tapi banyak website yang muncul di halaman pertama Google dan memiliki konten tidak berkualitas, bahkan konten copy paste atau plagiat. Memang ada kasus demikian, Google juga memiliki keterbatasan untuk menyuguhkan  konten yang sesuai, namanya juga mesin ada saja celah untuk mengakali mesin. Tapi ingat, pertimbangkan kebutuhan jangka panjang.

Pengujung yang tidak mendapatkan manfaat dari sebuah informasi atau artikel yang mereka klik, akan  kecewa. Tapi pengunjung yang mendapatkan informasi sesuai kebutuhan mereka, maka akan menjadi pembaca setia Anda. Lebih jauh, mereka akan menjadi SEO bagi website Anda. SEO yang saya maksud adalah mereka menjadi visitor setia, dan akan mereferensikan website Anda kepada orang lain. Jadi konten berkualitas tetap menjadi kunci, jika Anda ingin muncul di halaman pertama Google dalam jangka panjang.

 

5. Pahami Pengunjung Untuk Tampil di Halaman Pertama Google

Optimasi Website agar muncul di halaman pertama google

Tidak ada cara cepat untuk membuat sesuatu yang berkualitas, semua membutuhkan proses. Maka apa pun yang Anda miliki, sejauh mana capaian dari website Anda perlu untuk Anda baca dan pahami. Bagaimana website Anda di mata para pembaca atau pengunjung.

Sesekali coba untuk melakukan riset untuk mengetahui seperti apa pengalaman pengunjung Anda ketika berada di website Anda. Apakah mereka benar-benar merasa nyaman, merasa terbantu, atau ada hal-hal yang perlu untuk dikurangi dan ditingkatkan.

Dengarkan dengan baik setiap masukan dari pengunjung Anda. Misalnya jika ternyata pengunjung Anda selama ini adalah pengguna mobile, dan mereka menginginkan tampilan website yang mobile Friendy serta ringan, maka Anda perlu melakukan pembenahan dan optimalisasi untuk kebutuhan pembaca mobile.

Atau ketika pembaca merasa website Anda sangat lambat, padahal informasi atau artikel yang Anda buat sangat bermanfaat, sehingga mereka terlalu lama menunggu. Maka Anda perlu untuk melakukan strategi dan perbaikan dari sisi website untuk menambah kecepatan website Anda.

Perihal kecepatan ini memang menjadi salah satu yang sering dikeluhkan pengunjung, website yang semakin ramai pengunjung biasanya akan melambat, hal ini berkaitan dengan layanan hosting yang Anda gunakan. Maka penting bagi Anda menggunakan paket hosting murah berkualitas yang memang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Jangan sampai Anda kehilangan pengunjung, gagal muncul dalam halaman pertama Google hanya gara-gara layanan hosting Anda tidak optimal. Karena Anda bisa banget mendapatkan layanan hosting murah hanya di IDwebhost. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan diskon untuk setiap pembelian domain murah IDwebhost.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai 5 Cara Agar Website Tampil Di Halaman Pertama Google, semoga pembahasan ini bermanfaat dan memberikan gambaran bagi Anda dalam membangun konten website agar bisa tampil dalam halaman pencarian pertama Google. Terima kasih. Salam Ari IDWebhost.