4 Tips Kunci Untuk Meningkatkan Kinerja SEO Anda Di Tahun 2017

3 Mar 2017
campaign-unlimited

Bulan Januari di tahun 2017 telah berjalan dengan baik, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan strategi SEO Anda. Tetapi, bagaimana Anda harus memulainya? Berikut adalah empat faktor dalam meningkatkan kinerja SEO yang penting untuk Anda ketahui.

  1. Bermigrasi Ke HTTPS

Sejak Google mulai menawarkan peringkat insentif ke situs yang menggunakan HTTPS aman daripada HTTP, jumlah situs yang terenkripsi terus tumbuh. Google telah menyatakan bahwa menggunakan HTTPS menawarkan peningkatan peringkat yang sederhana. Kenyataannya, sebagian besar situs pada halaman pertama dari Google cenderung dienkripsi dan telah terdapat bukti yang menunjukkan perbaikan peringkat setelah beralih menggunakan HTTPS.

Bermigrasi ke HTTPS bukan hanya meningkatkan peringkat pencarian, namun web browser juga mulai mendiskriminasikan situs yang tidak terjamin keamanannya seperti situs yang tidak menggunakan HTTPS. Anda mungkin pernah melihat gembok hijau di bar adress pada web browser Anda. Dulunya itu menunjukkan bahwa website disajikan secara aman melalui HTTPS. Namun, pada Januari 2017 dan seterusnya, di browser Google Chrome, situs HTTP yang tidak aman akan diberikan tanda merah yang berarti pemberitahuan tidak aman. Tentu, ini memberi dampak kepercayaan pengguna dalam situs Anda. Apakah Anda akan melakukan pembelian dari sebuah situs yang sudah memiliki pemberitahuan tidak aman seperti itu? Kini waktunya Anda untuk bermigrasi ke HTTPS. Untungnya, bagi banyak situs usaha kecil, ini tidak perlu menjadi proses yang mahal sehingga usaha dapat terus berkembang.

  1. Pikirkan Mengenai Mobile First

Pencarian mobile telah berkembang dan kini lebih banyak pencarian yang dilakukan dari perangkat mobile daripada desktop atau laptop. Akibatnya, Google sekali lagi menempatkan pentingnya peningkatan pada situs mobile. Algoritma Google akhirnya lebih diutamakan menggunakan versi mobile untuk peringkat halaman situs, bukan versi desktop.

Anda harus memiliki situs responsif dimana konten utama Anda sama untuk kedua perangkat mobile dan desktop. Jika situs mobile dan desktop Anda memiliki konten yang berbeda, maka beberapa perubahan akan diperlukan seperti membuat data untuk memastikan semuanya terstruktur pada kedua versi, memastikan versi mobile dapat dilihat oleh Googlebot, dan sebagainya.

  1. Mempercepat Situs Anda

Kecepatan situs telah menjadi faktor penting untuk peringkat di Google sejak tahun 2010. Tapi seberapa berpengaruhkah kecepatan situs terhadap peringkat Google? Untuk mengetahuinya, Brian Dean dari Backlinko menganalisis kecepatan membuka halaman dari 1 juta domain menggunakan data kecepatan domain Alexa.

Brian menemukan korelasi yang jelas antara kecepatan situs dan peringkat Google. Halaman yang dapat memuat secara cepat mencapai peringkat yang lebih tinggi daripada halaman yang memuat secara lambat. Kecepatan situs tidak hanya berpengaruh untuk menaikkan peringkat pencarian. Pengalaman pengguna dan tingkat konversi juga akan berpengaruh karena kecepatan situs. Hampir setengah dari pengguna web berharap dapat memuat situs dalam dua detik atau kurang, jika lebih maka mereka cenderung meninggalkan situs. Jika situs Anda memuat lebih dari dua detik, Anda bisa kehilangan banyak traffic serta kehilangan konversi.

  1. Audit Backlink Anda

Pada Oktober tahun lalu, Google meluncurkan update terakhir untuk Penguin, bagian dari algoritma yang menyesuaikan peringkat berdasarkan backlink. Dengan update ini, Penguin telah menjadi bagian dari algoritma pencarian inti dan update secara real time. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukan audit backlink dan meninjau keadaan link situs Anda. Bersihkan setiap “racun” link dan rencanakan pemasaran dalam membangun link untuk memenuhi pedoman dari Google.

Penulis
Member since 2 Jul 2013