4 Strategi Pemasaran Online Paling Efektif untuk Pemula
Blog Bisnis Online 4 Strategi Pemasaran Online Paling Efektif untuk Pemula

4 Strategi Pemasaran Online Paling Efektif untuk Pemula

Dunia usaha kini semakin diramaikan oleh kehadiran pengusaha-pengusaha baru yang tertarik untuk berwiraswasta. Namun untuk itu, dibutuhkan trik pemasaran online (online marketing) yang jitu agar pemasaran dapat berjalan dengan baik. Dewasa ini dunia online semakin banyak dilirik sebagai media promosi dengan prospek menjanjikan. Tidak hanya perusahaan kecil yang mencoba promosi secara online. Perusahaan besar ternama pun mulai melebarkan sayapnya di dunia ini untuk menjangkau pelanggan atau konsumen secara luas. Hal ini wajar terjadi, mengingat teknologi yang kian maju dengan teknologi digital yang menjadikan semua menggunakan metode online
Apakah Anda ingin tahu strategi pemasaran online terbaik dan efektif untuk menunjang bisnis Anda?. Berikut IDwebhost ringkas menjadi 4 strategi yang perlu Anda coba untuk memaksimalkan bisnis baik dari skala besar maupun skala kecil agar menjadi lancar dan berjalan dengan semestinya.

Strategi Pemasaran Online yang Efektif

Strategi Pemasaran Online yang Efektif

Pengertian dari pemasaran online atau pemasaran secara daring ini adalah upaya pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan media Internet. Namun kerap kali dimaknai juga sebagai usaha promosi yang dilakukan oleh banyak pelaku usaha sebagai langkah awal sebuah perusahaan.

Strategi marketing dengan memanfaatkan teknologi internet sebenarnya bukan hal yang baru. Apalagi untuk pengusaha yang ada di belahan dunia sebelah Barat. Hal tersebut dianggap wajar karena belahan dunia tersebut memang sudah akrab dengan teknologi semenjak lama. Namun bukan berarti negara kita ini tertinggal jauh dengan mereka. Buktinya dalam satu dekade terakhir ini, dunia Internet semakin ramai dengan berbagai promosi online yang banyak diisi oleh pelaku usaha asal Indonesia.

Pemasaran online inipun mayoritas masih dilakukan oleh perorangan. Hal ini dapat dimaklumi karena proses pemasaran yang dilakukan secara online terbilang cukup sederhana meski hanya dikerjakan satu orang saja. Walau begitu, bukan berarti pemasaran online ini tidak disasar oleh perusahaan besar yah! Karena bagaimana juga kegiatan ini dapat dilakukan oleh siapa saja.

Bila Anda berminat dan tertarik ingin mencoba dunia pemasaran online, maka Anda Bisa meniru beberapa trik berikut ini.

Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasannya!

Adapun trik pemasaran online yang bisa dilakukan dan diterapkan, diantaranya adalah:

Fokus dengan konsumen

1. Pemasaran Online yang Berfokus dengan konsumen

Konsumen atau klien adalah sasaran utama dari sebuah produk. Jadi, sebelum mencoba memasarkan sebuah produk, terlebih pahami dulu produk yang akan dijual.

Anda bisa memulai mencari tahu dengan bertanya beberapa hal kepada klien. Misalnya menanyakan dari mana mereka memperoleh informasi tentang produk Anda. Kemudian bagaimana pengalaman yang diperoleh selama menggunakan produk tersebut.

strategi konten visual marketing 2021

2.  Pemasaran Online dengan Konten Menarik

Konten yang dimuat hendaknya memuat informasi detail mengenai produk yang dipasarkan. Isi materinya bisa memberitahukan tentang sejarah produk atau kandungan yang terdapat di dalamnya.

Tips maupun fakta unik bisa juga ditambahkan dalam konten tersebut. Lalu dikemas dengan sebaik mungkin agar dapat menarik perhatian para pemirsa. Informasi tersebut bisa dibuat dalam bentuk artikel, komik atau video pendek. Semakin unik informasi yang diberikan, semakin bagus potensinya untuk memikat calon customer.

Kalau Anda sempat atau tidak bisa membuat konten, meminta bantuan jasa pengisi konten pun bisa dilakukan. Asal sesuai dengan budget yang Anda miliki yah!

