5 Antivirus Gratis Terbaik Untuk Komputer
Blog Tips Keren 5 Antivirus Gratis Terbaik Untuk Komputer

5 Antivirus Gratis Terbaik Untuk Komputer

Membayar layanan premium berarti Anda akan mendapatkan lebih banyak fitur, seperti filter spam, kontrol semua, pemindaian sistem, dan firewall canggih. Ini membuat layanan premium lebih cocok untuk pengguna yang menginginkan tambahan keamanan ekstra dan sanggunp berjalan semulus mungkin. Layanan premium juga dapat menghindarkan Anda dari pemberitahuan yang mengganggu,  yang selalu menawarkan pada Anda untuk meng-upgrade ke versi lengkap. Dan, seperti yang Anda temukan di atas, kini untuk mendapatkan layanan premium tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Tetapi hari-hari ini Anda bisa mendapatkan perlindungan antivirus gratis terbaik, dengan hampir setiap pengembang besar di pasar yang menawarkan antivirus gratis.

Dengan demikian, pengembang mendapatkan akses ke lebih banyak perangkat di mana mereka dapat mengumpulkan data dan juga meningkatkan performa keamanannya.  Serta tetap menjaga fitur terbaik untuk perlindungan komputer yang disediakan pada versi gratis.

Windows telah lama memberikan solusi yang terbaik pada aspek keamanan, dengan tetap menyertakan  antivirus built-in pada produk Windows 10. Windows Defender adalah aplikasi antivirus gratis terakhir yang bisa Anda gunakan untuk menjaga sistem Anda tetap bersih.

bitdefender free antivirus edition
idwebhost

5 Antivirus Gratis Terbaik Untuk Komputer

1. Bitdefender Antivirus Free Edition

Pada dasarnya terdiri dari bagian antivirus ini memiliki fitur yang lengkap. Mulai dari mekanisme pemindaian yang bersih, ringan, dan dibangun dengan baik oleh Bitdefender Antivirus Free Edition yang hampir secara universal lebih cepat daripada antivirus yang lain, juga unggul dalam database virus dan malware yang bisa ditangani.

Kelebihan

Bitdefender Antivirus Free Edition punya fitur unggulan, yaitu mode scan otomatis. Hal ini membuat proses manajemen virus menjadi mudah. Akan tetapi pengguna harus menunggunya sampai scan selesai, sementara kami cenderung mempercayai, ada beberapa kasus di sistem otomatis yang sedikit menganggu, seperti kejadian beberapa tahun yang lalu ketika Panda Antivirus mengidentifikasi dirinya sebagai virus dan mengunci sejumlah besar sistem Windows.

Pengujian AV-TEST memang menemukan beberapa kekurangan dalam penanganan ancaman nihil. Dan ada baiknya menunjukkan bahwa untuk saat ini Anda dapat mendapatkan solusi berbayar berperingkat teratas – Bitdefender Antivirus Plus – untuk setara dengan sekitar $ 2 per bulan. Itu jumlah kecil untuk membayar satu  fitur tambahan namun berpengaruh signifikan. Seperti perlindungan perbankan online, pengelolaan kata sandi terintegrasi, penghapus file permanen, dan dukungan 24/7 online secara gratis.

Kekurangan

Bitdefender sedikit memberatkan bagi pengguna PC dengan spesifikasi kelas menengah kebawah.

2. Avast Free Antivirus

Sejak membeli saham mayoritas AVG pada pertengahan 2016, Avast kini memiliki lebih banyak database untuk digunakan, setelah memperluas basis pengguna yang efektif  hingga 400 juta pengguna.

Kelebihan

Edisi terbaru dari Avast Free Antivirus menambahkan mode otomatis untuk mematikan popup pemberitahuan dan mengurangi beban sistem ketika Anda menyalakan mode yang menguras prosesor. Terlebih, Avast baru saja memperbaiki tampilan antarmuka, sehingga tampak lebih bersih. Ada juga pengelola kata sandi, yang merupakan fitur tambahan yang bagus untuk keamanan Anda. Tambahan itu sangat baik sebagai tolok ukur malware AV-TEST yang tersebar luas dan terus menyapu bersih serangan virus. Dan dengan dengan jaringan pendeteksi yang diperluas benar-benar membantu Avast menjadi lebih baik lagi.

