4 Tips Sukses Usaha Kerajinan Tangan
Blog Bisnis 4 Tips Sukses Usaha Kerajinan Tangan

4 Tips Sukses Usaha Kerajinan Tangan

Apakah Anda sedang mencari referensi usaha kreatif? Salah satu usaha dalam bidang industri kreatif yang telah menjadi ciri dari kreativitas masyarakat Indonesia adalah berbagai usaha di bidang industri kerajinan tangan. Berbagai kerajinan tangan dengan berbagai konsep telah ada di pasar Indonesia, utamanya di kota-kota kunjungan wisata.

Kerajinan tangan memang didominasi untuk kebutuhan suvenir dan cindera mata, baik itu untuk kebutuhan pajangan atau hiasan, atau pun yang memiliki fungsi. Misalnya, banyak yang kini membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan limbah daur ulang, menjadi berbagai kerajinan yang tidak hanya memiliki nilai keindahan dan keunikan, namun juga fungsi guna. Seperti contohnya menjadi kabinet, sampul, pigura, rak sepatu, tas peralatan, dan lain sebagainya.

Di berbagai daerah usaha kerajinan tangan menjadi salah satu usaha yang banyak dikerjakan oleh industri kecil dan menengah atau UMKM, tapi jangan salah, walau dikerjakan oleh UMKM, tapi usaha ini memiliki pangsa pasar yang besar. Maka tidak heran, jika  tumbuh subur industri kerajinan tangan melalui UMKM di berbagai daerah, khususnya daerah yang memang memiliki ‘pasar utama’ yaitu daerah tujuan wisata.

Nah, apa saja yang perlu Anda perhatikan ketika akan menjalankan usaha kerajinan tangan agar menuai sukses? Bahkan bagi Anda yang berada jauh dari daerah yang menjadi destinasi wisata? Bagaimana sistem pemasaran yang harus Anda kerjakan? Berikut tips sukses usaha kerajinan  tangan yang wajib Anda lakukan sebagai calon pengusaha sukses;

1. Tentukan Jenis Kerajinan Tangan

Tentukan Jenis Kerajinan Tangan

Terdapat berbagai jenis kerajinan tangan, Anda perlu untuk menentukan  kerajinan tangan seperti apa yang akan Anda jadikan usaha Anda. Ini harus Anda lakukan dengan hati-hati, Anda perlu untuk membuat serangkaian riset produk terlebih dahulu, untuk memutuskan jenis kerajinan tangan yang akan Anda jalankan.

Misalnya, Anda bisa melakukan survei pasar terhadap berbagai jenis kerajinan tangan yang selama ini memiliki pangsa pasar besar. Apakah masih ada peluang bagi Anda untuk memasuki pangsa pasar tersebut? Kemudian, pertanyaan paling penting adalah apakah jenis kerajinan tangan yang ‘laku di pasaran’ sesuai dengan faktor lain yang Anda miliki.

Apa saja faktor lain yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih atau menentukan jenis usaha kerajinan tangan?
– Bahan Baku; Anda perlu memperhatikan ketersediaan bahan baku dari pilihan jenis kerajinan tangan yang akan Anda jalankan.  Bahan baku dalam usaha kerajinan adalah poin penting, yang akan menentukan kualitas dan rentang harga nantinya.

– Tenaga Kerja; Apakah tenaga kerja yang Anda miliki mampu untuk membuat jenis kerajinan tangan yang Anda inginkan? Jika tidak, ke mana Anda harus mencari tenaga kerja yang sesuai, atau ke mana Anda harus memberi pelatihan bagi tenaga kerja Anda.

2. Usaha Kerajinan Tangan Harus Inovatif dan kebaruan

Usaha Kerajinan Tangan Harus Inovatif dan kebaruan

Setelah Anda menentukan jenis usaha kerajinan tangan yang sesuai keinginan dan juga memiliki potensi pasar. Selanjutnya adalah menentukan pembeda dari kerajinan lain yang sudah ada di pasaran. Ini menjadi sangat penting, karena status Anda dalam usaha ini adalah pendatang baru, jika Anda hanya mengikuti arus pasar, maka Anda akan dengan mudah dikalahkan oleh pemain lama.

Nah, biar Anda bisa masuk dalam pasar yang sudah banyak pesaing, maka Anda perlu melakukan berbagai inovasi usaha kerajinan tangan. Ini menuntut kreativitas dari tim dalam usaha Anda. Maka, sejak awal dalam membuat ide bisnis, Anda sudah harus  memiliki berbagai pilihan ide inovasi kerajinan tangan yang belum ada di pasaran.

– Inovatif; Sebagai pelaku usaha di bidang kreatif, Anda sudah tentu dituntut terus kreatif dan juga inovatif. Maka, Anda harus menerapkan pada tim usaha Anda untuk terus melakukan berbagai inovasi dari jenis kerajinan tangan yang telah Anda pilih. Cara agar Anda sukses usaha kerajinan tangan maka inovasi harus menjadi nafas dalam menjalankan usaha Anda.