Visual online marketing

3. Visual marketing

Visual marketing yang dimaksud disini adalah kemasan konten yang difokuskan pada visual. Misalnya saja gambar-gambar ilustrasi atau video pendek yang tampil beda. Hal ini lebih efektif mengingat kebanyakan masyarakat Indonesia minat membaca mereka yang masih minim. Jadi mereka lebih tertarik dengan konsep media visual.

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan jasa dari desainer grafis atau editor video. Setelah jadi baru disebarkan melalui berbagai media sosial yang banyak digunakan oleh netizen Indonesia. Contohnya Instagram, TikTok, Facebook dan Website resmi yang Anda miliki.
Jangan anggap sepele langkah ini, karena tidak sedikit pelaku usaha yang menggunakan pemasaran online ini sukses dan berhasil meraup keuntungan. Tidak tanggung-tanggung, keuntungan yang didapat bisa mencapai angka ratusan juta rupiah.

Personal Branding

4. Personal Branding

Mengingat kebanyakan pelaku dari pemasaran online adalah perseorangan. Maka Anda dapat memaksimalkan usaha promosi dengan meningkatkan personal branding yang ingin ditunjukkan. Dengan begitu, apapun produk yang Anda jual akan terjual laris manis karena kuatnya branding pemiliknya.

Salah satu cara meningkatkan personal branding adalah dengan sering membagikan kegiatan positif bersama produk Anda. Anda juga dapat memberikan tips-tips yang bermanfaat, sehingga berpotensi di share dalam banyak media sosial. Hal ini sudah terbukti efektif dalam pemasaran secara online. Hal ini dikarenakan para pembeli sudah terlanjur mempercayai branding yang melekat pada pemiliknya.
Teknologi yang kian maju setiap harinya membuat kesempatan untuk melakukan pemasaran online pun terbuka lebar. Dibanding promosi secara offline yang membutuhkan lebih banyak biaya. Pemasaran online ini dapat menghemat biaya dan digunakan untuk kebutuhan yang lain.

Jadi, bagaimana? Apakah Anda sudah paham dengan trik-trik yang sudah kami rangkum diatas? Semoga ulasan mengenai trik pemasaran online di atas bisa membantu Anda yang sedang mencari informasi untuk memulai usaha.

Baca juga: Google Ads dan Facebook Ads Mana yang Terbaik Untuk Bisnis

Jenis-Jenis Saluran Pemasaran Online

Memiliki konten yang menarik pastinya akan sia-sia jika tidak ada target audience yang menanggapi, untuk itu Anda harus memiliki beberapa saluran pemasaran sebagai berikut:

1. Media Sosial

Memanfaatkan media sosial menjadi pilihan yang tepat karena memang pengguna media sosial yang besar dan terus meningkat. Artinya platform media sosial bisa sangat efektif menjangkau audience dengan cepat. Adapun platform media sosial yang bisa Anda manfaatkan antara lain seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Kita mengetahui bahwa pengguna internet yang melakukan browsing untuk mencari informasi yang dibutuhkan juga sangat besar. Oleh karena itu mendapatkan peringkat atas hasil pencarian adalah tujuan utama optimasi SEO ini yang nantinya akan meningkatkan trafik website hingga menjadikan leads dan konsumen.

3. Search Engine Marketing (SEM)

Jika Anda ingin mendapatkan trafik yang tinggi dengan cepat dan instan maka metode SEM adalah cara yang paling cepat dimana Anda diharuskan untuk membayar sejumlah uang untuk mengikuti iklan seperti sistem Pay Per Click (PPC). Dengan menggunakan metode bayar tiap klik ini maka pengeluaran biaya iklan pun akan lebih efektif dan murah dibandingkan dengan yang konvensional. Oleh sebab itu Search Engine Marketing (SEM) ini menjadi salah satu sarana promosi iklan berbayar yang masih sering dugunakan oleh para marketer.

4. Email Marketing

Mengirim pesan seperti promo, diskon, penawaran produk, penawaran membership dan lain-lain juga termasuk strategi yang baik untuk menarik perhatian secara personal melalui email.

Dari empat jenis jenis saluran pemasaran online di atas tentunya hanya sebagian saja karena memang ada banyak lagi yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Hal ini memang tidak mengherankan karena memang saat ini melakukan pemasaran online adalah strategi yang paling menguntungkan untuk suatu bisnis entah itu Anda sebagai pemula yang baru terjun didunia bisnis online atau yang berpengalaman mengharuskan untuk memanfaatkan pemasaran online atau digital marketing.