Kekurangan

Kekurangan yang Avast miliki ada pada saat Avast dibuka, karena munculnya popup yang cukup memberatkan.

Baca Juga: Yakin Software Antivirusmu Sudah Benar?

3. Sophos Home

Sophos Home menjadi pilihan sempurna untuk komputer rumahan.

Kelebihan

Jika dibandingkan dengan antivirus gratis sejenis, Sophos Home memberikan sedikit lebih banyak fitur daripada kebanyakan perangkat software lainnya. Dan sesuai dengan namanya, antivirus ini lebih cocok untuk keluarga. Anda akan mendapatkan perlindungan antivirus standar dan perlindungan anti- malware, bersama dengan alat peramban seperti anti-phishing dan, yang paling penting, kontrol konten.

Dikombinasikan dengan manajemen terpusat hingga 10 PC, dengan demikian Anda dapat membatasi opsi browsing anak-anak Anda. Meskipun AV-TEST belum secara formal menilai kelebihan Sophos, rekan lab AV-Comparatives memberikan penilaian yang layak atas kemampuan yang dimilikinya.

Kekurangan

Kekurangan terbesar Sophos Home adalah jendela pemberitahuan yang sering muncul di desktop, tidak ada versi premium dari perangkat lunak untuk mendorong peningkatan versi ini. Tapi Itu berubah pada bulan Februari dengan peluncuran Sophos Home Premium.

4. Kaspersky Free

kaspersky free antivirus 2019
idwebhost

Kaspersky terjun pertama untuk keamanan internet gratis. Versi berbayar dari perangkat lunak keamanan Kaspersky for Windows sering berada di urutan teratas antivirus terbaik dan AV- TEST sekali lagi memberikannya respon positif di pemberitahuan dalam proses pengujian terbaru.

Kelebihan

Kaspersky Free adalah versi yang diperkecil dari versi premium. Pada versi gratis, Anda tidak akan menemui fitur tambahan seperti perlindungan privasi untuk berkonsentrasi pada perlindungan yang kuat, tanpa embel-embel dan yang paling penting gratis untuk PC Anda. Hasilnya sangat mudah digunakan dan menavigasi sedikit perangkat lunak untuk melakukan pekerjaan yang efektif menjaga perangkat Anda terlindungi dari virus.

Untuk Suite premium sangat ampuh antivirusnya, meskipun ada versi Kaspersky Free tapi itu sangat ampuh untuk menumpas virus dan torjan horse. Dan yang menyenangkan bahwa itu tidak terus-menerus mengganggu Anda dengan notifikasi yang mendorong Anda untuk meng-upgrade ke versi berbayar.

Kekurangan

Ironisnya, Kaspersky lumayan memberatkan kinerja PC anda.

5. Avira Antivirus Free

avira free antivirus
idwebhost

Antivirus ini sejatinya sangat hebat, tapi sedikit memberatkan. Avira Free Antivirus untuk Windows terus mendapatkan skor tinggi pada program pengujian ketat AV-TEST, catatan statistiknya mengagumkan. Sanggup menangkal 99,7% ancaman virus, dan umumnya tidak terlalu membebani perangkat keras Anda.

Kelebihan

Avira memiliki antarmuka yang bagus, ramah pengguna, dengan desain ulang yang bagus untuk 2019. Pengenalan suite keamanan gratis yang secara opsional berjalan di sampingnya dengan ransomware dan perlindungan phishing, VPN 500MB / bulan dan mempercepat proses penumpasan virus di PC anda. Ini adalah salah satu paket antivirus gratis terbaik 2018.

Kekurangan

Jadi mengapa kemudian kami menggesernya dari posisi teratas di daftar kami, posisi yang dipegangnya selama dua tahun terakhir ? Ada kekurangannya pada Avira yaitu popup dan iklan yang muncul pada produk gratis dan Avira terlalu banyak. Hal ini tidak terlalu berat, tidak seperti beberapa antivirus lainnya seperti Comodo yang kerap muncul display di layar PC anda tetapi saat anda mematikan PC anda, itu membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Itulah 5 antivirus gratis terbaik untuk PC yang dapat kami jelaskan sesuai dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan dilengkapi antivirus terbaik akan membuat Anda lebih santai dalam mengelola website dari komputer. Jika anda ada komentar atau rekomendasi antivirus gratis lainnya yang lebih bagus dari itu bisa tulis di kolom komentar di bawah ya. Terimakasih.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.