– Kebaruan; usaha kerajinan tangan mewajibkan Anda berpikir kreatif dan juga menuntut berbagai inovasi secara terus-menerus. Mengapa? Karena pesaing bisa dengan mudah meniru atau memodifikasi dari produk Anda. Maka  tips sukses usaha kerajinan tangan adalah dengan berpikir kebaruan, artinya Anda tidak berhenti pada satu inovasi produk, namun terus mengembangkan produk Anda seiring dengan perkembangan pasar dan persaingan usaha.

 

3. Sukses Usaha Kerajinan Tangan Dengan Target Pasar Yang Tepat

Sukses Usaha Kerajinan Tangan Dengan Target Pasar Yang Tepat

Target pasar menjadi salah satu kunci sukses dalam menjalankan usaha, apa pun usaha yang Anda jalankan, jika target pasarnya tidak jelas, tentu saja usaha Anda pun akan mengalami tidak jelasan dalam memasuki pasar. Jangan sampai hal ini terjadi dalam usaha kerajinan tangan Anda.

Bagaimana cara menetapkan target pasar yang tepat? Menjawab pertanyaan ini secara penuh tentu membutuhkan artikel khusus mengenai target pasar, Anda bisa membaca melalui artikel berikut;

Dalam kesempatan ini target pasar usaha kerajinan tangan bisa kita sederhanakan menjadi dua, yaitu target pasar umum dan target pasar khusus. Hal ini untuk mengetahui bagaimana Anda seharusnya menawarkan atau memasarkan produk. Berikut penjelasannya.

– Umum; Coba untuk membuat lis siapa saja yang bisa menggunakan produk kerajinan tangan Anda? Apakah dapat digunakan oleh semua orang? Apakah bisa digunakan oleh semua usia? Apakah bisa digunakan oleh semua jenis kelamin? Jika jawabannya iya, maka itulah pasar umum dari produk kerajinan Anda.

– Khusus;  Siapa yang paling mungkin memberi atau untuk menggunakan produk Anda? Apakah para wisatawan? Apakah wisatawan lokal? Atau wisatawan manca negara? Menjawab pertanyaan dari pasar khusus ini, akan mengerucutkan siapa yang paling tepat untuk Anda tawarkan produk usaha Anda.

4. Optimalkan Strategi Pemasaran Kerajinan Tangan

Optimalkan Strategi Pemasaran Kerajinan Tangan

Secara umum produk usaha kerajinan tangan memang memiliki target konsumen yang sebagian besar adalah pengunjung wisata. Namun bukan berati tidak ada pasar di luar itu. Semua tergantung pada jenis kerajinan tangan yang Anda buat.

Nah, bagaimana ketika Anda tidak tinggal di daerah yang memiliki destinasi wisata yang cukup ramai? Namun Anda membuat kerajinan tangan dengan target pasar para wisatawan? Jangan khawatir karena saat ini berbagai model pemasaran bisa dilakukan, baik Online atau pun offline.

– Offline; Anda bisa mengoptimalkan strategi pemasaran kerajinan tangan offline dengan cara kerja sama dengan pemasar di daerah wisata, Anda bisa melakukan kerja sama kongsi, atau titip jual dengan pedagang di daerah wisata.

– Online; Anda bisa menargetkan pasar untuk mereka yang berada di ranah digital yaitu dengan membuat toko online. Saat ini pangsa pasar di ranah digital sangat besar, maka jangan sampai Anda ketinggalan dalam memasuki era pemasaran online saat ini.

Nah, setelah membaca berbagai tips di atas, sekarang Anda bisa menjalankan usaha kerajinan Anda dengan lebih yakin. Jangan sampai Anda salah salam memilih jenis kerajinan tangan, lupa untuk melakukan inovasi, atau tidak jelas dalam target pasar. Karena itu menjadi kewajiban Anda sebagai pengusaha sukses.

Lebih lagi, jangan sampai Anda melupakan optimasi dari strategi pemasaran Anda, baik secara offline atau pun online. Untuk mendukung pemasaran online Anda perlu membuat website usaha kerajinan tangan Anda. Nah, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional yang telah berpengalaman.

Jangan lupa, Anda perlu mempersiapkan website usaha kerajinan Anda secara maksimal, karenanya Anda harus menggunakan hosting murah berkualitas dari IDwebhost, yang sudah terbukti menjadi solusi bagi pelaku usaha dengan berbagai paket hosting terbaik se Indonesia.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Tips Sukses Usaha Kerajinan Tangan Semoga pembahasan kali ini bisa menjadi referensi bagi Anda dalam memulai usaha impian Anda.  Terima kasih telah membaca, Anda bisa membaca berbagai tips bisnis lainnya hanya di Blog IDwebhost. Salam. Ari IDwebhost.