4 Tips Sukses Usaha Kerajinan Tangan

6 Des 2023
4 Tips Sukses Usaha Kerajinan Tangan campaign-unlimited

Apakah kamu sedang mencari referensi usaha kreatif? Salah satu usaha dalam bidang industri kreatif yang telah menjadi ciri dari kreativitas masyarakat Indonesia adalah berbagai usaha di bidang industri kerajinan tangan. Berbagai kerajinan tangan dengan berbagai konsep telah ada di pasar Indonesia, utamanya di kota-kota kunjungan wisata.

Kerajinan tangan memang didominasi untuk kebutuhan suvenir dan cindera mata, baik itu untuk kebutuhan pajangan atau hiasan, atau pun yang memiliki fungsi. Misalnya, banyak yang kini membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan limbah daur ulang, menjadi berbagai kerajinan yang tidak hanya memiliki nilai keindahan dan keunikan, namun juga fungsi guna. Seperti contohnya menjadi kabinet, sampul, pigura, rak sepatu, tas peralatan, dan lain sebagainya.

Di berbagai daerah usaha kerajinan tangan menjadi salah satu usaha yang banyak dikerjakan oleh industri kecil dan menengah atau UMKM, tapi jangan salah, walau dikerjakan oleh UMKM, tapi usaha ini memiliki pangsa pasar yang besar. Maka tidak heran, jika  tumbuh subur industri kerajinan tangan melalui UMKM di berbagai daerah, khususnya daerah yang memang memiliki ‘pasar utama’ yaitu daerah tujuan wisata.

Nah, apa saja yang perlu diperhatikan ketika akan menjalankan usaha kerajinan tangan agar menuai sukses? Bahkan bagi kamu yang berada jauh dari daerah yang menjadi destinasi wisata? Bagaimana sistem pemasaran yang harus dikerjakan? Berikut tips sukses usaha kerajinan  tangan yang wajib dilakukan sebagai calon pengusaha sukses;

1. Tentukan Jenis Kerajinan Tangan

Tentukan Jenis Kerajinan Tangan

Terdapat berbagai jenis kerajinan tangan, jadi kamu perlu menentukan  kerajinan tangan seperti apa yang akan dijadikan usaha. Ini harus dilakukan dengan hati-hati. Jadi kamu perlu untuk membuat serangkaian riset produk terlebih dahulu, untuk memutuskan jenis kerajinan tangan yang akan dijalankan.

Misalnya, bisa dengan melakukan survei pasar terhadap berbagai jenis kerajinan tangan yang selama ini memiliki pangsa pasar besar. Apakah masih ada peluang untuk memasuki pangsa pasar tersebut? Kemudian, pertanyaan paling penting adalah apakah jenis kerajinan tangan yang ‘laku di pasaran’ sesuai dengan faktor lain yang kamu miliki.

Apa saja faktor lain yang perlu menjadi pertimbangan dalam memilih atau menentukan jenis usaha kerajinan tangan?
– Bahan Baku; kamu perlu memperhatikan ketersediaan bahan baku dari pilihan jenis kerajinan tangan yang akan kamu jalankan.  Bahan baku dalam usaha kerajinan adalah poin penting, yang akan menentukan kualitas dan rentang harga nantinya.

– Tenaga Kerja; Apakah tenaga kerja yang kamu miliki mampu untuk membuat jenis kerajinan tangan yang kamu inginkan? Jika tidak, ke mana harus mencari tenaga kerja yang sesuai, atau ke mana harus memberi pelatihan bagi tenaga kerja.

2. Usaha Kerajinan Tangan Harus Inovatif dan kebaruan

Usaha Kerajinan Tangan Harus Inovatif dan kebaruan

Setelah menentukan jenis usaha kerajinan tangan yang sesuai keinginan dan juga memiliki potensi pasar. Selanjutnya adalah menentukan pembeda dari kerajinan lain yang sudah ada di pasaran. Ini menjadi sangat penting, karena statusmu dalam usaha ini adalah pendatang baru, jika hanya mengikuti arus pasar, maka kamu akan dengan mudah dikalahkan oleh pemain lama.

Nah, biar bisa masuk dalam pasar yang sudah banyak pesaing, maka perlu melakukan berbagai inovasi usaha kerajinan tangan. Ini menuntut kreativitas dari tim dalam usaha. Maka, sejak awal dalam membuat ide bisnis, kamu sudah harus  memiliki berbagai pilihan ide inovasi kerajinan tangan yang belum ada di pasaran.

– Inovatif; Sebagai pelaku usaha di bidang kreatif, sudah tentu dituntut terus kreatif dan juga inovatif. Maka, kamu harus menerapkan pada tim usahamu untuk terus melakukan berbagai inovasi dari jenis kerajinan tangan yang telah dipilih. Cara agar sukses usaha kerajinan tangan maka inovasi harus menjadi nafas dalam menjalankan usahamu.

– Kebaruan; usaha kerajinan tangan mewajibkan pelakunya berpikir kreatif dan juga menuntut berbagai inovasi secara terus-menerus. Mengapa? Karena pesaing bisa dengan mudah meniru atau memodifikasi dari produkmu. Maka  tips sukses usaha kerajinan tangan adalah dengan berpikir kebaruan, artinya tidak berhenti pada satu inovasi produk, namun terus mengembangkan produkmu seiring dengan perkembangan pasar dan persaingan usaha.

3. Sukses Usaha Kerajinan Tangan Dengan Target Pasar Yang Tepat

Sukses Usaha Kerajinan Tangan Dengan Target Pasar Yang Tepat

Target pasar menjadi salah satu kunci sukses dalam menjalankan usaha, apa pun usaha yangkamu jalankan. Jika target pasarnya tidak jelas, tentu saja usahamu pun akan mengalami ketidakjelasan dalam memasuki pasar. Jangan sampai hal ini terjadi dalam usaha kerajinan tanga yang kamu rintis.

Bagaimana cara menetapkan target pasar yang tepat? Menjawab pertanyaan ini secara penuh tentu membutuhkan artikel khusus mengenai target pasar, kamu bisa membaca melalui artikel berikut;

Dalam kesempatan ini target pasar usaha kerajinan tangan bisa kita sederhanakan menjadi dua, yaitu target pasar umum dan target pasar khusus. Hal ini untuk mengetahui bagaimana seharusnya menawarkan atau memasarkan produk. Berikut penjelasannya.

– Umum; Coba untuk membuat daftar siapa saja yang bisa menggunakan produk kerajinan tangan produksimu? Apakah dapat digunakan oleh semua orang? Apakah bisa digunakan oleh semua usia? Apakah bisa digunakan oleh semua jenis kelamin? Jika jawabannya iya, maka itulah pasar umum dari produk kerajinan.

– Khusus;  Siapa yang paling mungkin memberi atau untuk menggunakan produkmu? Apakah para wisatawan? Apakah wisatawan lokal? Atau wisatawan manca negara? Menjawab pertanyaan dari pasar khusus ini, akan mengerucutkan siapa yang paling tepat untuk tawarkan produk usaha.

4. Optimalkan Strategi Pemasaran Kerajinan Tangan

Optimalkan Strategi Pemasaran Kerajinan Tangan

Secara umum produk usaha kerajinan tangan memang memiliki target konsumen yang sebagian besar adalah pengunjung wisata. Namun bukan berati tidak ada pasar di luar itu. Semua tergantung pada jenis kerajinan tangan yang kamu buat.

Nah, bagaimana ketika kamu tidak tinggal di daerah yang memiliki destinasi wisata yang cukup ramai? Namun Anda membuat kerajinan tangan dengan target pasar para wisatawan? Jangan khawatir karena saat ini berbagai model pemasaran bisa dilakukan, baik Online atau pun offline.

– Offline; kamu bisa mengoptimalkan strategi pemasaran kerajinan tangan offline dengan cara kerja sama dengan pemasar di daerah wisata, kamu bisa melakukan kerja sama kongsi, atau titip jual dengan pedagang di daerah wisata.

– Online; Kamu bisa menargetkan pasar untuk mereka yang berada di ranah digital yaitu dengan membuat toko online. Saat ini pangsa pasar di ranah digital sangat besar, maka jangan sampai ketinggalan dalam memasuki era pemasaran online saat ini.

Nah, setelah membaca berbagai tips di atas, sekarang kamu bisa menjalankan usaha kerajinan dengan lebih yakin. Jangan sampai salah salam memilih jenis kerajinan tangan, lupa untuk melakukan inovasi, atau tidak jelas dalam target pasar. Karena itu menjadi kewajiban sebagai pengusaha sukses.

Selain itu, jangan sampai melupakan optimasi dari strategi pemasaran, baik secara offline atau pun online. Untuk mendukung pemasaran online kamu perlu membuat website usaha kerajinan tangan. Nah, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional yang telah berpengalaman.

Jangan lupa, untuk mempersiapkan website usaha kerajinan secara maksimal, karenanya harus menggunakan hosting murah berkualitas dari IDwebhost, yang sudah terbukti menjadi solusi bagi pelaku usaha dengan berbagai paket hosting terbaik se Indonesia.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Tips Sukses Usaha Kerajinan Tangan. Semoga pembahasan kali ini bisa menjadi referensi bagimu dalam memulai usaha impian.  Terima kasih telah membaca, kamu bisa membaca berbagai tips bisnis lainnya hanya di Blog IDwebhost

Penulis
Member since 2 Jul 2013